Mengunjungi 9 Destinasi Menarik di Venice Van Java, Semarang

Naik sampan ala Venice di Museum 3D Old City
Berfoto Ala Venice, Museum 3D Art Tricks Old City Semarang,
via dokumentasi pribadi


Venice Van Java atau julukan lain Kota Semarang pernah menjadi bagian dari perjalanan hidupku. Setidaknya ada beberapa destinasi wisata yang penuh kesan dan sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke sini.

Saya mengikuti suami bekerja di sana ketika usia anak belum genap setahun, masih 10 bulan di tahun 2016 yang lalu. Meski akhirnya setahun kemudian kembali ke Kota Bandung tercinta di tahun 2017. 

Ketika berada di Semarang, saya tinggal di Jalan Mentri Supeno. Berdekatan dengan Kafe baru tempat kerja suami di sana. Suami saya memang hobi traveling, jadi saya sempat mengunjungi berbagai tempat menarik yang berkesan di Semarang.

Setiap tempat punya beragam cerita dan penuh kesan bagi saya. Saya ingin menuliskan pengalaman berkesan ketika  berkunjung ke berbagai destinasi di Semarang. Menuliskan tentang ini, berasa flashback ke masa lalu.


1. Masjid Agung Jawa Tengah


Masjid Agung Jawa Tengah beralamat di Jalan Gajah Raya, Gayamsari, Sambirejo, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah yang diresmikan oleh Bapak Soesilo Bambang Yudhoyono tanggal 10 November 2006. 




Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah,
 via dokumentasi pribadi


Masjid Agung Jawa Tengah atau MAJT ini adalah destinasi pertama yang paling ingin saya kunjungi ketika ada di Venice Van Java, Semarang.
Untuk bisa sampai ke MAJT, dari Simpang Lima Semarang kemudian menuju Jalan Jl Brigjend Sudiarto, ke Lottermart, dari Perempatan Lamper belok kiri lalu menuju Jl Gajah. Perjalanan menuju ke sini dari Simpang Lima memakan waktu sekitar dua puluh menit.
Berawal dari melihat foto kumpulan masjid di kalender rumah, membuat saya terkesan dengan kemegahan MAJT ini.
Ternyata begitu saya melihat langsung masjid ini begitu megah dengan luas 10 hektare. Selain itu, masjid ini mampu menampung 15.000 jamaah.
Satu lagi keunikan MAJT yang menjadi ciri khasnya, enam buah pilar payung elektrik raksasa setinggi 20 meter dengan diameter 14 meter di pelataran masjid. Ini seperti keenam Pilar di Masjid Nabawi. Masyaallah.

2. Puri Maerokoco, Taman Mini Jawa Tengah



Taman Mini Jawa Tengah
Berfoto di depan Puri Maerokoco,
via dokumentasi pribadi

Bukan hanya di Jakarta yang punya replika Indonesia, di Semarang pun ada taman mininya Jawa Tengah, yaitu Puri Maerokoco. Letaknya ada di Jalan Anjosmoro, Tawang Sari Semarang.

Rumah adat Semarang
Rumah adat Semarang,
via dokumentasi pribadi

Di Puri Maerokoco terdapat puluhan rumah adat di Jawa Tengah. Menarik banget, deh, ada hutan mangrove yang hijau dan asri.

Hutan Mangrove Puri Maerokoco
Hutan Mangrove nan asri,
via dokumentasi pribadi

Saya sudah pernah mengulas lebih detail mengenai Puri Maerokoco, Taman Mini Jawa Tengah. Bisa baca tulisan saya tentang Puri Maerokoco di bawah ini.

Baca juga : Puri Maerokoco, Taman Mini Jawa Tengah sebagai Wisata Budaya dan Edukasi



3. Klenteng Sam Poo Kong


Sam Poo Kong yang instagramble
Sam Poo Kong yang instagramble,
via dokumentasi pribadi

Destinasi wisata budaya yang paling terkenal di Ibu Kota Jawa Tengah adalah Klenteng Sam Poo Kong.  Letaknya ada di Jalan Simongan Raya No. 129, Semarang.

