Indonesia Website Awards

Menikmati Sensasi Rasa Sate Taichan Jajanan Papi di Bandung

Sate Taichan

Sate Taichan Jajanan Papi,
dokumentasi Jajanan Papi Martin


Siapa di sini yang suka makan Sate Taichan? Berawal dari kesukaan saya dan suami  sama rasa sate ini jadi pencetus berdirinya Sate Taichan Jajanan Papi yang beralamat di Jalan Sukagalih 123 Bandung. Sate ini menyuguhkan sensasi rasa dan menu yang berbeda dari sate lainnya.


Bedanya sate Taichan dengan sate biasa dari sambalnya yang fresh tanpa bumbu kacang dan kecap seperti sate yang selama ini dikenal.


Sejak tahun 2020, suami saya memang berniat punya kedai makanan gitu. Kami berniat memulai bisnis kuliner. 


Berhubung suami dulunya kerja jadi marketing kafe jadi dia punya basic juga tentang dunia kuliner. Meski bukan di bagian pastry atau kitchen, dia ternyata bisa bikin kue, cake, dan aneka camilan lainnya.


Kami memulai usaha dari rumahan, mulailah memproduksi aneka makanan dan minuman yang semuanya dijual secara online dari rumah sejak pandemi tahun lalu.


Ada donat, aneka kue lebaran, birthday cake, juga jajanan lainnya, seperti baso aci, zupa-zupa, tiramisu dan redvelvet mini cake, makaroni schotel, minumnya ada green tea juga thai tea.

 

Jajanan Papi Martin
Menu awal Jajanan Papi Martin,
dokumentasi pribadi



Baca juga : Melukis harapan saat pandemi berlalu


Awal Januari 2021, akhirnya dibukalah kedai makanan Jajanan Papi Martin yang letaknya di Pujasera Serbu Jalan Sukagalih No. 123, sebrang SMU PGRI Bandung.


Pada awalnya masih berkonsep jajanan siap saji seperti baso aci, seblak, risoles, lumpia basah, french fries dan sosis, hanya saja penjualan saat itu masih terbatas, baik online maupun offline ditambah lagi sekolah juga masih libur pandemi. 


Pernah saya mau makan malam, saat itu pengennya beli sate. Jadi inget pernah makan sate Taichan di Buah Batu. 


Rasa sate taichan itu enak banget dan bikin saya pengen order gofood. Sayang karena pandemi Sate Taichan ini tutup. Kecewa juga sih saya.


Baca juga : Sate Taichan Bandung


Suami sempet bilang kalau dia juga bisa bikin Sate Taichan. Berasa dapat ide buat jualan Sate Taichan aja di kedai Jajanan Papi. Soalnya sate ini bisa jadi makanan berat, biasanya jadi teman makan malam. 


Selain itu, alasan lain kenapa dipilih Sate Taichan biar brandingnya kuat, kalau jajanan papi yang dulu kan engga spesifik, terlalu banyak variannya dan suami juga bilang stok buat berbagai aneka jajanan lumayan banyak.


Akhirnya fix deh, menu Jajanan Papi diganti sama Sate Taichan. Memang engga hanya sate aja, ada varian lain yang dijual cuman brandingnya sekarang menjadi Sate Taichan bukan aneka jajanan kaya dulu. 


Ada yang tahu gimana sejarahnya Sate Taichan? Simak, yuk, di bawah ini!



Sejarah Sate Taichan


Sate Taichan,
dokumentasi Jajanan Papi



Sate taichan itu adalah sate ayam yang dibakar tanpa bumbu kacang dan kecap. Sejak tahun 2016, Sate Taichan sudah cukup dikenal di Indonesia. Pada mulanya Sate Taichan ini berasal dari penjual Sate Madura kaki lima di daerah Senayan, Jakarta yang bernama Pak Amir.


Nama sate Taichan dipopulerkan oleh  pasangan Jepang yang membeli sate di Senayan. Lelaki jepang tadi memilih untuk membuat satenya dengan tanpa bumbu kacang, hanya diberi garam serta jeruk nipis lalu dimakan dengan  sambal. 


Pedagang sate tadi bertanya tentang nama sate yang dibuat orang Jepang tadi. Sate tersebut diberi nama Taichan.


