Beraktivitas Seharian di Rumah, Jangan Lupakan Benda Penting ini!

Benda penting di rumah
 Benda Penting yang harus ada di rumah,
Pexels.com/@ready made

Di Kota Bandung yang menjadi tempat tinggal saya sudah mulai diberlakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar buat upaya pencegahan Covid-19 meluas dari tanggal 22 April 2020. So, keep safety dengan diam di rumah aja, ya!

Nah, kira-kira pas beraktivitas seharian di rumah, benda penting apa aja yang harus selalu ada di rumah Sahabat?

Ada 9 benda penting versi Catatan Leannie yang harus selalu tersedia saat beraktivitas di rumah, diantaranya :



1. Hand Wash dan Hand sanitizer


Hand wash
Hand wash, Pexels.com/Anna Shvets


Sebelum pandemi melanda, memang saya sudah sedia kedua benda ini. Mencuci tangan dengan handwash udah jadi kebiasaan. Hand sanitizer dibawa pas mau ke luar rumah.

Sekarang semua orang sepakat akan keduanya. Sampai-sampai di supermarket dekat rumah saya, saat awal social distancing kedua barang ini sempat kosong.


2. Obat-obatan pribadi


Obat-obatan pribadi
Obat-obatan pribadi,
Pexels.com/ Polina Tankilevitch


Obat-obatan pribadi tentunya jadi hal yang enggak kalah penting. Biasanya sedia obat penurun panas atau Paracetamol, obat Flu, Batuk, Salonpas koyo, soalnya saya sering pegel-pegel, obat anti luka, dan masih banyak lainnya lagi, sih. Kayaknya kebutuhan tiap keluarga beda menurut saya.


3. Madu


Madu
Madu,
Pexels.com/Mareefe

Madu jadi salah satu andalan buat menjaga imunitas keluarga. Sempat juga stok madu ini berkurang di tempat saya. Saya pikir apakah memang ada yang ngeborong, ya?

Pernah saat ke supermarket saya menyaksikan sendiri ada yang belanjaa madu sampai 3 botol besar plus 3 box madu sachet.  Saya cek belanjaannya dia penuh banget, kebutuhan pokok kayak minyak dia beli sampai 4 liter, maksimal jumlah beli di supermarket. Belum lagi yang lainnya, ini bikin isi troli dia full banget. Masih ditemukan juga realitas begini di negara +62.

Saya hanya belanja seperlunya saja dan disesuaikan isi dompet juga. Menghindari panic buying juga, sih, kalau saya. Kadang kasihan sama yang bener-bener butuh barang yang penting ini kalau stoknya diborong sendiri.


4. Rempah-rempah


Rempah-rempah
Rempah-rempah,
Pexels.com/Mareefe


Semenjak kenal JSR dokter Zaidul Akbar, saya memang menyetok berbagai rempah-rempah. Banyak juga resep JSR ternyata. Ini disesuaikan keluhan yang dialami, jadi resepnya juga macam-macam.

Pas awal diberlakukannya social distancing
saya mengobati berbagai keluhan seperti batuk, flu, alergi dengan resep JSR. Alhamdulillah bikin nyaman.

Baca juga : Resep JSR dr Zaidul Akbar untuk batuk, flu, dan alergi


5. Buah-buahan sumber vitamin C


Buah-buahan
Buah-buahan,
Pexels.com/ Elements5 Digitals

Vitamin C jadi kebutuhan yang penting dan sempat kosong juga stoknya di apotek serta supermarket dekat rumah. Mungkin orang banyak yang beli ini sebagai tindakan preventif terhadap penyebaran virus Corona.

Saya sendiri juga sebelum datang pandemi COVID-19 memang sudah rutin makan buah. Saya sedikit demi sedikit mengurangi jajan di luar karena alasan kesehatan.

