Merawat Kesehatan Mental, Mewujudkan Keluarga Bahagia dengan Get Spirit

Keluarga bahagia dengan Get Spirit
Kesehatan mental dan keluarga bahagia,
dokumentasi pribadi dan Canva


"Mental Health is not a destination but a process, it's about how you drive not where you are going." @get_spirit


Kesehatan mental, sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Merawat kesehatan mental ini berpengaruh terhadap kehidupan keluarga di rumah. Sehat jasmani dan rohani bikin Kita lebih bahagia menjalani hidup. Merawat kesehatan mental bisa dilakukan dengan mencari layanan konsultasi dengan psikolog. 


Sahabat Catatan Leannie udah kenal  Get Spirit, psikolog di Bandung yang rekomended? Kenapa, sih, harus ke psikolog segala? Ternyata banyak yang merasa baik-baik saja padahal kenyataannya memendam kesedihan berlarut-larut hingga mengalami depresi atau mengalami mental illness namun tidak ditangani sehingga merusak masa depan. 


Banyaknya kasus kelainan kesehatan mental yang sering kita jumpai berakibat fatal seperti kasus bunuh diri, contohnya saja kisah Pratyusha Banerjee, sang aktris India yang sedang naik daun saat memerankan Anandhi. 


Ada lagi kisah yang bikin saya miris banget, ada ibu yang memilih membunuh anaknya. Ada apakah dengan kesehatan mental sang Ibu ini? Apakah dia mengalami masalah atau gangguan mental? 



Tentang kesehatan mental 


Kesehatan mental bersama get spirit
Webinar Merawat Kesehatan Mental,
via dokumentasi Indscript 


Saya mengikuti webinar tentang merawat kesehatan mental bersama Get Spirit dan Indscript pada tanggal 13 Juli 2022 atau rekamannya bisa dilihat di Chanel YouTube Rumah Teh Iin dengan narasumber Selly SPSI MPSI, Psikolog, Teh Indari Mastuti, dan Kak Theofanny dari Get Spirit. Merawat kesehatan mental ini dibahas secara langsung oleh Psikolog.


Webinar kesehatan
Webinar tentang kesehatan mental,
dokumentasi pribadi 


Bagaimana mengidentifikasi orang yang memiliki mental sehat? Ternyata orang yang sehat mentalnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut :


* Bebas dari gangguan ataupun penyakit jiwa

* Mampu menerima diri, menyadari kekuatan dan kelemahan diri sendiri

* Dapat mengembangkan potensi yang dimiliki dan memanfaatkannya untuk diri sendiri dan orang lain,

* Bisa menyesuaikan diri secara fleksibel,

* Memiliki hubungan yang menyenangkan dan bisa menebar manfaat bagi sekitarnya


Kondisi mental individu ini beda-beda dan untuk mengenali kesehatan mental sebaiknya hindari  self diagnosis karena harus melalui pemeriksaan secara professional lewat psikolog maupun psikiater. 


Mengapa harus menghubungi Jasa professional? Alasannya karena sehat secara mental, tidak hanya menilai seseorang bisa sembuh dari sakitnya tetapi dapat meningkatkan taraf kesehatan seseorang lebih optimal.



Tanda-tanda mengalami masalah kesehatan mental


Mental illness
Mengalami masalah mental,
freepik.com

Untuk deteksi dini kelainan kesehatan mental, sebaiknya melalui jasa professional seperti biro psikologi. Jika tidak bisa mendatangi secara langsung bisa lewat konsultasi psikologi online seperti Get Spirit, layanan psikolog di Bandung dengan Azalia Cindy Permadi, founder Get Spirit.


Berbagai tanda masalah mental ini bisa dilihat dari perubahan pikiran, perasaan, dan perilaku. Tanda-tandanya bisa dilihat di bawah ini:


* Masalah pada pikiran

Masalah pada pikiran ini terlihat dari banyaknya pikiran negatif, sulit membuat keputusan karena tidak bisa berpikir dengan jernih, lebih lamban dalam berpikir, dan bisa jadi apa yang dipikirkan berbeda dengan kenyataan.


* Masalah pada perasaan

Masalah pada perasaan terlihat dari perubahan emosi yang cepat, merasa tidak berdaya atau putus asa, mudah sekali merasa marah, sedih, cemas, dan takut yang berlebihan. 


*Masalah pada perilaku 

Masalah pada perilaku bisa dilihat dengan tidak memiliki energi untuk beraktivitas, menghindari pekerjaan atau lingkungan, hanya ingin sendiri, sulit makan atau tidur, makan atau tidur yang berlebihan, berkelahi dengan orang lain.


