10 Menu Lebaran Khas Keluarga ala Catatan Leannie


Sajian lebaran, travelingyuk.com


Enggak terasa Bulan Ramadan sebentar lagi berlalu. Hari kemenangan atau Idulfitri pun segera tiba. Menu lebaran khas keluarga ala Catatan Leannie, aneka kue kering selalu jadi favorit keluarga dan masakan mama memang enggak ada duanya.

Setiap daerah atau keluarga punya menu khas lebaran masing-masing. Di keluarga saya sajian makanan ini selalu tersedia saat lebaran atau Idulfitri. Menu lebaran khas keluarga ala Catatan Leannie diantaranya :


1. Ketupat atau Lontong 


Ketupat atau lontong
Ketupat atau lontong, food.detik.com

Kayaknya kalau ketupat udah jadi simbol khas lebaran. Nah, kalau enggak ada ketupat, biasanya pengganti ketupat atau kupat adalah lontong kari.

Lontong itu berasal dari beras, kadang polosan aja, ada juga yang diisi potongan kecil sayur atau ayam suwir. Biasanya buat temen opor ayam pakainya lontong yang tanpa isian.


2. Opor ayam


Opor ayam
Opor ayam,
Cookpad.com/Ingrid Subagio


Opor ayam jadi menu makanan yang selalu ada saat Lebaran. Rasanya lebaran tanpa opor ayam jadi kurang lengkap, deh. Opor ayam buatan mama selalu lezat, pernah bikin sendiri tapi rasanya beda sama yang mana buat. Beda tangan, beda racikan, beda juga rasanya.


3. Gulai sapi


Gulai sapi
Gulai sapi, selerasa.com


Selain opor ayam, gulai sapi pun selalu jadi menu yang tersedia saat Idulfitri. Gulai sapi dan ketupat juga jadi pasangan yang cocok buat sajian lebaran.


4. Sayur cabe


Sayur cabe
Sayur cabe seger,
Cookpad.com/ Nestya tya


Sayur cabe ini bikin seger, biasanya cabe hijau sih yang dibuat sayur cabe, ada rasa pedasnya, seger dan enak banget ditambahin sama ketupat plus opor atau gulai.


5. Gepuk


Gepuk daging sapi
Gepuk daging sapi,fimela.com


Mamaku selalu sedia gepuk ini saat lebaran. Setelah saya nikah pun sering dikirim gepuk sama Mama. Rasanya enggak kalah sama masakan resto. Biasanya jadi temen opor, sayur cabe, ketupat. Enak banget rasanya.


6. Kentang goreng ati


Kentang goreng ati
Kentang goreng ati, selerasa.com


Ini juga menu yang selalu menemani sajian makanan saat Idulfitri. Kentang goreng bumbu merah ditambah potongan kecil ati ampela ayam kadang atau ditambah petai yang jadi temennya opor dan makanan lainnya.


7. Ranginang


Ranginang
Ranginang, tribunnews.com


Ranginang ini kayak kerupuk yang terbuat dari beras ketan dibentuk bulat dan dikeringkan dengan dijemur di bawah sinar matahari langsung. Setelah itu baru digoreng dengan api sedang hingga mengembang dan matang.


8. Manisan kolang-kaling


Manisan kolang-kaling
Manisan kolang-kaling, sajiansedap.grid.id


Rasanya seger banget saat ada manisan kolang-kaling di rumah ketika idul fitri. Kolang kaling yang ditambah sirup cocopandan atau fanta memang jadi manis dan seger saat memakannya.


9. Aneka kue kering    


Kue keju
Kue keju favorit saya, dokumentasi pribadi


Aneka kue kering tak pernah ketinggalan menghiasi sajian Idulfitri buat menjamu tamu yang silaturahmi ke rumah juga buT santapan keluarga. Kue nastar, keju, kacang, sagu selalu jadi sajian kue lebaran favorit keluarga.


10. Tape ketan hitam Bandung


Tape ketan hitam
Tape ketan hitam,
Cookpad.com/ iien soegi


Nah, tape ketan hitam ini udah jarang sih nemuin  jadi sajian lebaran, kecuali saat silaturahmi ke desa tempat nenek di Garut atau dapat kiriman dari temen ayah.

Kadang beli juga, sih, buat di rumah sebagai salah satu sajian lebaran. Tape ketan hitam ini enaknya dinikmati sama es krim.

Setiap keluarga atau bahkan di beberapa daerah pasti punya menu khas buat sajian lebaran. Begitu pula dengan sajian berbuka puasa. Ada menu buka puasa khas Sunda yang jadi favoritnya saya.


Baca juga :  5 Jajanan Khas Sunda yang jadi Menu Favorit Buka Puasa


Bagi saya, hal terpenting  saat hari kemenangan adalah jiwa dan hati kita kembali ke fitri. Sajian makanan jadi pelengkap kegembiraan menyambut hari kemenangan atau hari raya Idulfitri.

