Indonesia Website Awards

Laut Biru Resort and Hotel Pangandaran
Staycation di Laut Biru Hotel Pangandaran,
dokumentasi pribadi dan Canva

Sebenarnya staycation di Laut Biru Resort and Hotel Pangandaran ini edisi latepost traveling ke luar kota setelah pandemi tahun 2021. Meski sudah setahun berlaku, saya tuliskan di sini untuk mengabadikan kenangan.

Laut dan pantai adalah tempat favoritnya banyak orang. Buktinya meski saat new normal baru diperbolehkan bepergian ke luar Kota dan cukup ketat persyaratannya, banyak juga yang memilih untuk liburan di Pangandaran.

Traveling saat new normal, Yay or Nay? Ini pertama kalinya saya traveling ke luar kota setelah hanya mengunjungi Napak Sancang Floating Resto di Bulan September 2020. Ada semacam kebiasaan saya dan suami saat anniversary untuk sekadar meluangkan waktu bersama keluarga kecil kami setiap tahunnya.

Setiap tahun memang beda-beda sih cara kami merayakan hari jadi pernikahan , kadang makan malam bersama, jalan-jalan di sekitar Bandung atau staycation di hotel saat  anniversary, biasanya setiap tahunnya Kami meluangkan waktu mengingat moment kebersamaan kami, merenungkan makna pernikahan dan berusaha memperbaiki diri satu sama lainnya.

Tahun 2022, September ini jelang pernikahan Kami yang kedelapan, insyaallah masih saling berbenah satu sama lainnya. Biasanya saya menuliskan kisah saya ke blog, yang ketegorinya lifestyle dan traveling. Moment spesial biasanya saya tuliskan di blog sebagai catatan hati.

Seperti cerita Mba Nurul Rahma yang membagikan tips traveling saat ada moment spesial diundang ke America sebagai Local Guide Indonesia.  Keren banget, deh. Dari menulis bisa mendapat kesempatan buat mengunjungi Negara Paman Sam.

Menulis itu berkah, tidak hanya saya yang merayakannya, temen-temen penulis lain pun ikut merasakan manfaat menulis. Dari mulai sebagai ajang menuliskan isi hati, sharing, dan sebagai salah satu cara healing. Selain itu jika ditekuni secara professional, Kita bisa berpenghasilan dari menulis

Tentang Laut Biru Resort and Hotel Pangandaran

Laut Biru Hotel Pangandaran
Laut Biru Resort and Hotel,
via dokumentasi pribadi

Laut Biru Hotel dan Resort yang dulu sempat viral karena keindahan view roftop-nya, jadi salah satu daya tarik  hotel ini. Lokasinya yang strategis terletak di Pantai Barat Pangandaran, yaitu terletak di Jl. E. Jaga Lautan No.17-18, Pangandaran, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat 46396.

Tempatnya strategis banget, cukup dekat dengan Pantai Barat Pangandaran. Di sekitar pantai Pangandaran banyak penginapan di sini. Dari mulai homestay, hotel dan resort. Laut Biru ini adalah hotel bintang tiga di Pangandaran. Bangunannya cukup megah kalau dilihat dari luar sebelum masuk ke hotel. Fasilitas di dalamnya juga cukup oke menurut saya.

Ada kolam renang plus mini waterboom pasti bikin happy anakku nih dan rooftop dengan view yang cantik. Banyak banget pengunjung yang mengabadikan kenangan dengan berfoto di sini.

Setelah saya pasang foto di status wa, Sahabat saya saat SMU juga wapri saya. Ternyata dia juga menginap di Laut Biru. Wah, kebetulan yang menyenangkan. Saya ketemu Sahabat saya di Pangandaran. Lucunya saat di Bandung Kita udah lama banget engga ketemuan. Nice to meet you, Bestie ...

Bertemu Bestie zaman SMU
Bertemu bestie putih abu-abu,
dokumentasi pribadi

Serunya Staycation di Laut Biru dan Family Time di Pangandaran

Staycation di Laut Biru,

Saya berangkat ke Laut Biru Resort and Hotel Pangandaran sebelum puasa tahun 2021, sekitar bulan April karena tahun lalu Idulfitri di bulan Mei. Inget juga memori saat keguguran dan harus dikuret jelang Idulfitri tahun 2020.