Bumbu yang digunakan untuk pelengkap Sate Taichan yaitu bawang merah, bawang putih, irisan cabe rawit kemudian  ditambahkan dengan garam.


Selanjutnya bumbu tadi dihaluskan menjadi sambal sate taichan.  Sate Taichan ini sudah banyak cabangnya di  berbagai tempat termasuk di kota kelahiran saya, yaitu Kota Kembang alias Bandung. 



Sate Taichan Jajanan Papi



Sate Taichan Jajanan Papi Sukagalih,
dokumentasi Jajanan Papi


Awal tahun 20121 ini akhirnya  dibukalah Sate Taichan Jajanan Papi. Sate Taichan ini beralamat di Jalan Sukagalih No. 123, Sukagalih, Kec Sukajadi Kota Bandung, Jawa 40163.

Ada beberapa hal yang membedakan Sate Taichan Jajanan Papi dengan yang lain, sate ini dagingnya besar-besar, engga kaya sate lain yang kecil. Ini pengalaman pribadi aja makan sate. Dikonsumsi tanpa nasi pun bikin kenyang bagi saya.  


Sate Taichan Jajanan Papi,
dokumentasi Jajanan Papi


Biasanya sate kan pakai sambal kacang plus kecap dan irisan mentimun, kalau Sate Taichan pakai sambal dan penyedap jamur. Emang enak sih, saya suka soalnya.


Selain itu bisa juga sambil ngegrill bareng kalau datang ke sana. Cocok banget buat keluarga dan sahabat yang mau dateng ke kedai Jajanan Papi.


Makan bareng di Sate Taichan Jajanan Papi
Keseruan di Sate Taichan Jajanan Papi,
dokumentasi pribadi


Nah, menu yang paling laris dan banyak diminati adalah Sate Taichan Mozarela. Melted banget berasa mozarelanya.  Sate Mozarella ini yang paling saya suka dibandingkan sate original.


Sate Taichan Mozarella
Sate Taichan Mozarella,
dokumentasi Jajanan Papi


Selain menu sate ada juga Rice Bowl Taichan, Mie Goreng Taichan, dan juga risoles Taichan. Sepertinya baru di Jajanan Papi aja yang ada menu-menu ini.


Ricebowl Taichan
Ricebowl Taichan,
dokumentasi Jajanan Papi


Mie Goreng Taichan, 
dokumentasi Jajanan Papi


Risoles Taichan
Risoles Taichan, 
dokumentasi Jajanan Papi


Sebuah bisnis kuliner butuh inovasi juga menurut saya, biar punya nilai yang beda dari yang lain, makanya Sate Taichan Jajanan Papi punya inovasi menu yang lain dari sate taichan Bandung lainnya.


Sate Taichan Jajanan Papi ini sudah bisa diorder di Gofood  atau Grabfood. Jadi buat yang engga sempet makan di kedai Jajanan Papi bisa order online juga ya.


Sate Taichan via gofood
Sate Taichan extra hot,
dokumentasi Jajanan Papi



Menu dan Harga Sate Taichan Jajanan Papi


Menu Sate Taichan Jajanan Papi
Menu Sate Taichan Jajanan Papi,
dokumentasi Jajanan Papi


Menu dan harga  Sate Taichan Jajanan Papi ini terbilang cukup ekonomis. 10 tusuk Sate Taichan seharga Rp. 22.000,00. Sedangkan untuk Sate Taichan Mozarela isi 10 seharga Rp. 30.000,00.


Buat penyuka pedas ada menu taichan extra hot, loh. Buat yang makan di Kedai Jajanan Papi Martin ini bisa sambil ngegrill satenya sendiri ala-ala Korea gitu. Cocok banget dinikmati bareng keluarga atau Sahabat.


Menu yang lainnya ada Ricebowl Taichan, Mie Goreng Taichan juga risoles Taichan. Menu yang hanya ditemui di Jajanan Papi Martin, sepertinya belum ada menu ini di tempat jualan sate Taichan lain.


Ricebowl Taichan original harganya Rp. 17.500,00. Sedangkan untuk Rice Bowl ekstra Cheese harganya Rp. 25.000,00. Harganya cukup terjangkau Kan, Sahabat Catatan Leannie?