Klenteng Sam Poo Kong ini aksesnya mudah dijangkau karena letaknya tidak begitu jauh dari pusat Kota Semarang.

Dari Simpang Lima, Semarang, lalu melewati Jalan Pahlawan sampai di perempatan depan Polda Jateng.
Belok ke arah kanan dan melewati Jalan Veteran sampai di RSUP Dr. Kariadi.

Di depan RSUP Dr. Kariadi, lalu belok kiri dan ikuti jalan tersebut. Nah, Klenteng Sam Poo Kong lokasinya ada di kiri jalan setelah jembatan.

Sam Poo Kong ini nuansanya didominasi merah dan kuning dan tempatnya instagramable banget, cocok juga buat swafoto atau wefie.

Patung Cheng Ho, Sam Poo Kong
Berfoto di patung Cheng Ho,
via dokumentasi pribadi

Kali ini saya yang fotoin, jadinya pakai foto suami dan anak di depan patung Cheng Ho. Sam Poo Kong ini merupakan tempat bersejarah untuk mengenang Laksamana Cheng Ho yang pernah berlabuh di Jawa bagian utara.

Klenteng Sam Poo Kong ini buka dari pukul 08.00-21.00 WIB. Tiket masuk saat weekday untuk dewasa adalah Rp. 7000, 00, masuk area wisata dan masuk area sembahyang Rp. 27.000,00. Untuk anak dikenai tiket Rp. 5.000,00 dan masuk area wisata dikenai tiket Rp. 15.000,00. Sedangkan bagi
wisatawan asing dikenai tiket Rp. 10.000,00 dan masuk area wisata dikenai tiket Rp. 40.000.00.

Tiket masuk saat weekend Rp. 10.000, 00, masuk area wisata dan masuk area sembahyang Rp. 28.000,00. Untuk anak dikenai tiket Rp. 8.000,00 dan masuk area wisata dikenai tiket Rp. 15.000.00.
Bagi wisatawan asing dikenai tiket Rp. 15.000,00 dan masuk area wisata dikenai tiket Rp. 45.000.00.


4. Simpang Lima Semarang


Berfoto di Simpang Lima Semarang
Simpang Lima Semarang,
via dokumentasi pribadi

Simpang Lima Semarang adalah pusat kota yang ramai dikunjungi dan dikenal dengan nama Lapangan Pancasila. Simpang Lima ini adalah pertemuan antara Jalan Pahlawan,  Pandanaran, Ahmad Yani, Gajah Mada dan Ahmad Dahlan.

Simpang Lima Semarang merupakan tempat yang cukup dekat dari tempat kerja suami dan kontrakan saya yang ada di Jalan Mentri Supeno.

Naik kendaraan hias di Simpang Lima
Naik kendaraan hias di Simpang Lima,
via dokumentasi pribadi

Jadi, saya  beberapa kali mengunjungi tempat ini. Penuh kenangan juga sih, di sini. Mengunjungi Simpang Lima pada sore jelang malam atau saat weekend merupakan saat yang paling tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

Baca juga : Simpang Lima Semarang, Sepanjang Jalan Penuh Kenangan 



5. Kawasan Kota Lama


Gereja Blenduk Kota Lama Semarang
Berfoto di Gereja Blenduk,
via dokumentasi pribadi

Kota Lama Semarang adalah salah satu ikon ibu Kota Jawa Tengah.  Kota Lama Semarang ini banyak terdapat bangunan bersejarah dan jadi cagar budaya Indonesia. Pada abad ke 19-20, kawasan Kota Lama ini merupakan pusat perdagangan saat itu.

Ada satu ikon di Kota Lama yang cukup terkenal dan saya beserta rekan kerja suami mengabadikan foto di depan Gereja Blenduk.