Munggahan tahun 2021, keluarga Kami memutuskan untuk jalan-jalan ke Pantai Pangandaran. Alhamdulillah, perjalanan lancar engga nemu kemacetan dari Bandung berangkat pukul 05.30 WIB sampai ke Pangandaran sekitar pukul 11.30. Ini udah berhenti satu atau dua kali di jalan.

Rehat selama perjalanan
Rehat selama perjalanan,
via dokumentasi pribadi

Senangnya Kami saat itu begitu sampai ke Laut Biru Resort and Hotel Pangandaran. Begitu melihat laut, anak saya udah happy banget. Mau main pasirlah, mau jalan-jalan di pantai juga. Padahal baru nyampe dan belum ke hotel buat nyimpen barang-barang Kami.

Laut Biru Hotel and Resort ini punya beberapa tipe kamar seperti Superior, Deluxe, Superior Sea View, dan New Family. Ada juga Family, Deluxe Sea View, Superior Suite, Mezzanine, dan VIP. Fasilitas dan harganya pun beragam mulai dari kisaran Rp 500.000an – Rp 2,5 jutaan per kamar dan per malam.

Untuk tipe Superior, kamar ini bisa menampung hingga empat tamu. Fasilitas di dalamnya ada kulkas, televisi, dan perlengkapan kamar mandi. Jika ingin dapat jatah breakfast, biasanya harus membayar biaya tambahan.

Sedangkan untuk Deluxe Sea View, yaitu kamar yang bisa melihat view laut dari balkon dapat menampung empat tamu. Jika datang dengan keluarga besar, bisa menyewa VIP yang dapat menampung sampai delapan tamu. Selain ada balkon, ruang tamu, dengan tiga kamar di dalamnya, kulkas, televisi, dan perlengkapan kamar mandi.

Keluarga kami memesan kamar type deluxe for family dengan twin bed. Dokumentasi foto engga sempat saya ambil berhubung datang dengan keluarga besar dan ketika sampai kamar, langsung pada istirahat di kamar. Foto diambil dari website Laut Biru.

Kamar di Laut Biru Hotel
Deluxe family room,
via lautbiru.com

Untuk fasilitas luar ruangan, penginapan punya dua kolam renang yang letaknya ada di tengah-tengah gedung hotel. Ada mini waterboom yang pastinya jadi favorit anak buat berenang di sana.

Mini Waterboom Laut Biru
Mini waterboom Laut Biru,
via dokumentasi pribadi

Selain lokasi strategis, design hotel yang cukup modern, rooftop cantik, mini waterboom hotel jadi salah satu daya tarik Laut Biru. Sebenarnya di hotel hanya buat istirahat aja, soalnya Kita juga mengagendakan main ke pantai, naik perahu, makan lesehan bersama, jalan-jalan sekitar pantai.

Serunya naik perahu di Pangandaran
Serunya naik perahu di Pangandaran,

Berfoto di Pantai Pangandaran
Berfoto di Pantai Pangandaran,

Sayangnya berenang di kolam renang hotel engga kesampaian berhubung waktunya engga cukup, tapi udah happy soalnya keganti aktivitas lain yang engga kalah seru. Anakku paling seneng saat main air di pantai.

Main air di Pangandaran
Main air di Pantai Pangandaran,
via dokumentasi pribadi

Moment traveling ke Pantai Pangandaran ini tujuannya refreshing buat menjaga kesehatan mental dan menjaga kewarasan juga. Setahun kemarin saat pandemi adalah waktu yang engga mudah buat banyak orang.

Berfoto dengan keluarga
Berfoto bareng my little family
via dokumentasi pribadi

Alhamdulillah bisa traveling ke luar Kota, tentunya baik Kami dan pihak hotel juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat di sini. Kesan selama liburan di Pangandaran itu seru banget pokoknya.

Happy vacation,

Malam harinya Kami makan malam bersama sambil lesehan di tepi pantai. Memang untuk makanan, jika mau dapat breakfast  di hotel atau makan malam di sana dikenai tambahan lagi, kami memilih untuk mencari sendiri makanan. Soalnya pengen sambil bakar ikan plus  BBQ sendiri.

Makan malam di tepi pantai,
via dokumentasi pribadi

Setelah makan, kami berkeliling sambil mengitari Pantai Barat Pangandaran dengan naik odong-odong. Pokoknya anakku seneng naik ini. Dia susah disuruh turun dan pengen naik lagi, alhasil dua kali dong keliling pantai naik odong-odong.

