Indonesia Website Awards

Menjadi Blogger dan Memilih Catatan Leannie sebagai Nama Blog

 

Blogger, Catatan Leannie
 Catatan Leannie, 
via freepik dan canva


Saya memutuskan menjadi blogger dengan membuat personal blog di tahun 2017 dan mengubahnya menjadi Top Level Domain di tahun 2018. Ada alasan khusus mengapa saya memilih Catatan Leannie sebagai nama blog, soalnya ada history tersendiri bagi saya.


Menemukan passion menulis telah mengubah hidup saya menjadi lebih berarti. Saya yang dulunya fokus bekerja di laboratorium klinik sebagai Ahli Tenaga Laboratorium Medik , lalu melanjutkan kuliah dan sempat menjadi asisten dosen di salah satu stikes swasta di Bandung kemudian menikah. Akhirnya setelah punya anak, saya memutuskan full time di rumah saja.



Perjalanan menjadi Blogger


Perjalanan menjadi blogger,
via freepik.com/@rawpixel.com


Sebelum ngeblog, saya lebih dahulu jadi penulis artikel di beberapa media online di tahun 2017. Sebenarnya awal mula saya menulis karena saya senang menulis puisi dan ingin membuat sebuah novel. 


Saya sempat mengikuti berbagai lomba menulis puisi, alhamdulillah ada beberapa antologi puisi yang dibukukan. Buku antologi pertama saya juga berupa kumpulan puisi. Ada buku antologi cerita anak teenlit, dan antologi lainnya. 


Masih di tahun 2017, saya juga sempat ikut pelatihan menulis novel juga. Dulu ingetnya ada pelatihan menulis novel bareng sama novelis favorit saya, Asma Nadia.


Saya juga saat itu senang belajar hal baru, melihat seorang penulis yang hampir tiap hari share artikelnya, saya juga kepikiran pengen juga nulis artikel. Sempat waprian juga dengan dia, nanya bagaimana caranya nulis di media online


Saya memang belajar otodidak tentang bagaimana cara menulis artikel yang baik, akhirnya saya juga ikutan mengirim artikel ke media online dan senang banget ketika tulisan saya diterbitkan. Konsisten menulis artikel membuat saya pernah menjadi mentor kelas menulis artikel bersama salah satu komunitas nulis selama beberapa batch.


Saat menulis artikel ke media online, saya harus menunggu dan melewati proses approval dulu agar tulisan saya diterbitkan. Saya jadi mikir kenapa nggak saya nulis di blog ya? Kan, tulisannya bisa langsung publish, engga perlu nunggu juga buat diterbitkan. 


Saat itu saya masih blank  tentang cara bikin blog. Saya cari tahu sendiri dengan browsing. Akhirnya bikinlah blog sendiri secara otodidak. Meski  saya senang ikutan training menulis, saat itu saya nyobain bikin blog sendiri meski masih blog gratisan di blogspot.



Makna Nama Blog Catatan Leannie


Makna Catatan Leannie
Catatan Leannie,
Ilustrasi by Muyassaroh

Saat saya mau membuat blog, saya memikirkan apa nama alamat url blog  dan nama blog saya. Memilih nama itu penting untuk personal branding . Saya memilih nama lengkap saya sebagai alamat url blog dan Catatan Leannie sebagai nama blog saya. Akhirnya medsos Instagram dan Twitter pun saya bikin dengan nama yang sama.


Leannie sebenarnya nama pena saya saat menulis fiksi dulu. Sekarang udah fokus ngeblog aja, karena genre tulisan saya lebih ke non fiksi. Agak sulit untuk menulis fiksi dan nonfiksi bersamaan karena agak susah mengatur waktunya. 


Nama pena saya adalah Leannie Azalea. Diambil dari singkatan nama saya. Lia Yuliani, saya singkat jadi Leannie sebagai nama pena. Sedangkan Azalea diambil dari nama bunga. Jadi kalau nulis tentang fiksi, saya sering menuliskan nama Leannie Azalea sebagai nama pena.


Catatan Leannie, tadinya blog ini berisi catatan harian saya, berisi catatan hati alias curhatan saya awalnya. Saya juga sempat ingin bikin niche blog khusus travel, tetapi jadi lifestyle blog karena saya menulis banyak hal di blog ini. 


Akhirnya di tahun 2020, saya membuat blog kedua tentang food dan travel.  Saya juga kenal temen blogger yaitu Mba Ugiek Madyo, Lifestyle blogger Surabaya yang sering menulis tentang kuliner Surabaya. Pengen juga sih suatu hari nanti saya ngunjungin ibu kota Jawa Timur ini.


Ngeblog dan berkah menulis


Menulis di blog membawa berkah
Ngeblog dan berkah menulis,
via freepik.com/rawpixel.com


Berkomunitas dan punya relasi itu penting, karena saya juga bisa banyak belajar dari sana. Sebagai pemula, awal ngeblog sampai sekarang pun masih belajar buat menaikkan performa blog.  


