Showing posts with label Kuliner. Show all posts
Showing posts with label Kuliner. Show all posts

10 Menu Lebaran Khas Keluarga ala Catatan Leannie


Sajian lebaran, travelingyuk.com


Enggak terasa Bulan Ramadan sebentar lagi berlalu. Hari kemenangan atau Idulfitri pun segera tiba. Menu lebaran khas keluarga ala Catatan Leannie, aneka kue kering selalu jadi favorit keluarga dan masakan mama memang enggak ada duanya.

Setiap daerah atau keluarga punya menu khas lebaran masing-masing. Di keluarga saya sajian makanan ini selalu tersedia saat lebaran atau Idulfitri. Menu lebaran khas keluarga ala Catatan Leannie diantaranya :


1. Ketupat atau Lontong 


Ketupat atau lontong
Ketupat atau lontong, food.detik.com

Kayaknya kalau ketupat udah jadi simbol khas lebaran. Nah, kalau enggak ada ketupat, biasanya pengganti ketupat atau kupat adalah lontong kari.

Lontong itu berasal dari beras, kadang polosan aja, ada juga yang diisi potongan kecil sayur atau ayam suwir. Biasanya buat temen opor ayam pakainya lontong yang tanpa isian.


2. Opor ayam


Opor ayam
Opor ayam,
Cookpad.com/Ingrid Subagio


Opor ayam jadi menu makanan yang selalu ada saat Lebaran. Rasanya lebaran tanpa opor ayam jadi kurang lengkap, deh. Opor ayam buatan mama selalu lezat, pernah bikin sendiri tapi rasanya beda sama yang mana buat. Beda tangan, beda racikan, beda juga rasanya.


3. Gulai sapi


Gulai sapi
Gulai sapi, selerasa.com


Selain opor ayam, gulai sapi pun selalu jadi menu yang tersedia saat Idulfitri. Gulai sapi dan ketupat juga jadi pasangan yang cocok buat sajian lebaran.


4. Sayur cabe


Sayur cabe
Sayur cabe seger,
Cookpad.com/ Nestya tya


Sayur cabe ini bikin seger, biasanya cabe hijau sih yang dibuat sayur cabe, ada rasa pedasnya, seger dan enak banget ditambahin sama ketupat plus opor atau gulai.


5. Gepuk


Gepuk daging sapi
Gepuk daging sapi,fimela.com


Mamaku selalu sedia gepuk ini saat lebaran. Setelah saya nikah pun sering dikirim gepuk sama Mama. Rasanya enggak kalah sama masakan resto. Biasanya jadi temen opor, sayur cabe, ketupat. Enak banget rasanya.


6. Kentang goreng ati


Kentang goreng ati
Kentang goreng ati, selerasa.com


Ini juga menu yang selalu menemani sajian makanan saat Idulfitri. Kentang goreng bumbu merah ditambah potongan kecil ati ampela ayam kadang atau ditambah petai yang jadi temennya opor dan makanan lainnya.


7. Ranginang


Ranginang
Ranginang, tribunnews.com


Ranginang ini kayak kerupuk yang terbuat dari beras ketan dibentuk bulat dan dikeringkan dengan dijemur di bawah sinar matahari langsung. Setelah itu baru digoreng dengan api sedang hingga mengembang dan matang.


8. Manisan kolang-kaling


Manisan kolang-kaling
Manisan kolang-kaling, sajiansedap.grid.id


Rasanya seger banget saat ada manisan kolang-kaling di rumah ketika idul fitri. Kolang kaling yang ditambah sirup cocopandan atau fanta memang jadi manis dan seger saat memakannya.


9. Aneka kue kering    


Kue keju
Kue keju favorit saya, dokumentasi pribadi


Aneka kue kering tak pernah ketinggalan menghiasi sajian Idulfitri buat menjamu tamu yang silaturahmi ke rumah juga buT santapan keluarga. Kue nastar, keju, kacang, sagu selalu jadi sajian kue lebaran favorit keluarga.


