Setahun Usia TLD Catatan Leannie, Memaknai Alasan dan Tujuan Ngeblog

Alasan dan tujuan ngeblog Catatan Leannie
Setahun usia TLD Catatan Leannie

Catatan Leannie diambil sebagai nama blog karena menggunakan nama pena saya. Leannie Azalea adalah nama pena yang saya gunakan ketika menulis fiksi. Bulan Oktober lalu tepatnya setahun sudah usia blog ini setelah migrasi ke Top Level Domain (TLD).

Catatan Leannie sebenarnya diambil dari nama saya sendiri, hanya versi ringkas, kalau Lia Yuliani berasa kepanjangan. Hehe udah gitu  kalau googling keluar nama yang sama cukup banyak. Apakah nama saya pasaran? Oops ... 

Jadi Catatan Leannie ini tadinya dokumentasi berbagai hal yang ingin saya  sampaikan, meski bukan lewat lisan, tetapi bisa saya ungkapkan lewat tulisan.

Setahun lebih usia blog Catatan Leannie, kalau bayi mungkin lagi belajar berjalan. Seperti itu juga blog ini, sedang berusaha  terus melangkah dan mengembangkan diri. Saya juga kembali melakukan perenungan, tentang makna dan alasan saya ngeblog.

Setahun ngeblog dengan TLD, pencapaian apa saja yang telah saya raih selama ini? Beberapa job blogger saya dapatkan dari review buku, pernah sekali ikut lomba blog, dan terpilih masuk ke dalam pemenang. 

Meski jarang bisa dapat job karena kendala follower Ig yang kurang banyak ternyata tak menyurutkan niat saya ngeblog.  Saya anggap bukan rezeki, karena untuk tambah follower dengan ikut follow loop seperti yang kebanyakan blogger lain lakukan, saya merasa kurang  bisa membagi waktu dan fokus. 

Saya membagi fokus untuk menulis, karena jauh sebelum ngeblog saya udah suka nulis artikel dan mengirimkan ke berbagai media online. Saya juga suka nulis puisi, pernah ikutan lomba nulis puisi dan ada beberapa antologi puisi di rumah.  Saya juga pernah punya mimpi menerbitkan novel sendiri. Intinya saya juga mau tetap nulis buku. Buku solo kalau bisa. Aamiin

Jangan tanya Domain Authority atau DA blog saya, amatlah minimalis. Dulu sewaktu masih ada Gplus nilainya belasan, sekarang minimalis banget sudah angkanya.

Mencari tahu tentang DA dengan bertanya atau share bareng blogger lain, kadang blogwalking, atau nanya ke Mbah "Google" ada yang bilang harus nyebar banyak backlink dari web dengan DA tinggi, ada yang bilang  beraihkan blog dari brokenlink.

Selain itu, ada juga yang saranin guest post dari blogger lain, nitip backlink ke blogger yang DA tinggi, banyak banget masukannya. Sampai ada blogger yang enggan balas komentar blogwalking kalau DA blogger yang komen ke dia lebih rendah. Ya sudahlah biarlah itu pilihan mereka.

Berbagai hal membuat saya kembali ke tujuan awal ngeblog. Saya suka menulis inilah salah satu alasan saya memutuskan untuk ngeblog.  Setidaknya ada tiga poin yang perlu dipertimbangkan dalam ngeblog.

Baca juga : 3 Poin Penting yang Perlu diperhatikan untuk Memulai Ngeblog

Mendokumentasikan apa yang ingin saya tuliskan. Saya suka jalan-jalan atau traveling, saya ingin berbagi keseruan mengunjungi berbagai tempat baru, bahwa ternyata traveling itu menyenangkan dan bisa meningkatkan bonding satu sama lain.

Intinya dengan ngeblog, saya bisa bebas menulis sesuai dengan apa yang saya inginkan, agak berbeda dengan menulis di media online ada ketentuan atau kaidah yang memang perlu saya perhatikan ketika mengirimkan artikel ke media.