Gangguan kesehatan mental ini bisa bersifat psikotis maupun non psikotik. Pada gangguan kesehatan psikotik, kondisi mental seseorang mengalami kesulitan untuk memberatkan realita, mengalami halusinasi ( melihat atau mendengar sesuatu yang seharusnya tidak ada) dan delusi ( percaya terhadap sesuatu yang tidak benar).



Penyebab masalah kesehatan mental


Penyebab gangguan mental
Penyebab kesehatan mental,
freepik.com


Ada beberapa penyebab masalah kesehatan mental atau gangguan mental diantaranya :


* Masalah atau tekanan yang terjadi pada kehidupan sehari-hari

* Memiliki trauma atau pengalaman kehidupan yang kurang menyenangkan

* Adanya perubahan atau masalah fisik yang serius

* Menjalani gaya hidup yang tidak sehat 

* Tidak punya support system yang mendukung

* Memiliki riwayat keluarga yang memiliki gangguan kesehatan mental


Penyebab tiap orang bisa berbeda tergantung kondisi yang dialami masing-masing. Kita perlu melakukan deteksi dini kelainan kesehatan mental untuk penanganan yang lebih baik.


Penyebab masalah atau gangguan mental,  bisa saja berkaitan dengan inner child seseorang. Kita perlu memutus mata rantai inner child yang menghambat masalah pikiran, perasaan, dan perilaku di masa sekarang agar bisa melangkah lebih baik di masa depan.


Ternyata kunci merawat kesehatan mental adalah dengan memahami dan menerima diri sendiri. Hal ini berkaitan dengan kesadaran diri (self awareness), menghargai diri sendiri (self worth), menerima diri sendiri (self acceptance) dan mencintai diri sendiri (self love).



Tentang Get Spirit


Get Spirit
Get Spirit,
 dokumentasi Get Spirit


Sejak pandemi muncul tahun 2020 yang lalu, Salah satu efeknya adalah meningkatnya kasus atau masalah psikologis. Awalnya ide  dari tiga orang mahasiswa untuk mendidirikan biro psikologi yang bertujuan membantu banyak orang agar aware terhadap mental health. Salah satu pendirinya adalah Azalia Cindy Permadi, founder Get Spirit. 


Azalia Cindy Permadi
Founder Azalia Cindy Permadi, 
via dokumentasi Get Spirit 


Para Founder Get Spirit
Para Founder Get Spirit,
dokumentasi Get Spirit 

 

Selain itu, Get Spirit juga menerima konsultasi psikologi online sehingga memudahkan untuk melakukan konseling. Cara konsultasi ke Psikolog bisa lewat datang langsung ke tempat praktiknya atau berkonsulfasi secara online. Bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing. 


Get Spirit juga menerima layanan home service buat yang mencari rekomendasi Psikolog di Bandung. Layanan biro konsultasi bisa berupa observasi, wawancara dan konseling. Bagi yang mencari layanan konsultasi dengan Psikolog, Get Spirit ini adalah pilihan yang tepat.


Get Spirit adalah biro piskologi yang membantu mengatasi masalah keluarga yaitu masalah anak, kedua orang tua, dan juga melayani rekruitment karyawan baru atau bekerja sama dengan HRD. 


Layanan psikologi untuk anak meliputi tes kematangan untuk masuk ke jenjang sekolah dasar, tes perkembangan anak, tes kecerdasan atau test IQ, dan mengetahui cara belajar anak yang cocok. 


Untuk kontak dengan Get Spirit bisa menghubungi Kak Theofanny di nomor 081214000624 atau bisa kepoin Get Spirit di Instagram @get_spirit di https://instagram.com/get_spirit.



Merawat kesehatan mental untuk mewujudkan keluarga bahagia 


Merawat diri ( self care ) atau merawat kesehatan mental bisa dilakukan dengan berbagai cara diantaranya beribadah, berolahraga, menjalani hobi, memakan atau minum minuman favorit, menulis jurnal, perawatan tubuh, tidur atau istirahat serta social media detoks


Bahagia itu diri sendiri yang menciptakan. Jangan menunggu bahagia untuk bersyukur, tapi bersyukurlah lebih dahulu karena akan menentramkan hati dan membahagiakan.


Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Mengenali, mengelola emosi, dan menerima diri sendiri membuat seorang perempuan terutama seorang ibu menjadi bahagia. Ibu yang bahagia biasanya bisa membuat anggota keluarganya ikut bahagia karena ibu atau istri itu napasnya rumah tangga.


