Resep JSR dr Zaidul Akbar untuk Batuk, Flu, dan Alergi dengan Bahan Alami Rempah-rempah

Resep JSR untuk Batuk,
 via instagram.com/@rhosa_liena

Untuk menjaga imunitas keluarga, ada beberapa orang yang memilih bahan alami rempah-rempah sebagai upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mengobati berbagai keluhan atau penyakit seperti batuk, flu, dan alergi.

Memang berobat ke dokter diperlukan, tetapi untuk kondisi seperti saya yang punya alergi obat-obatan tertentu, pilihan bahan alami sepertinya bisa menjadi solusi masalah saya.

Selama dimulai social distancing dan stay at home sebagai anjuran pemerintah untuk menanggulangi penyebaran virus Corona semakin meluas, sebenarnya saya sudah mengalami beberapa masalah kesehatan. Sudah berobat ke dokter dan masih belum fit seperti sedia kala.

Saya mengikuti dr Zaidul Akbar di Instagram resminya dan sudah mengenal JSR atau jurus sehat rasulullah dengan bahan rimpang.

Yuk, buat ramuan JSR ala dr Zaidul Akbar buat meningkatkan imunitas tubuh, mengatasi berbagai masalah kesehatan, yang sering saya alami.

Di bawah ini ada beberapa jenis ramuan JSR yang sering saya buat buat buat kondisi saya di atas dengan berbagai keluhan seperti batuk, flu, alergi, Saya ambil gambar dari instagramnya @rhosa_liena dan @ninacuisine_ yang menyimpan dengan baik resep atau ramuan JSR.

1. Resep JSR untuk Batuk


Saya itu punya alergi dingin, jadi selama musim penghujan dan cuaca dingin akan sering batuk-batuk.  Nah, untuk batuk dan flu ada beberapa ramuan atau resep yang bisa digunakan dengan metode JSR.  Beda gejala, beda juga resepnya. Yuk, simak, di bawah ini.

a. Resep batuk kering

Resep JSR  Batuk Kering
Resep JSR untuk Batuk Kering,
via instagram.com/@rhosa_liena

Untuk batuk kering, sediakan 1-2 buah lemon, 2-3 sdm madu. Pada segelas air hangat ditambahkan perasan lemon dan ditambahkan madu. Jangan diberi tambahan gula pasir, ya!

b. Resep batuk berdahak

Resep JSR batuk berdahak
Resep JSR Batuk Berdahak,
via instagram.com/ nanacuisine_

Pada batuk berdahak, sediakan bahan seperti 1 sdt cengkeh, 3 buah Bunga Lawang atau Star Anise. Seduh dengan air panas (kira-kira 300 ml). Setelah hangat tambahkan 2-3 sdm madu.

Resep atau ramuan JSR ini berfungsi sebagai anti bakteri, antibiotik, meningkatkan sistem imun, anti parasit juga.

c. Resep batuk kering pada dewasa disertai tenggorokan gatal

Resep JSR batuk kering dewasa
Resep Batuk kering pada dewasa,
via instagram.com/nanacuisine_

Ada kalanya sebelum batuk, tenggorokan terasa gatal. Saya sering mengalami hal ini soalnya. Bisa jadi mengalami radang tenggorokan sehingga menyebabkan batuk kering.

Resep untuk batuk kering pada dewasa disertai tenggorokan gatal adalah siapkan satu buah sereh, satu atau dua ruas jahe, satu buah lemon, dan madu. 
Caranya jahe diiris tipis, geprek, atau boleh diparut bersama sereh, lalu dipanaskan dengan api kecil selama kurang lebih dua menit. Setelah hangat beri perasan lemon dan madu.

Jangan lupa berdoa sebelum minum ramuan ini. Minum sehari sekali untuk meredakan batuk dan gatal pada tenggorokan.

2. Resep JSR untuk Flu

Resep JSR untuk Flu
Resep JSR untuk Flu,
via instagram.com/@rhosa_liena

Untuk resep flu, siapkan bahan-bahan seperti satu ruas jahe, satu batang kayu manis ukuran sedang, tiga buah cengkeh, satu sendok makan madu, setengah sendok beepolen (saya skip karena enggak ada stoknya di rumah) dan air sebanyak 200-300 cc. Jahe digeprek, lalu tambahkan kayu manis, cengkeh pada seduhan air panas, setelah hangat beri tambahan madu. Aduk merata.

