Liburan Seru bareng Anak di Lembang Park And Zoo


Mengunjungi Lembang Park and Zoo
Mengunjungi Lembang Park and Zoo,
dokumentasi pribadi 

Lembang Park and Zoo, destinasi wisata yang saya pilih untuk liburan bareng anak, dan para macan ternak alias mamanya anak-anak di TK. Seru banget melihat keragaman fauna di sana. Jadi diantara Kami Ada yang melanjutkan ke tingkat SD dan ada juga yang masih melanjutkan kembali di TK setahun lagi sebelum ke SD.


Anak-anak happy banget ketika tahu mau berkunjung ke kebun binatang di daerah Lembang ini. Dulu, Kami mengunjungi Lembang Park and Zoo di akhir Juni 2022, setelah anak-anak pentas seni dan dibagi rapor. Hanya Kami berempat bareng anak-anak yang mengunjungi tempat ini. Berhubung agak susah ngajak yang lain, ada yang punya acara atau bahkan lagi liburan di luar Kota. 


Segini juga udah happy. Buat saya pribadi, makin ke sini circle pertemanan saya makin sempit. Bisa dihitung dengan jari, para Bestie yang dulunya bareng-bareng terus saat sekolah, kuliah atau kerja. Sekarang paling hanya bersilaturahmi via medsos saja. Paling hanya satu atau dua orang saja yang terus terhubung dan sempat saling ketemuan sampai sekarang. 


Mari Kita traveling Bestie, Kita ajak anak buat refreshing juga selama liburan kemarin sebelum masuk tahun ajaran baru. Jadinya para macan ternak alias 4 sekawan pergi liburan ke Lembang Park and Zoo. 


Dzaky seneng ketemu Rayyan temen mainnya di TK. Begitu pula Gintha ama Fathiya juga sama-sama excited liburan ke kebun binatang Lembang. Ada apa aja sih di Lembang Park and Zoo? Simak tulisan saya aja sampai akhir, ya, Sahabat Catatan Leannie!



Tentang Lembang Park and Zoo


Kebun binatang Lembang
Lembang Zoo,
dokumentasi pribadi 


Lembang Park and Zoo beralamat di Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391, dengan luas sebesar 20 Ha. 


Ternyata pemilik dari Lembang Park & Zoo yaitu PT Hotel Pohon yang sudah pernah membangun Pohon Inn Hotel dan Batu Secret Zoo, Jawa Timur. Kebun Binatang Lembang ini dibuat dengan mengadopsi modern zoo standar internasional, meski bukan skala besar.


Di Lembang Park and Zoo, Kita bisa melihat keanekaragaman fauna seperti berbagai jenis unggas atau burung, binatang reptil langka, baik yang berasal dari dalam atau luar negeri. Hewan yang ada di dalam kawasan Lembang Park and Zoo ini dipantau langsung oleh tenaga profesional seperti dokter spesialis hewan tiap harinya. 



Akses Menuju Lembang Park and Zoo


Lembang Zoo
 Lembang Park and Zoo,
dokumentasi pribadi 


Akses menuju Lembang Park and Zoo tidak terlalu sulit, bisa dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dari luar kota juga banyak bis yang datang membawa rombongan pengunjung. Ada berbagai rute menuju tempat ini, diantaranya:


Rute Jalan Setiabudhi: Melewati Jalan Pasteur kemudian menuju Jalan Sukajadi, lalu menuju ke Jalan Setiabudhi . Selanjutnya ke Jalan Raya Lembang dan Jalan Kolonel Masturi.


Rute Jalan Sersan Bajuri: Dari Jalan Pasteur ke Jalan Sukajadi, lalu ke Jalan Setiabudhi. Selanjutnya menuju Jalan Sersan Bajuri dan Jalan Kolonel Masturi.


Rute Jalan Subang: Dari Jalan Raya Subang ke Jalan Raya Tangkuban Perahu, lalu Jalan Sukasenang, kemudian ke Jalan Pangragajian lalu ke Jalan Cendana. Selanjutnya melewati Jalan Maribaya, terus ke Jalan Grand Hotel dan Jalan Kolonel Masturi.