10. Tape ketan hitam Bandung


Tape ketan hitam
Tape ketan hitam,
Cookpad.com/ iien soegi


Nah, tape ketan hitam ini udah jarang sih nemuin  jadi sajian lebaran, kecuali saat silaturahmi ke desa tempat nenek di Garut atau dapat kiriman dari temen ayah.

Kadang beli juga, sih, buat di rumah sebagai salah satu sajian lebaran. Tape ketan hitam ini enaknya dinikmati sama es krim.

Setiap keluarga atau bahkan di beberapa daerah pasti punya menu khas buat sajian lebaran. Begitu pula dengan sajian berbuka puasa. Ada menu buka puasa khas Sunda yang jadi favoritnya saya.


Baca juga :  5 Jajanan Khas Sunda yang jadi Menu Favorit Buka Puasa


Bagi saya, hal terpenting  saat hari kemenangan adalah jiwa dan hati kita kembali ke fitri. Sajian makanan jadi pelengkap kegembiraan menyambut hari kemenangan atau hari raya Idulfitri.

Itulah kesepuluh menu lebaran khas keluarga ala Catatan Leannie. Bagaimana dengan Sahabat, apa menu khas daerah dan favoritnya saat Hari raya Idulfitri?


Salam,





#BPNRamadan2020
#BPNChallengeday23



Aneka Camilan Buka Puasa Berbahan Pisang yang Mudah, Murah, dan Praktis

Kolak pisang
Kolak pisang, selerasa.com

Biasanya orang memilih makanan yang manis atau takjil untuk berbuka puasa karena dipercaya dapat mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa. Salah satu camilan yang kaya manfaat dan praktis diolah adalah pisang. Ada berbagai camilan berbahan pisang untuk menemani santapan berbuka di rumah yang mudah, murah meriah dan praktis.

Buah pisang ini cukup mudah didapat, harganya terjangkau, juga kaya manfaat. Pisang mengandung banyak serat, anti oksidan, dan vitamin. Kandungan nutrisi dari pisang ini  baik untuk pencernaan, memelihara kesehatan jantung, menyeimbangkan gula darah,  dan menurunkan berat badan.

Selain dimakan langsung, buah pisang bisa diolah dan dikreasikan menjadi camilan praktis untuk buka puasa di rumah. Aneka camilan praktis berbahan pisang yang bakal jadi favorit keluarga, diantaranya :


1. Kolak Pisang


Kolak pisang
Kolak pisang,
instagram.com/@eunice_euston


Sepertinya kolak pisang ini jadi menu andalan atau pilihan banyak keluarga sebagai takjil. Cara membuat kolak pisang cukup mudah Kamu bisa membuatnya sesuai resep di bawah ini :

Bahan:

- 1 sisir pisang kepok
- Santan dari 1 butir kelapa
- 1 keping gula aren atau gula merah
- Gula secukupnya
- Sedikit tambahan garam
- Bubuk vanili secukupnya

Cara membuat Kolak Pisang

a. Masukkan santan secukupnya, gula merah, gula pasir dan sedikit garam.

b. Tunggu hingga mendidih, setelah mendidih masukkan pisang dan tes rasanya.

c. Kemudian masak kolak hingga pisangnya menjadi lembut.



2. Pisang Goreng


Pisang goreng,
intsagram.com/@dapur.shanty_6

Camilan yang paling praktis dibuat adalah pisang goreng. Pas dinikmati sebagai teman berbuka puasa. Olahan pisang goreng ini digemari banyak orang, loh, termasuk saya juga.

Yuk buat pisang goreng, caranya mudah, loh. Resep dan bahannya ada di bawah ini, ya!

Bahan:

- 1 sisir pisang uli/kepok
- 50 gr tepung terigu
- 50 gr tepung maizena
- 80 gr tepung beras
- 2 sdm mentega lelehkan
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt gula pasir
- Minyak sayur secukupnya
- Air secukupnya

Cara membuat pisang goreng:

a. Kupaslah kulit pisang kemudian potong  menjadi tiga bagian

b. Campur semua bahan, aduk merata adonan untuk pisang goreng, tes rasa dan kekentalannya.

c. Panaskan minyak, pastikan minyak benar-benar panas dan kecilkan api, celupkan pisang ke adonan.

d. Setelah matang, tiriskan pisang goreng dan siap disantap sebagai menu takjil.