Jangan merasa ragu atau takut datang ke psikolog. Jangan terlalu mendengarkan stigma buruk di masyarakat untuk datang ke Psikolog atau Psikiater. Diri sendirilah yang paling paham tentang apa yang dirasakan.


Mereka yang punya stigma buruk tentang mengunjungi Psikolog atau Psikiater, tidak bisa membantu orang yang mengalami masalah mental health, tetapi diri sendirilah yang bisa membantu dengan melakukan konseling. Setelah membantu diri sendiri, maka bisa membantu keluarga, dan lingkungan juga.


Itulah pentingnya merawat kesehatan mental untuk mewujudkan keluarga bahagia. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan jasa profesional seperti Get Spirit. Semoga Kita semua bisa menjaga kesehatan mental agar bisa lebih baik dalam menjalani peran kehidupan. Jangan lupa bahagia ya, Sahabat Catatan Leannie!



Salam,







23 comments

  1. Adakalanya kita butuh bantuan orang lain untuk mengatasi suatu permasalahan. Apalagi soal kesehatan mental, pastinya butuh orang yang ahli, ya. Lagi pula, enggak harus nunggu masalah jadi besar kan, ya🤭. Senang dapat informasi soal Get Spirit, semoga nanti bisa merapat untuk kebutuhan pendidikan anak

    ReplyDelete
  2. Kesehatan mental ini berbahaya ya mba. Soalnya ga keliatan langsung gejalanya dan sayangnya banyak yang ga peka. Belum lagi stigma negatif pada orang orang yang mengalami kesehatan mental ini. Syukurlah sekarang semakin banyak poli jiwa dari psikolog untuk membantu mereka yang membutuhkan ya.

    ReplyDelete
  3. Sering terabaikan memang soal kesehatan mental ini ya...Setuju untuk membantu diri sendiri dulu, keluarga dan lingkungan. Kalau perlu dengan bantuan tenaga ahli seperti Get Spirit ini, bisa jadi solusi merawat kesehatan mental.

    ReplyDelete
  4. Kesehatan mental berhubungan juga dengan kesehatan fisik keduanya gak ada yang lebih penting ya karena saling melengkapi.
    Yang pentng itu kalau punya masalah harus segera diatasi bisa lewat konsultasi contohnya kaya gini. Sayangnya masih banayk orang yg malu dan gak mau konsultasi karena takut anggapan jelek orang lain padahal kalau sudah melampaui batas bisa berbahaya juga ya dan menyebabkan sakit fisik juga

    ReplyDelete
  5. mental health nggak main2 sih memang. cuma banyak yg belum sadar kecuali gen z. kalau ada masalah perlu bicara dulu sama diri sendiri, kalo ga berhasil ya minta bantuan pro udah paling bener. ke psikolog bukan berarti gila, tp tanda kita cinta sama diri sendiri

    ReplyDelete
  6. Kesehatan mental menjadi sangat baik jika ada support system terutama dari keluarga terdekat. Kalau kebanyakan curhat sana dan sini lama-lama semakin jadi benang kusut. Permasalahan makin runyam tanpa ada solusi. Senangnya kini kita bisa konsulutasi online di Get Spirit ya. Para ahlinya bisa membantu memecahkan persoalan dan memberikan jalan keluar bagi yang membutuhkan. TFS mbak :)

    ReplyDelete
  7. Setuju bahwa sebaiknya kita tidak melakukan self diagnosis. Sekarang ini kesadaran akan kesehatan mental semakin meningkat, makanya banyak yang mulai tau istilah-istilah yang berkaitan dengan mental health. Cumaaaa, jadinya banyak yang mendiagnosis diri sendiri. "Kayaknya aku bipolar deh.. "Kayaknya aku bla bla bla..." Miris jadinya, yaa... Di satu sisi kita ingin care, tapi di sisi lain juga gimanaaaa gitu menghadapinya.

    *Aduh, jadi panjang, hehe...

    ReplyDelete
  8. Disaat seperti sekarang merawat kesehatan mental itu penting banget, karena pandemi ini jujur aja sih banyak mengubah segalanya termasuk mental. Support system nih menjadi peran penting bagi kita, termasuk pasangan, keluarga inti atau teman dekat ya.

