Ketahui Panduan Memakai Masker bagi Anak untuk Mencegah Penularan Virus Corona


Ajak anak memakai masker, freepik.com

Meski sudah ada anjuran social distancing dan stay at home, tetapi kenyataannya masih banyak anak-anak yang bermain bebas di lingkungan tempat tinggal saya. Sepertinya mereka kurang kesadaran akan pentingnya menggunakan masker untuk seluruh keluarga termasuk anaknya saat pandemi COVID-19. Padahal salah satu tujuan menggunakan masker adalah untuk mencegah penularan Virus Corona.

Beberapa kali saya melihat saat berbelanja ke supermarket dekat rumah, masih saja ada anak yang dibiarkan menemani orang tuanya tanpa menggunakan masker. Rasanya miris melihat kejadian tersebut, malah saya yang jadi khawatir sendiri.


Tujuan Penggunaan Masker


Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan bahwa beberapa kasus Infeksi COVID-19 tak menunjukkan gejala. Oleh karena itu penggunaan masker merupakan suatu langkah untuk mengurangi penyebaran penyakit.

Penggunaan masker di tempat umum juga bertujuan mengurangi droplet atau cipratan yang berasal dari bersin maupun batuk sehingga dapat mencegah penularan virus.

Menurut rekomendasi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC),  idealnya seseorang yang menggunakan masker dengan benar, yaitu menutup rapat pada bagian mulut dan hidung, serta sedikit melonggarkannya di bagian telinga.

Untuk orang dewasa lebih mudah memahami pentingnya menggunakan masker saat pandemi, bagaimana dengan anak-anak?

Anak saya pribadi awalnya tidak mau menggunakan masker saat ke luar rumah, alasannya teman-temannya juga enggak pakai masker, setelah saya edukasi tentang bahaya Virus Corona dan pentingnya memakai masker buat anak, akhirnya dia pun mau menggunakan masker, syukurlah saya pun jadi tenang.


Panduan Penggunaan  Masker untuk Anak-Anak


Menurut American Academy of Pediatrics, inilah panduan bagi orang tua agar anaknya menggunakan masker di masa pandemi.

Anak-anak yang tidak direkomendasikan menggunakan masker


Meskipun memakai masker untuk anak itu penting, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyatakan ada beberapa kelompok anak yang tidak disarankan menggunakan masker, diantaranya:

✅ Anak-anak di bawah usia dua tahun yang  berisiko kehabisan napas.

✅ Jika penggunaan masker tersebut membuat anak-anak tercekik atau tersedak.

✅ Jika anak kesulitan bernapas atau tidak sadar, serta tidak dapat melepas masker tanpa dibantu orang lain

✅ Jika penggunaan masker malah meningkatkan risiko terkena virus, karena kebiasaan anak yang sering menyentuh wajah.

✅Untuk bayi, jika harus pergi ke luar rumah lindungi ia dengan selimut yang menutupinya dan jangan lupa biarkan ia bernapas dengan nyaman.

Lebih baik ikuti anjuran stay at home saja, lebih aman untuk anak soalnya.


Anak-anak yang dianjurkan menggunakan masker


Untuk anak yang berumur di atas dua tahun, sangat dianjurkan untuk mengenakan masker, apalagi jika ada aktivitas di luar rumah.

Selain itu, saat kondisi tertentu di bawah ini mengharuskan anak menggunakan masker, diantaranya:

1. Anak sedang sakit, seperti demam, flu, atau batuk


Jika sakit berlanjut, sebaiknya anak diajak menemui dokter dengan menggunakan masker saat ke luar rumah.

2. Saat anak berjalan-jalan di luar rumah


Terkadang anakanak me bosan berada dalam rumah dalam kurun waktu yang lama.

Jika saya ke luar rumah dengan alasan mencari bahan makanan, anak saya selalu ingin ikut dan tak mau ditinggalkan, saya selalu menggunakan masker untuk dia dan memintanya menjaga jarak dari orang lain.

Saya memilih pagi-pagi untuk ke luar rumah saat berbelanja bahan makanan sekalian jalan-jalan sebagai olahraga ringan.

3. Gunakan masker meski di dalam rumah, jika ada keluarga yang sakit


Jika dalam lingkungan keluarga, ada yang sedang sakit, pastikan anak tetap  menggunakan masker sebagai perlindungan.


Cara meyakinkan anak agar mau menggunakan masker


Awalnya anak saya pribadi merasa enggan untuk memakai masker alasannya masker membuatnya agak susah bernapas dan teman-temannya juga enggak pakai masker.

