Resensi Cerita Anak, Yuk, Mengenal Profesi Bersama Komunitas Wonderland Family


Yuk, Mengenal Profesi
Antologi Cerita Anak tentang Profesi

Judul Buku : Yuk Mengenal Profesi
Penulis : Komunitas Wonderland Family
Tahun Terbit : 2019
Penerbit : Wonderland Publisher
Jumlah halaman : 91 halaman
ISBN : 978-623-90195-9-4


Mengajak Anak Mengenal Berbagai Profesi di Indonesia

Buku cerita anak berukuran  dengan 21 x 29 cm setebal 91 halaman, sizenya cukup besar dibandingkan buku anak biasa. Cover berwarna jingga dengan gambar beragam profesi cukup menarik perhatian dan minak anak.

Ensiklopedia cerita anak "Yuk, Mengenal Profesi" ditulis oleh 41 penulis yang tergabung dalam komunitas wonderland family.

Antologi cerita anak Ensiklopedi Profesi

Sebagai orang tua memiliki referensi berbagai macam profesi cukup penting, terlebih lagi bagi anak. Merekalah yang menggenggam takdirnya. Orang tua sudah seharusnya mengarahkan bakat anak agar mereka menjalani sebuah profesi yang diinginkan dan sukses dalam hidupnya.

Anak-anak adalah generasi harapan bangsa. Ditulis oleh 41 penulis dengan berbagai latar belakang pendidikan dan beraneka profesi juga.

Saya sendiri dahulu bercita-cita ingin jadi pramugari, namun seiring berjalannya waktu cita-cita itu pun berubah. Saya adalah seorang paramedis.  Kuliah di bidang kesehatan dengan jurusan Analis kesehatan, kini berubah nama menjadi Ahli Tenaga Laboratorium Medik.

Dulu menjadi salah seorang mahasiswi di Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung Jurusan Analis Kesehatan. Pernah bekerja di laboratorium Rumah sakit dan swasta. Kini aktivitas saya lebih banyak di rumah mengawasi perkembangan si kecil yang masih berusia 3,5 tahun.

Di buku ini saya menceritakan tentang cerita di balik Laboratorium. Pada halaman 8. Di sana dijelaskan mengenai kinerja seorang petugas Laboratorium kesehatan baik di RS atau Lab swasta. Bekerja menggunakan jas Laboratorium, memeriksa bahan atau spesimen pasien, dan membantu kinerja dokter dalam menentukan diagnosis kesehatan melalui test laboratorium.

Tulisan saya di buku ini


Selain kisah saya, ada 40 penulis yang bercerita mengenai beragam profesi yang ada di Indonesia. Diceritakan tentang 41 profesi, sebuah ensiklopedi untuk anak, referensi bacaan agar anak paham dan berani menggantungkan cita-citanya setinggi langit. Ada juga tips untuk bisa menjadi profesi yang diinginkan pada masing-masing ceritanya.

Sayang sekali tidak semua gambar full colour karena ada yang hitam putih dan ukuran gambar cukup kecil untuk buku yang ukurannya besar.

Selain kedua hal tersebut, buku ini direkomendasikan untuk anak-anak agar mereka mengetahui ragam profesi yang ada. Semangat untuk meraih cita-cita, ya, Nak. Engkaulah generasi penerus dan harapan bangsa.


Salam,






19 comments:

  1. Alhamdulillah ada buku seperti ini jadinya makin menambah wawasan anak bahwa profesi enggak cuma pegawai hehe
    Buat ortu nampakny bagus juga mb biar gak ngedoktrin anak harus mendalami profesi yg itu2 aja padahal si anak g suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, alhamdulillah Ada buku ini. Kadang miris anak jadi korban, harus mengikuti keinginan ortu Padahal mungkin yang diharapkannya berbeda. Moga Kita jadi orang tua yang lebih bijak

      Delete
  2. bangganya mb, masya Alloh ada tulisan mb di buku tsb. smg sy jg bs mnyusul ^^~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, senang. Alhamdulillah. Aamiin, moga segera nyusul punya buku sendiri, Mbak

      Delete
  3. Iya, bener Bun gambarnya kekecilan yaa ... tapi isinya bermanfaat banget untuk anak-anak

    ReplyDelete
  4. Semanagt terus produktif menebarkan manfaat melalui karya kerennya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih. Moga sukses juga buat Mbak Ane Fariz

      Delete
  5. Wah, bagus bukunya. Sayang ya, ga semua ilustrasi berwarna.padahal anak-anak lebih suka lihat buku yang full color, ya. Selamat mbak.

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah, bukunya launching ya mbak. Barakallah.. :)

    ReplyDelete
  7. Selamat ya mba..
    Bukunya sudah launching lagi.. Tp sayang klo ilustrasinya gak warna ya.. Pdhl anak2 suka warna warni :)

    ReplyDelete
  8. waaa kerennn teh! udah launching buku lagiiii! mantappp! salut salut sama eksistensinya di dunia literasi

    ReplyDelete
  9. profesi di balik laboratorium jarang dibahsa juga ya, bukunya akan membantu orang tua dalam menjelaskan profesi tersebut.. nice info bun..

    ReplyDelete
  10. Bukunya bagus ya mba untuk anak, jadi tahu tentang berbagai jenis profesi yang pasti akan ada satu atau lebih yang menginspirasi anak.

    ReplyDelete
  11. Sepertinya bagus ya bila si kecil punya buku ini. Setidaknya dia akan lebih mengenal berbagai macam profesi dan gak bakal bingung saat menentukan ingin bercita2 menjadi apa

    ReplyDelete
  12. Apalagi mbak profesi lain yang dibahas di dalam buku ini? hehe
    Hm. Apa nanti ada jilid 2 nya? Soalnya ada beragam profesi yg lahir (atau hilang?) sesuai perkembangan zaman.

    ReplyDelete
  13. Selamat bukunya dah terbit. Moga smakin produktif ya? Anak-anak bisa bljr n pasti suka membaca bukunya mb ..��

    ReplyDelete
  14. Saya baru tau ada buku ini. Pasti sangat menarik dan berguna buat anak-anak (dan juga orang tua). Semoga penjualannya sukses dan bisa cetak ulang, Mbak Lia ...

    ReplyDelete
  15. keren ya mbak, nanti kalau Julio udah gedean dikit mau aku beliin itu biar dia suka bacaaa

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Terima kasih atas kunjungannya.

My Instagram