5 Akun Instagram Public Figure dan Selebgram untuk Belajar Ilmu Parenting

Parenting with Mona Ratuliu
Mona Ratuliu,
instagram.com/@monaratuliu

Sebagai seorang ibu dengan anak balita membuat saya terus belajar banyak hal. Namun, saya merasa masih banyak hal yang belum diketahui soal parenting. Kita juga bisa belajar ilmu parenting dari
sosok perempuan inpsiratif melalui lima akun instagram public figure, selebgram dan  influencer yang menginspirasi.

Saya menuliskan kelima akun ini untuk belajar parenting dari keseharian mereka. Kira-kira dari kelima akun yang may saya tuliskan di sini, ada enggak yang menginspirasi Sahabat Catatan Leannie. Simak aja, yuk, lima akun instagram perempuan inspiratif untuk belajar ilmu parenting di bawah ini!


dr Reisa dan putrinya
dr Cantik Reisa Broto Asmoro
Instagram com/@reisabrotoasmoro

Reisa Broto Asmoro (@reisabrotoasmoro) dokter cantik yang sering menghias acara televisi ini jadi salah satu favorit saya buat belajar ilmu parenting. Kamu bisa nonton acara @ibupintar_transtv setiap hari Sabtu, jam 09.00 WIB.

Ibu muda cantik yang dikenal saat menjadi Putri Indonesia tahun 2010 ini sempat menempuh pendidikan di jurusan Kedokteran Universitas Pelita Harapan dan Universitas Indonesia.

Reisa Broto Asmoro sering kali berbagi tips mengenai kesehatan anak dan ke dan keluarga di instagramnya. Berprofesi sebagai dokter, informasi yang disampaikan seputar parenting sudah tentu akurat dan dapat dipercaya.


2. Mona Ratuliu

Mona Ratuliu mendampingi anak
Mendampingi anak, instagram.com/monaratuliu

Mona Ratuliu (@monaratuliu) sering mengisi acara televisi yang membahas parenting dan mengadakan seminar tentang seputar dunia anak.

Mona Ratuliu juga mengajak para orang tua berbincang dengan narasumber yang ahli di bidang parenting agar bersikap lebih baik terhadap anak-anak sehingga mereka bisa bahagia menjalani hidup.

Mona Ratuliu juga menulis di blog parenting yang bisa diakses di sini. Mona juga sudah menulis buku yang diterbitkan Mizan dengan judul ParenThink dan Digital ParentThink.


Tya Ariestya dan kedua buah hati
Tya dan kedua anak IVF,
Instagram.com/@tya_ariestya

Tya Ariestya (@tya_ariestya), saya tahunya dia jadi artis dan duta Taekwondo Indonesia. Ternyata sekarang Tya jadi mom influencer yang  sering sharing tentang dunia anak dan berbagi pengalamannya mengenai in-vitro fertilization (IVF) atau program bayi tabung kedua anaknya. Tya juga dikenal ramah dan seringkali membalas pertanyaan para followernya.


4. Anisa Stevani


annisast dan putranya
Annisa Stevani, instragram.com/@annisast

Selebgram parenting yang menginspirasi para perempuan adalah adalah Annisa Steviani(@anisast). Influencer dan blogger yang satu ini punya background dan pengalaman kerja di bidang jurnalistik. Salah satu blogger favoritnya saya juga

Annisa memang seeing kali membagikan kesehariannya di Instagram tentang dunia anaknya yang bernama Xylo. Annisa berbagi pengalaman dan pendapatnya tentang banyak hal.

Parenting Blogger dan author buku "Susahnya Jadi Ibu" ini sering berbagi opininya di stories dan highlight instagram mengenai tips parenting ala Anisa dan suaminya, JG.

Annisa juga berbakat jadi seorang illustrator karena hasil karyanya juga oke. Untuk membaca tulisan (@annisast) bisa di akses di Blog Anisa Stevani 


5. Grace Melia


Gesi dan kedua buah hati
Gesi dan kedua buah hati,
insstagram.com/@gtall

Grace Melia (@grace.melia), yang biasa dipanggil Gesi ini adalah seorang Selebgram parenting, penulis buku, illustrator, dan parenting blogger.

Gesi serius terjun ke dunia parenting dengan menjadi trainee therapeutic play dan certified CBT (cognitive behavioural therapy) practitioner. 

Pengalaman pribadi Gesi membuatnya mulai ngeblog dan mendirikan komunitas Rumah Ramah Rubella. Hal ini karena pengalaman pribadinya Ubii, putra pertama Gesi yang mengalami Congenital Rubella Syndrome.