Seperti halnya blogger lain, saya juga berpikir untuk memonetisasi blog. Salah satunya memutuskan untuk migrasi dari blogspot ke TLD bukan TDL, ya, ini sih tarif dasar listrik. Lol ...

Saya juga tertarik pasang adsense di blog meski berbagai pendapat menganai pemasangan iklan di blog ini. Baru setelah setahun TLD blog saya di ACC adsense, setelah sebelumnya di tolak, loh.

Alasan ditolak adsense di tahun 2019 kemarin karena ada settingan blog yang belum saya lakukan, jadi redirectnya belum aktif. Sempet pusing mikrinya kenapa? 

Perbaiki masalah Anda!
Situs Anda tidak terjangkau. 

Notifnya begitu terus. Enggak tahu mesti diapain. Maklum dulu pas bikin blog modal googling doang, saya belum ikut training berbayar soalnya.

Dulu saya pikir selama bisa saya coba, ya, saya akan coba sendiri. Usaha sendiri dulu aja istilahnya, uang training buat beli berbagai keperluan rumah tangga lain atau ditabung aja. Gitu pikiran saya saat itu. Maklum emak-emak mah gitu. 

Setelah itu saya juga pasang tema sendiri juga, lihat tutorial aja di blog orang lain. Meski ada settingan yang bikin bingung dengan kodingan di blog yang harus edit html. Agak rumit kadang, malah bikin tampilan jadi error kalau salah pasang kode soalnya. 

Kolom delete komentar saya di tema terdahulu enggak muncul jadi susah buat hapus brokenlink yang katanya ngaruh ke DA. Setelah itu jadi pertimbangan buat jasa percantik atau reparasi blog.

Lika liku perjalanan ngeblog selama setahun ini, ikut training bareng komunitas jadi titik awal saya buat konsisten nulis. Saya ikut odop, rutin bw juga. Odop atau one day one post blog ternyata banyak juga manfaatnya.

Baca juga : One Day One Post Blogging, Menaklukan Diri Sendiri untuk Konsisten Menulis 

Meski ada yang bilang untuk menaikkan DA odop kurang efektif atau bw pun kadang enggak berpengaruh kecuali Kita nitip backlink di web lain dengan DA tinggi. Ya oke lah kalau bicara soal teori.
Buat saya,  dengan BW kadang saya silaturahmi dan mengenal blogger lain, banyak belajar ilmu baru juga. Nulis Odop dulu lumayan blognya keisi. 

Ngeblog enggak sekadar ngurusin DA aja, kudu banyakin follower biar dapat job. Enggak cuman ini, loh, makna dan tujuan saya ngeblog. Anggaplah job blogger adalah bonus dan rezeki lain dari menulis. Tujuan saya jauh lebih dari hanya sekadar mendapatkan job, jauh lebih besar dari ini.

Saya mau apa yang saya tulis itu ada manfaatnya buat orang lain, khususnya buat pembaca Catatan Leannie. Saya kadang menulis tentang kisah inspiratif, catatan perjalanan, cerita penuh makna seputar pernikahan atau parenting. Yang terpenting bisa menulis berbagai hal yang bermanfaat dan membawa kebaikan buat penulis dan pembacanya.

Satu hal yang saya harapkan adalah tulisan saya bisa menjadi jalan kebaikan buat orang lain, selain itu bisa jadi amalan yang memberatkan timbangan kebaikan di hari akhir kelak. (Catatan Leannie)

Enggak cuman dari ngeblog, saya pun suka menulis artikel dan menulis buku juga. Ketiganya masih saya jalankan sampai sekarang. Sekadar sharing saja, buat yang baru memulai ngeblog atau mungkin udah lebih lama dari saya, terus semangat dan jangan lupa alasan dan tujuan awal ngeblog.


