3 Poin Penting yang Harus Kamu Pertimbangkan untuk Menulis di Blog

Pic by Canva

Menulis di blog adalah aktivitas baru bagi saya, meskipun akhir tahun 2017 saya sudah membuat blog, diisinya jarang banget, kalau inget aja, alhasil postingannya baru beberapa buah saja setelah hampir setengah tahun punya blog. Hehe 😄 Kira-kira apa saja sih poin penting yang harus dipertimbangkan saat akan menulis di blog? 

Berawal dari ikut Estrilook Community, saat itu ada training free tentang blogging for basic, nah, ini, cocok banget buat yang pengen belajar tapi belum sempat ikut training. Rahasia umum seorang Emak. Emak, kan, banyak kebutuhan. (Stop curhat, deh 😅)

Nah, setelah Ikut training bareng Mbak Steffi mulailah memperbaiki tampilan blog biar lebih cantik dan betah dilihat. Ini belajarnya juga berproses, hehe ... tiap orang punya kemampuan berbeda dalam prosesnya, saya percaya itu. Percayalah Kamu istimewa dengan semua kelebihan dan kekurangan yang dititipkan-Nya. Simak, yuk, 3   poin penting yang harus Kamu pertimbangkan saat memutuskan untuk menulis di blog!

1. Segala sesuatu berawal dari niat, tentukan niat menulis Kamu

Ini poin penting soalnya, menulis di blog apa, sih, niatnya? Pastikan niat menulis Kamu buat kebaikan, ya. Menulis bisa jadi sarana atau jalan dakwah, yaitu dengan mengajak kebaikan. "Sampaikanlah walau hanya satu ayat." Itulah yang selalu saya ingat untuk menyampaikan kebaikan lewat tulisan.

Kamu bisa menulis berbagai banyak hal dalam tulisan di blogmu.  Bisa sebagai sarana untuk terapi diri juga. Kamu perlu mencatat meskipun ngeblog bisa sharing apa pun, mesti dipilah juga kalimat atau bahasan yang ingin Kamu tulis. Tetap jadi penulis santun dan jaga attitude, ya.

2.  Target atau ditujukan untuk siapa  menulis di blog

Target atau ditujukan untuk siapa menulis di blog memang perlu, dengan demikian Kita bisa menentukan apa saja yang menjadi ide untuk menulis di blog. 

Jika memutuskan untuk menulis tema parenting, mulailah mengamati sekitarmu atau mencari riset dengan membaca. Penulis harus rajin membaca agar memperkaya tulisannya. Ketika semangat sudah mulai memudar, ingatlah untuk siapa Kamu menulis, itu akan memacu diri agar konsisten menulis di blog.

3. Tentukan tujuan jangka panjang ngeblog

Nah, ini juga penting buat Kamu pertimbangkan ketika akan menulis di blog alias ngeblog. Tujuan jangka panjang apa, nih, buat bikin blog?

Ngeblog bisa buat personal branding juga, loh, pembaca bisa menilai diri penulis lewat tulisan yang dia buat.

Telah banyak juga blogger professional yang merasakan manfaat lain dari ngeblog, jika Kita paham ilmunya ternyata ngeblog itu bisa jadi sumber penghasilan tambahan, loh. Bisa dengan kerja sama klien, ikut lomba menulis atau blog competition, atau pasang adsense yang katanya bisa menambah pundi-pundi rupiah juga. Saya masih newbie, jadi masih harus banyak belajar.

Bagi saya pribadi menulis diblog sebagai terapi, media berbagi kebaikan, dan sebagai rekam jejak Kita dalam menulis. Ini bisa dijadikan portfolio juga, loh. 