Gesi yang tinggal di Yogyakarta senang membagikan ide bermanin untuk anak melalui akun instagram kedua @mainsamaaiden. Aiden adalah anak kedua Gesi. Gesi membuat Aiden mampu meningkatkan sosialisasi dengan teman sekolahnya.

Grace Melia berkolaborasi dengan Annisa Stevani membuat buku yang berjudul "Susahnya jadi Ibu." Untuk membaca tulisan Gesi bisa diakses di Blog Grace Melia.

Belajar bisa dari jalan mana saja, termasuk belajar parenting dari akun instagram public figure dan influencer atau selebgram.

Sebagai orang tua penting bagi Kita untuk mengenali bakat dan potensi anak kemudian mengoptimalkan dan mensupport mereka. Biarlah mereka berkembang sesuai bakat dan potensinya.

Baca juga : Kunci sukses mengoptimalkan potensi dan bakat anak

Kelima perempuan inspiratif ini menginspirasi saya belajar ilmu parenting. Bagaimana dengan Sahabat Catatan Leannie, apa nama akun instagram public figure atau selebgram favorit buat belajar parenting?



Salam,




#BPNRamadan2020
#BPNChallengeday13








51 comments

  1. Walau belum jadi orang tua, saya senang liat instagram ibu-ibu yang ngomongnya lembut ke anaknya, kaya Rachel Vennya, dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, bener banget, ya. Cari ilmu parenting sebelum jadi ayah.

      Delete
  2. Yang difollow hanya Icha dan Geesi, tapi kelimanya suka aku datangi, komen dan like post IGnya.
    Walau anak-anak sudah besar, cerita-cerita parenting selalu menarik buat disimak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang public figure berhubung udah kenal aja di tv, Icha dan Gesi memang saya suka juga sama mereka

      Delete
  3. wah mantap nih alternatifnya bisa belajar parenting lewat public figur,,. next sya bisa follow anisa stevani

    ReplyDelete
  4. wah banyak selebritis yang mumpuni juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya tuliskan di sini yang saya kenal aja, Mbak.

      Delete
  5. Belum menikah jd blm begitu tertarik belajar parenting. Pdhl harus sblm menikah kudu byk belajar soal begini ya. Hhh
    Paling hanya sekilas melihat beberapa postingan selebgram di atas. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi,dulu saya pun gitu, Mbak. Santuy aja. Nanti juga sekalian belajar plus praktiknya juga.

      Delete
  6. kalau aku suka mantengin yang mba Grace, suka cara parentingnya dan suka ikutan seminarnya juga dulu waktu di Jogja, meski saya belum menikah tapi senang banget ikutan seminar parenting gini buat persiapan hehhe

    ReplyDelete
  7. Begitu membaca tulisan ini pertama kali saya langsung kepo. Membaca kali kedua ini, saya langsung merasa kurang ilmu. Semakin membersamai trio krucil setiap hari, semakin merasa saya harus terus belajar menjadi orang tua yang bisa mengembangkan potensi anak-anaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mbak. Semakin Kita belajar, semakin banyak hal yang ternyata belum Kita ketahui. Jadi ibu belajarnya terus menerus memang

      Delete
  8. Kebetulan baru belajar main instagram. Following Instagram influencer ini tampaknya menyenangkan. Selain ngepoin kehidupan mereka juga belajar hal tentang parenting.Terima kasih infonya, mbak

    ReplyDelete
  9. Saya juga suka belajar dan baca-baca postingan Mona Ratuliu dan mbak Grace. Keren banget mereka. Banyak ilmu parenting yang saya dapatkan. Insya Allah semoga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, karena lebih sering lupanya pas praktik. Ini penyakit banget kalau belajar beginian..hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang begitu, Mbak. Pas praktik suka lupa ilmunya. Albyar deh aslinya

      Delete
  10. Wah terimakasih, infonya Mbak semoga bisa menjadi sarana belajar dan para bu-ibu muda semakin luawas wawadanya tentang parenting :)

    ReplyDelete
  11. yang paling ku tahu dia adalah mona ratulio

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, beliau public figure, pastinya banyak yang kenal

      Delete
  12. Kalo aku follow mbak grace, dulu tau mbak grace gara-gara nonton kick andy, eh beberapa tahun yg lalu baru ngeuh kalo beliau itu seorang blogger. Postingannya menginspirasi banget,kadang suka main juga ke blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dia inspiratif banget memang Mei. Punya anak dengan keterbatasan tapi bisa tetap sabar dan menghadapinya dengan cara yang baik

      Delete
  13. kalau aku suka ngepoin Karina Hakman. Adem aja ngikutin gaya parentingnya. Not too much and demanding tetapi pasti dan berkelanjutan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, boleh juga, Mbak. Nanti saya kepoin akunnya.