6. Museum 3D Trick Art Old City


Museum 3D Trick Art Old City Semarang
Museum 3D Trick Art Old City Semarang,
via dokumentasi pribadi

Museum Trick Art Old City atau dikenal dengan nama Museum Rumah Terbalik terletak di Kawasan Kota Lama Semarang.
Museum 3D ini, sekarang sudah menjamur di beberapa kota di Indonesia. Termasuk di Bandung, juga.

Museum 3D Trick Art Old City Semarang
Berasa naik jembatan beneran,
via dokumentasi pribadi

Beberapa obyek di museum ini terlihat nyata seperti aslinya. Lumayan banyak foto yang diambil di museum ini bersama suami dan anakku.


Baca juga : Serunya Mengunjungi Museum 3D Trick Art Old City, Semarang



7. Pagoda  Avalokitesvara atau Vihara Budhagaya Wattugong 


Vihara Budhagaya Wattugong
Pagoda Avalokitesvara,
via jateng.tribunnews.com

Pagoda Avalokitesvara atau Vihara Budhagaya Wattugong berada di Jalan Raya Pudakpayung Watugong, Semarang.

Akses menuju ke Pagoda Avalokitesvara atau Vihara Budhagaya, Wattugong bisa ditempuh selama empat puluh lima menit perjalanan dari pusat Kota Semarang ke arah Unggaran atau Jalan Solo-Yogyakarta menggunakan mobil. Vihara Budhagaya ini letaknya di pinggir jalan besar dan ada di depan Markas Kodam IV Diponegoro, Watugong.

Kompleks Vihara Buddhagaya Watugong ini luasanya 2,25 hektare, yang terdiri dari 5 bangunan dengan dua bangunan utama, Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala yang dibangun sejak tahun 1955. 

Patung Budha di Vihara Budhagaya Wattugong
Berfoto di depan patung emas Budha,
via dokumentasi pribadi

Hal menarik lainnya, di dalam kompleks Vihara Buddhagaya Watugong terdapat Monumen Watugong, patung Dewi Kwan Im, ada juga patung Buddha di bawah pohon Bodhi, letaknya ada di pelataran vihara,  selain itu ada juga patung Buddha tidur berwarna coklat dengan pakaian dan tubuh emas di bagian kiri pagoda, serta kolam teratai yang terletak di sekitar pagoda.

Design bangunan di Kawasan Budhagaya Wattugong ini mirip dengan suasana khas Thailand yang jadi salah satu daya tarik tempat ini.

8.Water Blaster Semarang 

Water Blaster Semarang
Water Blaster Semarang,
via dokumentasi pribadi

Water Blaster Semarang yang terletak di Jalan Bukit Candi Golf Nomor 1 merupakan salah satu wisata air pertama dan punya beragam fasilitas yang lengkap.

Letaknya sekitar 7 KM dari Simpang Lima Semarang. Carilah jalur menuju Jalan Dr Wahidin lalu belok kanan sebelum SPBU menuju Jalan Candi Golf Boulevard.

Waterblaster Semarang
Kenangan sama si kecil,
via dokumentasi pribadi

Kamu bisa mencoba Slider, Slide Race, Family Side, Lazy River, Cross Over, Flying Fox, Paint Ball dan kolam ombak. Seru banget, deh, mencoba berbagai wahana di sini.

Water Blaster ini buka saat weekday dari pukul 10.00-17.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp. 60.000,00, sedangkan saat weekend dibuka dari pukul 07.00-17.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp. 80.000,00.

9. Taman Indonesia Kaya (Dulu Taman KB)


Taman KB Semarang
Taman KB (Dahulu), via dokumentasi pribadi

Sejak tanggal 10 Oktober 2018 yang lalu Taman KB diganti namanya menjadi Taman Indonesia Kaya dan diresmikan Pemerintah Kota Semarang, yaitu Hendar Priyadi sebagai Walikota Semarang dan Bakti Budaya Djarum Foundation.