Resep Anti Flu atau pencegahan agar tidak terkena Flu yaitu bisa dengan menyiapkan satu kelingking kunyit, satu buah lemon peras. Rebus kunyit dengan  air sebanyak 300 cc, jangan sampai mendidih airnya. Setelah hangat tambahkan perasan lemon dan madu.


3. Resep JSR untuk Alergi

Resep JSR untuk Alergi,
via instagram.com/@rhosa_liena


Sebenarnya saya baru kemarin-kemarin mengalami alergi yang cukup berat. Biasanya alergi hanya sebatas batuk saat cuaca dingin saja tetapi kemarin-kemarin saat diberlakukannya stay at home dan social distancing, saya mengalami alergi sampai tangan, kaki dan seluruh badan saya kemerahan. 


Urticaria, via dokumentasi pribadi

Ternyata saya mengalami urticaria atau biduran. Kondisi alergi saya sudah pada tahap ini kemarin-kemarin. Urticaria atau dikenal dengan biduran merupakan reaksi kulit dengan rasa gatal dan kemerahan.  

Biduran atau urticaria ini dapat muncul secara tiba-tiba di bagian tangan, kaki, bahkan seluruh bagian tubuh. Hal ini bisa dipicu oleh berbagai faktor. Penjelasan tentang Uricaria lebih lengkap bisa diakses di sini.

Setelah saya pikir sepertinya ada makanan yang saya konsumsi sebagai pemicunya.  Sebelumnya saya makan ikan asin plus sambal terasi, biasanya sih enggak apa-apa, tapi sepertinya ini jadi salah satu pemicu alergi saya.

Nah, saat kondisi daya tahan tubuh melemah, saat itu seluruh badan saya kemerahan. Untung saja keesokan harinya sudah baikan. Alhamdulillah.

Saya makan juga telur rebus setelah alergi saya hilang kemarin, ternyata keesokan harinya tangan, kaki juga badan saya merah-merah lagi. Nah, kan, berarti setelah makan ikan asin, sambal terasi juga telur rebus ternyata bisa jadi pemicu alergi bagi saya.

Saya mencoba mencari resep alergi dari bahan alami. Alhamdulillah setelah dua atau tiga hari kondisi alergi saya mereda dengan ramuan JSR anti alergi ini.

Tips mengatasi alergi dengan metode JSR dr Zaidul Akbar yaitu dengan meminum air alkali, bisa dari infused water kurma atau rempah, sayuran juga buah-buahan.

Untuk mengatasi alergi, siapkan bahan rempah-rempah yaitu satu buah kayu manis ukuran sedang, tiga sampai lima buah cengkeh, tiga buah bunga lawang, segelas air kira-kira 200-300 cc dan madu. 
Seduh dengan air panas atau dipanaskan dengan api kecil selama kurang lebih dua menit. Setelah hangat beri tambahan dua sendok makan madu. 


Sejujurnya untuk kondisi sekarang yang mengharuskan stay at home, cobalah untuk peduli kesehatan keluarga dengan meningkatkan imunitas tubuh.

Baca juga : 7 Tips Jitu untuk Menangkal Corona dengan Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Sebelumnya, saya dulu tipe yang begitu sakit langsung ke dokter, akan tetapi ternyata tubuh saya alergi terhadap obat-obatan tertentu, karena sering kali setelah minum antibiotik, saya mengalami gatal-gatal, terutama di bagian tangan.

Makanya begitu tahu JSR Zaidul Akbar ini merasa senang dan ingin mencoba resepnya saat saya mengalami berbagai keluhan seperti batuk, flu juga alergi seperti yang sering saya alami.

Baca juga : Realitas Stay at Home Pasca Social Distancing

Jika ada yang bertanya mengenai bahan-bahan di atas diperoleh dari mana? Saya sendiri membeli di marketplace seperti shoppee untuk menyetok berbagai rempah-rempah di rumah.

Itulah berbagai resep alami  JSR dari Zaidul Akbar untuk batuk kering, batuk berdahak, batuk disertai tenggorokan kering, flu dan dan alergi yang saya terapkan di rumah. Semoga Sahabat Catatan Leannie diberi kesehatan dan ada dalam lindungan-Nya. Aamiin.



