Yuk Kenalan dengan Hoala Koala, Lagu dan Animasi Anak Indonesia Masa Kini

Lagu dan Animasi Anak Indonesia
Hoala Koala, Lagu dan Animasi Anak Indonesia; 
via Canva 


Melihat kondisi sekarang ini, rasanya kangen deh mendengar Lagu dan Animasi Anak Indonesia, seperti era 90-an, saat saya masih kecil. Rasanya dulu saya sering mantengin televisi nungguin Pesta Anak di Indosiar, atau mendengarkan lagu dari penyanyi anak seperti Trio Kwek-Kwek, Enno Lerian, Maisy, Chikita Meidy, Joshua, dan banyak penyanyi cilik lainnya. Buat yang seumuran saya, pasti familiar dengan nama-nama di atas. Bener engga, sih?


Saat ini, sepertinya sedikit sekali penyanyi anak yang sering muncul di televisi. Anak-anak pun jadinya engga punya tontonan yang menghibur dan mengedukasi seperti dulu. Bukan tidak ada, tapi jarang sekali. Rasanya Kita perlu memilah tontonan bagi anak, agar bisa membantu membentuk pribadi anak, contohnya saja membentuk kemandirian pada anak. 


Pandemi tak hanya berdampak negatif, tadi ada juga dampak positifnya contohnya saja membuat Kira lebih aware terhadap kebersihan, terutama kebersihan diri sendiri. Anak pun dapat diajarkan mandiri dan mampu menjaga kebersihan dirinya, terutama belajar untuk menjalankan prokes, seperti mencuci tangan sendiri, memakai masker dan bisa menjaga jarak satu sama lainnya.



Hoala Koala, Lagu dan Animasi Anak Terbaru Masa Kini


Foto Keluarga Hoala Koala
Keluarga Hoala dan Koala,
via dokumentasi Hoala Koala


Karakter Hoala dan Koala diciptakan sejak tahun 2020, karena melihat lesunya perkembangan dunia musik anak di Indonesia. Karakternya berupa animasi 3D seperti anak-anak zaman sekarang yang tumbuh berkembang di tengah era digital. Divisualisasikan dalam 3D karena karakternya akan terus melekat di dunia musik anak, tanpa khawatir mereka tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara.


Baik Hoala dan Koala merupakan sahabat yang senang sekali bernyanyi sehingga nantinya akan mengeluarkan banyak lagu anak. Selain Hoala dan Koala, ada juga tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan semua karakter lain ternyata bisa bernyanyi juga.


Semua Karakter Hoala Koala
Semua karakter Hoala dan Koala,
via dokumentasi Hoala Koala


Dengan bermacam-macam variasi karakter dan suara, harapannya lagu-lagu Hoala Koala tak hanya menghibur anak-anak tetapi bisa juga menghibur orang tua yang menonton atau mendengarkan lagunya.


Saat ini Hoala dan Koala udah punya 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru, loh. Semuanya bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes. Biasanya musik anak itu sederhana, tetapi Hoala & Koala digarap dengan matang dan serius, terlihat dari banyaknya musisi internasional yang terlibat dalam pembuatan aransemen musik Hoala dan Koala.


Aransemen Musik Hoala Koala
Aransemen musik Hoala dan Koala,
via instagram.com/@hoaladankoala

Ada berbagai alat musik, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, dan instrumen khas Indonesia seperti gamelan dan angklung digunakan dalam pembuatan aransemen musik Hoala Koala ini. Ini membuktikan kalau kualitas musik dan vokalnya digarap dengan serius dan bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak.


Keunaikan Hoala dan Koala ini tak hanya mengangkat satu jenis Children Pop, tetapi ada variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik.



Belajar Menjaga Kebersihan Lewat Lagu Anak Terkini, Hoala & Koala


Menjaga Kebersihan lewat Hoala Koala
Lagu Hoala& Koala tentang kebersihan,
via dokumentasi Hoala dan Koala


Kebiasaan baik perlu ditanamkan pada anak sejak dini, terutama menjaga kebersihan karena kebiasaan atau pola asuh orang tua akan melekat dan membentuk perilaku anak di kemudian hari. Jadi, penting sekali untuk mengajarkan tentang kemandirian dan kebersihan pada anak sejak dini. Misalnya membiasakan anak untuk mandi sendiri, mencuci tangan, atau membuang sampah pada tempatnya.