Rute Jalan Geger Hilir: Dari Jalan Pasteur ke Jalan Sukajadi, lalu ke Jalan Setiabudhi. Selanjutnya memuju Jalan Ciwaruga, lalu ke Jalan Cigugur Girang dan akhirnya ke Jalan Kolonel Masturi.


Rute Jalan Cihanjuang: Dari Jalan Daeng Moh. Ardiwadata menuju Jalan Cihanjuang lalu ke Jalan Kolonel Masturi.


Kami memilih mengunjungi Lembang Park and Zoo pada weekday, karena tiap weekend pasti macet parah apalagi saat itu udah musim liburan anak sekolah. Makanya perlu juga tahu jalan alternatif biar engga terlalu macet datang ke tempat ini.


Oh iya, buat yang butuh penginapan sekitar Lembang Park and Zoo bisa ke Grand Paradise Hotel. Untuk penginapan di tengah Kota Bandung bisa ke Hotel Bintang Lima Crowne Plaza Hotel atau bisa juga menginap di Sapu Lidi Resort and Hotel dengan nuansa alam pedesaan dan makan di tengah sawah.



Liburan sambil melihat keragaman fauna di Lembang Park and Zoo
 

Lembang Park and Zoo ini ternyata diserbu oleh para pengunjung, meski Kami mengunjungi tempat ini di hari Selasa tanggal 28 Juni 2022 lalu. Wisata Lembang memang selalu diminati banyak pengunjung baik dari Kota Bandung atau luar kota.


Begitu masuk kawasan Zoo, saya diminta menyimpan tas yang berisi makanan, memang nggak boleh bawa makanan dari luar kecuali air minum. Di dekat pintu masuk ada patung Batman, anakku bilang pengen foto di sana. Sayangnya spot foto ini penuh, jadi cuman bisa foto dari samping.


Foto bareng Batman di Lembang Zoo
Foto bareng Batman,
dokumentasi pribadi 


Di Lembang Park and Zoo ada berbagai jenis makanan camilan memang, diantaranya bola ubi, ada juga es krim, makroni keju, dan lainnya. Ada juga tempat makan yang menyediakan makanan berat seperti nasi timbel, atau baso. Minumnya ada jus, es jeruk atau teh hangat. 


Tempat makan Lembang Park and Zoo
Tempat makan di Lembang Park and Zoo,
dokumentasi pribadi 

Menyaksikan keanekaragaman hewan membuat anak Kami senang. Di pintu masuk ada harimau yang sedang berjalan atau bahkan sedang duduk beristirahat di balik kaca tentu lihatnya. 


Fauna di Lembang Park and Zoo
Foto bareng harimau di Lembang Zoo,
dokumentasi pribadi 


Anakku juga excited pengen ngasih makan rusa dengan wortel. Dia engga takut ternyata, malah dia yang inisiatif mau kasih makan hewan. Ada juga banyak hewan lainnya yang bisa dilihat di sini. Anakku pengen liat gajah katanya. 


Memberi makan hewan di Lembang Zoo
Memberi makan rusa,
dokumentasi pribadi 



Melihat Gajah di Lembang Park and Zoo
Kampung Gajah Lembang Park and Zoo,
dokumentasi pribadi 


Koleksi hewan di sini cukup lengkap dari unggas, reptil, ikan, hewan buas seperti harimau, singa, Ada juga hewan mamalia lainnya. Mengunjungi Lembang Park and Zoo bagus juga sebagai edukasi anak dalam mengenal keanekaragaman fauna baik yang di Indonesia maupun di luar negeri.


Melihat reptil di Lembang Zoo
Reptil di Lembang Zoo,
dokumentasi pribadi 



Ikan di Lembang Park and Zoo
Melihat ikan di Lembang Zoo,
dokumentasi pribadi 


Ada juga Cat House, Bird House yang dikenai biaya masuk lagi kalau mau mengunjungi tempat ink. Kami memilih menyaksikan aneka hewan di sekitaran Lembang Park and Zoo. Kami mendapat free ticket naik komedi putar di Story Land Lembang Zoo, tapi berhubung antriannya mengular, akhirnya memilih permainan lainnya sana, yaitu naik pesawat-pesawatan. 


