Serunya Bermain Game Edukasi Anak, Free Online Games dari Plays.org

Bermain game Plays.org
Serunya bermain game edukasi Plays.org,
via dokumentasi pribadi dan Canva


Boleh engga anak main game online? Sebenarnya saya membolehkan dia main game edukasi untuk anak atau free games online dari Plays.org. Sejujurnya agak khawatir juga kalau melepas anak main game sendirian, akhirnya saya memilih mendampingi dia saat bermain. 


Di era sekarang ini, udah beda banget kebiasaannya, engga seperti saat saya yang mengalami masa kecil di era 90-an. Anak udah mengenal teknologi sejak dini dengan adanya gadget.


Jika tujuan bermain game untuk hiburan semata dan waktunya pun dibatasi, saya engga keberatan kalau anak bermain game online, tapi harus dengan pengawasan dari saya sebagai orang tua tentunya.


Saya juga khawatir sih kalau anak kecanduan game online atau terkena paparan radiasi sampai berefek parah seperti pemberitaan atau yang saya jumpai di lingkungan sekitar.


Teknologi itu punya dua sisi yang berbeda, di satu sisi bisa bermanfaat tapi bisa jadi sebaliknya kalau tidak bijak menggunakannya. 


Sesekali anak saya pun meminta waktu untuk bermain game, sebagai orang tua memang perlu mengawasi anak, kalau sudah melewati batas jam bermain, memang perlu untuk melarang anak bermain game terus menerus tanpa kenal waktu.   



Bermain game bagi anak, apakah ada manfaatnya?


Bermain preschool games, Plays.org,
via dokumentasi pribadi


Tidak selalu punya efek negatif, bermain game online seperti preschool game atau game edukasi lainnya punya beberapa manfaat, diantaranya :


1. Meningkatkan keterampilan berpikir

Permainan atau game diciptakan untuk meningkatkan keterampilan anak. Anak diajak berpikir sambil bermain, bermain sambil belajar juga soalnya.


2. Melatih daya ingat atau memori anak

Permainan juga melatih daya ingat atau memori anak. Lewat game contoh bermain puzzle, anak belajar untuk mengingat kembali di mana letak puzzle yang sesuai. Dengan bermain, bisa meningkatkan ingatan jangka pendek atau panjang.


3. Meningkatkan konsentrasi dan koordinasi anak

Bermain game bisa membantu meningkatkan konsentrasi anak. Saat bermain game, gerakan fisik anak akan dikoordinasikan ke otak dan gerakan yang ada di monitor. Anak bisa berkonsentrasi saat memainkan permainannya.

 

4. Meningkatkan kecepatan otak

Saat bermain, otak anak akan menerima banyak rangsangan berupa visual dan audio. Ini akan merangsang otak untuk bekerja dengan lebih cepat.


5. Sebagai metode pembelajaran yang menyenangkan

Game anak edukatif diciptakan menjadi metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak. Anak bisa bermain sambil belajar dengan cara yang menyenangkan. Hal ini bisa meningkatkan minat belajar anak.


Baca juga : Kunci sukses mengoptimalkan potensi dan bakat anak


Semenjak tahu ada situs game online gratis dan engga perlu download ke handphone, saya jadi tertarik dengan Plays.Org. Ada yang familiar dengan situs free games online yang satu ini?


Plays.org, Free Online Games Ramah Anak

Plays.org, free games online
Plays.org, free games online
via Canva


Plays.org adalah platform atau situs games online bisa dimainkan melalui smartphone, tab, PC, atau laptop dengan mudah tanpa perlu download lebih dahulu. 


Praktis banget, kan, no download udah bisa main banyak games di sini asal ada jaringan internet. Intinya bisa main game online gratis, tanpa perlu download


Nah, selain tidak di download, ada beberapa kelebihan Plays.org yang bikin saya suka dengan situs game yang satu ini, diantaranya :


a. Tidak perlu mendaftar atau register akun terlebih dahulu untuk bisa main di Plays.org ini.

b. Ada banyak, bahkan ratusan games yang bisa kita pilih mulai dari games nostalgia sejak masih kecil,  games edukasi, olahraga, stimulasi dan banyak kategori lainnya.

c. Permainannya mudah dan sederhana sehingga bisa dimainkan oleh anak-anak hingga orang dewasa.

d. Skor tinggi dari games yang telah dimainkan sudah tersimpan secara otomatis di web

e. Plays.org tidak menampilkan tayangan iklan di situsnya.


Nah, cukup banyak juga kan kelebihan situs ini dibandingkan situs game online lainnya. Makanya saya memilih game khusus untuk anak saya di Plays.org yaitu permainan Preschool Games for kids.


5 Game Edukasi untuk Anak dari Plays.org


Games edukasi anak by Plays.org
Preschool Games by Plays.org,
via Canva


Seneng juga nih, buat ada rekomendasi game edukasi anak dari Plays.org setidaknya anak bisa bermain sambil belajar, seperti di bawah ini!