Untuk minumannya ada Cappuccino, Black Coffe, Lemon Tea, Teh tarik, Sari Jahe dan aneka jus seperti jus Strawberry, jus jeruk, dan jus nanas. Harga minumannya pun sangat bersahabat berkisar antara Rp. 6.000,00- Rp. 12.000,00.


Sate Taichan Jajanan Papi ini buka dari pukul 11.00 WIB- 24.30 WIB. Bukanya setiap Hari juga.


Nah, gimana nih, Sahabat Catatan Leannie tertarik engga nih kira-kira buat nyicipin sensasi rasa Sate Taichan Jajanan Papi Sukagalih Bandung?



Salam,







51 comments

  1. Seandainya dekat mau mampir juga. Penasaran dengan sate taichan. Oya Mbak semoga usahanya semakin sukses ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mba. Sayangnya jarak memisahkan Kita. Hehe ...

      Delete
  2. Waah mbaa, next ke bandung aku pasti cobain :). Aku sukaaa sbnrnya Ama sate taichan. Tp jujurnya di JKT sendirj aku jrg Nemu yg bener2 enak.

    Karena sate ini less bumbu, jd aku selalu patokan Ama sambelnya. Itu yg menentukan sateny bakal enak ato ga. Favoritku di JKT cm ada 1 yg sesuai selera sambelnya. Lainnya aku ga doyan, Krn cendrung pedes Thok.

    Makanya penasaran mau coba taichan mba kalo nanti sdg ke Bandung ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Fanny, ntar main ke sini, ya. Siapa tahu nanti bisa ketemuan, ya :)

      Delete
  3. Akuu suka banget sama sate taichann enak banget yaa rasa dagingnya lumer dimulut

    ReplyDelete
  4. banyak juga ya macam sate taichan ini, tapi rata rata memang tak pake kuah kacang. Saya biasanya kalau makan ini nambah terus. apalagi kalau sambelnya nendang kwkwk. Btw di Sate Taichan Jajanan Papi banyak juga ya pilihan cemilan lainnya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak. Ada pilihan menu lainnya juga, beda sama yang lain aja.

      Delete
  5. Yihaa, aku mauuu banget cobain kalo pas ke BDG.
    Adek iparku tinggalnya di GerLong.
    Ini deket ama store sate Taichan Jajanan Papi kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gerlongnya sebelah mana Mba? Lumayan deketlah jaraknya. Sini main Mba kalau ke Bandung

      Delete
  6. wah bikin ngeces, nggak sabar pingin kesana

    sate taichan jajanan papi , tungguin saya ya, saya mau makan buanyaakkkkk :D :D

    ReplyDelete
  7. Tertarik banget kak, hihihi sampai ngebayangin kapan bisa berkunjung or bandung buat menikmati jajanan sate taichan ini

    ReplyDelete
  8. Daku mah tertarik banget sama sate taichan dong Teh, apalagi makannya sama nasi hangat terus kuah dan sambalnya agak pedes dikit, jangan pedes banget biar SemangatCiee makannya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lezat banget ya Mba Fen. Semangat Cie makan pastinya

      Delete
  9. Sate taichan jajanan papi ini booming banget a sekarang.Boleh dicoba ni kalo ntar-ntar main ke bandung.
    Pas pula, anak-anakku suka sate taichan

    ReplyDelete
  10. Duh jadi kangen sate taichan, tapi pedes saos kacangnya itu looh nggak nahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sate Taichan ini engga pakai bumbu kacang Mba. Pakai sambel sama penyedap jamur

      Delete
  11. sate taichan ini memang lagi ngetrend ay , ih aku belum pernah nyoba atuh

    ReplyDelete
  12. Waduh, Sate Taichan. Bikin ngileeer. udah lama deh aku gak makan sate taichan. Kangen juga. Cengeknya yang banyaaak. Hehehehe. Semoga nanti bisa berkesempatan makan di Jajanan Papi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pedes Teh. Mangga ditunggu kunjungannya ke Sukagalih

      Delete
  13. Akhirnya kesampean juga nihh mampir dan nyobain sate taichan jajanan papi ini... seru sama sensasi grill sendirinya...enak banget pokonya❤❤