Itulah kesepuluh menu lebaran khas keluarga ala Catatan Leannie. Bagaimana dengan Sahabat, apa menu khas daerah dan favoritnya saat Hari raya Idulfitri?


Salam,





#BPNRamadan2020
#BPNChallengeday23



26 comments

  1. Semua menu di atas, hampir semua jadi favorit saya ketika lebaran, mba. Cuma sayur cabe yang kayaknya akan saya jauhi, hehehehehe

    ReplyDelete
  2. Sama mbaak kecuali no 5 dan 6.. Di rumahku jarang ada, yg pling utama opor dan lontongnya :D
    Jd kangen lebaran kumpul bareng saudara2 :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nomor 5 dan 6 itu enak banget. Iya, sekarang sabar dulu, ya, sampai pandemi berakhir

      Delete
  3. Keluargaku selalu hadir rendang di meja. 🙈

    Tapi itu opor ayamnya kok menghiurkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mamaku kurang suka pedes, makanya bikinnya gepuk. Aku sih suka aja,enggak akan nolak. Hehe

      Delete
  4. Kalau aku 1 2 6 9 yang selalu ada setiap lebaran. APalagi no. 2 opor bikinan ibu .. duh kangen banget. Mana ga boleh mudik ..huhuhu..sedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Semuanya itu menu di rumah mamaku, kalau saya paling cuman bikin dikit aja.

      Delete
  5. Ngiler...
    Itu kebanyakan menu lebaran di rumah mertua saya, ada lontong dan opor, sama sayur manisa :D
    sambal goreng ati juga, kalau anak-anak perempuannya pas ada yang nginep di sana.

    Pokoknya rame lauk pauknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menu dinrumah mama semua, hehe ... Aku bersyukur rumahnya dekat mama.

      Delete
  6. Aduh jadi pingin cepet2 lebaran dan makan ketupat hehehe
    Eniwei kaastengelnya bikin sendiri atau beli?
    Kalo bikin pasti hasil karya suami ya?
    Halah malah tebak tebakan :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang suami yang bikin. Ada di produknya jajanan papi martin, hehe ... saya tim nyicip aja

      Delete
  7. Waaaah, mendekati hari kemenangan, opor ayam harus ada di meja makan nih sama sambal kentang ati mantaaap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, jadi pengen cobain opor plus sambal goreng kentang ati

      Delete
  8. Wah iya, hampir sama dgn hidangan keluargaku..
    Duh makin g sabar nunggu lebaran

    ReplyDelete
  9. samaaa. ada semua nih saat lebaran di keluarga besar saya tp gak semua menu di 1 rumah sih. jd kalo ke rumah budhe, ada ketupat, opor, tape, es kolang kaling, jajanan...nanti pindah ke rumah sepupu ada lg yg lainnya. lebaran kami jarang di rumah, tp keliling. gak tahu kalo tahun ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, saya pun suka keliling dan icip-icip banyak makanan

      Delete
  10. Wuawww lengkap dan banyak,
    Kenyang tuh silaturahmi ke tempat mba Lia. (Hehehehe)
    Kalau di keluarga saya umumnya nila oblok atau rendang daging untuk pelengkap makan ketupat/lontong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semua menu ada di rumah mamaku, hehe ... Wah penasaran sama nila oblok or rendang daging

      Delete
  11. Di rumah, ibuku selalu memasak ketupat, opor ayam, sambal goreng kentang, dan rendang. Masaknya lama, tapi hanya butuh sekejap buat menghabiskan. Apalagi lebaran nanti nggak kemana-mana dan saya bilang jangan menerima tamu juga. Riskan, sih.

    Kegiatannya apa coba kalau bukan makan lagi dan lagi, wkwkwk ...

    ReplyDelete
  12. Kok aku sedih ya baca ini, jd keinget masakan mama pas lebaran .. kangen banget kalo bayangin dulu pas msh sekolah, sampe begadang bantuin mama bikin masakan lebaran. Lontong khas Medan beda Ama lontong lainnya. Dari lauknya sih yg sedikit beda. Dan pastinya LBH pedas :D.setelah indah ke JKT, aku ttp msh kangeeen Ama lontong khas nya, yg sayangnya g prnh aku temuin di Jakarta :(.

    Makanya stiap moment lebaran aku Ama suami LBH milih melipir ato pindah sementara k hotel, Krn para asisten mudik,dan aku jujurny ga jago masak begitu :D.

    THN ini udh ngebayangin tadinya, mudik ke Medan, ketemuan Ama masakan mama lagi :D, apa daya cancel semuanya.. belum rezeki :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Big hug Mbak Fanny. Moga pandemi cepat berakhir dan bisa pulang kampung ketemu keluarga, ya

      Delete
  13. hampir sama, ketupat, opor, sambal goreng , daging gepuk,kerupuk, manisan kolang kaling , aku sayurnya biasanya sayur labu pakai santan

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Mohon tidak menyertakan link hidup. Terima kasih atas kunjungannya.