3. Pisang aroma


Pisang aroma
Pisang aroma,
Instagram.com/@cynthiahali


Pisang aroma yang manis dan isian meses coklat dan keju yang paling saya suka. Anak saya juga doyan makan ini, loh. Ternyata cara buatnya juga praktis, cek resep dan bahannya di bawah ini, ya!

Bahan:

- 10 lembar kulit lumpia
- 5 buah pisang uli kemudian belah menjadi dua bagian
- 50 gr meses
- 50 gr keju cheddar parut
- 2 sdm tepung terigu, kemudian larutkan dengan 3 sdm air

Cara membuat pisang aroma:

a. Ambil selembar kulit lumpia, letakkan pisang uli di dalamnya . Taburkan meses coklat dan keju cheddar parut.

b. Gulung dan rekatkan hingga jadi adonan pisang aroma yang siap digoreng.

c. Goreng pisang aroma dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang.

d. Angkat, lalu tiriskan. Pisang aroma siap disantap sebagai teman berbuka yang rasanya lezat.



4. Puding pisang


Puding pisang,
instagram.com/@cintakue


Pisang juga bisa diolah menjadi puding pisang. Puding adalah makanan lezat yang cocok dijadikan santapan berbuka dan jadi favorit keluarga. Yuk cek resep dan bahannya di bawah ini!

Bahan:

- 10 biji pisang talas
- 2 bungkus bubuk agar-agar plain atau agar putih
- 50 gr gula pasir
- 2 bungkus santan instan
- 2 sendok makan tepung maizena
- 1 liter air
- 100 ml susu kental manis
- 1 sdt garam
- Vanili secukupnya
- Daun pandan

Cara membuat puding pisang

a. Campurkan  bahan di atas, seperti bubuk agar plain, gula pasir, air, santan instan, tepung maizena, susu kental manis, garam dan vanili ke dalam panci ukuran sedang.

b. Kemudian masak dengan api sedang, aduk, jangan sampai gosong.

c. Setelah mendidih, matikan api, dan angkat panci tersebut.

d. Masukkan potongan kecil pisang talas dalam puding, masukkan puding pisang ke cetakan, kemudian dinginkan.

e. Puding pisang yang sudah dingin siap disajikan sebagai menu takjil.

Berbagai sajian pisang ini cukup mudah dibuat dan praktis buat menu buka puasa. Setiap daerah pasti punya makanan khas yang jadi favorit keluarga buat takjil selama Ramadan ini.

Baca juga : Jajanan Khas Sunda yang jadi Menu Favorit Buka Puasa

Nah, itulah aneka camilan berbahan dasar pisang yang mudah didapat, murah meriah dan praktis untuk sajian berbuka puasa. Gimana dengan Sahabat Catatan Leannie, dri keempat makanan di atas, mana yang jadi favoritmu?




Salam,





#BPNRamadan2020
#BPNChallengeday19


Mencari Solusi di Tengah Pandemi, Ide Bisnis Kuliner ini Bisa Membuatmu Banjir Rezeki

Sajian lebaran
Aneka kue kering sajian lebaran,
pixabay.com/congerdesign

Di tengah pandemi COVID-19, semua aspek masyarakat merasakan dampaknya, terutama di bidang ekonomi. Mencari solusi di tengah pandemi ini bisa dilakukan dengan berbagai ide bisnis, loh, Sahabat.

Masyarakat  ekonomi menengah atau bawah yang kondisinya memprihatinkan paling merasakan dampak pandemi COVID-19. Jangan fokus pada masalah, segeralah bergerak mencari solusinya.

Ide bisnis apa, sih, yang bisa membuatmu banjir rezeki?