Taman Indonesia Kaya,
via seputarsemarang.com

Taman Indonesia Kaya yang dahulu dikenal dengan Taman KB terletak di Jl. Menteri Supeno, Semarang telah direnovasi menjadi Taman dengan berbagai galeri dan panggung seni pertunjukan terbuka sebagai wadah bagi para seniman dan pekerja seni untuk menyalurkan kreativitasnya.

Sebenarnya Lawang Sewu pun masuk ke dalam daftar destinasi wisata yang ingin saya dikunjungi karena ini adalah icon Kota Semarang. Namun, suami udah duluan ke sini, ketika diajak kembali dia malah ngajak ke tempat lain yang belum dikunjunginya.

Alhasil hanya lewat aja ke Lawang Sewu, icon Kota Venice Van Java ini. Sayang banget memang. Padahal penasaran sama tempat ini. Pengen lihat dalamnya.

Rasanya seneng banget bisa mengunjungi destinasi menarik di Semarang. Kamu juga bisa kunjungi destinasi menarik lainnya di Jawa Tengah, contohnya destinasi wisata keren di Magelang.

Itulah kesembilan tempat yang pernah saya kunjungi di Venice Van Java, Semarang. Penuh kesan dan kenangan. Gimana Sahabat Catatan Leannie, tertarik enggak buat ngunjungin berbagai destinasi keren di sana?




Salam,


117 comments

  1. lama ngga ke semarang dan beberapa destinasi diatas ada yang baru aku tau, jarang keexpose juga di blog blog. Wish list nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke,Mbak. Sebenarnya masih banyak juga sih yang belum saya kunjungi dan ditulis do sini. Makasih sudah berkunjung ke blog ini. Salam kenal

      Delete
  2. Udah kangen banget deh pengen jalan-jalan. Niatnya tanggal 10 kemarin mau road trip ke Jawa Timur sana tapi apalah daya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem, Mbak. Kujuga kangen traveling. Memang sebaiknya ditahan dulu keinginan jalan-jalannya.

      Delete
    2. Walaupun sekarang sudah ada yang mulai dibuka ya misalnya akses jalan, tetep sih belum berani untuk traveling. Masih menunggu aman dulu, biar bisa tenang menikmati sembilan destinasi wisata yang Teteh tulis itu, eaaa

      Delete
  3. Hwaaa aku tertarik untuk mengunjungi semuanya mbak. terutama masjid agung jawa tengah, klenteng dan wiharanya. Semoga suatu hari nanti bisa kesampaian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mbak. Masjid Agung Jawa Tengah ini destinasi wisata pertama yang paling pengen saya kunjungi di Semarang

      Delete
  4. Semarang, kota ini masih masuk dalam daftar kota yang ingin sekali saya kunjungi di Jawa. Apalagi di Kota Tua Semarang. Apakah suasana di sana sama dengan suasana di Kota Tua Jakarta ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum kunjungi Kota Tua Jakarta, jadi belum bisa kasih perbandingan

      Delete
    2. Saya juga penasaran sama Taman Indonesia Kaya deh Mba. Kapan ya bisa main ke Semarang. Semoga setelah pandemi ini, ada kesempatan untuk bawa anak anak dan suami ke sana. Aamiin.

      Delete
  5. Duh JD pengen ke Semarang lagi, tahun lalu ke Semarang Krn setiap sore hingga malam slalu hujan jadi aku blm ke Simpang Lima, nti kl aku ke Semarang kita kopdar ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tinggal di Bandung, Mbak. Ini edisi saat suami kerja di Semarang beberapa tahun lalu.

      Delete
  6. Sering ke Semarang tapi baru ke Masjid Agung dan Simpang 5, ntar jelajah ah. Penasaran
    Eniwei ada wedang ronde di Masjid Agung yang enak banget lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masjid Agung yang saya kunjungi bukan di sebelah Simpang Lima, Bu. Ini beda lagi. Saya pernah nyicipin juga wedang rondenya memang enak

      Delete
  7. Nah iya, tadi saya nyari liat Lawang Sewu kok belum masuk.. hehe

    3D nya keren mba. Berasa duduk di kano nya Venice beneran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sayang banget kelewat ngunjungin Lawang Sewu. Seneng saya juga berfoto ala Venice itu, hehe

      Delete
    2. Eh tapi Lawang Sewu itu beneran serem gak sih kayak di pilem-pilem?