Bagi saya yang masih mengusahakan konsisten menulis di tahun keempat ini, saya merasakan banyak berkah menulis. Alhamdulillah. Menulis tidak hanya sekadar sharing, menulis juga banyak manfaatnya bagi saya. 


Menulis bisa jadi terapi buat saya. Merilis emosi alias buang sampah emosi bisa lewat tulisan. Betapa leganya saat menuliskan hal yang belum bisa saya ungkapkan secara langsung. Curhat dengan orang lain juga kadang nggak bikin lega, yang ada malah nambah masalah. Apalagi kalau orangnya kurang amanah.


Meski begitu, saya juga membatasi mana hal yang bisa saya share atau cukup saya simpan sendiri tanpa saya tulis di blog karena saya juga punya privasi tersendiri. Saya yakin setiap orang pasti punya masalah sendiri. Namun, mungkin mereka pandai menyimpannya tanpa perlu diketahui orang lain. 


Berpenghasilan dari menulis adalah salah satu bonus bagi saya. Alhamdulillah bisa sedikit bantu suami dengan menjalani passion menulis.  Alhamdulillah merasakan berkah dari ngeblog. Sering dapat tawaran kerja sama dari beberapa komunitas blogger atau tawaran langsung via email serta DM Instagram. 


Pekerjaan yang membahagiakan adalah hobi yang dibayar. Bisa happy ketika ketemu temen blogger di acara offline. Saling support dan sudah seperti keluarga. Saya seringnya ketemuan dengan rekan Blogger Bandung. Alhamdulillah ketemu ama rekan Blogger yang baik. Rezeki juga buat saya dan ini juga salah satu berkah menulis di blog.


Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer)


Sebuah quote favorit saya dari penulis keren, Pramoedya Ananta Toer. Semoga saya bisa konsisten menulis, menjalani passion saya dengan terus menulis di blog. Entah apa jadinya saya tanpa kenal dunia blogging, mungkin saya bakal mudah bosan dengan rutinitas harian sebagai ibu rumah tangga.


Senang rasanya bisa sharing kembali di blog ini dengan menuliskan kisah saya. Meski awalnya niat saya menulis ingin menulis novel dan belum kesampaian sampai sekarang. Saya cukup bahagia dan merasakan berkah menulis dengan aktivitas saya sebagai blogger.


Itulah alasan saya memilih nama Catatan Leannie sebagai nama blog saya. Buat Sahabat yang sudah menemukan passionnya, semoga tetap semangat buat mengembangkan diri. Insyaallah, Kita semua bisa menampilkan versi terbaik diri sendiri. Tetap semangat, ya, Sahabat Catatan Leannie!



Salam,




25 comments

  1. Baru tahu kalau leannie ini nama pena, ya. Keren deh sudah nyoba berbagai lini kepenulisan. Moga sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul Mba. Leannie ini nama pena saya, singkatan dari nama lengkap saya. Aamiin terima kasih doanya.

      Delete
  2. Wah, keren ini mah nama blognya mbak :) Catatan mbak Lia ditulis di sini dengan sepenuh hati dan konsistensi :D Yang penting menulis dengan happy :) Buat stress release kita juga bisa ya. Setuju, ada privasi yang harus dijaga, ga serta merta diungkapnya semua. Ada juga yang cukup disimpan di hati :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba Nurul kalau semua Kita buka juga engga pada tempatnya nanti. Harus bisa memilah mana yang boleh atau engga dishare. Makasih Mba Nurul, blognya Mba Nurul pun keren-keren isinya.

      Delete
  3. QUote Pramoedya ini cethaarr bgt ya mak.

    Beneran jadi "bensin" buat kita semua.

    Keren ihh mak Liaaaa😍😍

    ReplyDelete
  4. Nama blog memang menjadi cerminan dan branding bagi si blogger yaa..
    Sehingga ketika sudah mantap melangkah, seperti teh Lia yang dikenal menjadi penulis akan semakin semangat berkarya.

    Dengan menulis, bismillah.. Semoga bisa menjadi aliran rasa yang benar meski gak perlu semua orang tahu.

    ReplyDelete
  5. Namanya ada mirip-miripnya dengan namaku ya hihi
    Jadi inget awal-awal aku ngebog th 2008 an itu pengin nulis ya nulis, biasanya cerita keseharian sih, gak pakai mikir ini itu. Makin ke sini baru nyadar, harus dipilah-pilah ya mana yang bisa dipublish mana yang tidak.

    ReplyDelete
  6. Quote Pramoedya Ananta Toer selalu nampol ya
    diikuti para penyair dan sastrawan jaman now seperti Tere Liye dan Fiersa Besari .. kadang bersyukur diberi kesempatan bisa menulis walau hanya di blog dan terbit berupa antologi!