Salah satu pintu rezeki jalannya ada pada berniaga atau berjualan. Setidaknya ada
beberapa ide bisnis kuliner yang bisa dilakukan seorang perempuan baik IRT atau wanita karier yang tertarik berbisnis kuliner.


Ide bisnis kuliner di tengah pandemi dan Bulan Ramadan


Ide bisnis kuliner
Ide bisnis kuliner,
pixabay.com/congerdesign

Bisnis kuliner emang enggak ada matinya. Meski sekarang lagi pandemi COVID-19, dan memasuki bulan Ramadan, bisnis kuliner ini pasti masih banyak peminatnya, loh.

Inilah beberapa ide bisnis kuliner yang mungkin akan membuatmu banjir rezeki di masa pandemi dan bulan suci Ramadan.


1. Takjil atau sajian untuk berbuka puasa


Makanan dan minuman untuk takjil biasanya diburu oleh masyarakat, hanya saja di masa pandemi COVID-19, membatasi mereka untuk keluar rumah, Kamu bisa mencoba berjualan online sebagai solusinya.

Kamu bisa berjualan kurma, sop buah, kolak pisang atau es campur yang sering dipilih sebagai takjil. Pastikan pengemasan sudah rapi dan isinya tidak mudah tumpah dalam proses pengiriman.


2. Jajanan basah atau kue tradisional


Pada berbagai acara penting seperti acara keluarga, gathering kantor, rapat atau arisan biasanya dicari konsumsi berupa jajanan basah atau kue tradisional.

Meski sudah ada social distancing, bisnis kuliner ini tetapt digemari masyarakat. Untuk keseharian, sebagai camilan rumahan sajian makanan seperti donat aneka rasa dan toping spesial, kue cubit, kue cucur, pukis, risoles, molen, atau cup cake pun tetap mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Berjualan secara online lebih aman dipilih saat pandemi COVID-19. Satu lagi, berhubung usaha jajanan tradisional atau kue basah ini tidak bertahan lama, penerapan sistem pre order bisa jadi solusinya.


3. Aneka kue kering sajian lebaran


Pas sekali dengan moment Ramadan juga menjelang idul fitri biasanya sajian kue kering ini diburu masyarakat.

Selain sifatnya yang lebih tahan lama, saya pikir berinvestasi dengan berjualan kue kering lebih menjanjikan. Pastikan memilih bahan kue berkualitas agar produkmu layak jual dan disukai customer.

Kami bisa berjualan aneka kue kering seperti kue nastar, kue keju, putri salju, kue kacang, kue kelapa dan kue coklat masih menjadi makanan khas lebaran atau sajian Idul Fitri favorit keluarga.


4. Birthday cake dan hidangan berat lainnya


Birthday cake atau kue ulang tahun
seperti kue tart dan black forest masih diminati masyarakat. Hidangan berat lainnya seperti kue lapis atau brownies pun bisa kamu jadikan ide bisnis kuliner yang menjanjikan.

Bagaimana menurutmu, Sahabat, dari keempat ide bisnis di atas, mana yang Kamu minati dan paling menarik perhatian?


Tips Berbisnis Kuliner yang Bikin Kamu Laris Manis


Tips bisnis kuliner
Bisnis kuliner yang menjanjikan,
Pixabay.com/congerdesign

Bisnis kue kering untuk sajian lebaran adalah bisnis yang cocok dijalankan saat ini. Saya pribadi tidak pernah membuat kue lebaran sendiri, seringnya sih beli di luar.

Semua merasakan efek Covid-19. Saatnya melakukan inovasi baru dan mencari solusi dengan mengambil peluang yang ada di depan mata dengan menjalankan bisnis kuliner.

Ada beberapa tips berbisnis kuliner yang bakal bikin Kamu laris manis, simak, ya!


1. Memilih bahan berkualitas dan berbelanja di toko yang terpercaya 


Untuk mendapatkan produk yang berkualitas, harus ditunjang dengan bahan yang berkualitas pula. Saat ini pilihan berbelanja online semakin diminati karena lebih praktis dan menghemat waktu.

