Indonesia Website Awards

Staycation di Danau Dariza Hotel dan Resort Cipanas, Garut

Danau Dariza Hotel dan Resort
Staycation di Danau Dariza Cipanas, Garut

Sekitar akhir Oktober 2021, saya bersama keluarga staycation di Danau Dariza Resort dan Hotel Cipanas, Garut. Saat itu Kami menghadiri acara sunatan anaknya adik ipar di Garut, jadi sekalian aja sambil family vacation di sana. Mendengar kata Cipanas, Garut apa nih yang Sahabat Catatan Leannie pikiran? Kalau saya sih, ingetnya pemandian air panas di Garut.

Sebenarnya saya juga punya keluarga di Garut. Dulu saat nenek dan kakek dari ayah masih Ada, tiap lebaran kelurga saya mudik ke Garut. Semenjak kakek meninggal kemudian disusul nenek juga, saya udah jarang ke Garut bareng keluarga.

Jadi berasa nostalgia juga berkunjung lagi ke Garut. Apalagi dulu Kami sering berenang ke pemandian air panas atau berwisata ke Puncak Drajat, salah satu tempat wisata di Garut.

Seru rasanya menuliskan pengalaman traveling seperti travel blogger yang bisa berkeliling dunia. Kayanya seru juga bisa jelajah nusantara, misalnya berkunjung ke bagian ujung timur Pulau Jawa, yaitu Wisata Madura. Saya belum pernah mengunjungi Jawa Timur, kalau di Jawa Tengah, saya  pernah mengunjungi Semarang saat suami kerja di sana beberapa tahun lalu.

Tentang Danau Dariza Hotel dan Resort Garut

Danau Dariza Resort dan Hotel ini terletak di Jl. Cipanas Raya No.44/45 Kel. Lengensari, Kec. Tarogong Kaler Cipanas, Garut, Jawa Barat, Indonesia. Hotel Bintang tiga ini letaknya dekat juga dengan rumah alm. Nenek yang ada di Tarogong juga. Memang udah lama juga saya nggak berkunjung ke Garut, apalagi dua tahun kemarin ada Pandemi.

Bagian depan Danau Dariza
Bagian depan Danau Dariza Hotel,
dokumentasi pribadi

Begitu sampai di Danau Dariza Hotel  dari luar aja udah keliatan design rumah adat Sumatra Barat atau Rumah Gadang yang cantik. Jadi, Danau Dariza Hotel dan Resort ini dibangun di atas area seluas tiga hektar dan dikelilingi oleh danau buatan.

Danau Dariza Cipanas Garut
Danau Dariza yang instagramable,
dokumentasi pribadi

Saat malam tiba, suhunya cukup dingin. FYI suhu bisa sampai 18- 20 °C di malam hari. Tempatnya terletak di antara 800 - 1000 meter dari daratan. Pastikan membawa jaket ya, buat persiapan malam hari. Memang dingin sih, yang saya rasakan begitu sampai ke tempat ini.

Staycation di Danau Dariza Hotel dan Resort, Cipanas Garut

Family Time di Danau Dariza
My little family,
dokumentasi pribadi

Kami sekeluarga berangkat dari Bandung sore hari, soalnya nunggu suamiku pulang kerja. Saat itu lagi macet, jadi yang biasanya perjalanan Bandung-Garut hanya sekitar 2-3 jam kalau lancar, tapi karena macet lumayan parah. Berangkat dari Bandung habis maghrib sekitar pukul 18.30 WIB, sampai di Garut pukul 23.30 WIB. Ini sudah berhenti satu atau dua kali selama perjalanan.

Kami menyewa 3 kamar di lantai 1 dan 2 karena ke sini bareng keluarga besar. Lantai 1 ditempati oleh mertua dan kakak ipar. Sedangkan di lantai 2 ditempati keluarga saya dan adik ipar. Bagian front office atau lobi hotel ini bernuansa kayu dan terlihat elegan. Saya suka dengan dekorasi cantik Danau Dariza Hotel dan Resort ini.