    ReplyDelete
  7. Kalau aku dulu bikin nama blognya sengaja aku samakan dengan semua akun sosmed aku agar mempermudah juga untuk orang mengingatnya. Selain itu personal branding menjadi kunci diri kita sendiri, keren ini mbak Lia.

    ReplyDelete
  8. Ah aku juga dulu sempat menamai blogku Catatan Ran, tapi seiring waktu karena prospek seo on page, akhirnya fix ganti nama blog jadi nama yang sekarang

    ReplyDelete
  9. what I love most about blogging is that it gives me plesure noting that I hve shared something that might be beneficial for all of us and I get to meet may cool friends

    ReplyDelete
  10. Aku juga suka banget sama quote2 Pramoedya Ananta Toer, yang bisa bikin semnagat agar ga berhenti menulis. Wah ternyata udah lama ya mba ngeblognya. Memang yang susah membangun konsistensi, tapi emang ngeblog juga self healing sih buatku.

    ReplyDelete
  11. Niat menulis novel belum kesampaian...huhuhu samaaa Mbak. Bahkan, nulis fiksi pun saya merasa sulit. Padahal, dulu awal suka menulis justru dr nulis puisi dan cerpen. Semoga suatu hari sama2 bisa menelurkan novel ya mbak..

    Dan semoga blog catatan leannie semakin kereeeeen...semakin menebar manfaat bagi banyak orang.

    ReplyDelete
  12. wah bener berarti, saya tadi juga pas awal pikir krn singkatan nama lengkap jadi Leannie >.< hehehe..
    btw iya tulisan tuh punya kekuatan bgt yaa, bisa jd peninggalan yg terus dikenang. jd bener2 kalau mau nulis tuh harus yg sesuai sama norma2 jg yaa..bagaimana kita mau dikenang org nantinya juga

    ReplyDelete
  13. Hobi yang dibayar Insya Allah mendatangkan kebahagiaan ya mbak Lia.
    Saya juga memakai nama sendiri untuk url blog, senang juga bisa mengenal banyak teman baru dan berkunjung ke rumah maya mereka. Jadi serasa kenal akrab meski belum pernah bertemu

    ReplyDelete
  14. Semangat selalu maak, emang sukak aku ketemu komunitas blogger bikin selalu ada semangat untuk menulis uneg uneg pastinya pengalaman2 pribadi ya.
    Sama aku juga pake nama plus branding familytrip karena emang sukanya traveling bareng keluarga.

    Saling menyemangati ya mak👌

    ReplyDelete
  15. Semoga makin sukses ngeblognya ya, Mbak Lia. Senang jika kita melakukan kegiatan yang sesuai passion dan konsisten menekuninya. Semangat dan berkah selalu:)

    ReplyDelete
  16. Nulis blog itu asik ya mbak
    Nggak hanya menyalurkan hobi, tapi juga mendatangkan penghasilan tersendiri

    ReplyDelete
  17. hihi ... sama nih mbak, menulis sebagai sarana healing untuk mengeluarkan emosi yang muter-muter di kepala. Jadi lebih legaaa gitu setelah menulis.
    Salut loh sama Mbak Lia yang udah banyak belajar di dunia kepenulisan termasuk ikutan workshop dengan penulis kenamaan.

    ReplyDelete
  18. Aku juga ngerasain mbak sulit banget buat bisa nulis fiksi dan non fiksi secara bersamaan. Padahal dulu aku pengen banget bisa nulis novel tapi nggak selesai-selesai novelnya karena lebih fokus ngeblog

    ReplyDelete
  19. Aku pun pake namaku sendiri untuk blog utama.. entah kenapa waktu itu ya lempeng aja gak kepikiran nama lain haha. Semoga makin rajin aja ngeblognya ya..tetep semangattt

    ReplyDelete
  20. Saya juga punya tujuan sama saat membuat blog. Baik yang lama maupun yang baru. Namanya juga nama sendiri atau nama pena. Asyik aja, sudah punya 4 blog berupa catatan dengan 4 nama yang mirip, sekarang.

    ReplyDelete
  21. Saya ngeblog dulu jug berawal dari suka nulis cerpen dan puisi mbak, seiring waktu malah kebanyakan nulis artikel, sempat vakum ngeblog karena hamil setelah lahiran aktif lagi hehe

    ReplyDelete
  22. Buat bisa menulis fiksi dan non fiksi memang harus sering nulis dua-duanya, jadi nanti kosa kata mengalir sendiri. Aku pun suka terjebak di fiksi, mba, karena keseringan nulis novel hehehe

    ReplyDelete
  23. Niat saya punya blog jg ingin sharing yang bermanfaat. Semangat

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.