Edelweiss, Sebuah Puisi dan Fakta tentang Bunga Keabadian


Edelweiss Java from Pinterest.com


Sebuket bunga Edelweiss
Menggambarkan arti keabadian
Perjuangan dan keindahan
Cinta sejati

Cinta sejati yang abadi
Tak lekang oleh waktu. 
Di manakah ia berada? 
Ia berada di dalam hati

Pada hati yang mau berjuang  menemukannya 
Setelah itu ...
Mempertahankan keindahan cinta
Dalam lintasan waktu
Yang tak terhitung lamanya

Leannie.Azalea
***

Edelweiss identik dengan cinta dan keabadian, namun di balik semua itu, ada beberapa fakta yang tidak diketahui orang lain mengenai Edelweiss. 

Simak, yuk, inilah fakta tentang Edelweiss yang tidak banyak diketahui!

1. Bunga Edelweis di luar negeri adalah jenis Leontopodium Alpinum sedangkan yang ada di Indonesia adalah Anaphalis Javanica.

2. Bunga Edelweiss memiliki hormon etilen yang bisa mencegah  agar bunga tidak gugur, sehingga  disebut bunga keabadian. 

3. Pada zaman dahulu, biasa dijadikan obat herbal untuk mengobati beberapa penyakit.

4. Pada wisata daerah dataran tinggi, seperti di Dieng, petani edelweis membudidayakan bunga edelweiss dan diperjualbelikan pada pengunjung. Adanya warna bunga Edelweiss yang beraneka ragam selain warna putih kecoklatan adalah hasil pewarnaan buatan. 

5. Bunga Edelweiss terkadang masih dipetik oleh pendaki yang nekat padahal sudah ada larangan untuk memetik bunga yang satu ini. Keberadaannya terancam karena ulah pendaki yang memetik bunga yang terkenal dengan filosofi keabadian dan cinta.

Itulah sebuah puisi karya saya dan  lima fakta mengenai bunga Edelweiss, bunga yang dikenal sebagai simbol cinta dan keabadian. Yuk, kita jaga kelestarian alam dengan membiarkan bunga Edelweiss tumbuh bebas di alam dengan tidak memetiknya.




You Might Also Like

0 comments