      Delete
  8. Daku pengen itu foto di Venice Van Java, di tempat aslinya sono kelihatannya, hihi. Semoga suatu saat bisa ke Semarang, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Moga suatu saat kesampaian

      Delete
    2. Aamiin, soalnya view nya cakep kak. Semoga pandemi cepat berlalu ya, biar banyak juga yg bisa traveling ke sana

      Delete
  9. Saya baru tahu nih Semarang dikenal dengan istilah Venice Van Java belum pernah ke sana juga sih soalnya tapi kalau pun sempat ke sana nggak perlu bingung lagi karena udah tahu destinasi wisata apa saya yang bisa saya kunjungi karena udah dapat referensi dari artikel Mbak ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang kurang familiar, ya, sama julukan itu. Kayak Bandung, dikenal sama sebutan Paris Van Java, ini udah lebih familiar kali, ya

      Delete
    2. He em wajib dicatat nih lokasinya, siapa tahu kondisi udah normal bisa ke sana

      Delete
  10. Dulu jama Tol Trans Jawa belum nyambung sampai Jawa Timur, tipa mudik baisa rehat di Semarang. Kadng nginep kadang cuma makan atau jalan ke satu tempat wisata. Dan hampir semua yang ada di list ii sudah pernah saya kunjungi. Tapi kini, karena tol sudah nyambung sampai ke rumah mertua di Madiuan dan orangtua di Kediri, jadi ga pernah singgah Semarang lagi...duh, jadi pengin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah ada tol yang langsung ke Jatim, ya, Mbak Dian. Moga suatu saat bisa kesampaian ke sini lagi

      Delete
  11. Saya belum pernah ke Semarang, tanah kelahiran mertuaku. Beberapa kali sih sempat berencana ke sana, tapi Qadarallah gak jadi-jadi sampai sekarang. Belum rezeki, sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, jadi mertua orang Semarang, ya, Mbak? Moga suatu saat kesampaian

      Delete
  12. Tanah kelahiranku kedua tempat orangtua, dan kudibesarkan. Selalu rindu kembali ke Semarang lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, Miss Juli orang Semarang, ya? Baru tahu saya

      Delete
  13. Noted nih Mbak.
    Belum pernah ke Semarang, dan pengen banget suatu hari nanti juga bisa kesana, bisa lihat juga Venice Van Java. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga suatu saat kesampaian, ya, ke Semarang

      Delete
  14. MasyaAllah, semarang punya tempat-temlat wisata keren. Saya hanya tahu soal walang sewu sama museum kereta api saja. Semoga saat ke semarang lagi, bisa mengunjungi tempat-tempat asik ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum malah ke Lawang Sewu, hiks ... kelewat ke sini. Meski kata suamiku gitu aja, tetep pengen ngunjungin ikon Kota ini

      Delete
  15. Waa no 6 dan 8 q belum pernah mbak. Hihi
    Paling sering ke MAJT sm simpang lima.. Boleh lah besok abis kororo pergi main ke semarang lagi😊

    ReplyDelete
  16. Kota Semarang memang menggoda, banyak obyek wisata yg selalu bikin penasaran.

    Semarang salah satu miniatur dari Masyarakat Jawa yg mana adat budaya masih di pertahankan di tengah gempuran budaya luar.