Salam,



40 comments

  1. DA saya juga minimalis mbakz tapi ga ambil pusing, yg penting tetap nulis dan main ke blog lain. Baca blog temen2 nambah wawasan, dapat ilmu gratis, yg terkadang mereka memang ahli dibidangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya saya juga enggak mikirin DA lagi, hehe ... Bener banget, Kak. BW nambah ilmu dan dan pengetahuan juga

      Delete
  2. Keren banget Mba, semangat selalu.
    Fokus mengatur waktu.
    Insha Allah semua pasti bisa dilakukan dengan baik :)

    Performa blog jadikan penyemangat aja, nggak perlu diambil pusing juga :)
    Semangat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makasih, Mbak Rey. Mbak juga keren. Pada akhirnya sih performa blog kayak DA enggak terlalu dibikin puyeng. Hehe ...

      Delete
  3. Keren lah Mbak, bikin blog baru satu tahun, udah tahu mau diisi apa, udah paham mau adsanse juga. Blog saya udah dari tahun kapan sampe sekarang belum juga sanggup ODOP 😄 Domain pun baru ganti xyz. Belum pake com. Tapi tetep kok semangat. Jatuh bangun itu manis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih, Mbak. Kujuga masih harus banyak belajar. Hehe ... Semangat ngeblognya Mbak Deris.

      Delete
  4. Setahun TLD udah banyak kemajuannya mba..karena fokus n semangat menulis.. Ah keren mba Lia ini

    ReplyDelete
  5. Kak Leannie, masya Alloh, Happy birthday yg pertama untuk blognya kak. senang sekali bs belajar dan terinspirasi dr kaka. saya juga baru setahun dan belum ada job sama sekali kak xD tapi saya senang sekali bisa terus menulis dan menuangkan apa yg saya rasakan. terima kasih inspirasinya kak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, sama-sama, Mbak. Menulis karena memang suka awalnya, lama-lama ditekuni aja. Alhamdulillah, lagi berproses dan masih harus banyak belajar juga

      Delete
  6. Aih setuju banget mbak, menulis blog tanpa pamrih, kalau ada yang kasih job ya rezeki hehehe. Saya ngeblog ya juga buat hobi sih jadi yang nggak terlalu musingin DA nya , tapi ya pengen juga meraih DA 10 tahun ini 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meski enggak terlalu mikirin, tapi setidaknya pengen juga DA bagus, hehe ... but it's okelah, yang penting konsisten nulisnya

      Delete
  7. Tos dulu mba, sama juga domain udah setahun dan DA masih minimalis hhe. Keep on writing karena emg ini sih investasi sebenernya. Meninggalkan jejak hehe. Dan biar makin semangat dan ga nyerah di dunia monetisasi blog yang ngeri ini hhi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, ada kata ngerinya ... yang penting bisa menebar manfaat lewat tulisan

      Delete
  8. Semangaaaat Mba. Mantap euy. Aku mah masih apalah... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalah ... apa dong? Yang udah senior pun dulunya pernah pemula. Jadi, santuy aja, ah ... Hehe

      Delete
  9. Aku baru tahu ada blogger yang nggak bales BW ke blog yang DA nya lebih rendah. Seriusan. Selama ini nganggepnya ya enggan aja atau emang belum sempat.

    Soal adsense itu. Wkwkwkwk..
    Saya juga baru-baru ini aja diterima. Dan ternyataaaa masalahnya adalah blognya belum didaftarin. Jadi, blog yang didaftarin tuh bloh lama yang udah nggak dibuka. Udah aku cabut, eh nggak ajuin yang baru. Ya pantesan nggak pernah ada notifikasi dari Bang Google. Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, Mbak, karena takut performa blognya turun. Enggak semua orang berpikiran sama seperti Kita yang bw ya bw aja. Ada yang hanya setting komentar blog dengan Google saja, enggak mau yang komen nitip link juga. Semua itu Ada kok, Mbak Laily.