Nah, karena anak-anak tidak begitu paham pentingnya menggunakan masker, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua agar anak mau memakai masker:

1. Ajak anak bercermin dan katakan dia cocok memakai masker


Ajaklah anak untuk bercermin, dan katakan bahwa dia begitu cocok saat memakai masker.  Saya memilih motif atau tokoh kartun favorit sebagai masker anak yang bisa menarik perhatiannya.

2. Perlihatkan bahwa orang lain juga memakai masker


Yakinkan pada diri anak bahwa orang lain pun memakai maskernya. Bisa lakukan edukasi bagi anak dengan menceritakan masker dapat melindungi mereka dari kuman yang bisa membuat tubuh menjadi sakit.

Baca juga : 7 Cara Mengurangi Risiko Tertular Covid-19


Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan masker. Mengedukasi anak tentang pentingnya menggunakan masker adalah tugas orang tua. Lakukan panduan di atas untuk meyakinkan anak agar mau menggunakan masker.

Sayangi mereka dan lindungi anak dengan menggunakan masker pada kondisi yang disebutkan di atas. Satu langkah sederhana akan berdampak besar, yuk, ajak anak memakai masker!


Salam, 









#BPNRamadan2020
#BPNChallengeday6







47 comments

  1. Replies
    1. Sama-sama, Mbak Tira. Makasih udah mau berkunjung

      Delete
  2. Nggak mudah menularkan kebiasaan baik, berat tapi harus konsisten untuk mendapatkan hasil maksimal. Di rumah masker tinggal pake dan ember cucian bekas pakai, emak pasti nyisil yang kotor tiap hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya ada ortu yang cuek ngebiarin anaknya berkeliaran main di luar tanpa masker. Memang butuh edukasi sih kebanyakan masyarakat kita

      Delete
  3. Tips-tips mba Yuliani juga saya lakukan ke trio bocilita, hehehe. Alhamdulillah sekarang mereka mau pakai masker kalau ikut bundanya belanja di tukang sayur. Terima kasih atas tulisannya yang selalu menginspirasi ya, mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masyaallah, sama-sama, Mbak. Akhirnya anak saya juga mau pakai masker meski awalnya agak susah meyakinkan mereka

      Delete
  4. Memang di tengah pandemi ini, sangat di sarankan mengunakan masker apalagi untuk anak-anak yg suka bermain di luar rumah.

    Tapi banyak dari orang tua yg teledor membiarkan anaknya bermain tanpa masker, semoga anak-anak itu imun tubuhnya kuat sehingga tidak tertular Covid-19

    ReplyDelete
  5. Anak-anak memang sering gak nyaman kalau diminta mengenakan masker. Ini yang pernah saya alami, saat di masa-masa awal pandemi dan saya bersama si kecil harus bepergian. Sedikit saja emaknya lengah, maskernya pasti melorot gak menutup mulut dan hidung.

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah selama pandemi ini, anak-anak masih betah di rumah, nggak pengin ngajak jalan-jalan. Tapi sebaiknya emang sedia masker khusus ya buat anak, buat jaga2 kalo urgent harus keluar rumah, apalagi sekarang banyak modelnya yang lucu-lucu ya, yg motif anak-anak gitu, duh jadi mupeng pengen beliin buat 2 balitaku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun pakaikan yang lucu buat anakku, biar dia ngerasa bagus pakai masker. Hehe

      Delete
  7. Memang sangat sulit sekali memberikan pengarahan kepada anak kecil, sebagai orang dewasa memang harus bersabar ya kak. Agar bisa menuruti untuk tetap stay health

    ReplyDelete
  8. masyarakat pahamnya semua pakai, yg sakit atau tidak, sebagai bentuk penjagaan. Ternyata di New Zealand malah jarang pada pakai masker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meski begitu tetep aja Kita harus proteksi keluarga dan anak. Sekarang malah kalau ke tempat umum kayak supermarket kalau anak enggak dibolehin masuk dan deasa yang enggak pakai masker harus balik lagi ke rumah disuruh pakai masker. Ini tindakan preventif yang harus Kita dukung, loh

      Delete
  9. Aku masih kesusahan nyuruh si kecil maskeran. Selalu di lepas. Ini tips mbak mbai perlu di coba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya anakku begitu juga, Mbak. Kasih masker yang modelnya lucu dan anak pasti tertarik pakai. Bilang juga semua pakai masker, anak juga kalau ke luar rumah perlu pakai masker