    Saya penasaran dg Masjid Agung semoga nanti bisa kesana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus banget Kak Arif Masjid Agung Jawa Tengah. Coba ke sini, deh

      Delete
  17. Pengen jalan-jalan ke Semarang, pas lebaran nanti. Sayang ada pandemi gini jadi batal deh, rencananya. Jalan-jalan virtual aja di sini. Lebih aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem juga batal rencana traveling, it's okelah untuk kebaikan

      Delete
  18. Jadi kangen Semarang, dulu pernah ke masjid agung, kota lama, Sam pho Kong, vihara dan Simpang Lima. Btw di simpang lima pernah jajan disana enak bangett, jadi pengen ke Semarang lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama saya juga pengen ke sini lagi. Mayan juga kulinernya pada enak dan harga terjangkau

      Delete
  19. Setahun saya ke Semarang 2x tapi gak banyak tempat wisatanya. Makasih Mba Lia, bisa jadi referensi saya kalo ke Semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak Dyah. Moga bisa ngunjungin berbagi temaot keren di Semarang, ya.

      Delete
  20. Semarang memang punya daya tarik wisata yang bgus banget ya. Ngak pernh bosan wisata di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener banget, Mbak. Pengen balik lagi ke sini.

      Delete
  21. banyak juga wisata di semarang yg bisa dukunjungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener banget, Mbak. Seneng berkunjung ke Semarang.

      Delete
  22. Jadi rindu ke Semarang. Beberapa tempatnya belum dikunjungi. Belum puas... hehehe

    ReplyDelete
  23. Sebagai orang jogja yang sudah pernah beberapa kali ke semarang, daftar yang kecentang dari list mba yulia ini baru nomor satu, hahaha! Rencananya sih ak mau ke semarang lagi di akhir maret... lah gajadi gara2 covid...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu setelah pandemi berlalu kunjungi 2-9 haha

      Delete
  24. Nuhun infonya nyaa,, Teh Lia.. Insyaallah kl si corona ini udah usai,.pingin bawa anak² jalan² ah ke Venice van Java. Saya taunya Paris van Java ya 😉

    ReplyDelete
  25. Semarang nih dekat banget dengan kota kelahiran saya tapi malah saya belum pernah explore Semarang. Memang yaa.. sering banget yang dekat malahan terlupakan. Ternyata destinasi di Semarang indah-indah yaa.. semoga setelah badai covid ini kami ada kesempatan explore Semarang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Semoga kesampaian, ya, eksplore Semarang setelah pendemi berlalu

      Delete
  26. Wow all about Semarang😍 ingat Semarang ingat Lawang Sewu dan Bandeng presto wkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bandeng presto enak, ya, Mbak.hehe ... Kubelum ke Lawang Sewu, nyesel melewatkan ini

      Delete
  27. Keren-keren ya destinasi di Semarang. Yang mba sebut aku baru berkunjung di Simpang Lima dan Kota Lama saja. Lainnya next deh...pngen juga jln2 ke Semarang. Makasih infonya ya mba Lia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak. Ayo kunjungi ketujuh destinasi lainnya. Hehe

      Delete
  28. Aku belum pernah ke semarang sama sekali. Ceritanya sih mau mampir ke sini kalau ntar pulang ke jawa. Tapiii dapat serangan negara api. Wkwkwk

    ReplyDelete
  29. aku yang belum pernah mengunjungi dari no 6,7,8,9 sih mbak pdahal aku juga warga kabupaten Semarang. Wah habis pandemik ini harus sering jalan jalan ya mbak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, tinggal di daerah mana, Mbak? Moga setelah pandemi berlalu bisa eksplore Semarang, ya

      Delete
  30. Semarang, kota destinasi favoritkuuu. Ada satu yang belum pernah kukunjungi mba, Pagoda nya hehe. Jadi pengen main ke Semarang lagi trus beli tahu bakso dan lumpia buat oleh-oleh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya kujuga kangen tahu baso sama lunpianya. Yang lain semuanya udah berarti, ya?

      Delete
  31. Destinasinya menarik semua Mbak, sayang saya belum sempat berkunjung ke Semarang.
    Padahal di sana banyak tempat yang menarik dan bikin kita betah. Semoga suatu hari bisa berkunjung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hopely Mbak. Semoga bisa mengunjungi Kota ini

      Delete
  32. Wahh, aku belum pernah menjelajahi kota Semarang nih. Next, kalau ada kesempatan kudu langsung datengin nih haha.