Untuk berbelanja bahan kue yang berkualitas dan terpercaya, Kamu bisa memilih distibutor dan suplier bahan kue. Kamu akan mendapatkan harga terjangkau, hemat waktu, dan lebih praktis tentunya.


2. Buat produk yang unik dan punya kelebihan tersendiri


Produk yang mau dijual harus punya kelebihan tersendiri dan unik tentuya, dalam artian beda dengan yang lain dan punya ciri khas.

Contohnya saat berjualan donat aneka rasa, pastikan topingnya menarik perhatian pembeli atau saat berjualan kue kering, pastikan tampilan kue menarik, terutama  dari segi rasa.


3. Pastikan foto penunjang produk tampilannya menarik


Fotografi jadi hal yang penting dalam memasarkan produk. Berjualan kue kering atau jajanan basah secara online, pastikan foto penunjang produk tampilannya menarik para pembeli di luar sana.


4. Personal branding dan promosi rutin di media sosial


Salah satu kunci keberhasilan berjualan adalah memperkuat personal branding dan
promosi rutin. Saat mulai merintis bisnis kuliner, Kamu bisa melakukan promosi di berbagai media sosial secara berkala dan rutin.


5. Menjaring reseller dan memperkuat networking


Berbisnis kuliner harus punya target yang kuat. Selain membuka peluang usaha baru, Salah satu tujuan lain berjualan adalah membuka jalan bagi orang lain agar mendapatkan rezeki dengan menjaring reseller.

Membina reseller dan memperkuat networking jadi kunci sukses menjalankan usaha bisnis apapun termasuk bisnis kuliner.


6. Harga produk kompetitif


Harga jual produk kuliner yang ditawarkan sebaiknya tidak terlalu mahal dan bisa menutupi modal. Jangan menaikkan harga terlalu tinggi, juallah produk kuliner dengan harga kompetitif dan terjangkau pembeli.



Toko Wahab, distributor dan suplier bahan kue online yang berkualitas


Toko bahan kue online
Bahan kue berkualitas, freepik.com

Ketika meilih berbisnis kuliner, Kamu sudah harus menentukan perencanaan keuangan dengan memilih bahan kue yang berkualitas agar produk jualanmu punya nilai jual yang tinggi.

Toko Wahab adalah salah satu distributor dan suplier bahan kue online berkualitas dan terpercaya beralamat di Jalan Gn. Sahari 1 No.40, RT.18/RW.4, Senen, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10410.

Toko Wahab ini adalah salah satu platform B2B marketplace khusus food-service supply. Toko Wahab merupakan suplier dan distributor bahan baku kue juga makanan jadi yang kualitasnya tidak diragukan, contohnya saja produk pastry, bakery, makanan kaleng juga restoran.

Menariknya, Toko Wahab ini harganya terjangkau, harga grosir yang lebih murah dan memungkinkan pembeli menawar harga yang ada di websitenya, beda dengan situs  e commerce lain, kan? Lebih menguntungkan pembeli soalnya.

Dengan mengakses tokowahab.com, Kamu bisa membeli bahan kue yang berkualitas secara online dengan harga grosir yang terjangkau tentunya. Dari segi waktu, pun bisa lebih praktis dan bisa dilakukan tanpa harus ke luar rumah.

Kamu bisa melilih kategori produk yang terhitung lengkap untuk memulai bisnis kue, contohnya saja mentega, margarin, tepung kue, coklat, keju, susu, dan aneka selai.

Selain itu, Toko wahab juga menyediakan bahan masakan, makanan beku, buah, minuman segar, minyak, buah, dan peralatan membuat kue tentunya.

Toko Wahab juga peduli terhadap UMKM, dengan memberdayakan para pelaku UMKM untuk mengikuti pelatihan memasak, pelatihan bisnis dan mengembangkan menu-menu baru yang bisa menguntungkan para pelaku UMKM.