Naik odong-odong di Pantai
Berkeliling pantai di malam hari,
via dokumentasi pribadi

Akhirnya merasakan kembali staycation di hotel dan family time di Laut Biru Hotel dan Resort Pangandaran. Happy banget, bisa traveling plus healing juga setelah setahun pandemi, ketemu Bestie pula di zaman putih abu. Masyaallah ....

Traveling bareng keluarga bisa jadi kenangan yang tak terlupakan. Nah, buat Sahabat Catatan Leannie kalau berkunjung ke Pangandaran, tertarik engga nih buat staycation dan family time di Laut Biru Resort and Hotel Pangandaran?

Salam,

30 comments

1. Aku udah lamaaaa ngga plesir ke destinasi eksotik gini mbaaaa

Sekarang mainnya baru d Sby aja, mal, mal dan mal 😆

Bismillah, smogaaaa segera ada rezeki dan kesempatan yaaaa

Replies
    1. Aamiin, semoga kesampaian bisa liburan ke Pantai Mba Nurul. Seru banget masyaallah

Delete
  2. 12 Agustus besok aku dan temen2 Ama keluarga juga mau ke pangandaran mbaa 😄💃. Tapi yg cari penginapan temen sih, kayaknya villa kemarin dia bilang, soalnya 9 keluarga. Jadi supaya bisa kumpul.

Eh konyolnya, bisa2nya aku ngebayangin pangandaran itu Anyer 🤣🤣. Trus pas tahu jaraknya dari JKT 7 jam lebih, langsung sadar kalo itu bukan Anyer wkwkwkwjwk. Makluuuum, blm pernah ke sana.😁. Ga sabar sih mau liat tempat2nya, trutama pantai, anak2 yg seneng soalnya

Aku Ama suami juga selalu nyempetin diri tiap anniversary liburan bareng. Cuma bedanya kami hanya mau berdua 😁. Anak2 titip dulu Ama babysitter nya. Kalo yg bareng anak2, biasanya pas mereka libur sekolah.. seruuu nih ceritanya mba. Ntr aku dan temen2 juga pengennya bbq an di Sanam ga pengen masak di villa. Krn yg udah2 tiap kali kami kumpul setahun sekali, pasti masak di villa 🤣. Kali ini ga ah. Mau santai aja

Replies
    1. Asyik mau mantai bentar lagi Mba Fanny ... Seru banget emang kalau berlibur ke Pantai bareng keluarga. Saya males masak ah Mba, maunya tinggal makan aja, wkwkwk ....

Iya, kemarin liat postingan Mba Fanny saat anniversary, so sweet banget

Delete
  3. Seru mbaa, anak2 pasti happy banget nih kalau keliling pantai naik odong2 kayak gitu. Dulu sempat mau ke Pangandaran tempat teman SMP aku tapi gagal. Aih cakeep pantai di sana bagus ya mba. Bbqan di pantai bareng kesayangan masya Allah tabarakallah 😍

Replies
    1. Iya, Mba emang tempatnya lumayan jauh dan lama di perjalanan, tapi kalau udah nyampe sana seneng banget

4. Wah tempatnya keren banget nih mbak, btw jadi pengen deh main ke pantai hihi

1. Iya, Mba. Saya juga suka viewnya, terutama view roftopnya

Delete
  5. Aku lupa pernah ke Pangandaran engga yaaa hihi .. makluuum aku orang yang jarang piknik!
    Aku kalo "piknik" itu ke rumah eyangya anak-anak di Ciputat dan ke rumah neneknya anak-anak di Cipanas!

Aku cuman inget itu pantai ya, jadi kemungkinan besar belum pernah (ini komen cumanbuat bahas aku pernah gak ya ke Pangandaran *dikeplak)

Btw sukaaa sama foto-foto serunya, dan berharap bisa ke sana

Replies
    1. Iya, hihi emang biasanya kalau piknik ke nenek seringnya ya. Samaan sih. Ini juga traveling terjauh tapi begitu sampai pantainya seneng banget, masyaallah.

Delete
  6. Penginapan yang saya incer sejak lama ini, tapii belum ada kesempatan kesana karena suami males jauh dan macet.

Beneran pengen smg next ada waktu dan kesempatan.

Replies
    1. Memang lumayan jauh perjalanannya Mba, saya aja yang lancar dari Bandung sekitar 6 jam lebih. Pasti cape yang nyupir. Cuman kalau udah sampai sini pasti happy banget sih.

Delete
  7. Iya sih, saya tertarik. Lihat fotonya di Agoda yang luas kamarnya besar-besar, kok harganya murah ya..