      Delete
  14. Wah, manfaat banget nih infonya. Dengan follow insta mereka, bakal dapat info macam-macam nih tentang parenting. Kadang inspirasi juga perlu untuk berkegiatan kreatif bareng anak. Btw, folback blogku ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, oke. Ntar saya main dan follow blognya.

      Delete
  15. Kalo di ilmu hipnoterapi, konon gak boleh bilang susah. Tapi bukunya Grace Melia ini ada benernya jugaaa sih, gak gampangggg jadi Ibu, terus belajar, terus nemu hal baru. Saya juga suka teh, sama pemikiran-pemikiran Grace ini, jauhhh lebih muda dari saya, tapi mom idola banget deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, beliau masih muda dan menginspirasi. Bukunya memang menarik, Mbak. Mungkin kata susah jadi data tarik buku Gesi dan Mbak Nisa

      Delete
  16. Saya kok kenalnya Mona Ratuliu Aja ya Mbak. Kdg di televisi, ia suka diajak obring ttg parenting. Suka sih gayanya yg kece, padahal anaknya sudah lumayan banyak. Dengar cerita beliau ttg anak pertamanya, yg mau laporin dia ke polisi. Duh sejak itu dia jadi belajar ttg parenting. Kayaknya Mbak Mona juga buat buku tentang parenting juga ya Mbak, to Aku blm pernah baca isinya kek gimana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih dikenal karena public figure kayaknya, ya. Mona Ratuliu memang udah menerbitkan buku dan punya blog juga

      Delete
  17. Wah terimakasih mbak Lia informasi lengkapnya. Terus terang aku jarang liat IG parenting karena satu mungkin anak sudah besar kedua waktu tapi dengan demikian terimakasih ulasannya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Miss Juli. Anaknya udah pada gede, ya

      Delete
  18. Jarang buka Instagram dan jarang banget follow seleb 🤭
    Bisa nih salah satu aku follow buat tau banyak ilmu ttg parenting.
    Makasih infonya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okay, hihi saya pun jarang follow seleb Mbak, yang tertentu aja,sih

      Delete
  19. Setuju Mba, belajar itu bisa dari mana saja. Ini sharingnya bikin aku melek nih. Secara jarang banget lihat-lihat akun mereka... hehehe

    ReplyDelete
  20. Saya suka Mona Ratuliu juga sama tambahannya Zaskia Adya Mecca hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, Mbak Yeti. Saya belum follow Zaskia. Hehe

      Delete
  21. Aku sekarang malah cuma nontonin akunnya retnohening aja. Anaknya yang kedua itu kocak banget. Dulu amaze banget, kirana bisa seperti itu. Tapi pas anak keduanya lahir, kehidupannya jadi terasa lebih dekat aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, iya, aku pernah baca bukunya Mbak Retnohening. Bagus. Boleh juga saya follow

      Delete
  22. Kudu dicatet nih
    Buat bekal kelak kalo jadi orang tua biar tau ilmunya Aamiin

    ReplyDelete
  23. Belajar parenting dari public figure dan dari mana saja. Semua demi buah hati. Thanks sharingnya mba Lia

    ReplyDelete
  24. Kalau aku paling suka dan follow ig nya malh grace meilia mbak, juga punya bberapa printable diy mainan untuk anak

    ReplyDelete
  25. Mbak ica sm mbak grace aku ikutin blognya. Keren sih mereka tu. Selalu terharu lihat perjuangan masing2..

    ReplyDelete
  26. Wahh, kalau aku seringnya kepoin akun mba ica sama mba grace. Apalagi soal ide dan manfaat bermain buat si kecil. Kepake banget mbaaa tulisannya

    ReplyDelete
  27. semuanya itu akun ig fav aku buat nambah2 knowledge apalagi mami ubi dan teh Annisast yg jg blogger, memberikan semangat buat terus menulis dan berbagi

    ReplyDelete
  28. Saya belum punya anak. Cuma saya follow ig nya icha sama gesi...
    Yang menarik kegiatan pengasuhan gesi sih idenya untuk bikin kegiatan bareng anak, ya. seru...

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus. Maaf juga jika ada komentar yang belum terbalas. Terima kasih atas kunjungannya.