Resensi Novel Hati Suhita Karya Khilma Anis, Menyelami Hati dan Menemukan Cinta Sejati

Novel Hati Suhita Karya Khilma Anis
Novel Hati Suhita Karya Khilma Anis,
via dokumentasi pribadi


Judul : Hati Suhita
Penulis : Khilma Anis
Penerbit : Mazaya Media
Jumlah Halaman : 405
Cetakan : 12
ISBN : 978-602-51017-4-8


Hati Suhita: Menyelami Hati dan Menemukan Cinta Sejati

Hati Suhita adalah sebuah novel bergenre romance dan religi yang ditulis oleh Khilma Anis. Novel ini menggambarkan kehidupan seorang Suhita dan Gus Birru yang lekat dengan kehidupan pesantren. Kisah cinta Suhita yang mengharu biru membuat novel ini menjadi salah satu novel best seller.

Ning Khilma Anis berhasil membawa saya mengagumi kehidupan pesantren, bagaimana akhlak seorang perempuan saleha tergambar dalam diri Alina Suhita. Suhita, perempuan hebat yang bisa menempatkan dirinya ketika menjadi istri, menantu, dan seorang anak perempuan.

Suhita yang santun, tak mengumbar aib suaminya, perhatian terhadap mertua, dan tetap berdiri mendampingi suami yang dikasihinya meski ia tak merasa dicintai sebagai wanita seutuhnya. Alina Suhita menyimpan getir ini sendirian, merebahkannya di dalam sujud, melantunkan ayat-ayat ilahi, dan melangitkan doa di tempat orang-orang suci disemayamkan.

Meski telah melewati tujuh purnama, Suhita menyimpan konflik batin yang mendalam akan penolakan Gus Birru, suaminya. Kehadiran Rengganis, wanita yang ada dalam kisah masa lalu Gus Birru mengusik dan menciptakan konflik dalam batinnya.

Bagaimanakah kisah cinta Suhita dan Gus Birru?

Akankah Suhita tetap bertahan atau menyerah karena hatinya tengah lelah menemukan cinta dalam diri suaminya?

Benarkah tak ada sedikit pun tempat di hati Gus Birru untuk Alina Suhita?

Jawabannya akan Kamu temukan saat membaca novel ini. Saya sendiri sempat ikut larut dalam kisah ini. Khilma Anis berhasil membuat saya ingin membaca dan menuntaskan novel ini sampai akhir cerita.

Nuansa jawa tergambar jelas dalam novel ini. Berhubung saya orang Sunda, kadang ada kata-kata yang kurang saya pahami. Untungnya ada glosarium di bagian akhir yang membantu saya memahami sebagian istilah jawa dalam novel ini.

Membaca isi hati perempuan dan laki-laki memang berbeda. Ada kalanya hal yang terucap memang tak seperti kenyataannya. Julukan Woman from Venus and Man from Mars, memang benar adanya.

Ternyata dengan menyelami isi hati, Kamu akan temukan jawaban cinta sejati. Cinta adalah kesediaan total untuk menerima takdir serta melepaskan diri dari hal yang bisa menghilangkan kebahagiaan. Cinta itu memang harus diperjuangkan dan dipertahankan sampai akhirnya bahagia menyapa.

Sebagai pembaca saya suka novel ini, kisah cinta Suhita dan Gus Birru memang bikin meleleh dan kadang terbawa baper juga setelah membacanya.

Novel Hati Suhita yang ditulis Ning Khilma Anis dan disunting oleh Mbak Asfi Diyah ini memang layak untuk dijadikan rekomendasi karena sarat akan nilai kehidupan dan membuat saya banyak belajar dari kisah mereka. Gimana, Kamu tertarik enggak, nih, buat baca novel best seller ini?


Salam, 



32 comments

  1. Mbaaa pas banget aku pengen baca fiksi lagi tapi yang faedah. Kayanya kisah Suhita sama Gus Birru cocok nemenin aku bergalau-galau ria. Walaupun aku baru denger nama Khilma Anis, aku tertarik banget buat baca. Judulnya aja aku udah suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isinya apalagi, Mbak. Saya tipe yang jarang menamatkan bacaan, tapi kalau isinya menarik,saya jadi pengen tahu endingnya gimana, makanya terus baca novel ini sampai akhir.

