Showing posts with label Entertainment. Show all posts
Showing posts with label Entertainment. Show all posts

Yuk Kenalan dengan Hoala Koala, Lagu dan Animasi Anak Indonesia Masa Kini

Lagu dan Animasi Anak Indonesia
Hoala Koala, Lagu dan Animasi Anak Indonesia; 
via Canva 


Melihat kondisi sekarang ini, rasanya kangen deh mendengar Lagu dan Animasi Anak Indonesia, seperti era 90-an, saat saya masih kecil. Rasanya dulu saya sering mantengin televisi nungguin Pesta Anak di Indosiar, atau mendengarkan lagu dari penyanyi anak seperti Trio Kwek-Kwek, Enno Lerian, Maisy, Chikita Meidy, Joshua, dan banyak penyanyi cilik lainnya. Buat yang seumuran saya, pasti familiar dengan nama-nama di atas. Bener engga, sih?


Saat ini, sepertinya sedikit sekali penyanyi anak yang sering muncul di televisi. Anak-anak pun jadinya engga punya tontonan yang menghibur dan mengedukasi seperti dulu. Bukan tidak ada, tapi jarang sekali. Rasanya Kita perlu memilah tontonan bagi anak, agar bisa membantu membentuk pribadi anak, contohnya saja membentuk kemandirian pada anak. 


Pandemi tak hanya berdampak negatif, tadi ada juga dampak positifnya contohnya saja membuat Kira lebih aware terhadap kebersihan, terutama kebersihan diri sendiri. Anak pun dapat diajarkan mandiri dan mampu menjaga kebersihan dirinya, terutama belajar untuk menjalankan prokes, seperti mencuci tangan sendiri, memakai masker dan bisa menjaga jarak satu sama lainnya.



Hoala Koala, Lagu dan Animasi Anak Terbaru Masa Kini


Foto Keluarga Hoala Koala
Keluarga Hoala dan Koala,
via dokumentasi Hoala Koala


Karakter Hoala dan Koala diciptakan sejak tahun 2020, karena melihat lesunya perkembangan dunia musik anak di Indonesia. Karakternya berupa animasi 3D seperti anak-anak zaman sekarang yang tumbuh berkembang di tengah era digital. Divisualisasikan dalam 3D karena karakternya akan terus melekat di dunia musik anak, tanpa khawatir mereka tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara.


Baik Hoala dan Koala merupakan sahabat yang senang sekali bernyanyi sehingga nantinya akan mengeluarkan banyak lagu anak. Selain Hoala dan Koala, ada juga tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan semua karakter lain ternyata bisa bernyanyi juga.


Semua Karakter Hoala Koala
Semua karakter Hoala dan Koala,
via dokumentasi Hoala Koala


Dengan bermacam-macam variasi karakter dan suara, harapannya lagu-lagu Hoala Koala tak hanya menghibur anak-anak tetapi bisa juga menghibur orang tua yang menonton atau mendengarkan lagunya.


Saat ini Hoala dan Koala udah punya 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru, loh. Semuanya bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes. Biasanya musik anak itu sederhana, tetapi Hoala & Koala digarap dengan matang dan serius, terlihat dari banyaknya musisi internasional yang terlibat dalam pembuatan aransemen musik Hoala dan Koala.


Aransemen Musik Hoala Koala
Aransemen musik Hoala dan Koala,
via instagram.com/@hoaladankoala

Ada berbagai alat musik, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, dan instrumen khas Indonesia seperti gamelan dan angklung digunakan dalam pembuatan aransemen musik Hoala Koala ini. Ini membuktikan kalau kualitas musik dan vokalnya digarap dengan serius dan bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak.


Keunaikan Hoala dan Koala ini tak hanya mengangkat satu jenis Children Pop, tetapi ada variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik.



Belajar Menjaga Kebersihan Lewat Lagu Anak Terkini, Hoala & Koala


Menjaga Kebersihan lewat Hoala Koala
Lagu Hoala& Koala tentang kebersihan,
via dokumentasi Hoala dan Koala


Kebiasaan baik perlu ditanamkan pada anak sejak dini, terutama menjaga kebersihan karena kebiasaan atau pola asuh orang tua akan melekat dan membentuk perilaku anak di kemudian hari. Jadi, penting sekali untuk mengajarkan tentang kemandirian dan kebersihan pada anak sejak dini. Misalnya membiasakan anak untuk mandi sendiri, mencuci tangan, atau membuang sampah pada tempatnya.


Menjaga kebersihan pada anak bisa dibiasakan dengan memelihara kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah atau menurunkan risiko terkena penyakit, terutama saat anak sudah masuk usia sekolah. 


Di usia sekolah, anak akan sering beraktivitas di luar ruangan dan berinteraksi dengan banyak orang, sehingga risiko terpapar penyakit lebih besar. Terlebih saat ini masih pandemi, meski kegiatan belajar masih terbatas untuk tatap muka, kebiasaan menjaga kebersihan seperti cuci tangan  dan memakai masker harus dilakukan oleh anak.


Baca juga : Panduan memakai masker bagi anak


Salah satu ritual menjaga kebersihan yang harus diajarkan pada anak adalah cara mencuci tangan yang baik dan benar, dengan memberikan pemahaman mengenai tips mencuci tangan dengan benar.


Pastikan memberikan anak contoh atau tindakan nyata. Ajarkan anak untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun minimal 20 detik, dan semua bagian tangan dibilas dengan bersih. 


Nah, Hoala Koala punya banyak lagu dan album anak, loh, Sahabat Catatan Leannie. Ada 45 lagu terbaru dan 5 Album yang berkaitan dengan dunianya anak-anak. Salah satu lagu anak yang mengajarkan tentang menjaga kebersihan adalah Lagu Anak Cuci Tangan Hoala Koala.


Lagu anak Hoala Koala
Lagu anak cuci tangan Hoala dan Koala,
via instagram.com /@hoaladankoala


Anak perlu diajarkan kebiasaan baik mencuci tangan sejak dini, pastikan juga dia tahu kapan waktunya harus mencuci tangan seperti saat sebelum makan atau setelah menyentuh barang pribadi atau benda lainnya. 


Baca juga : Cara mengajarkan anak menabung sejak dini


Semoga kehadiran Hoala dan Koala di masa kini dapat membangkitkan kembali dunia musik anak-anak dan menaikkan level serta pandangan umum terhadap lagu anak. Senangnya anak-anak Indonesia bisa punya tontonan seperti Hoala dan Koala.


Nah, gimana nih Sahabat Catatan Leannie, seneng banget kan dengan kehadiran Hoala dan Koala, lagu dan animasi anak Indonesia masa kini? Tentunya sekarang anak-anak Kita punya satu tontonan yang menghibur dan mengedukasi. Jangan lupa subscribe YouTube Chanel Hoala Koala juga, ya!




Salam,