Naik pesawat di Story Land Lembang Zoo
Story Land Lembang Park and Zoo,
dokumentasi pribadi 


Lembang Park and Zoo punya beragam fasilitas yang cukup lengkap, diantaranya mushola, tempat makan, dan tempat parkir yang luas.


Lembang Zoo ini cukup instagramable, banyak yang mengabadikan foto di berbagai spot pilihan. Kami sebagai para macan ternak ikut eksis juga. Kali-kali orang di balik layar anak-anaknya ikut tampil. Sebenarnya di balik smartphone ibu, banyak banget kumpulan foto anaknya.


Liburan bareng Bestie
Bareng Bestie 4 Sekawan,
dokumentasi pribadi 


Harga Tiket Masuk Lembang Park and Zoo

Tiket Masuk per Juni 2022 saat saya mengunjungi Lembang Park and Zoo di masa weekday adalah sebesar Rp. 50.000,00. Sedangkan saat weekend dikenai Tiket masuk Rp.70.000,00.


Jam buka Lembang Park and Zoo

Kebun binatang Lembang ini buka setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB. Weekday adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Lembang Park and Zoo agar tidak terlalu padat pengunjung dan akses menuju ke sini engga terlalu macet. 


Lebih baik datang dari pagi ke Lembang Zoo, sekitar jam 10an. Setelah berkeliling bisa sekalian makan siang. Jadi membayangkan enaknya makanan khas Korea seperti cerita  lifestyle blog Mba Silvana tentang makanan Korea di Malang


Seneng banget bisa liburan bareng anak melihat keragaman fauna di Lembang Park and Zoo sambil temu kangen para Bestie juga. Nah, setelah membaca ulasan dari saya, siapa yang mau ajak anak liburan di kebun binatang Lembang  ini?



Salam,



35 comments

  1. Duh, kayaknya seru banget ya berwisata ke Lembang Park and Zoo. Apalagi kalau bareng keluarga besar...
    Selain seru, juga banyak unsur edukasi ya...
    Cuacanya juga sejuk kan di sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dok. Cuaca sejuk di daerah Lembang meski lagi tengah hari. Anak bisa sambil mengamati dan melihat berbagai jenis hewan.

      Delete
  2. Mau banget, tapi ntah kapan nih ke Lembang lagi 🤣. Udah lamaaa bgt trakhir kesana mba. Pdhl sebelum pandemi, aku tuh lumayan sering ke Lembang, tapi memang tujuan kesana selalunya mager di hotel 🤭😄. Dingiiiin, enakan kruntelan hahahaha.

    Makanya aku ga terlalu banyak tahu wisata di Bandung. Ntr kalo suami udah ada waktu, mau deh ngajakin ke Lembang lagi, bareng anak2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba seneng pasti anak-anak ngunjungin Lembang Park and Zoo. Kapan-kapan kalau ke Bandung, pengen deh saya ketemu langsung Mba Fanny

      Delete
  3. Ternyata Lembang punya zoo? Hihihi kudet ya saya?
    Seneng sekali bacanya, teh Lia sekeluarga berwisata tipis2 ke Lembang
    Karena pastinya seru, gak kalah dengan ke luar kota

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seneng banget Ambu. Kali ini mainnya bareng temen-temen Dzaky plus ibunya. Hehe

      Delete
  4. Ibunya bestie-an anak-anaknya pun inshaAllah Jd bestie for life juga ya..

    Sama nih seperti Ambu, saya baru ngeh ada Zoo di Lembang dan suasananya.asyik banget begini

    ReplyDelete
  5. Lembang Zoo and Park ini seru banget kelihatannya, senang sekali ya Anak-anak diajak jalan-jalan di Lembang Zoo and Park

    ReplyDelete
  6. Di Lembang Zoo and Park seru banget bisa lihat-lihat bermacam binatang, ada binatang buas juga. Anak-anak happy banget diajak kesana ^^

    ReplyDelete
  7. Buat anak anak sudah besar nanti kenangan seperti ini pasti akan berkesan. Liburan bersama besti, baik mereka maupun orang tuanya hehehe

    ReplyDelete
  8. Wisata edukasi yang pas buat anak-anak. Terutama agar lebih mengenal dunia fauna, meski mungkin sehari-hari sudah berhubungan dengan dunia ini. Yang pasti kan jadi bisa ketemu beberapa binatang buas yang tidak bisa dimiliki sendiri. Seru banget itu.