Menjaga kebersihan pada anak bisa dibiasakan dengan memelihara kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah atau menurunkan risiko terkena penyakit, terutama saat anak sudah masuk usia sekolah. 


Di usia sekolah, anak akan sering beraktivitas di luar ruangan dan berinteraksi dengan banyak orang, sehingga risiko terpapar penyakit lebih besar. Terlebih saat ini masih pandemi, meski kegiatan belajar masih terbatas untuk tatap muka, kebiasaan menjaga kebersihan seperti cuci tangan  dan memakai masker harus dilakukan oleh anak.


Baca juga : Panduan memakai masker bagi anak


Salah satu ritual menjaga kebersihan yang harus diajarkan pada anak adalah cara mencuci tangan yang baik dan benar, dengan memberikan pemahaman mengenai tips mencuci tangan dengan benar.


Pastikan memberikan anak contoh atau tindakan nyata. Ajarkan anak untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun minimal 20 detik, dan semua bagian tangan dibilas dengan bersih. 


Nah, Hoala Koala punya banyak lagu dan album anak, loh, Sahabat Catatan Leannie. Ada 45 lagu terbaru dan 5 Album yang berkaitan dengan dunianya anak-anak. Salah satu lagu anak yang mengajarkan tentang menjaga kebersihan adalah Lagu Anak Cuci Tangan Hoala Koala.


Lagu anak Hoala Koala
Lagu anak cuci tangan Hoala dan Koala,
via instagram.com /@hoaladankoala


Anak perlu diajarkan kebiasaan baik mencuci tangan sejak dini, pastikan juga dia tahu kapan waktunya harus mencuci tangan seperti saat sebelum makan atau setelah menyentuh barang pribadi atau benda lainnya. 


Baca juga : Cara mengajarkan anak menabung sejak dini


Semoga kehadiran Hoala dan Koala di masa kini dapat membangkitkan kembali dunia musik anak-anak dan menaikkan level serta pandangan umum terhadap lagu anak. Senangnya anak-anak Indonesia bisa punya tontonan seperti Hoala dan Koala.


Nah, gimana nih Sahabat Catatan Leannie, seneng banget kan dengan kehadiran Hoala dan Koala, lagu dan animasi anak Indonesia masa kini? Tentunya sekarang anak-anak Kita punya satu tontonan yang menghibur dan mengedukasi. Jangan lupa subscribe YouTube Chanel Hoala Koala juga, ya!




Salam, 








59 comments

  1. Super duper hepi syekaliiii
    soalnya anak2 kita memang kasiann, kekurangan konten yg edukatif sekaligus menghibur

    cobaaaa ya mbaa, anak2 di kompleksku tuh, kalo sepedahan malah sibuk nirukan boneka yg di Squid Game itu lhooo, yg lampu merah lampu hijau pakai bahasa koreyahh hadeuuuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh, itu efek nonton drakor nyampe juga ke anak ya Mba. Seneng banget tentunya, anak makin terhibur dengan lagu Hoala dan Koala

      Delete
  2. Lucu ya animasi nya nanti dibuka deh biar anak tahu tapi aku kira di aussie hehe mungkin nanti nambah karakter asli Indonesia seperti wayang asli atau hewan aslin Indonesia misalnya komodo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh,iya, ya Teh. Good idea banget nih. Tambahin yang nuansa Indonesia banget

      Delete
  3. Senangnya ada Hoala Koala. Jadinya lagu-lagu anak zaman sekarang gak melulu lagu warisan dari nenek moyang kita dulu. Sejak zaman ibu saya kecil, sampai sekarang saya punya anak misalnya, lagunya ya cuma pelangi pelangi, balonku, bintang kecil, dan sebagainya. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah,iya lagu zaman dulu justru familiar dan selalu diinget ya.

      Delete
  4. saya juga suka banget buka channel Hoala Koala

    gak hanya kalo keponakan2 datang ke rumah

    karena suasana jadi gembira dan saya ikut nyanyi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang seru sih lagu-lagunya bagus. Anakku juga suka dengerin lagu ini.