      Aku juga ditolak adsense karena masalah yang sebenarnya sepele sih, Karena redirectnya belum diceklis di pengaturan. Oalah, ternyata yang didaftarin beda, blognya.

      Delete
  10. Salut dengan ikhtiarnya Mbak Lia.. saya sendiri TLD br bulan Ramadan tahun lalu. Kl blog gratisannya 2009 hehe... patut ditiru deh semangatnya Mbak Lia yg pantang menyerah. Makasih inspirasinya ya Mbak. Salam kenal dari Mia di Medan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Mia, salam kenal kembali. Enggak juga sih, pantang menyerah, hehe ... Ada saatnya saya juga rehat sih, Mbak.

      Delete
  11. Menulis di blog tetap harus semangat, karena pasti akan memberikan manfaat nggak hanya buat pembaca tapi juga kepada kitanya sebagai penulis

    ReplyDelete
  12. MasyaAllah mbak tujuan nulis yang mulia mbak, semoga bisa menular ke saya ya

    ReplyDelete
  13. semoga makin semngat mba dalam menulis :D ehehe

    ReplyDelete
  14. Tenang aja Bunda. Job blogger itu nggak hanya dari IG. Yang penting kita bisa pilih mau fokus blog yg dioptimalkan atau mau Ignya yg dioptimalkan atau bisa keduanya. Apapun itu yang penting kita nyaman dan disesuaikan dengan sikon kita. Semangat bunsay 🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Yeni. Makasih udah main ke sini. Bener banget Mbak. Saya suka baca-baca artikel parentingnya

      Delete
  15. Semangat trus nulisnya mba,, saya selalu suka tulisan mba,, blog saya juga baru satu tahun maret ini :)
    Terus berkarya dan mengispirasi mba :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sama-sama berarti, ya. Baru setahun usia blog TLD. Aamiin, makasih banget Mbak Alia

      Delete
  16. DA saya malah anjlok dari 23 ke 9 Mbak. Kalau dipikirin jadi pusing sendiri, padahal awalnya menulis di blog biar waras jadi ya.... Semangat dan dibawah santai sajalah... Salam kenal juga Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mbak Dwi Ananta. Kayaknya setelah ditutup ya Gplus berimbas ke semuanya. DA pada anjlok. Biar lebih nyaman ngeblognya, memang enggak usah terlalu dipikirin masalah DA ini.

      Delete
  17. Pusing memang kalau mikirin follower Instagram dan DA PA. Ya, kalau aku ngeblog itu semacam cara menjadi diri sendiri agar tetap semangat untuk belajar menulis di blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sih, terlalu dipikirin memang bisa bikin puyeng. Hehe ... ngeblog karena memang suka nulis, sih, kalau saya.

      Delete
  18. Saya pun nggak mikirin DA dan followers Mba. Well memang sih kerjaan utama saya juga bukan blogger, mungkin kalau kerjaan utama saya dari ngeblog saya juga akan sangat concern dengan 2 hal itu. Tapi mungkin juga enggak, karena nulis di blog buat saya adalah kepuasan batin tersendiri kalo sampe menang lomba dan ada job review, ya berarti emang rejeki. Hihi... Salam kenal Mba Lia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya saya pun begitu. Hehe salam kenal juga, Mbak

      Delete
  19. Saya nulis di blog niatnya menulis saja, kadang ingin juga seperti bloger-bloger keceh lainnya, DA tinggi dsb, tapi gitu deh. Lumayanlah kalau saya bisa nulis sekali sepekan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem, Mbak. Sekarang yang penting nulis, aja, ya.

      Delete
  20. Semangat nulisnya mbak. Aku jg gitu, awal ngeblog karena suka nulis, kepengen mencurahkan isi pikiran ke dalam tulisan.

    Baru ganti TLD belum ada 1 tahun. DA PA mah masih rendah, tapi yaudah lah fokus aja sama nulisnya dulu hehe

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Mohon tidak menyertakan link hidup. Terima kasih atas kunjungannya.