Salam,







48 comments

  1. Replies
    1. Sama-sama, Mbak Tira. Terima kasih atas kunjungannya. Salam kenal

      Delete
  2. Wajib disimpan nih resep JSR-nya. Apalagi, saya sering banget batuk kering dan kalau udah batuk, lama banget sembuhnya. Orang rumah sampai kesel dengar bunyi batuk yang garing itu.

    ReplyDelete
  3. Saya selalu salut deh sama teman-teman yang rajin bikin minuman herbal buat obat gini.
    Saya kadang udah males duluan hihihi

    Padahal ya minuman kayak ini bermanfaat banget.
    Saya malah cuman bikin teh jahe atau susu jahe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku soalnya ada alergi sama obat-obatan kimia, suka gatal-gatal kalau setelah minumnobat tertentu. Makanya sekarang pilih alternatif yang alami.

      Delete
  4. Lebih baik minum minuman alami seperti ini daripada minum obat. Makasih nih, resepnya. Simpan ahh jika suatu hari butuh.

    ReplyDelete
  5. Saya sudah pakai JSR untuk batuk, tapi seringnya pakai kecap enggak pakai madu.. suka keaseman krn kebanyakan jeruknya...Semangat JSR ya Mbak, sy izin simpan JSR nya meski bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan, Mbak. Dulu saya pun suka Cobain lemon plus kecap sebelum kenal JSR kalau batuk

      Delete
  6. Patut di coba nie resepnya, saya juga mengalami batuk kering ini cukup mengganggu, di saat musim vurus di mana2 malah kena batuk pilek heem

    Selama ini cuma pakai viks vormula 44 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama Kak. Kok agak serem gimana gitu, ya, pas lagi musim Corona kena flu, batuk,pilek. Padahal mungkin hanya gejala flu biasa. Boleh dicoba selain pakai Vicks Formula 44

      Delete
  7. Aku suka minuman herbal. Cuma suka malas bikinnya. Paling kalau lagi mood... hehehe. Btw ini resepnya tak save ya? Siapa tahu butuh. Terima kasih Mba. Nice info

    ReplyDelete
  8. Tulisan ini sedang berjodoh dan tepat buat Saya, secara badan baru enggak fit dan agak bapil, jadi harus di booster sama minuman sehat semacam ini. Terima kasih mba, ulasannya. Izin simpan linknys, biar bisa bolak-balik baca resepnya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Semoga lekas sembuh, ya. Silakan disave. Semoga bermanfaat

      Delete
  9. Bisa di coba ini, bahan-bahannya juga mudah. Ini kadang2 paksu juga bikin minuman jahe. ini agal beda sikit ya ditambah rempah-rempah lainnya. Tapi sharingnya berguna sekali mbak, Biasanya beli obat batuk di apotek atau warung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Saya tinggal memanfaatkan bahan alami di dapur. Cara kerjanya juga enggak sulit. Lebih nyaman sama bahan alami kalau saya, ada obat-obatan kimia yang bikin alergi soalnya

      Delete
  10. Saya biasanya minum yang sudah instan tinggal seduh, sepertinya sekali-kali bikin sendiri ya biar lebih terasa khasiatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya pun begitu, Mbak. Sejak tahu JSR ini lagi nyobain beralih ke bahan alami

      Delete
  11. Bermanfaat banget nih mb resep2 ramuan tradisional untuk batuk dan pilek. Bahan alami yg bnyk disekitar kita. Aku save deh. Thx y mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resep pilek ada ramuan tersendiri, Mbak. Saya masukin yang batuk aja. Saya nulis ini sebenarnya buat nyimpen resep soalnya sering ngalamin juga batuk, flu, dan alergi.

      Delete
  12. Saya juga suka JSR-an teh. Alhamdulillah dahak saya mulai encer. Padahal ini batuk udah lumayan lama. Diminum anget2 cocok

    ReplyDelete
  13. Ternyata resep JSR ini macam-macam ya jenisnya.Saya nggak terlalu ngikutin sih, cuma sering lihat aja temen2 posting pakek hashtag Resep JSR. Kalau untuk batuj biasanya aku juga kasih jeruk nipis sm madu tapi tanpa air. Atau enggak kencur diparut ambil air kasih madu. Mirip2 juga rupanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Damar. Sebelum ramai JSR kan sejak dulu orang tua Kita pun pakai bahan alami rempah-rempah. Jamu juga gitu, kan, ya. Mirip-miriplah, ya

      Delete
  14. Kalau flu saya malas ke dokter dan minum obat, meski setelah itu sembuhnya cepat. Sejak beberapa tahun lalu, kalau tidak enak badan lebih suka minum racikan herbal dan memperbaiki asupan makanan. Dulu resepnya minimalis aja, ternyata ada resep jsr macam-macam dan nggak bikin bosan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulunya paling minum obat yang ada di warung, hehe ... beberapa bulan ini mulai mencoba resepnya jsr seperti yang dituliskan di atas.