Replies
    1. Dulu suami nginep di kamar type Deluxe per malamnya 500 lebih, kurang dikit ke 600 ribu. Kamar emang Luas. Nyaman buat keluarga. Harga murah sih emang, cuman kalau pangen dapat breakfast kena biaya tambahan lagi

8. Pemandangannya itu bikin jiwa motretku makin tertantang
    Aduh apalagi penginapannya benar benar bangunan unik
    Jadi pengen banget staycation sekaligus bertualang ke sana

ReplyDelete
  9. Nama resortnya unik, Laut Biru! Dilihat dari desainnya, unik ya mak. Apalagi harganya itu termasuk terjangkau. Tambahan fasilitas ada mini waterboom ini bikin anak-anak hepi. Saya juga suka ke laut, walau cuma duduk-duduk. Anak-anak mah jangan ditanya, mereka senang banget main pasir dan air laut. Baca review ini, saya mah iyess tertarik pengin liburan ke Laut Biru resort.

10. Wah iya seru banget kalau ajak anak anak staycation disini ya mbak
    Anak anak bisa hepi, karena bisa main di pantai dengan laut secakep ini

ReplyDelete
  11. Udah lama nggak jalan-jalan keluarga, selain pandemi keuangan juga jadi pertimbangan karena masuk sekolah swasta. semoga ada rejekinya nanti amin. tapi kalau liat anak-anak hepi dan kita juga healing enak banget ya, jadi pengen jalan-jalan juga

12. Resortnya keren banget ini mba Lia! Kalau dilihat2 komplit juga yaa, udh gitu kamarnya jg oke menurutku :)

Pantai Pangandaran bagus yaa, pasirnya cantik, langitnya juga >.< pas dpt udara bersih itu pasti yaa

ReplyDelete
  13. Menyenangkan bisa melakukan famtrip. Beberapa kali berencana ke Pangandaran saat mudik, tapi masih gagal terus. Kadang ada ego kecil kenapa ke pantai kalau kami ini orang pesisir. Padahal tipe laut kami beda. Dan ke Pantai Pangandaran ternyata tidak melulu di tepi laut.

14. Pangandaran sekarang makin cakep ya mba, aku jadi kangen main ke Pangandaran, udah beberapa tahun ga pernah kesana lagi semenjak temen dan keluarganya udah pindah.

15. Pangandaraaaan..
    Kami kemarin abis dari sini pas liburan.
    MashaAllah~
    Ramai luar biasa.. Dan senang...ketemu pantai, ketemu orang berlibur dan ketemu angin.
    hahaha...kaya di Bandung gak ada angin yaa.. Tapi memang vibes liburan tuh dapet banget kalau ketemu di tempat wisata.

...dan jangan lupa makan ikan.
    Hehhee, seafood terbaik.

ReplyDelete
  16. View Biru Resort dan Hotel Pangandaran bagus banget ya, anak-anakku pasti suka kalau diajak Staycation ke sini, bisa melihat laut dan bermain pasir. Harganya juga sebanding dengan fasilitas serta view yang bakalan kita dapat ya, apalagi tersedia fasilitas kamar yang cocok buat keluarga.

17. View-nya oke nih, seru juga buat staycation bareng teman atau keluarga. Sayangnya kami belum ada rencana ke Pengandaran dalam waktu dekat. Tapi bisa jadi referensi nih kalau suatu hari cuss ke sana. Asyik tuh acara makan di pinggir pantai, pasti semilir

18. Wag asyik banget staycation disini, jadi pengen ke Pangandaran lagi dan main kesini pasti keluarga happy

ReplyDelete
  19. dari namanya aja udah bikin penasaran dan ingin ikutan staycation juga deh Mbak, moga nanti bisa berkunjung ke Laut Biru Resort and Hotel Pangandaran :)

20. Seru banget, bisa staycation di Pangandaran. Anak-anak selalu gembira kalau diajak berlibur ke pantai

21. Seneng banget, Mbak bisa menginap di Pangandaran. Betah di laut, tapi jarang sampai menginap begini. Next mesti coba menginap di sini juga. Sukaa sama pemandangannya :)

22. Asyik banget ya hotel dan pantainya. Kapan2 ke Pangandaran juga aah

23. MasyaAllah serunya, kalau lihat pantai bawaannya adem semriwing. Hotelnya juga nyaman ya, Mbak.

Semoga suatu saat, saya ada kesempatan ke sana....

ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.