      Delete
  5. Favorit anak-anak saya nih, dan juga favorit maminya.
    Bikin kegiatan nonton YouTube anak-anak jadi lebih berfaedah.
    Dan bikin anak-anak jadi tetap suka lagu anak-anak yang sesuai usianya, bukan hanya lagu TikTok *eh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya loh Mba Rey, masa tiba-tiba anakku nyanyi lagu kanan-kanan Kiri puter-puter jari. Eh dia lihat di Tiktok ayahnya dong. Sekarang ada Hoala Koala, anak makin seneng dengerin lagu-lagunya

      Delete
  6. Seneng banget deh ada Hoala dan Koala. Jadi, gak bingung cari lagu Indonesia yang khusus untuk anak-anak. Karena, sekarang tidak seperti tahun 90'an. Di mana lagu anak itu memang favorite anak-anak. Sekarang, tergerus oleh KPOP dan lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekarang lagu K-pop lagi berjaya ya Mba. Dulu zaman 90an masih banyak lagu anak untuk dinikmati

      Delete
  7. Bagus nih ada penokohan hoala dan koala sebagai icon untuk melestarikan lagu-lagu anak Indonesia lintas generasi. Kalo tahun 90-an dulu saya ingat lagu2 eno, agnes mo, joshua, dkk, ditonton di setiap pagi di hari weekend.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, iya Kak. Zamannya kartun anak juga banyak ya, sampai Hari minggu itu stay nonton acara anak.

      Delete
  8. Bagus nih animasinya, bikin nostalgia juga zaman kecil dulu, semoga animasi Indonesia makin berkembang

    ReplyDelete
  9. Wah, saya baru tahu tentang Hoala Koala ini. Jadi kepo, euy! Mau chat ponakan krucil saya, ah, pengen tau apakah mereka kenal dan gemar menonton channel ini? Kayaknya iya deh.
    Dan ini aku langsung googling channelnya, Teh, sambil nulis komen sambil dengerin lagunya. Hehe. Seru yaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Teh Al. Seru banget. Seneng nonton Chanel Hoala dan Koala ini. Anakku juga suka, loh.

      Delete
  10. Soleram, Soleram ... Soleram, anak yang manis.

    Aduuuh, ini lagunya dulu dinyanyiin sama Tiga Anak Manis. Aku masih inget pakaian dan dance-nya, hihihi ... Sekarang memang susah banget ya cari lagu yang liriknya memang buat anak-anak.

    Senang banget nih dengan kehadiran Hoala Koala. Sayangnya, anak-anakku sudah mau remaja. Tapi semoga anak-anak Indonesia lainnya merasakan dunia anak-anak yang sebenarnya dengan menikmati Hoala Koala ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, dulu lagu anak itu banyak dan seru. Moga dengan kehadiran Hoala dan Koala, anak Indonesia jadi lebih terhibur dengan acara yang sesuai usianya

      Delete
  11. Hoala dan Koala menjadi salah satuntools instrumen menambah edukasi tumbuh kembang anak dan keluarga

    ReplyDelete
  12. Nah ini yang banyak ditunggu oleh para orang tua, bangkitnya lagi lagu anak yang memang untuk anak, ada unsur pendidikan dalam syairnya. Hoala Koala semoga menjadi awal kebangkitan ini ya

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah. Seneng banget baca ini. Setelah sekian lama hiburan anak-anak di tanah air tersendat-sendat bahkan nyaris hilang dari dunia hiburan, sekarang ada HOALA dan KOALA yang menyemaraki. Semoga kehadirannya bisa berlangsung awet ya. Bisa menghibur anak-anak dalam beberapa generasi.

    ReplyDelete
  14. Saya suka lagi Hoala Koala yang tentang pandemi hihi lagunya enak di dengar dan animasinya lucu. Baru tahu lho kalau bisa denger di Spotify juga.

    ReplyDelete
  15. Indonesia memang krisis lagu anak ya, makanya saat tau ada Hoala dan Koala ini seneng banget sebagai orang tua, jd anak2 punya lagu sesuai usianya

    ReplyDelete
  16. Aku suka nih kasi lagu tentang cuci tangan ke anakku karena di masa pandemi cuci tangan kan penting ya dan cara paling mudah untuk menanamkan value ke anak ya lewat cara yang menyenangkan seperti lagi

    ReplyDelete
  17. Bunda blm petnah dengar lagu Hoala dan Koala. Mau searching ah. Btw memang banyak sekali hal2 positif yg tetdampak karena Pandemi.