    ReplyDelete
  33. Semua tempat ini sudah dikunjungi dalam waktu cuma 1 tahun ya, Mbak? Keren ya ... Berarti rutin travellingnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang dari setahun kayaknya. Iya, rutin jalan-jalan biar enggak suntuk. Hehe

      Delete
  34. keren banget deh ini Venice, ak memang belum semua kota di Jawa Tengah yg aku kunjungin sih mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh masuk waiting list tempat yang mau dikunjungi, banyak yang menarik di sini

      Delete
  35. Aku penasaran dengan Taman Indonesia Kaya. Tempatnya asyik juga buat main bersama keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Mbak. Bisa jadi tempat bersantai bareng keluarga

      Delete
  36. Wah aku belum pernah ke Semarang mba. Tapi lihat ini jadi kebayang Semarang itu kayak apa. Soalnya aku tahunya cuma bandung, jakarta dan padang doang. Dunianya sempitnya nih hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga ke Semarang Karena suami kerja di sana, sih. Keluargaku dan mertua orang Bandung juga.

      Delete
  37. Baca ini langsung kangen jalan-jalan hehe semoga corona segera berlalu biar bisa menjajal tempat wisata menarik disana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem, Mbak. Nulis ini memang lagi kangen traveling. Hehe

      Delete
  38. Aa kecil sudah kunjungi banyak objek wisata yang keren2 ya. Kalau sekarang masih tinggal di bandung atau sudah pindah lagi kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Kartika. Sekarang udah menetap lagi di Bandung

      Delete
  39. Ahh Semarang. Jadi ingat family backpacker bareng anak bayi kesana. Nomor 6,8,9 aku belum pernah, btw hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Traveling bareng baby memang jadi cefita berkesan sih.

      Delete
  40. Jadi pengen ke Semarang, mba. Aku bentar doang ke Semarang, mba. Dan waktu itu mau ke Lawang Sewu malah nggak sempat euy

    ReplyDelete
  41. Semarang punya banyak destinasi wisata yah, aku cuma pernah ke Lawang Sewu dan belum sempat mengunjungi yang lain, harus sempatin waktu nih travelling ke Semarang dan mudah-mudahan pandemi virus corona ini cepat usai.

    ReplyDelete
  42. Ijin save postingan ini ya mbak.
    Karena aku emang berencana mau ke semarang.
    Pastinya setelah pandemi ini berakhir

    ReplyDelete
  43. Ya ampun kak, postingannya bikin aku ngebet jalan2. Bahkan ke mall pun rasanya sebuah wisata langka buatku hehe.. Nice post kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, Aku pun nulis tentang ini lagi kangen traveling.

      Delete
  44. Huwaaa.... jadi pengin ke Semarang lagi. Soalnya baru 3 dan 4 yang sudah saya kunjungi. Yang lainnya, belummmm... Semoga pandemi cepat berlalu, jadi bisa jalan-jalan lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Moga pandemi cepat berlalu. Moga kesampaian mengunjungi Semarang

      Delete
  45. Aihh menarik semua deh, semoga aku di segerakan juga wisata kesana mantap😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, Mbak. Moga kesampaian mengunjungi Semarang, ya

      Delete
  46. Baru tau venice van Java itu Semarang. Dari semua yang disebut aku cuma pernah ke masjid agungnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang enggak banyak yang tahu julukan itu. Kalau Bandung kayaknya udah familiar sama Paris Van Java, ya.

      Delete
  47. Mbak lia hobi traveling ternyata. Saya mah mentoknya cuma perpus kota aja🤭.