Saya pikir karena vitamin C yang tablet enggak ada, mending stok buah-buahan yang fresh aja.  Seadanya aja stok di rumah, enggak harus khusus harus buah-buahan tertentu, buah-buahan lokal juga oke.


6. Buku


Koleksi antologi
Koleksi buku antologi, dukumetasi pribadi


Buat saya buku itu penting. Sedari dulu, sejak kuliah, saya memang rutin beli buku apalagi setelah punya penghasilan sendiri pas kerja, tiap bulan datang ke Gramed buat beli buku baru.

Semenjak nikah dan punya anak, beli buku ini menyesuaikan kondisi keuangan. Maklum kebutuhan rumah tangga dan anak pun butuh perhatian.

Bacain buku cerita anak bisa bikin anak saya anteng, kadang saya perhatiin juga ekspresinya kayak yang sedang melanglang buana entah ke mana. Sepertinya dia ikut berimajinasi juga dengan apa yang saya ceritakan.

Baca juga : Ensiklopedi profesi untuk anak


7. Masker


Menggunakan masker
Menggunakan masker,
Pexels.com/ Anna Shvets

Ke luar rumah sekarang masker jadi barang yang wajib digunakan. Meski ada di dalam rumah sekali pun jika sudah ada gejala kurang enak badan kayak batuk atau flu, lebih baik pakai masker biar orang di rumah enggak tertular saat Kita sakit.


8. Gawai


Gawai
Gawai, Pexels.com/Lisa Fotios


Saya perlu gawai buat banyak hal, promoin usaha kuliner keluarga, buat branding, bahkan ngeblog pun dari gawai juga. Alasannya biar lebih praktis dan bisa di nawa ke mana-mana.

Meski ngeblog di gawai juga butuh jemari buat memperbesar tampilan ini itu buat bikin blog post, karena udah biasa kali, ya, jadi terbiasa nulis di gawai.

Sebenarnya ada satu barang lagi yang menurut saya penting buat aktivitas harian ibu rumah tangga, yaitu sarung tangan karet.

Sarung tangan karet untuk kegiatan di rumah,
Freepik.com

Berhubung tangan saya mudah alergi terhadap detergent atau sabun pencuci piring, stok sarung tangan karet ini perlu ada buat nyuci baju, piring, bahkan ngepel.

Jadi, kulit saya bakalan terasa kering banget, gatal, dan kemerahan saat kontak langsung dengan detergent, sabun cuci piring, atau bahkan sekadar cairan pembersih lantai. Mungkin enggak semua orang ngalamin ini, sih. Jadi buat saya benda ini penting buat beraktivitas di rumah.

Pernah juga pas mau beli sarung tangan karet stoknya kosong, mungkin mendadak banyak yang beli juga, padahal saya pakai dari dulu karena tangan saya kena alergi kalau nyuci.

Entahlah, mungkin buat Sahabat Catatan Leannie, sarung tangan karet ini enggak masuk daftar list benda penting di rumah, tapi buat saya penting, sih.

Kebutuhan setiap orang berbeda, mungkin ada yang samaan dengan list di atas, bahkan ada juga yang saya tulisin tapi enggak masuk kriteria orang lain.

Itulah berbagai benda penting yang harus tersedia saat diam di rumah seharian. Bagaimana dengan Sahabat Catatan Leannie, kira-kira barang apa aja, nih, yang harus selalu ada di rumahnya?



Salam,




#BPNRamadan2020
#BPNChallengeday12



18 comments

  1. Gara-gara pandemi ini aku jadi lebih sering cuci tangan mba sampai tangan aku itu kasar dan agak perih jadinya. Kayaknya aku perlu beli sarung cuci tangan karet ini ya. Belinya dimana biasanya mba sarung tangan karet ini? Dan apa yang ngebedain sarung cuci tangan karet ini ama sarung cuci tangan medis? Takut salah beli aku soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sarung tangan karet ini memang buat bersih-bersih rumah kalau saya, Mbak. Beli di supermarket juga ada, atau di toko alat-alat medis. Bedanya lebih tebal kan bahannya dari karet. Saya pakai karena ada alergi dan dermatitis, sih.