      Delete
  10. Saya juga pertama kali pakai masker risih dan agak susah bernapas, apalagi anak-anak ya. Pasti susah. tetapi setelah dibiasain ya gpp. Sekarang kalo orang nggak pakai masker malah diliatin loh. Jadi lebih baik pakai dan demi keselamatan bersama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, bener. Mending Kita pakai, ya, buat proteksi diri juga keluarga

      Delete
  11. Tipsnya sangat bermanfaat Mba. Sempat bingung urusan masker untuk si kecil. Ternyata usia di bawah 2 tahun belum wajib menggunakan masker.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Khawatir sama efeknya aja Mbak Denik. Asal ditutupi aja kalau digendong me luar rumah. Baiknya di dalam rumah aja sih

      Delete
  12. Hooo, baru tahu nih, ada kategori anak-anak yang tidak disarankan pakai masker ternyata... Barusan juga bertanya-tanya, gimana kalau baduta nggak mau pake masker karena nggak nyaman dan susah napas... Ternyata baduta tyda wajib pakai masker...

    ReplyDelete
  13. Ada tambahan tips dr temenku, maskernya dikasih setetes minyak kayu putih, jadi anak2 merasa familier dan nyaman dengan aromanya

    ReplyDelete
  14. Ternyata menggunakan masker untuk anak-anak gak bisa sembarangan juga yah
    Terimakasih sharingnya Mbak Lia

    ReplyDelete
  15. Iya mba aku juga gemes dan khawatir sendiri kalau anak-anak tetangga masih main di luar nggak pakai masker. Aku grateful banget bayi aku udah selesai imunisasinya. Jadi nggak usah pusing harus bawa dia keluar sambil jaga dia aman. Stay home stay safe :)

    ReplyDelete
  16. wah iya, mbak benera banget. Masih banyak ornagtua yang belum sadar akan pentingnya masker. Anak-ana dibiarkan begitu saja. Bahkan mungkin bisa jadi mereka yang justru rentan terpapar virus berbahaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita harus waspada soalnya, Mbak. Ajak anak pakai masker

      Delete
  17. Ya Allah, semoga pandemik ini segeraaaa berlalu yaaa teh, kangen suasana bisa pergi kemana-mana tanpa rasa cemas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama, Mbak Inna. Pengen beraktivitas kayak biasa

      Delete
  18. Awalnya anakku ngga mau pakai masker sampai pada suatu ketika aku suruh satpam supermarket marahin dia karena ngga mau pakai masker hahaha dan ku belikan masker bahan scuba dengan karakter anak yang lucu2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara yang bagus Mbak Iren. Memang iya masker anak kudu yang lucu-lucu biar dia mau pakai.

      Delete
  19. Aku kemarin akhirnya tetep makein Ghazy masker mbak. Ya gimana ya, worry juga ke RS tanpa APD.

    Alhamdulillah bisa bertahan pakai masker sebentar. Sisanya ya jauhin orang-orang aja.

    Lalu, bulan depan masih harus imunisasi lagi. Huhuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya,harus imunisasi rutin. Btw dedenya baik ya mau dipakein masker. Sehat terus, de

      Delete
  20. hal-hal mengenai panduan pemakaian masker ini harus terus disebar luaskan biar banyak orang tua yg aware penggunaan masker ini sama anak-anaknya, karena di daerahku ini ada beberapa sudut yang masih membiarkan anaknya tanpa masker saat di luar rumah

    ReplyDelete
  21. Memang banyak orang tua yang malah membiarkan anaknya untuk main Di luar Tampa masker padahal Hal tersebut sangat berbahaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, berarti bukan cuman di tempat saya aja, ya

      Delete
  22. Anakku awalnya susah banget pakek masker, tapi semenjak corona jadi paham tujuannya trus malah gampang. Sekarang tak beliin yang lucu-lucu biar mereka semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata-rata begitu, ya, Mbak kalau anak-anak

      Delete
  23. Penggunaan masker bagi anak dan untuk orang dewasa nggak sama ya. Tetep ada tata caranya karena mereka juga belum begitu paham

    ReplyDelete
  24. Teh kemaren saya ama suami n anak ke Home Smart krn ada perlu banget. Trus anak yg 2 thnan.. Diminta pakein masker hihi,.untung anaknya mau n sy jg selalu bawa stok masker lebih

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus. Maaf juga jika ada komentar yang belum terbalas. Terima kasih atas kunjungannya.