Lobi hotel Danau Dariza,
dokumentasi pribadi

Dari hotel, Kami menuju kamar. Kami bisa melihat pemandangan danau yang cantik. Saat malam juga engga kalah cakep viewnya soalnya banyak kerlap kerlip lampu yang menambah betah liat pemandangan sekitar.

Pemandangan Malam Di Danau Dariza
Danau Dariza di malam hari,
dokumentasi pribadi

Melihat sekeliling kamar, suka deh dengan design etnik tradisional dan ukiran kayunya. Kami memesan 3 unit kamar Kasepuhan Sunda tipe standard dengan twin bed agar bisa menampung keluarga besar.

Kamar di Danau Dariza Hotel
Kasepuhan Sunda room,
dokumentasi pribadi

Harga sewa kamar di Kasepuhan Sunda Danau Dariza ini 499.000 per/malam. Dulu Kami menginap saat weekend jadi harganya di atas ini. Untuk breakfast harus bayar biaya tambahan. Makanan di Danau Dariza juga bervariasi bisa pilih sesuai selera. Banyaknya sih makanan tradisonal seperti nasi timbel komplit, Soto atau Bakmi.

Menu makanan Danau Dariza
Nasi Timbel Komplit,
instagram.com/@danaudariza

Soto Ayam,

Saat itu Kami malah cari makan di luar aja, sambil jalan-jalan pagi di sekitar Cipanas. Malahan mertua pengen ngerujak katanya dan udah  sengaja nyiapin buah mangga muda, mentimun, ama bengkuang plus ulekan dari rumah. Terniat ngerujak pokoknya ...

Family time di Danau Dariza
Ngerujak bareng,
dokumentasi pribadi

Emang unik sih kebiasaan keluarga Kami, paling seneng botram, nyeblak ama ngerujak kalau pas ngumpul. Yang penting ngumpul aja biar seru. Ngumpul aja kurang seru tanpa foto-foto.  Meski sebenarnya saya jarang berfoto sih, tapi pengen juga mengabadikan kenangan di Danau Dariza yang instagramable

Staycation bareng keluarga
Staycation bareng keluarga besar,
dokumentasi pribadi

Fasilitas di Danau Dariza cukup lengkap, cocok buat staycation bareng keluarga. Ada berbagai fasilitas luar ruangan yang bisa jadi daya tarik Danau Dariza Hotel dan Resort diantaranya Waterboom, Kolam renang, Sepeda air dan perahu Cano, Jogging track, Flying Fox, arena bermain anak, serta lapangan olahraga.

Kolam renang Danau Dariza
Waterboom Danau Dariza,
instagram.com/@danaudariza

Dari sekian fasilitas di atas, saya sempat naik perahu cano, nemenin anak main di taman, jalan-jalan pagi di sekitar jogging track, menemani anaknberenang di waterboom. Seru banget pokoknya.

Naik perahu di Danau Dariza
Naik perahu di Danau Dariza,

Bermain di Danau Dariza
Bermain di area anak,

Rasanya semalam kurang lama buat menikmati berbagai fasilitas di Danau Dariza Hotel dan Resort ini. Pukul 12.00 WIB keesokan harinya Kami harus cek out soalnya mau menghadiri sunatan anaknya saudara di Garut juga. Hanya Letaknya sebelum ke Tarogong, tempat Kami staycation di Danau Dariza Hotel dan Resort Garut.

Itulah keseruan keluarga Kami saat staycation di Danau Dariza Hotel dan Resort Garut. Gimana, nih, Sahabat Catatan Leannie kira-kira kalau lagi berkunjung ke Garut mau staycation juga nggak nih di Danau Dariza?

Danau Dariza Hotel dan Resort

Alamat: Jl. Cipanas Raya No. 44/45, Kel. Lengensari, Kec. Tarogong Kaler, Cipanas – Garut, Jawa Barat, Indonesia

Nomor telepon: (0262) 243696

Fax: (0262) 243698

WhatsApp: 081556666777

Website: www.danaudariza.com

Salam,

36 comments

1. Waah ma kasih ulasannya. Kmrn waktu liburan bocah sempat lihat lihat ini dan rencanan mau kesini. Cuma entah kenapa akhirnya mlipir ke Bandung.