    Makasih infonya mbak. Saya jadi tahu destinasi wisata di semarang. Semoga suatu saat Allah mengijinkan saya pergi mengunjungi salah satu atau sebagian wisata yang disebutkan diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, suka jalan-jalan biar enggak suntuk aja

      Delete
  48. Masyaa Allah, seru banget kesana bareng keluarga. Tentunya akan menjadi momen yg menyenangkan dan gak akan terlupakan ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener banget jadi kenangan Indah saat menuliskan ini.

      Delete
  49. Ini kota kelahiranku, loh. Tahun 2016 lalu kesini karena kangen dan aku sangat nggak menikmati kota ini. Padahal cantik dan bersih. Tempat wisata banyak dan makanan enak. Komplit sebenarnya. Tapi aku betul-betul nggak tahan sama panasnya. Anak-anak rewel dan kulitnya pada merah karena alergi, huhuhu ...

    Kami baru merasa cocok saat berada di daerah Bandungan dan Goa Kreo. Tentu karena tempatnya lebih sejuk. Semoga saat kami kesana lagi nanti, suhu udara bisa lebih bersahabat, hihihi ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak Melina. Bagi saya yang orang Bandung begitu menginjak Semarang di Bandara, udah berasa banget enggak nyaman Karena panasnya. Anak saya Dzaky yang belum genap setahun juga kena alergi dan gatal-gatal Karena cuaca panas di Semarang. Saya setuju Kota ini bersih dan cantik. Suka banget ngunjungin Semarang.

      Delete
  50. Mbak Lia udah jalan-jalan ke mana-mana. Beda banget dengan saya. Belum pernah ke Semarang, nih. Andai bisa pergi ke sana setelah pandemi, kayaknya banyak banget destintasi wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Muyas jarang jalan-jalan tapi udah kunjungi Turki dan umroh ke Baitullah. Next time saya juga pengen ke tempat itu. Semoga tercapai suatu saat nanti. Aamiin

      Delete
  51. Pas baca URL-nya, kukira Venice Italiaaa... :D :D Ternyata Venice van Java.
    Udah masuk agenda nih buat jalan-jalan (terutama wisata sejarah dan wiskul) di Semarang. Tapi nunggu kondisi aman dan tabungan terisi lagi :D


    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf jika mematahkan hatimu, hihi bukan Italia tapi Venice Van Java. Semarang memang oke buat wisata juga kulinernya enak-enak, Teh Eno.

      Delete
  52. Kak keren bgt yda jalan2 ke bnyak ympat. Rasanya kl ke Semarang, ndak mau milih mngunjungi yg mana, tp mau ke semuaaa tmpat hihi 💕 terima kasih ulasanny kak Leannie 🌟

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe ... terima kasih atas kunjungannya Mbak Vidya.

      Delete
  53. Hahaha, mba, aku terkecoh haqiqi sama judul postinganmu ini.
    Kirain, you know, Venice yang ono noh, hahaha.
    You got me, mba!

    Dari semua tempat aku baru ke Mesjid Agung.
    Sama seperti mba, aku juga tenggelam dalam takjub saat melihat payung hidrolik ala mesjid Nabawi.

    Kayaknya hutan mangrove, mampu bikin aku kepo.
    Semoga bisa ke Venice van Java, lagi.
    Insya Allah.
    Aamiin Ya Robbillalaamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang familiar biasanya sama Venice Van Java, kalau Bandung udah pada tahu julukan Paris Van Java kali, ya. Nah, iya, hutan mangrove di Puri Maerokoco ini memang bagus banget, viewnya cantik

      Delete
  54. Banyak banget nih tempat wisata di Semarang, semoga bisa ke sans bareng keluarga.

    ReplyDelete
  55. Banyak banget wisata semarang ini ya mbak, aku belum pernah mampir ke semarang. semoga nanti bisa main ke sana. Soalnya kampung mertuaku di salatiga. Katanya deket dengan semarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mnak Dyah. Moga ada kesempatan mengunjungi Semarang, ya, Mbak 😊

      Delete

Silakan tinggalkan komentar. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus. Maaf juga jika ada komentar yang belum terbalas. Terima kasih atas kunjungannya.