    ReplyDelete
  9. Dapat banget nih aku ilmu kesehatan mental dan memang penting banget. Mental yang sehat sangat berdampak dalam kehidupan sosial kita. Dan aku berusaha untuk terus menjaga kesehatan mental terutama menghindari setress

    ReplyDelete
  10. Kesehatan mental ini bener-bener penting. Karena mental sehat, semuanya akan berjalan baik-baik saja.

    Jujur saja, saya masih mengalami banyak pikiran yang negatif dan terlalu jauh, padaha realita tak begitu

    Sampaibsaat ini belum bisa menghilangkannya, jadi kalau kamhuh mikir terus, asam lambung naik 😢

    ReplyDelete
  11. Kesehatan mental nggak kalah penting dengan kesehatan fisik ya mbak
    Makanya juga harus dirawat dan diperhatikan
    Kalau ada masalah kesehatan mental, baiknya ketemu ahlinya ya bukan self diagnosis

    ReplyDelete
  12. IMHO makin k sini udah banyak yg aware soal mental health yaaa

    Org ga aneh lagi kok klo mau konsul k psikolog/psikiater.

    Semoga kita semua sehaattt jiwa raga

    ReplyDelete
  13. Banyak yg bermasalah dg kesehatan mental ya mak terutama ibu-ibu. Secara tidak diketahui menderita kesehatan mental krn pikiran penuh mengurus anak, rumah belum lagi kalau tambah bekerja eeeh amit amit kalau tambah suami main mata dg wanita lain.

    Setuju kesehatan mental harus di sembuhkan supaya anak2 tdk jd korban kalau itu terjadi pada ibu.

    ReplyDelete
  14. Get spirit udah ada di kota mana aja? Bagus nih untuk konsultasi psikologi. Semoga segera buka cabang di palembang.

    ReplyDelete
  15. Layanan konsultasi online dari get spirit ini membantu banget. Apalagi buat yang baru pertama kali konsultasi ke psikolog. Bisa ngurangi rasa bingung dan grogi. Dan membantu juga buat yang sulit mencari tenaga psikolog di daerahnya.

    ReplyDelete
  16. Jangan sepelekan tekanan batin alias stress yang terus menerus menekan jiwa
    Saya pernah mengalaminya
    Beruntung gak menghabisi apa yg ada karena jujur rasanya uda buntu aja. Rawatlah kesehatan selagi banyak car dan kesempatan

    ReplyDelete
  17. benar mbak, kesehatan mental ini memang penting diperhatikan yaa agar kalau terkena dan bergejala mudah menerapinya. Jangan sungkan meminta pertolongan ekspert kalau memang sudah tidak bisa mengatasi masalah atau tekanan yang dihadapi

    ReplyDelete
  18. Senangnya karena sekarang orang-orang semakin sadar tentang pentingnya kesehatan mental. Konten-konten tentang ini pun banyak tersebar di media sosial, entah itu dari sisi edukasi maupun tempat-tempat untuk menangani/berkonsultasi perihal masalah tersebut.

    ReplyDelete
  19. Masalah terhadap pikiran, perasaan, perilaku ini menjadi tolak ukur apakah kita memang sedang dibawah tekanan dan membutuhkan bantuan ahlinya?
    Get Spirit menawarkan hal yang bagus karena bisa konsultasi via online juga..

    ReplyDelete
  20. Kesehatan mental emang sama pentingnya dengan kesehatan fisik ya mbak. Malah kadang kalau kena mental, fisik pun ikut sakit, Ya gmn gak wong pas lagi sakit mental dah malas aja rasanya makan atau ngapa2in gitu akibatnya bisa fatal jatuh sakit jg huhu.
    Wah menarik nih Get Spirit bisa konsultasi online ya. Aku catat nomor dan kontak lainnya siapa tahu kapan2 membutuhkan buat curhat #eh :D TFS

    ReplyDelete
  21. Saat ini isu kesehatan mental makin dipahami oleh masyarakat. Semoga saja dengan begitu, setiap individu bisa kontrol kesehatan masing-masing. Jika membutuhkan bantuan, ada Get Spirit nih yang menyediakan konsultasi.

    ReplyDelete
  22. Mental health ini sejatinya penting banget, namun kadang tidak mendapatkan perhatian. Pandemi kemarin tentulah banyak memberikan tekanan pada siapapun ketika menghadapinya. Semoga dengan adanya Get spirit bisa membantu memperbaiki kondisi kesehatan mental dengan layanan yang disediakan

    ReplyDelete
  23. Mental health ini issue yang kadang disepelekan banyak perempuan. Padahal penting banget untuk ditangani. Apalagi perempuan biasanya kan malu kalau pergi ke tenaga ahli.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.