Mencari Solusi di Tengah Pandemi, Ide Bisnis Kuliner ini Bisa Membuatmu Banjir Rezeki

Sajian lebaran
Aneka kue kering sajian lebaran,
pixabay.com/congerdesign

Di tengah pandemi COVID-19, semua aspek masyarakat merasakan dampaknya, terutama di bidang ekonomi. Mencari solusi di tengah pandemi ini bisa dilakukan dengan berbagai ide bisnis, loh, Sahabat.

Masyarakat  ekonomi menengah atau bawah yang kondisinya memprihatinkan paling merasakan dampak pandemi COVID-19. Jangan fokus pada masalah, segeralah bergerak mencari solusinya.

Ide bisnis apa, sih, yang bisa membuatmu banjir rezeki?

Salah satu pintu rezeki jalannya ada pada berniaga atau berjualan. Setidaknya ada
beberapa ide bisnis kuliner yang bisa dilakukan seorang perempuan baik IRT atau wanita karier yang tertarik berbisnis kuliner.


Ide bisnis kuliner di tengah pandemi dan Bulan Ramadan


Ide bisnis kuliner
Ide bisnis kuliner,
pixabay.com/congerdesign

Bisnis kuliner emang enggak ada matinya. Meski sekarang lagi pandemi COVID-19, dan memasuki bulan Ramadan, bisnis kuliner ini pasti masih banyak peminatnya, loh.

Inilah beberapa ide bisnis kuliner yang mungkin akan membuatmu banjir rezeki di masa pandemi dan bulan suci Ramadan.


1. Takjil atau sajian untuk berbuka puasa


Makanan dan minuman untuk takjil biasanya diburu oleh masyarakat, hanya saja di masa pandemi COVID-19, membatasi mereka untuk keluar rumah, Kamu bisa mencoba berjualan online sebagai solusinya.

Kamu bisa berjualan kurma, sop buah, kolak pisang atau es campur yang sering dipilih sebagai takjil. Pastikan pengemasan sudah rapi dan isinya tidak mudah tumpah dalam proses pengiriman.


2. Jajanan basah atau kue tradisional


Pada berbagai acara penting seperti acara keluarga, gathering kantor, rapat atau arisan biasanya dicari konsumsi berupa jajanan basah atau kue tradisional.

Meski sudah ada social distancing, bisnis kuliner ini tetapt digemari masyarakat. Untuk keseharian, sebagai camilan rumahan sajian makanan seperti donat aneka rasa dan toping spesial, kue cubit, kue cucur, pukis, risoles, molen, atau cup cake pun tetap mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Berjualan secara online lebih aman dipilih saat pandemi COVID-19. Satu lagi, berhubung usaha jajanan tradisional atau kue basah ini tidak bertahan lama, penerapan sistem pre order bisa jadi solusinya.


3. Aneka kue kering sajian lebaran


Pas sekali dengan moment Ramadan juga menjelang idul fitri biasanya sajian kue kering ini diburu masyarakat.

Selain sifatnya yang lebih tahan lama, saya pikir berinvestasi dengan berjualan kue kering lebih menjanjikan. Pastikan memilih bahan kue berkualitas agar produkmu layak jual dan disukai customer.

Kami bisa berjualan aneka kue kering seperti kue nastar, kue keju, putri salju, kue kacang, kue kelapa dan kue coklat masih menjadi makanan khas lebaran atau sajian Idul Fitri favorit keluarga.


4. Birthday cake dan hidangan berat lainnya


Birthday cake atau kue ulang tahun
seperti kue tart dan black forest masih diminati masyarakat. Hidangan berat lainnya seperti kue lapis atau brownies pun bisa kamu jadikan ide bisnis kuliner yang menjanjikan.

Bagaimana menurutmu, Sahabat, dari keempat ide bisnis di atas, mana yang Kamu minati dan paling menarik perhatian?


Tips Berbisnis Kuliner yang Bikin Kamu Laris Manis


Tips bisnis kuliner
Bisnis kuliner yang menjanjikan,
Pixabay.com/congerdesign

Bisnis kue kering untuk sajian lebaran adalah bisnis yang cocok dijalankan saat ini. Saya pribadi tidak pernah membuat kue lebaran sendiri, seringnya sih beli di luar.