      Delete
  2. Tertarik banget. Pasti keren ya, bisa best seller begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah baca isinya keren, Mbak. Novel tentang perjuangan istri saleha yang bikin baper

      Delete
  3. Tertarik mbak.. Cuplikannya singkat dan bikin penasaran. Ingin segera mengetahui keseluruhan kisahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,Mbak sampai baper saya baca novelnya. Hehe

      Delete
  4. Bikin penasaran aja nih :)
    Saya kapan ya bisa baca novel lagi?
    Biasanya selalu kepo kalau baca resensi gini, abis itu kalau terbeli belum tentu bisa terbaca semua hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sibuk ngeblog tiap hari,vya, Mbak Rey. Hehe ... Jadi buat baca buku kadang harus bener-benar meluangkan waktu senggang

      Delete
  5. Penasaraaaaan... Tapi masih mau rampungin satu buku tentang Perfect Sleep. Nggak selesai-selesai nih. Hahaha...

    Next, mau baca yang enteng-enteng aja macam fiksi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang susah ya ngerampungin bacaan, hehe ... ibu-ibu pasti banyak iklan

      Delete
  6. Penasaran banget mbak... Pengen tahu kelanjutan suhita sama gus birru, masih menebak bakalan poligami gak ya ? hihihih

    ReplyDelete
  7. Wah, sepertinya bagus. Jadi penasaran. Note. Masuk daftar bacaan nih.. hehehe

    ReplyDelete
  8. Belum baca novel nya, pengin baca tapi belum ada duit untuk beli.

    Menurut tebakanku, tebakan doang ya, paling Gus Birru nanti luluh dan akhirnya menerima Suhita sebagai istrinya sepenuh hati dan melupakan Rengganis.😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok jadi sutradara, nih, Kak Agus. Hehe ...

      Delete
  9. Sebuah novel yang berkesan kalem dalam alur percintaan dan kehidupan.

    Dan sepertinya menarik sih untuk dibaca bila melihat ulasan yang sudah dijelaskan diatas.😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungi nya, Kak. Iya kalau udah tuntas baca semuanya, banyak nilai positif kehidupan yang penulis sampaikan lewat novel ini.

      Delete
  10. jadi penasaran deh Mbak, wanita dan pria memang pemikirannya beda ya.
    tapi herannya kalau udah klik, yaaa bisa juga jadi cocok dan nyambung kemana-mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang begitu, ya, Mbak. Perbedaan bisa menyatukan dua jiwa

      Delete
  11. Penasaran banget, sesungguhnya aku udah pernah beberapa kali baca reviewnya tentang novel ini. Tapi, sampai sekarang belum kesampaian buat baca novelnya. Kayaknya setelah ini harus disegerakan nih.

    ReplyDelete
  12. Penasaran juga. Jd pengen beli dan baca deh. Makasiy mba

    ReplyDelete
  13. Novel ini viral banget dan kebanyakan teman sy di pesantren udah baca.. Kecuali saya..hihi. terima kasih mbak review-nya yaa kayaknya emang harus segera beli biar nggak penasaran

    ReplyDelete
  14. Jadi penasaran, kira-kira konflik apa ya yang terjadi dan apa ya yang akhirnya diputuskan oleh Suhita? Pengen intip endingnya juga kayak apa..makasih review nya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baper loh, bacanya. Hehe ... emang bagus, sih, novelnya

      Delete
  15. Novel ini kabarnya dicetak beberapa kali dan terjual puluhan ribu eksemplar ya? Hebat! Saya salut, padahal terbit indie ya mbak. Itu menandakan kalau novelnya bagus dan pemasarannya hebat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya aja Pas beli novel ini udah cetakan ke-12, Mbak. Setelah saya baca memang isinya bagus, Mbak.

      Delete

Silakan tinggalkan komentar. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus. Maaf juga jika ada komentar yang belum terbalas. Terima kasih atas kunjungannya.