Ramadan Penuh Berkah, inilah 7 Alasan Bersyukur saat Puasa di Tengah Pandemi

Bersyukur saat ramadan
Mengucap syukur,
Pexels.com/Abdullah Ghatasheh


Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Banyak banget keutamaan bulan suci ini dari pengampunan dosa hingga diijabahnya doa. Meski berpuasa di tengah pandemi, ada banyak hal yang membuat saya mengucap syukur.

Bersyukur adalah tanda bukti rasa terima kasih atas segala nikmat-Nya. Di tengah pandemi sekali pun, selalu ada hikmah di dalamnya. Simak, yuk, 7 alasan bersyukur saat puasa di tengah pandemi versi Catatan Leannie:


1. Bersyukur diberi nikmat sehat


Nikmat sehat
Pexel.com/Miguel A.Padrinan


Nikmat sehat adalah nikmat yang tak terkira. Banyaknya pemberitaan mengenai orang yang terkena virus Corona, bahkan meninggal karena penyakit ini membuat saya berhenti mengakses  berita tentang Covid-19.

Hal pertama yang membuat saya bersyukur adalah nikmat sehat yang diberikan pada keluarga, bersyukur juga masih diberikan kesempatan hidup di dunia untuk memperbaiki diri.


2. Masih bisa makan, punya tempat tinggal, dan dekat dengan ortu 


Family time
Family Time,
Pexels.com/Andrea Piacquadio


Dampak COVID-19 begitu terasa, banyak masyarakat kecil yang terkena imbasnya. Hal kedua yang membuat saya bersyukur adalah saya dan keluarga masih bisa memenuhi kebutuhan pokok, seperti masih bisa makan setiap hari, punya rumah sendiri dan dekat dengan rumah orang tua.

Saya sendiri sering banget dapat kiriman makanan, takjil, kue dari mama. Kadang saya merasa belum bisa membalas semua jasa orang tua, terutama mama.

Saya juga enggak pernah mudik karena rumah mertua juga dekat, satu hal yang disyukuri kalau ingin silaturahmi enggak susah. Denger cerita banyak orang yang tinggal berjauhan dan belum pulang selama bertahun-tahun. Kebayang kangennya mereka seperti apa.


3. Diberi amanah baru sebagai calon ibu


Tes pack positif
Tes pack positif, dokumentasi pribadi

Satu hal yang begitu membahagiakan saya dan suami adalah ketika tahu kalau hasil tes pack positif, alhamdulillah nanti anakku bakal punya adik.

Diberi amanah baru sebagai calon ibu membuat saya banyak mengucap syukur. Alhamdulillah Allah SWT memberikan menitipkan kembali amanah-Nya pada saya dan suami.

Baca juga : Puasa di Tengah Pandemi dan Berkah Ramadan

Hal ini jadi reminder juga buat saya agar bisa menjadi seorang ibu yang lebih baik lagi.


4. Menyiapkan menu makan sehat untuk keluarga dan mengurangi jajan di luar


Memasak untuk keluarga
Memasak untuk keluarga,
Pexels.com/Elly Fairytale


Semenjak pandemi, ada rasa kekhawatiran kalau pergi ke luar, apalagi beli jajanan dari luar. Hal ini membuat saya jarang banget beli jajanan di luar.

Hal ini membuat saya sering banget memasak menu makanan sehat di rumah. Meski masakan saya simpel dan itu-itu aja, saya bersyukur bisa menyiapkan makanan bagi keluarga dan senang banget ketika mereka lahap makan.


5. Membangun bisnis kuliner baru bareng pasangan


Donat jajanan Papi Martin,
dokumentasi pribadi


Pandemi ini berdampak besar terhadap perekonomian. Masyarakat ekonomi menengah dan bawah yang paling merasakan dampaknya.

Mencari solusi di tengah pandemi bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya mencari rezeki dari berjualan.

Baca juga : Mencari Solusi di Tengah Pandemi, Ide Bisnis Kuliner ini akan membuatmu Banjir Rezeki

Berbisnis kuliner adalah hal yang kami pilih dan Jajanan Papi Martin adalah nama bisnis baru yang dirintis suami.

Ada beragam produk yang ditawarkan diantaranya donat aneka rasa, bolu, birthday cake, aneka kue kering seperti lidah kucing, kue keju, putri salju, coklat, nastar, ada juga risoles, baso aci, aneka minuman seperti Green Tea, Thai Tea dan Red Velvet.  Buat Bandung dan sekitarnya bisa pesan goofood di Jajanan Papi Martin.

Jajanan Papi Martin
Jajanan Papi Martin, dokumentasi pribadi


6. Mendapat tambahan penghasilan dari menulis 


Berpenghasilan dari menulis
Writer, Pexels.com/Judit Peter


Meski ngeblog adalah aktivitas baru yang saya seriusin selama setahun terakhir ini, saya bersyukur bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari menulis, diantaranya dengan menulis sponsor post di blog dan campaign produk di Instagram.

Mungkin bagi blogger lain yang udah senior, mereka udah biasa dan lebih banyak tawaran jobnya. Saya paham juga karena follower Instagram saya juga masih sedikit kadang jarang keangkut job blogger, tapi saya bersyukur masih ada aja tambahan penghasilan dari nulis.