    Saya pernah coba kesini dari rumah di Cimahi. Gak jadi karena stuck di traffic nya. Mudah-mudahan akses menuju Lembang jalurnya bisa lebih diperbanyak ya. Gak cuma 2 jalur aja. Kalau ada yang mogok atau nungguin orang keluar masuk parkir, ada jalur lebih untuk kendaraan tetap melaju

    ReplyDelete
  9. Kapan ya bisa ngajak anak anak lihat hewan lagi. Terakhir ngajak anak anak ke taman Safari dan mereka senang banget. Lembang Park mungkin bisa jadi waiting list berikutnya untuk dikunjungi. Hehe

    ReplyDelete
  10. seru banget ya cerita jalan-jalannya bareng anak. pasti berkesan buat mereka.

    ReplyDelete
  11. Makin banyak ya destinasi wisata di lembang. Kini lengkap dengan kebun binatang juga. Jadi selian sebagai ajang rekreasi, bisa untuk sarana edukasi juga

    ReplyDelete
  12. Lembang Park and Zoo seru bangeet ya mba.. aku suka deh lihat kebun binatang yang pasti buat anak - anak senang juga ya

    ReplyDelete
  13. Bener ya mbak, makin ke sini pertemanan makin mengerucut seiring bertambahnya usia eeeaaa hahaha :) Btw itu rute menuju Lembang Park adn Zoo banyak juga ya jadi kita bisa tentukan mau lewat mana :) Anak-anak pasti senang kalau kasih makan rusa dengan wortel. Relaksasi kayak gini nih mamah2 dan anak2nya happy :)

    ReplyDelete
  14. Mpo saranin emang harus nginep di penginapan biar puas menikmati liburan di lembang park and zoo

    ReplyDelete
  15. Ulalaaa, seruuu bgt pastinyaaaa.
    Aku dah lamaaa ngga ke lembang.
    Semoga ada rezrki akhir thn ini bisa cuss mge-Lembang

    ReplyDelete
  16. Anak-anak usia TK dan masuk SD memang masih senang-senangnya liat hewan. Zaman anakku kecil, kayaknya hampir tiap bulan jalan-jalan liat binatang. Entah ke KRB, Ragunan, Safari, TMII, Ancol, dan lainnya.

    Itu foto bareng harimaunya bagus, beneran foto bareng, meski terpisah kaca tebal :D

    ReplyDelete
  17. Circle bestie meramping..samaaa kita! Bestie-ku masa kuliah, 4 tahun sekamar kos, dah lulus pisah, kini mutasi ke Jakarta dah jadi pejabat, sekali kuhubungi, dua kali, ngobrol singkat di WA dan udah..ga ada respon dari dia. Memang ya dulu teman entah sekarang. Eh jadi tjurhat kwkwk.
    Aku Sabtu depan rencana ke Lembang, Mba Lia..pas baca ini. Ku keep deh infonya ya, siapa tahu anak-anak setuju kalau ke Lembang Park & Zoo

    ReplyDelete
  18. Wah sayang banget waktu aku ke Lembang ga mampir sini. Ini sih anak2 bakalan sukak banget ya. Koleksi satwa lengkap mainan banyak. Betah deh meeka

    ReplyDelete
  19. Wah, seu banget. Itu area foto sama harimau tempatnya pernah iral ya mbak sepertinya. Seru ya bisa foto sama harimau dari dekat

    ReplyDelete
  20. ke zoo tuh emang paling seru kalau ramean yaa. anak2 jadi makin happy bisa belajar dan mengenal hewan bareng teman/keluarganya. Lembang nih cakep juga zoonya, enak pasti adem di situ

    ReplyDelete
  21. Wah senangnya ya anak-anak tempatnya bagus hewannya juga luamayan bervariasi, aman pula ngeliat kandang singa yang tertutup rapat kaca ya. Jadi pengen ngajak anak main ke sana juga.