ReplyDelete
  2. Seru dan unik nih hotelnya. Kalau nginep di sana pasti tidur pulas ya, saking ademnya karena cuacanya. Penasaran, apakah yang punya itu orang Padang ya 😄

3. Bagus kak danaunya. Jadi pengen ke sana

1. Itu Danau buatan sih Kak, tapi seru bisa naik perahu

4. wah memang di garut kebanyakan resortnya mirip2 seperti itu

Replies
    1. Ada satu lagi Bu yang konsepnya ada Danau juga resortnya.

5. hahaha setujuuuu
    semalam di Garut mah "nyelip" doang istilahnya - ga bisa eksplore sana sini padahal tempatnya cantik ya

aku ngikik baca kebiasaan keluarga : Ngerujak - botram - nyeblak ... uh seru banget sik keluarganya! Kapan kapan tulis dong, plus fotonya yaaaa

Replies
    1. Engga kerasa tidurnya eh udah pagi juga. Ini karena nunggu PakSu pulang kerja, dia yang nyetir soalnya. Jadi berangkat abis magrib. Emang sukanya begitu kalau keluarga, botram, ngerujak, nyeblak, kadang ngebaso hehe

Delete
  6. Kalau nginep di sini, mungkin kalau melihat keluar berasa lihat Pagaruyung, tapi kalau melihat ke dalam berasa lihat Garut.

Saya rasa kalau ke Garut mungkin tidak menginap sini, karena saya kurang tertarik melihat kolam-kolaman. Kalau dari jendela kamarnya melihat gunung, nah, itu baru saya suka. :)

Replies
    1. Nah, iya yang viewnya pegunungan pengen juga tapi engga tahu Di mana. Ini di Cipanas soalnya banyak penginapan. Kalau yang nuansa pegunungan gitu agak jarang hotelnya palingan juga homestay gitu Mba. Paling ke Puncak Drajat cari penginapannya.

Delete
  7. Wah unik juga yah, hotelnya di Cipanas tapi desain gedungnya ala rumah gadang yaah. Sayang banget datengnya kemaleman sementara besoknya udah harus cek out tetep jam 12 yaaah, harusnya dateng dari pagi sekalian yah Teh biar puas eksplor hehehe

Replies
    1. Sebenarnya engga cuman rumah Gadang aja, saya nginep di Kasepuhan Sunda. Ada rumah adat Bali juga. Yang keeksplore dan keliatan ya rumah gadangnya. Soalnya dari luar, lobinya di bangunan rumah Gadang Teh. Iya nih datang kemalaman, nunggu suami pulang kerja, soalnya dia yang nyetir.

Delete
  8. Mau banget saya mbak kalau ke garut nginap di Danau dariza resort ini.

Duh terniat banget itu mertuanya, salut banget sampai bawa peralatan dan juga buah-buahan buat ngerujak kala lagi staycation

1. Iya emang udah diniatin mau ngerujak, jadi bawa coet, mutu, buah-buahan hehe

Delete
  9. Aku tau hotel ini, Krn pernah direkomendasikan Ama temen yg orang Garut. Tapi waktu itu ga jadi stay di sana, Krn si teman ngajakin nginep rumah dia aja 🤣🤣.

Aku pengen stay di sana Krn ada danau dan perahunya itu mbaaaa. Anak2 pasti seneng tiap pagi diajak main perahu 😄.

Dan udah pasti suhu Garut yg dingin, bikin aku selalu suka Ama kota yg begini .

Itu seru amaaat ngerujak rame2 😄😍. Aku JD kangen ketemuan Ama keluarga besar dan ngerujak bareng

Replies
    1. Hihi, jadinya malah stay di rumah temen ya Mba Fanny. Emang anakku juga seneng banget pengen main air, naik perahu juga dia excited

Delete
  10. Saya juga salah fokus sama bentuk atap di resort danau dariza Garut ini, mirip sama rumah gadang yaa, jadi penasaran pengen ke sana juga deh. Fasilitasnya banyak ya, harus menginap lebih lama kalau mau eksplore semua yaa.