Itulah 3 poin penting yang harus Kamu pertimbangkan ketika memutuskan untuk menulis di blog alias ngeblog. Gimana, nih, masih ragu untuk ngeblog? Cek dulu ketiga poin di atas, ya 😊


Salam,




You Might Also Like

23 comments

  1. Terimakasih sharingnya mbak. Sampai saat ini saya ngeblog baru sekadar jadi tempat pelarian aja. Tapi kalau suatu saat bisa jadi lebih dari itu ya Alhamdulillah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak. Saya juga masih newbie, kok. Kita sama-sama belajar, ya 😊

      Delete
  2. Yup, sama mbak menurut saya niat ngeblog itu penting banget. Niat ngeblog sy awalnya sekadar mencurahkan perasaa eh tp makin ke sini niat sy lebih pada berbagi ..

    Yup, sampaikanlah walau hanya seayat ya mbak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Apapun boleh asal kontennya bermanfaat

      Delete
  3. Iya, nih, Mbak. Saya pengennya jadi portfolio sama membangun personal branding. Masih ragu buat nentuin target pembaca, takut kehilangan pembaca umum.Padahal baru mulai lagi, sih, belum ada pembaca tetapnya. Wkwkwkwk 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak apa-apa, Mbak. Yang penting terus aja menulis. Kan syarat jadi penulis hanya satu terus menulis dan menulis

      Delete
  4. Tambah satu mbak, kalau sudah mulai menulis harus konsisten. Konsisten membuat segala tujuan lebih mudah dicapai dari pada nggak konsisten

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau inget tiga hal di atas, bisa terus konsisten nulis, karena konsisten butuh Landasan. Terima kasih udah mampir, Mbak. Salam kenal.

      Delete
  5. Nah ini
    Ngeblog itu memang berawal dari niat. Luruskan niat, luruskan niat
    Kalau saya memang tujuannya buat mencatat kenangan, berbagi cerita dan mengingatkan diri sendiri

    ReplyDelete
  6. Nomer 1 penting bangettt. Sebagai mentor yang sudah melihat ratusan blogger newbie memulai dan merawat karier ngeblognya, no 1 yang sering bikin gagal. Yaitu ketika belum-belum udah niat cari materi dari blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak. Segala sesuatu berawal dari niat. Terima kasih udah berkunjung 😊

      Delete
  7. Hai mba, makasih sharingnya.. Alhamdulillah saya sudah punya ketiga poin diatas. Jadi, tinggal terus melangkah dan berusaha terus konsisten ngisi blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak. Insyaallah bisa. Salam kenal dan semoga sukses buat Mbak Wiwin 😊

      Delete
  8. betul banget, mbak. niat itu yang utama, agar tetap terjaga konsistensi kita dalam ngeblog

    ReplyDelete
  9. Ngeblog itu memang untuk jangka panjang ya mbaaa. Gak beda dengan investasi modal uang dalam sebuah bisnis. Butuh waktu, butuh proses. Kalau terlalu dipoles biar cepet naik DA PA pun, bikin gugel marah. Kalau terlalu slow pun, blog gak naik-naik peringkatnya. Ya ibarat lagu, sedang-sedanggggg sajaa kita, xixixiiiii

    Happy Blogging Mba Sayanggggg
    Terus berkaryaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Nimmati saja dulu prosesnya. Makasih doanya Mbak. Sukses juga buat Mbak Inna 😍

      Delete
  10. Saya awalnya nge kog untuk curhat mba. Ke sini ke sini, jadi lebih profesional dan nulis hal-hal yang bermanfaat untuk pembaca. Emang asik sih. Paling tidak ngeblog bisa jadi ajang me time yang pas buat saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Betty udah Keren dari sananya. Pokoknya Salah satu blogger yang mengisnpirasiku. Tulisannya saya suka 👍😊

      Delete
  11. Membaca ini jadi reminder terus bagi aku seorang blohher newbi. Memperhatikan attitude dalam tulisan yang akan dibagi pada blog tentu hal yang crusial banget ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem saya juga newbie, hehe. Iya, Mbak. Attitide itu penting, sebagaimana kita ingin dihargai orang lain maka Kita pun harus menghargai orang juga.

      Delete
  12. Semoga 3 poin penting tadi makin membuat kita semangat update blog terus. Butuh konsistensi emang kalau ngeblog agar tidak berhenti di tengah jalan.

    ReplyDelete