Buat Kamu yang ingin mencari solusi di tengah pandemi ini, yuk, coba berbagai ide bisnis yang mungkin akan membuatmu banjir rezeki. Jangan lupa berbelanja bahan kue berkualitas  secara online di Toko Wahab, ya!


Salam,







Ini Dia 7 Sajian Es Serut Terpopuler dari Berbagai Negara di Asia

Sajian es serut adalah menu yang banyak disukai karena rasanya yang nikmat dan bisa mengobati dahaga. Sajian es serut ini tak hanya popular di Indonesia tetapi juga di berbagai negara  Asia.

Di beberapa negara Asia, sajian es serut ini merupakan menu yang paling dicari.
Simak, yuk, Sahabat, ada 7 sajian es serut terpopuler di Asia!

1. Es Campur dari Indonesia

Es Campur via m.tribunnews.com

Es campur ini merupakan favorit banyak orang. Es Campur berisi es serut yang ditambahkan potingan kolang-kaling, cingcau hitam, alpukat, tape, roti tawar Yang ditambahkan sirup juga susu kental manis.

Rasanya mantap jiwa, apalagi disantap saat cuaca panas atau sebagai hidangan penutup. Segarnya!

2.  Patbingsu dari Korea Selatan

Patbingsu via Trifood.com

Buat pecinta es serut, Patbingsu ini harus dicobain, yang pasti jadi idola di sana. Es serut yang terdiri dari campuran Kacang merah, es krim, buah, sereal dan keju. Aslinya bikin ngiler, loh, Sahabat.

3. Kakigori dari Jepang

Kakigori via metropolis Japan.com

Musim panas adalah saat yang tepat untuk menyantap Kakigori. Hm ... yummy.

Sajian es serut yang lembut plus es krim dengan campuran sirup atau susu kental manis dan diberi toping istimewa seperti dango, kacang, dan toping lainnya dalam sajian mangkuk yang cukup besar.

Bikin penasaran pengen nyobain Kakigori yang popular di Jepang. Pastinya bikin dahaga terobati, ya.

4. Ais Kacang dari Malaysia

Ais Kacang via timeout.com

Malaysia memiliki es serut yang diberi nama ais kacang.  Selain Ais Kepal Milo, Ais Kacang pun populer di sana.

Sajian es serut dengan perpaduan kacang merah, agar-agar, selasih, cendol, dan buah kaleng disertai susu kental manis juga sirup menambah segarnya Ais Kacang.

5. Chuski  dari India

Chuski via kaloree1.com


Jika kita lihat sekilas es serut Chuski Dari India ini mirip dengan sajian es serut di Indonesia yang diberikan campuran sirup seperti jajanan anak sekolahan.

Ternyata ada yang istimewa dari Chuski ini, sirupnya berasal dari sirup mawar khas negara India  yang bernama Kala-Khatta.

Penasaran enggak sih, gimana rasanya sirup mawar, Kala Khatta yang jadi pelengkap Chuski.

6. Nam Khang Sai dari Thailand

Nam Khang Sai via eatingthaifood.com

Sajian es serut khas Thailand yaitu Nam Khang Sai merupakan kombinasi dari bahan-bahan yang sudah dicincang pada bagian dasar mangkuk kaca.

Sajian es serut ini ditumpuk dengan sajian es serut kemudian dipercantik dengan toping buah beraneka warna, dan diberikan siraman sirup di bagian teratas.

7. Halo-Halo dari Filipina

Halo-Halo via Pinterest.com

Nama yang unik dari es serut khas Filipina. Es serut dengan kombinasi unik seperti nangka, kelapa, ampas kelapa, kacang hijau, jagung, mutiara dan ubi jalar ungu.

Es ini disajikan dengan satu sendok es krim dan sup krim manis. Wow, bikin penasaran dan pengen nyobain.

Yang pasti sajian es serut selalu jadi primadona untuk sajian penutup atau sekadar melepas dahaga. Benar, kan, Sahabat?

Nah, itu dia sajian es serut yang beraneka ragam dari berbagai negara di Asia. Gimana, tertarik untuk mencobanya?