Hal yang membahagiakan bagi saya adalah hobi yang dibayar. Ada kepuasan tersendiri pokoknya karena ternyata passion saya ada di menulis.

Baca juga : Setahun di Dunia Literasi, Menemukan Passion dengan Menulis 


7. Lebih dekat dengan keluarga


My little family
My little family, dokumentasi pribadi


Saya merasakan sendiri dengan adanya anjuran social distancing, silaturahmi keluarga makin erat. Waktu dengan keluarga terasa begitu berharga. Saya  merasa bersyukur telah diberikan keluarga yang care dan menyayangi saya.

“Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban." Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? (Q.S Ar Rahman:31)

Selalu banyak alasan untuk membuat saya mengucap syukur. Dari diberikan kesempatan hidup, sehat, dan diberikan amanah baru sudah cukup banyak hal yang membuat saya bersyukur bisa menjalani puasa di tengah pandemi.

Bulan Ramadan penuh berkah, bagaimana dengan Sahabat Catatan Leannie, apa alasan yang membuatmu bersyukur saat puasa di tengah pandemi? Sharing, yuk!




Salam,





#BPNRamadan2020
#BPNChallengeday20





22 comments

  1. Dalam kondisi apapun kita dianjurkan untuk tetap bersyukur atas apa yg telah Allah berikan kpd kita. Lebih nikmat sehat di tengan pandemi. Kita masih diberikan kesehatan dan kehidupan bisa dekat dgn keluarga dan masih bisa beraktifitas yg menghasilkan.

    Tdk ada alasan kita untuk tdk bersyukur atas nikmat yg lebih diberikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Kak. Bersyukur atas semua nikmat-Nya

      Delete
  2. bersyukur itu memang harus ya mulai dari hal kecil spt kesehatan , bisa bernafas, karena kadang ukuran rejeki kita itu hanya uang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mbak Tira. Banyak hal kecil yang lupa buat disyukuri. Dikasih kesempatan hidup, nikmat sehat punya keluarga yang care juga perlu disyukuri

      Delete
  3. Selamat yaa mbak dikasih amanah kembali oleh Allah SWT,semoga sehat selalu hingga persalinan Nanti... Aamiin YRA🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terima kasih Mbak atas doanya. Aamiin

      Delete
  4. Dibalik musibah kita memang harus selalu mencari dampak positifnya. karena kalau dipikirin dampak negatif terus bisa membuat kita jatuh stress. Dan itu nggak baik buat kesehatan juga.

    ReplyDelete
  5. Bersyukur memang harus kita lakukan dalam kondisi apapun. Biarpun masa covid 19 akan tetapi ada kemudahan dari allah

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah bener mba saya jg merasakan harus banyak brsyukur karena diberi nikmat sehat dan masih bisa makan, cuma sama ortu memang jauh beda kota tp gak apa yg penting ortu sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikasih nikmat sehat udah alhamdulillah, ya, Mbak

      Delete
  7. Alhamdulillah selamat ya mba.. sedang diberi kepercayaan amanah baru . Semoga sehat terus mba di tengah pandemi ini. Memang bersyukur merupakan pikiran positif yang membuat kita lebih siap menerima segala keadaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, terima kasih Mbak. Memang harus selalu berpikir positif, ya

      Delete
  8. Dekat dengan ortu itu anugerah banget Mba, saya malah dulu berdoa biar jauh dari ortu eh nggak tahunya pas dikabulkan malah nggak pernah bisa pulang.
    Tahu gitu kan mending sekalian di luar negeri, sama aja di dalam negeri tapi nggak pulang-pulang hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mbak Rey, lebih irit ongkos. Mau silaturahmi atau kangen tinggal jalan aja ke mama. Moga Mbak Rey dapat kesempatan pulang habis pandemi berlalu, ya

      Delete
  9. Alhamdulillah masih ada hikmah yang bisa dipetik. Selamat untuk kehamilannya. Sehat selalu ya, Mbak. Aamiin

    ReplyDelete
  10. Semoga bisnisnya makin lancar dan berkah yaa, kak..
    Aku suka banget sama positive vibes yang ditulis di sini. Makin semangat...

    ReplyDelete
  11. Wah mba Lia alhamdulillah ikut senang mba. Semoga selalu ada keberkahan untuk kita semua ya mba

    ReplyDelete
  12. Banyak juga hikmah dari wabah pandemi ini ya mba. Selain lebih peduli pada kesehatan. Semakin didekatkan sama Tuhan dan keluarga ya.

    ReplyDelete
  13. Wah berkah ramadan ya mbak...
    Selamat atas kehamilannya..
    Sehat terus ya, ibu dan bayinya

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah bersyukur selalu mba,walau kondisi saat ini . Ramadhan tetap dijalani dengan penuh kebaikan dan keberkahan.Apalagi aku pun jadi rajin masak juga nih buat keluarga. Buat makan sehat tetap terjaga

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Mohon tidak menyertakan link hidup. Terima kasih atas kunjungannya.