Semua merasakan efek Covid-19. Saatnya melakukan inovasi baru dan mencari solusi dengan mengambil peluang yang ada di depan mata dengan menjalankan bisnis kuliner.

Ada beberapa tips berbisnis kuliner yang bakal bikin Kamu laris manis, simak, ya!


1. Memilih bahan berkualitas dan berbelanja di toko yang terpercaya 


Untuk mendapatkan produk yang berkualitas, harus ditunjang dengan bahan yang berkualitas pula. Saat ini pilihan berbelanja online semakin diminati karena lebih praktis dan menghemat waktu.

Untuk berbelanja bahan kue yang berkualitas dan terpercaya, Kamu bisa memilih distibutor dan suplier bahan kue. Kamu akan mendapatkan harga terjangkau, hemat waktu, dan lebih praktis tentunya.


2. Buat produk yang unik dan punya kelebihan tersendiri


Produk yang mau dijual harus punya kelebihan tersendiri dan unik tentuya, dalam artian beda dengan yang lain dan punya ciri khas.

Contohnya saat berjualan donat aneka rasa, pastikan topingnya menarik perhatian pembeli atau saat berjualan kue kering, pastikan tampilan kue menarik, terutama  dari segi rasa.


3. Pastikan foto penunjang produk tampilannya menarik


Fotografi jadi hal yang penting dalam memasarkan produk. Berjualan kue kering atau jajanan basah secara online, pastikan foto penunjang produk tampilannya menarik para pembeli di luar sana.


4. Personal branding dan promosi rutin di media sosial


Salah satu kunci keberhasilan berjualan adalah memperkuat personal branding dan
promosi rutin. Saat mulai merintis bisnis kuliner, Kamu bisa melakukan promosi di berbagai media sosial secara berkala dan rutin.


5. Menjaring reseller dan memperkuat networking


Berbisnis kuliner harus punya target yang kuat. Selain membuka peluang usaha baru, Salah satu tujuan lain berjualan adalah membuka jalan bagi orang lain agar mendapatkan rezeki dengan menjaring reseller.

Membina reseller dan memperkuat networking jadi kunci sukses menjalankan usaha bisnis apapun termasuk bisnis kuliner.


6. Harga produk kompetitif


Harga jual produk kuliner yang ditawarkan sebaiknya tidak terlalu mahal dan bisa menutupi modal. Jangan menaikkan harga terlalu tinggi, juallah produk kuliner dengan harga kompetitif dan terjangkau pembeli.



Toko Wahab, distributor dan suplier bahan kue online yang berkualitas


Toko bahan kue online
Bahan kue berkualitas, freepik.com

Ketika meilih berbisnis kuliner, Kamu sudah harus menentukan perencanaan keuangan dengan memilih bahan kue yang berkualitas agar produk jualanmu punya nilai jual yang tinggi.

Toko Wahab adalah salah satu distributor dan suplier bahan kue online berkualitas dan terpercaya beralamat di Jalan Gn. Sahari 1 No.40, RT.18/RW.4, Senen, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10410.

Toko Wahab ini adalah salah satu platform B2B marketplace khusus food-service supply. Toko Wahab merupakan suplier dan distributor bahan baku kue juga makanan jadi yang kualitasnya tidak diragukan, contohnya saja produk pastry, bakery, makanan kaleng juga restoran.

Menariknya, Toko Wahab ini harganya terjangkau, harga grosir yang lebih murah dan memungkinkan pembeli menawar harga yang ada di websitenya, beda dengan situs  e commerce lain, kan? Lebih menguntungkan pembeli soalnya.

Dengan mengakses tokowahab.com, Kamu bisa membeli bahan kue yang berkualitas secara online dengan harga grosir yang terjangkau tentunya. Dari segi waktu, pun bisa lebih praktis dan bisa dilakukan tanpa harus ke luar rumah.

Kamu bisa melilih kategori produk yang terhitung lengkap untuk memulai bisnis kue, contohnya saja mentega, margarin, tepung kue, coklat, keju, susu, dan aneka selai.

Selain itu, Toko wahab juga menyediakan bahan masakan, makanan beku, buah, minuman segar, minyak, buah, dan peralatan membuat kue tentunya.