      Delete
    2. Oh, iya, sarung tangan karet ini awet, tinggal dibersihkan sama sabun, jemur. Bisa dipakai terus, kecuali kalau sarung tangannya udah bolong, nanti bisa tembus air ke tangan. Tujuannya biar enggak kontak langsung sama detergent kalau saya, soalnya kan ada alergi.

      Delete
  2. Di antara semua benda di atas, cuma sarung tangan karet yang nggak ada kayaknya di rumah. Suami pernah bawain dulu, tapi entah sekarang hilang ke mana :(

    BTW, paling boros saat pandemi itu sabun. Karena bentar-bentar harus cuci tangan meskipun efeknya jadi kering dan gatal-gatal sebab kulit saya lumayan sensitif..hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun kulitnya kering Dan sensitif ,alergi detergent dan kena dermatitis juga. Jadi sarung tangan karet ini penting buat saya.

      Delete
  3. Alhamdulillaah aku punya semua yang disebutkan di atas kecuali sarung tangan karet hehehe. Penting semua ya kudu ada di rumah buat jaga2 terutama saat pandemi corona ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat orang lain enggak penting tapi buat Aku penting soalnya aku alergi detergent dan ada dermatitis juga.

      Delete
  4. Buah-buahan nih yang lagi agak susah nyetoknya :( Di kios buah deket rumah stoknya jadi sedikit dan harganya mahaaaal :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh Eno rumah daerah mana sih? Aku nyetok yang ada di warung atau mang sayur aja. Stok buah-buahan lokal

      Delete
  5. Emm, di kondisi kayak gini benda-benda di atas jadi penting banget. Apalagi masker dan handphone sanitizer kalau pas bepergian.

    ReplyDelete
  6. Sama dong, aku juga alergi deterjen. Jadi cuci baju ya butuh mesin. Kalau sabun cuci piring masih tahan aku.

    ReplyDelete
  7. Ada hikmah dibalik covid 19 ya?
    Kita jadi menghargai rempah rempah kita
    Semoga dampaknya Petani Indonesia mau bertanam rempah yang awalnya dihargai murah banget

    ReplyDelete
  8. Aku justru butuh sarung tangan untuk berkebun karena suka korek2 tanah, terus kalo haus langsung minum dari botol tumbler. Kalo nyuci tangan kelamaan, hahahaha.

    Nah soal vitamin C kita sama nih, dari pada pusing nyari di apotik atau toko obat. Mendingan siapin buah aja, alhamdulilah anak-anak juga lebih suka makan buah dibanding minum suplemen

    ReplyDelete
  9. Masker + hand sanitizer akan jadi sahabat kita di masa-masa ini ya. Daku udah nyimpen juga di tas. Jaga-jaga.

    ReplyDelete
  10. Kurang lebih sama dengan stok barang yang Mbak sebutkan di atas. Hand sanitizer itu juga baru belinya pas masa pandemi ini karena penting untuk dibawa kalau terpaksa harus keluar rumah gitu.

    ReplyDelete
  11. Aku hampir semua sama nih mba,hand sanitizer sama masker selalu ada, cuma buah nih agak susah, lebih mahal pula harganya. Semoga kita sehat2 semua aamiin

    ReplyDelete
  12. Aku Alhamdulillah juga ada semua yang ada di list diatas, plus uang cash buat pegangan sebulan spy ga perlu sering ke atm

    ReplyDelete
  13. Masa-masa kayak gini memang penting banget menyiapkan protokol kesehatan ya teh. Alhamdulilah daftar benda di atas selalu disiapkan di keluarga kami. Harapannya sehat dan terhindar dari virus yang lagi booming ini ya

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus. Maaf juga jika ada komentar yang belum terbalas. Terima kasih atas kunjungannya.