      Delete
  15. Nuhun Teh Lia,, jadi bersemangat tiap hari nyetok rempah dikit2, hehe... cengkeh, bunga lawang, kayu manis ditambah madu dan air hangat ya.. noted. tfs Teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak Mia. Iya kalau bahannya ada membuatnya enggak susah, soalnya cara bikinnya simpel.

      Delete
  16. Sekarang aku koleksi rempah-rempah dan beli alat masaknya hehehe btw makasih resepnya ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi rajinnya Mbak Iren sekalian shopping, ya, Mbak. Belanja alat masak juga bikin happy

      Delete
  17. Bee pollen ini memang sering masuk di kandungan produk-produk herbal juga ya Teh, banyak manfaatnyaaa. Wah kemaren saya baru aja kelar batuk karena kumat alerginya, bisa juga kali ya pake resep-resep ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, cuman saya enggak punya atok beepolen di rumah. Hehe ... Saya lebih nyaman pakai bahan alami sih, Mbak Ina

      Delete
  18. di masa self quarantine ini, pernah minggu-minggu kemarin alami kayak menuju mental breakdown, jadinya parnoan dan ke suggest kalo tenggorokan rasanya jadi gatal gitu. Trus auto bikin resep jsr nya dr Zaidul Akbar ini mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mbak. Aku pun punya Rasa kekhawatiran saat me luar rumah meski buat belanja sayuran atau buah-buahan. Enak sih kemarin mendingan pas batik,flu, alergi pakai resep ini

      Delete
  19. Makasih mb lia sharingnya. Seger-seger kelihatannya. Btw Saya penyuka jamu juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Enak sih diminumnya seger dan bikin adem tenggorokan

      Delete
  20. Belakangan ini saya serinng biduran mbak. Huhuhu..
    Nggak cuma itu aja sih, pergelangan tangan kanan juga gatel. Nggak tajh juga kenapa.
    Sepertinya saya bisa cobain resep-resep ini. Toh, bahan-bahannya mudah dijangkau semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru kali ini biduran, Mbak Lely. Biasanya kalau alergi dingin, batuk-batuk aja. Tadinya mau minum ctm, tapi enggak jadi, akhirnya minum resep jsr alergi sama infused water

      Delete
    2. Mba brp kali sehari ya untuk konsumsi JSRnya kalo kena biduran cuaca dingin?

      Delete
  21. Saya sudah sempat coba beberapa resep JSR sejak beberapa waktu ini juga Mbak.
    Alhamdulillah jadi nyaman dan ketagihan. Hehe.

    Semangat terus untuk resep JSR nya Mbak.

    ReplyDelete
  22. Daku juga alergi dingin kak, yang terkadang kalau misalnya kerja dengan ruangan yang dingin tetiba aja meler, perlu juga nih resepnya biar nggak meler lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan, ya, Mbak Feni. Saya seringnya batuk-batuk kalau dingin. Nyobain ini mendingan sih kalau aku

      Delete
  23. Sejak dapat IG nya Dr. Zaidul Akbar, saya rajin ikutin. Dan banyak banget manfaatnya minum herbal yang sesuai resep yg dibagikan beliau di medsosnya. Dengar2 ada juga bukunya ya? Pingin deh beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada bukunya tapi enggak tahu masih ready stock atau nunggu PO. Samaan Kita, Mbak. Lebih nyaman ternyata resep JSR ini

      Delete
  24. Bermanfaat sekali resepnya mbak, buat orang seperti saya yang tak mau bertergantungan sama obat kimia. Apalagi penyakit yg sering mampir ialah batuk dan pilek.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus. Maaf juga jika ada komentar yang belum terbalas. Terima kasih atas kunjungannya.