Toko Wahab juga peduli terhadap UMKM, dengan memberdayakan para pelaku UMKM untuk mengikuti pelatihan memasak, pelatihan bisnis dan mengembangkan menu-menu baru yang bisa menguntungkan para pelaku UMKM.

Buat Kamu yang ingin mencari solusi di tengah pandemi ini, yuk, coba berbagai ide bisnis yang mungkin akan membuatmu banjir rezeki. Jangan lupa berbelanja bahan kue berkualitas  secara online di Toko Wahab, ya!


Salam,







53 comments

  1. Bisnis makanan emang ngga ada habisnya ya?
    Selalu dicari, termasuk saat pandemi
    Karena perut lapar ga bisa menunggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Ambu. Pengalamanku berjualan kuliner, ada aja yang pesen.

      Delete
    2. He em, bisnis Kuliner banyak yang mencari ya, apalagi kalau punya keunikan baik cita rasa, bentuk, dan nama masakannya

      Delete
  2. Ide bisnisnya masuk akal banget.. Masalah perut emang selalu jadi yang terdepan ya mbak. Sayang saya belum bisa dan memang gabisa bikin kue-kue lucu itu 😔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya saya pun enggak bisa buat kue, malah suami yang pinter bikin ini.

      Delete
  3. Karena selalu di rumah saja, jadi mudah lapar. Skill memasak camilan juga meningkat. Beruntung kaki yang suka masak. Yang ga suka akan beli.
    Ini ide bagus sekali. Harus dieksekusi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget jadinya ibu suka bolak-balik dapur buat nyiapin makanan

      Delete
  4. Ide bisnisnya patut dicontoh nih, apalagi mau lebaran pesenan kue kue pasti lebih banyak yg order, sukses selalu ya

    ReplyDelete
  5. Bener bngt kak,,, biasanya d pandemi ini salah satu usaha bisnis kulineran, kakak ku Juga buka ini buat klapertat, cheese cake alhamdulillah lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enak itu klapertart, sama cheese cake memang jadi favorit keluarga

      Delete
  6. Mantab nih, sampai bahan kue saja bisa order online.
    Btw, itu masih terpusat di Jakarta ya? Mungkin ada Sub di Malang kah? Biar murah ongkir nya, hehe

    ReplyDelete
  7. Waaah keren nih ada e-commerce khusus bahan baku kue. Aku jadi auto pengin kepoin toko wahab ini deh abis bisa harga grosir ya udah gitu kan online jadi enggak usah ke luar rumah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget boleh nawar lagi belanja di Toko Wahab. Hehe

      Delete
  8. Kalo nggak sibuk ngeluh, insya Allah ada aja ya peluang yang bisa kita tangkap. Dalam bayanganku sih, setelah pandemi korona ini berakhir akan banyak wirausahawan baru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu hikmahnya, ya, Mbak. Selalu ada jalan bagi yang berusaha. Saya percaya itu.

      Delete
    2. Semoga kita termasuk yang terus semangat mencari celah usaha ya :)

      Delete
  9. saya baru ajah beli donat yg frozen food. betul sekali, di masa ini lebih enak jual makanan. pasti yg di rumah ajah pengen nyemil tanpa ribet, seperti saya ini. padahal kemarin2 dah bikin sendiri loh tp kok gak seenak beli jadi ya? wkwk

    ReplyDelete
  10. Saya juga nggak pernah bikin kue kering mbak, kalau lagi pengen ya beli aja.
    Emang ya bisnis kuliner ini nggak ada matinya, karena memang makan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Mbak. Kadang saya juga pengen yang praktis, sih

      Delete
  11. Biasanya klo mw lebaran yg laris bisnis kue kering ya kak...
    Adik iparku juga bisnis ini tiap tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya banyak dicari buat sajian lebaran, Mbak

      Delete
  12. Kalau bisnis Kuliner memang harus ditunjang dengan foto makanan yang oke. Eh, foto makanan jadi inget yang lagi rame itu hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, Aku ketinggalan info. Apa sih, yang lagi ramai? Hihi

      Delete
  13. Ya pandemi ini jangan jadi penghalang kita buat mengais rezeki ya Mbak. So boleh juga nih ide bisnisnya apalagi di bulan ramadan ini bisa laris manis kalau kita buka usaha jualan takjil di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Biasanya ada yang suka beli takjil daripada bikin sendiri.