    ReplyDelete
  14. Viral sate taichan sampe sekarang aku belum pernah ngerasain enaknya sate taichan mba Lia. Wkwkwkkw enak ya kayaknya. Praktik bikin sendiri galo hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku pun engga bisa bikin sendiri, hehe. Sini main ke Bandung Mba

      Delete
  15. jadi kangen njajan sate taichan. udah lama banget nggak makan sate taichan soalnya

    ReplyDelete
  16. Cateettt ah, Mbaaa
    aku trakhir ke BDG itu January 2020
    mupeng utk main ke BDG lagi, dan semoga bisa mencicipi kuliner sate taichan ini
    Sukses selaluuuu ya Mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Nurul. Ada keluarga kah di sini, Mba? Nanti main ke sini, ya, kalau pas berkunjung ke Bandung

      Delete
  17. Kapan ya,,? Nyoba makan Sate Taichan. Wah, maunya ke Bndung dulu, he he ... Terima kasih telah berbagi Mbak Lia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moga nanti bisa berkunjung ke sini, ya. Main ke Bandung, yuk, kalau pandemi udah berlalu

      Delete
  18. wah pengen banget nih aku nyobain sate taichan-nya. coba aja ada di sini ya kedainya

    ReplyDelete
  19. Haduh... makanan endeus pisan ini mah. Ak boleh nolak kalau ditawari. Iya kalau beli masih kejauhan soalnya. Hehehe...
    Semoga sate taichan nya semakin laris... aamiin...

    ReplyDelete
  20. Jajanan Papi Martin memang juaraa~
    Aku lihat di ulasannya di beberapa sahabat Blogger Bandung yang uda main langsung ke Jajanan Papi Martin, jadi mupeeeng~
    Jajanan yang ramah di kantong, kenyang dan tetap sehat karena diracik oleh Papi Martin sendiri.

    Sate Taichannya ginul-ginul, tebel daging dalam balutan keju mozarella.

    ReplyDelete
  21. Whuah, menikmati jajanan Bandung seperti ini siapa yg bisa nolak. Apalagi menu sate taichan yang sedap banget itu. Lidah pasti senang, perut pun jadi kenyang.

    ReplyDelete
  22. Wow harus mampir kalo ke Bandung lain kali. Udah nyoba beberapa sate taichan di Bandung, yang ini belum pernah sih kayaknya..

    ReplyDelete
  23. Ahh jajanan papi martin ini emang nggak diragukan lagi ya mbak
    rasanya ya pasti enak, duh jadi pengen nakan sate taican nih

    ReplyDelete
  24. aku suka sate taichan juga, duh apalagi pake keju. beuh mantap banget ya, sayang jauh banget di bandung :D

    ReplyDelete
  25. Sate.. makanan favorit keluarga saya. Kalau ke Bandung kayaknya wajib coba yang ini

    ReplyDelete
  26. Owh begitu ternyata asal mula sate taichan ya mbak. Hihi Dan rasa sate taichan menggoda banget jadi pengen Cobain nih

    ReplyDelete
  27. Sate topping mozarellanya menggoda banget deh. Saye taichan ini hits sejak beberapa tahun lalu dan hingga saat ini masih hype ya. Kapan-kapan musti coba nih

    ReplyDelete
  28. Aku belum pernah icip-icip sate taichan. Baca ini aku makin mupeng. Enak, ya? 😃

    ReplyDelete
  29. sudah sering denger nama jajanan sate taichan tapi belum pernah nyoba. Baca ini jadi pengeeeen. Kalau ke Bandung harus ke sini nih ya.

    ReplyDelete
  30. Waah penasaran dengan sate taichan mozarella ... secara saya penyuka berat keju. Apapun makanan yang dikasih keju enaak.

    ReplyDelete
  31. Baru tahu tentang sate Taichan ini. Jadi pengen coba juga rasanya apalagi yang pake mozarella. Pasti mantap banget. Duh, langsung ngiper bayanginnya, hehe. Kalau di Bandung boleh nih mampir di jajanan Papi. Btw sukses ya buat usahanya Mbak.

    ReplyDelete
  32. Wahh, dapat rekomendasi tempat kuliner baru ini. InsyaAllah, kalo ke Bandung kita mampir, Kak

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.