    ReplyDelete
  22. Tempohari ke lembang, gak mampir ke sini nih. Maklum, perginya sama teman-teman kantor, gak sama anak-anak. Jadi mungkin teman2ku pada gak tertarik ke zoo. Tapi lain kali kalo sama anak-anak, kayanya wajib mampir nih.

    ReplyDelete
  23. Lembang emang nggak ada matinya ya mbak
    Banyak banget tempat wisata yang keren di Lembang ini
    Salah satunya ya Lembang Park and Zoo ini ya
    Seru, anak anak pasti hepi diajak jalan-jalan kesini

    ReplyDelete
  24. Ke Bandung atau Lembang memang paling asik di saat weekday. Kalau weekend harus banyak sabaarrr, ramai macet.
    Maak aku baru tahu lembang zoo ini, soalnya kalau ke Lembang sukanya berendam air panas atau trekking.

    ReplyDelete
  25. Waaa, seru nih kelihatannya. Sekarang ada tujuan baru kalau ke Lembang. Terakhir saya ke The Great Asia Africa pas baru-barunya dibuka. Tahun sebelumnya, kami ke Floating Market. Seneng banget sih kalau ke Lembang. Adem, jadi kalau jalan-jalan ngga terasa capek. Ngga kayak Solo, panas. Wkwkwk...

    ReplyDelete
  26. Cocok banget tempatnya buat liburan sama anak-anak kecil ya sekalian mengenal hewan secara dekat. Oh ini lokasinya di Kolonel Masturi ya, daerah san abanyak banget tempat wisatanya ya termasuk ada Lembang Park & Zoo

    ReplyDelete
  27. Tahun 2016 pernah ke Lembang, sempat jalan-jalan ke Farmhouse sama Floating Market di sana. Eh ke Tangkuban Perahu dan Gubug Makan Mang Engking juga.. Yang paling ngangenin di sana sih, udaranya. Hahahaha..sejuk, eh dingin! Kalau ngomongin objek wisatanya, emang banyak banget sih yaa

    ReplyDelete
  28. Anak-anak pasti suka nih diajak liburan mainnya ke Lembang park and zoo. Itu aku kaget loh waktu foto sebelahan sama macan, eh ada kacanya yaaa, aman deh. Macan ternak ikutan seseruan bareng bestie juga yaa, jadi ingat dulu pernah jadi macan ternak juga

    ReplyDelete
  29. Jalan menuju Lembang Park and Zoo ini penuh liku dan naikan turunan terjal, gak teh?
    hihi..aku paling paling engga bisa nyetir dengan medan di Bandung yang begitu.. Biasanya kalo kepaksa banget, baruuu dijalani. Kalo engga terpaksa, andalan aku main di Lembang yang deket-deket kaya D'Ranch.

    Pengen lihat harimaunya gagaaah...

    ReplyDelete
  30. Horee bisa free naik komidi putar ya, pasti seneng banget anaknya (termasuk emaknya hehehe).
    Seru banget bisa melihat hewan2 di sana. Bisa menjadi salah satu wisata edukasi memperkenalkan anak kepada binatang ya mbak, memunculkan keberanian kasi makan hewan2 tertenttu pula :D

    ReplyDelete
  31. Beberapa waktu yang lalu keponakanku sempet ngerayu ngajak ke sini Mak. Aku bilang udahlah ke Jogja aja biar mereka ke Gembira Loka. Tapi kayanya beneran aku deh yang harus menyempatkan ke Lembang karena dari segi tempat pun nggak sepanas kalo di Jogja kan ya? Cocok gitu kalau buat jalan-jalan keliling jauh wkwkwk

    ReplyDelete
  32. Lembang tuh banyak banget tempat wisata yang blm aku kunjungi. Tapi macetnya itu loohhh yang gak kuaat

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.