      Delete
  14. Skrg status kawan rata2 jual online hehe
    Tapi bgs dong, bisa saling beli
    Soalnya jualnya kan macam2
    Beruntung yg punya talenta buat kue2 n jajanan. Bisa membantu ekonomi keluarga
    Btw toko onlinenya mantabs, sangat memudahkan saat skrg ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak. Hehe semua lagi butuh yang online soalnya di masa pandemi ini. Apalagi kue kering masih banyak peminatnya

      Delete
  15. Usaha kuliner emang nggak ada matinya ya mba, meskipun di tengah pendemi. Terima kasih sharingnya.

    ReplyDelete
  16. Bisnis kue apalagi saat mau lebaran kayak gini memang cukup menjanjikan. Asal enak, bersih dan harga bersaing pasti laris.

    ReplyDelete
  17. Bisnis kue dan makanan sat Ramadhan memang menjanjikan..menjaga kualitas serta harga yg kompetitif salah satu rahasia yg bikin bisnisnya tetap bertahan dipercaya konsumen ya.

    ReplyDelete
  18. Wah Mba, tulisannya bergizi sekali. Lengkap. Memang bener, ide di atas itu lagi banyak dicari orang dan memang penjualannga butuh proses ya dan prosesnya itu lengkap sekali mba tulis di atas. Dari cari bahan berkualiatas, membangun branding dan lain-lain. Aku jadi tahu toko wahab tempat menjual bahan-bahan yang berkualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, terima kasih sekali Mbak Yeni sudah berkunjung ke sini.

      Delete
  19. Nyari lagi artikel ini, tadi sore bikin kue dan kehabisan mentega dong
    Pingin buka web toko Wahab , bisa pesan on line ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Ambu, bisa pesan online dan dapat harga grosir, kalau harganya pengen ditawar lagi juga boleh, hehe ...

      Delete
  20. Saya ingin bikin jajan lebaran tuk dijual tapi ragu dengan kondisi sekarang. Apa masih ada yg siapin sajian Ramadan, ya....

    Tapi baca ini jadi yakin lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Susi bisa dicoba jadi peluang usaha

      Delete
  21. Iya nih di aku lihat yang memanfaatkan jualan buka takjil bukan dari umat islam saja beberapa yg saya lihat malah org cina yang memang di bidang jualan mereka jagonya hehe.... jadi berkah untuk semua nih..

    ReplyDelete
  22. Menjelang lebaran ini memang bisnis kuliner menjanjikan sekali apalagi kue kering yah. Banyak orang yang malas mau masak karena terkadang justru nambah biaya juga apalagi kalo orang di rumah hanya satu atau dua orang saja. Paling penting memang harga harus mampu kompetitif agar pembeli tetap berlangganan dengan kita saja yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul banget kalau kemahalan juga mikir-mikir lagi buat beli

      Delete
  23. MasyaAllah makasih inspirasinya Mba. Udah lama aku ngepoin toko wahab gara2 waktu itu mau cari mozarela murah tapi yg kiloan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak Rizka. Semoga bermanfaat infonya

      Delete
  24. Menarik nih mbak Lia kalau bisa bikin bisnis kuliner di saat seperti sekarang. Apalagi memasuki Ramadhan, ya. Sebentar lagi lebaran bakalan banyak orang yang order kue kering minimal buat dimakan sendiri karena lagi pandemi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, ini lagi merintis usaha bisnis kuliner juga. Doanya aja, ya.

      Delete
  25. Ide berbisnis kuliner ini boleh juga ya kan.. Manfaatnya bisa kebanyak orang. Apalagi skrg lagi bulan Ramadhan dan situasi pandemi. Aku juga sekarang lagi belajar masak. Siapa tahu bisa buat bisnis kuliner nantinya.

    ReplyDelete
  26. Banyak peluang ya Mbak untuk tetap bisa menghasilkan pundi rupiah di tengah kesulitan akibat wabah korona ini.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Mohon tidak menyertakan link hidup. Terima kasih atas kunjungannya.