    ReplyDelete
  18. Aku seangkatan nih mbaa. Dulu tuh lagu anak2 banyak ya. Dan sekarang nunggu yg kayak gini, tapi baru tau aku ternyata dari 2020 ya. Keren udah banyak lagu dan albumnya. Nanti aku mau coba cek ah. Lengkap dia ya bisa dijangkau. Ada spotify dan itunes jg. Mau cobain denger nanti. Makasih infonya ya mbaa^^

    ReplyDelete
  19. Iih baru tau ada lagu animasi anak Indonesia. Selama ini bingung kalau mau kasih lagu anak Indonesia, karena jarang yg ada animasinya.

    ReplyDelete
  20. Karakter yg lucu dari koala serta grafis 3D nya yg bagus pasti dsukai anak2. Terlebih masa kini lagu anak serasa kurang banget, kehadiran Hoala & koala bisa jadi opsi yg menarik bukan hanya menyanyi dan musik tapi ada juga nilai edukasinya

    ReplyDelete
  21. Betul banget nih, generasi anak-anak kita sekarang kartunnya sudah digital. Makanya aku auto subscribe ah, biar dpt edukasi sekalian

    ReplyDelete
  22. belajar dari lagu itu lebih cepat masuk ke anak.. Anak saya juga belajar dengan cara ini. Surprise aja tolet trainingnya nyaris tanpa drama dan langsung bisa.

    ReplyDelete
  23. setuju banget nih Mbak, kebiasaan baik itu harus diajarkan dan ditanamkan sedini mungkin.
    sala satu cara efektif ya lewat lagu seperti Hoala dan Koala ini.
    Anak-anakku juga pada suka lho dengan Hoala dan Koala ini :)

    ReplyDelete
  24. Aku juga serung memutarkan lagu hoala koqla, mbak. Banyak edukasinya. Anak2 suka bangett.

    ReplyDelete
  25. iya, aku senang banget ada Hoala dan Koala ini mbak
    anak anakku jadi punya hiburan yg sesuai umurnya
    lagu lagunya pun easy listening

    ReplyDelete
  26. Dulu kayanya tiap bulan ada lagu anak baru keluar ya di tV lama-lama makin redup dunia musik anak, kasihan anak-anak gak punya lagu baru untuk didengar malah dengan lagu dewasa. Eno Lerian aku masih suka dengar suaranya tuh di Female radio jadi penyiar sekarang.

    Syukurlah sekarang ada Hoala Koala yang bisa nuansa baru buat lagu & animasi anak-anak Indonesia. Banyak juga ya ada 45 lagu. Jadi pingin dengerin nih mbak, maklum anak-anakku sudah besar semua

    ReplyDelete
  27. Waah banyak yaa ada 45 lagu anak indonesia. Cepat juga sudah 5 album saja. Saya oerasaan baru beberapa minggu ini tau hola koala

    ReplyDelete
  28. Dengan Hoala Koala, anak-anak gak hanya riang gembira bernyanyi tapi juga secara gak langsung belajar banyak hal.
    Senang sekali zaman kini ada kumpulan lagu anak yang sangat direkomendasikan.

    ReplyDelete
  29. Lucu karakter-karakternya.Memang mestinya lagu anak-anak begini, bikin cepet hapal dan ceria.

    ReplyDelete
  30. Ini lagunya lagi viral banget atuh anakku suka bgt, hahha baru denger dikit langsung nyamperin. mana lucu2 lagi karakter2nya.

    ReplyDelete
  31. Banyak hal baik yang dihadirkan Hoala Koala ini ya, Mbak. Dari pembentukan karakter anak, hingga soal instrumen musik. Ada alat musik khas Indonesia namun juga dipadukan dengan musik luar. Anak-anak pasti suka ya :)

    ReplyDelete
  32. hoala koala easy listening ya mak buat anak jadi mudah dimengerti dan didengerkan dipahami
    secara sekarang emang kudu aware sama lagu2 anak yang emang kudu diperdengagrkan sesuai usia anak

    ReplyDelete
  33. Seru banget ya ada Hoala dan Koala. Kalo enggak salah ada salah satu lagunya yang tentang ayah yang terbaik bukan? Aku ingin sperti ayah. Anakku senang banget video dan lagunya. Dia pe serius nonton nya. Selain itu, yang video cuci tangan dia juga suka. Keren! Animasinya bagus, lagunya juga bagus dan mudah dipahami, mudah dihafal

    ReplyDelete
  34. Hoala Koala ini andalan banget apalagi kalau anak minta main gadget terus, main game huhuh. Dengan adanya Hoala Koala ini anak jadi makin happy nonton animasinya dan lirik lagunya pun mendidik.