Replies
    1. Iya memang konsepnya mengambil Tema rumah adat, selain rumah Gadang ada juga rumah adat Sunda dan Bali

Delete
  11. wah menyenangkan sekali liburan bersama keluarga ke Garut dan menginap di resort danau dariza yang alam banget vibe-nya yaahh

ReplyDelete
  12. Wuaaa unik banget ini resortnya. Dari luar nggak kelihatan kl ini resort ya, pas di dalam bagus banget apalagi ada danau ya, fasilitas juga lumayan komplit ya. Kl bawa anak kesini aman banget. Ada Playground dan kolam renang

13. Wah keren
    Garut punya hotel se kece ini
    Pas banget untuk staycation bersama anak anak ya mbak
    Danaunya juga kece

ReplyDelete
  14. Hotel di Danau Dariza ini unik ya, nginap bisa sambil liburan dengan main kano. Kamar-kamarnya dengan model rumah gadang, bisa untuk foto-foto. Tapi adem banget sih emang daerah sana dekat pegunungan kan ya. Aduhh lihat nasi timbel jadi laper, hahahaa

15. Keren banget wisata ke Danau Dariza ini ya, banyak pilihan menu makanan dan tempat menginap yang nyaman. Asyik ngajak keluarga ke sini. Puas juga ada tempat bermain untuk anak-anak ya.

16. Air kolamnya hangat ga mak...aq dulu ke garut menginapnya di deretan situ juga namanya taman situhappa woww dinginnya maak.
    Tapii suka garut aku udara seger pengen balik lg cobain air panas alaminya

ReplyDelete
  17. Pengen bangeettt... Suka sama suasananya.. Pemandangannya juga bagus ya mak.. Betah banget pastinya kalau staycation disini ..langsung fresh....

18. Cakep juga ya tempatnya. Karena Danau Dariza Garut itu danau buatan, jadi gak seseram danau asli yang kadang gak tahu apa yang ada di dalamnya. Aman deh. Jadi pengen nginap di sana juga

19. Aku dah lamaaaaa ngga staycation mbaaa

Pengin bgt euyyy bs plesir rame dgn kluarga
    Semoga bs cuss k sini

ReplyDelete
  20. Garut itu dingin gak, teh?
    Suasananya nyaman banget yaa.. Jadi bikin betah apalagi bersama beraktivitas dengan keluarga besar. Kudu rutin ieu maah..

21. Boleh juga nih klo pas ke Garut cobain nginep di Danau Dariza. Menyenangkan banget deh tempatnya, spot foto2 banyakkkk...

ReplyDelete
  22. Wah aku belum pernah nih mbak ke Garut. Kyaknya menarik nih bisa masuk list sebagai salah satu kota yang bakal kukunjungi juga. Apalagi bisa naik kereta ya skrng ke sana?
    Noted nih Danau Dariza,gak hanya tempat buat menginap ya, tapi juga bisa untuk rekreasi keluarga dan udah cukup lengkap fasilitasnya.

23. Wah seru banget staycation sama keluarga nih mbak, sambil ngerujak bareng lagi.
    Btw, Danau Dariza Hotel bisa nih jadi referensi tempat nginap klo suatu saat staycation ke garut.

24. Wah keren banget tempatnya ya mbak, nginep bisa sekalian piknik nih

25. Baru tau aku ternyata Garut ada tempat yang kece begini, biasanya ke Garut cuma lewat doang

26. Aku dua kali kalau gak salah, ke Garut, Masyaallah dingin banget jadi maunya makan melulu hehehe. Tapi aku belum pernah nginap di sini mak, makasih ya infonya

27. Seruuuu banget sih mbak😍😍jadi pengen staycation juga😅😅

28. Duh itu Nasi Timbelnya. Jadi bikin kangen masakan ala Jawa Barat nih. Malam-malam baca ini tetiba perut jadi kerucukan hahahaha. Besok ah pesen Nasi Timbel buat makan siang

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.