    ReplyDelete
  35. Kapan hari aku lihat dan denger lagunya Hoala Koala, lagunya bagus, terus kata katanya juga mudah dicerna sama anak-anak. Alhamdulillah akhirnya ada lagu anak-anak lagi

    ReplyDelete
  36. Waw aku kok kudet ya malah bsru tahu Hoala Koala pas baca tulisan mba Lia ini .. cucok ya mba buat ngajak anak-anak nonton.

    ReplyDelete
  37. Udah lihat bbrp videonya kemarin ponakanku ku suruh lihat akhirnya tertarik Dan hampir setiap hari klo sekesat daring dia lsg tonton video hoala dn koala

    Semoga jd awal bangkitnya lagu anak

    ReplyDelete
  38. Anak-anakku suka banget sama lagu2nya, easy listening dan dilahirkan buat anak agar tak terburu-buru menyanyikan lagu-lagu dewasa

    ReplyDelete
  39. Anakku belum coba Hoala Koala
    Aku masih baca baca review teman teman dulu
    Ternyata mba Lia juga review
    Sepertinya memang asyik ya buat anak anak

    ReplyDelete
  40. Jaman sekarang pada kreatif2 ya anak2 pasti terhibur dengan adanya hoala koala dengan animasi yang bagus ditambah lagu anak2nya jgaa easy listening bkin anak betah dirumah aja

    ReplyDelete
  41. Keren ya, sekarang ada animasi lagu anak Hoala dan Koala. Anak-anakku suka deh saat kemaren aku buka Youtube-nya. Jadi semacam jawaban kegersangan lagu-lagu anak Indonesia ya Hoala dan Koala ini. Sebelumnya aku ngenalin lagu ke anak-anak itu pake Nursery Rhymes dari luar. Sekarang ibu-ibu bisa nih pake Hoala dan Koala ya.

    ReplyDelete
  42. Auto ngecek ke Youtubenya Hoala Koala buat referensi ke anakku lg lagi screen time,, bagus yaa mba ternyata bisa sambil ngajari anak anak juga, makasih sharingnya mbaa :)

    ReplyDelete
  43. Senang banget ini ada Hoala dan Koala, setidaknya anak-anak jadi punya hiburan yang memang anak Indoensia banget ya. Karena ini penting banget sih menurutku, biar anak-anak juga belajar bernyanyi dengan lagu Indonesia.

    ReplyDelete
  44. Baru kemarin muter lagu-lagu di Hoala Koala bersama keponakan. Aku kasih dia lagu yang ada di channel youtubenya, keponakan jadi suka sekali. Lirik dan lagunya pas buat anak anak ya

    ReplyDelete
  45. Rasanya generasi 90an tuh jadi generasi terakhir yang masih banyak lagu anak-anaknya ya. Tapi seneng banget sih kalo sekarang ada Hoala & Koala ini, tar aku coba dengerin ah buat ponakanku juga.

    ReplyDelete
  46. Keren ini hasil karya anak Indonesia. Apalagi iklannya ada di newyork juga lho. Yuk dukung animasi untuk anak Indonesia melalui Hoala dan Koala.

    ReplyDelete
  47. Alhamdulillah ya, ada hasil karya anak Indonesia yang aransemennya digarap serius dan musiknya tetap asik dinikmati. Aku turut merasakan bahagia dengan hadirnya lagu-lagu anak dari Hoala Koala ini mba, semoga konten lokal untuk anak seperti Hoala Koala ini bisa dinikmati semua anak Indonesia.

    ReplyDelete
  48. Alhamdulillah ya, ada hasil karya anak Indonesia yang aransemennya digarap serius dan musiknya tetap asik dinikmati. Aku turut merasakan bahagia dengan hadirnya lagu-lagu anak dari Hoala Koala ini mba, semoga konten lokal untuk anak seperti Hoala Koala ini bisa dinikmati semua anak Indonesia.

    ReplyDelete
  49. kalau butuh lagu untuk anak-anak udah gak bingung lagi musti cari kemana ya, secara miris kalau usia anak-anak tapi hafalnya lagu orang dewasa

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus. Maaf juga jika ada komentar yang belum terbalas. Terima kasih atas kunjungannya.