1. Play Cute Shapes Games Online



Anakku ceria banget main game Play Cute Shapes Game Online. Mudah sih caranya, cukup pindahkan berbagai bentuk gambar, lalu beri warna dan emoticon sesuai keinginannya. 


Play cut shape by Plays.org
Bermain Play cut shape,
via dokumentasi pribadi


2. Alpabet Bubble Letter Match Game

Preschool Games Online by Plays.org
Alphabet Bubble by Plays.org,
via Canva

Permainan Alphabet Bubble Letter Match Game ini seru banget, loh, caranya denganm emasukkan gelembung atau bubble bertuliskan huruf alpabet ke dalam kotak harta karun sesuai huruf depannya. Anak belajar tentang huruf alfabet secara tidak langsung lewat permainan ini. Seru deh, main Aplhabet Bubble Letter Match Game ini.


Bermain game Plays.org
Bermain game Alphabet Bublé,
via dokumentasi pribadi


3. Instruments for Kids: Virtual Piano, Drums, Xylophone, & Lyre Music Maker Simulator


Preschool Games by Plays.org
Instruments for kids by Plays.org,
via Canva

Lewat Instrument for Kids ini, anak dilatih untuk bermain berbagai alat musik sepertu piano, drum, xylophone dan lyre. Seneng deh bisa mendengarkan berbagai alat musik. Seru juga mainnya, rata-rata anak pada suka game ini.


4. The Flintstone Yabba Dabba, Dinosaurs Jigsaw Puzzle Game Online


Game edukasi Preschool Plays.org
Dinosaurs Jigsaw Puzzle by Plays.org,
via Canva

Melalui game The Flintstone Yabba Dabba, Dinosaurs Jigsaw Puzzle Game Online, anak akan belajar menyusun puzzle, lewat gambar yang ada sebelumnya. Ada dinosaurus dan manusia purba juga, loh. Bermain game ini sekalian mengenalkan anak dunia prasejarah dan melatih memori serta keterampilan berpikir.


5. Find the Connectity : Related Items Matching Game for Kids


Find the Connectity by Plays.org,
via Canva

Find the Connectity ini melatih keterampilan berpikir pada anak. Anak memilah mana yang sesuai dengan gambar, misalnya profesi chef dengan makanan, dokter dengan stetoskop, dan lainnya.


Plays.org ini menghadirkan banyak pilihan games buat penggunanya. Kelima games ini ada di Plays.org, yeay ... engga perlu di download biar memori handphone engga cepet penuh. Udah gitu tanpa iklan lagi. Anak saya juga senang bermain game edukasi di atas. Dia bisa belajar dan bermain dengan cara yang menyenangkan. 


Baca juga : Hoala Koala, lagu dan animasi anak Indonesia masa kini


Harus diingat bahwa membolehkan anak bermain game bukan berarti lepas pengawasan dari orang tua. Khawatir juga kalau anak kecanduan main game dan terpapar radiasi terlalu lama. Cukup batasi waktu bermain bagi anak. Perlu ketegasan dari orang tua mengenai waktu bermain, jangan sampai kebablasan pokoknya.


Nah, itulah serunya bermain game edukasi anak  dari Free Games, Plays.Org. Jangan melarang sepenuhnya anak menggunakan teknologi karena anak pun perlu tahu juga. Hanya saja, sebagai orang tua harus lebih bijak memanfaatkan teknologi. Betul, engga, Sahabat Catatan Leannie?



Salam, 





34 comments

  1. Game emang bikin kita happy ya apalagi kalo ada layanan yang menyediakan secara gratis gini woohh seneng banget pastinya...

    ReplyDelete
  2. aku termasuk orangtua yang mengizinkan anak bermain game edukasi minimal di handphone, karena kupercaya ada hal positif yang bisa didapatkan dari bermain game edukasi tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba. Sama. Dibolehkan dengan syarat tertentu.

      Delete
  3. Meski anak-anak saya di rumah gak begitu candu sama yang namanya game. Tapi sesekali ya mereka doyan juga. Boleh deh, kalau lagi waktu santai gitu saya kasih akses untuk bermain game di Plays.org. Apalagi kan ini game edukasi yaa, pastinya bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba. Saya juga memperbolehkan dengan membatasi waktu bermain anak.

      Delete
  4. Setuju, memang serasa dua sisi mata pisau ya teknologi termasuk bermain game ini. Dampak buruknya ada tapi punya manfaat juga. Maka bermain game bagi anak boleh saja meski masih perlu penagwasan ortu terutama di usi tertentu dan dibatasi juga. Seperti plys org ini yang bisa dipilih karena ada pilihan game edukatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba Dian. Emang kalau melarang sepenuhnya engga bisa juga ya, jadi paling ortu ikut mengawasi

      Delete
  5. Wah, angin segar ini buat kiddos yang demen main gaes hahaha :) AKu main kasih tau anak2ku ah supaya main game pakai plays org ini. Praktis banget ga perlu download2 segala ya. Mainannya banyak dan bervariasi. Ga masalah dong main game kelar PJJ supaya ga stres dan bahagia :D

    ReplyDelete
  6. Asik, asiiikk, paling demen deh kalo ada situs/website Plays.org
    Gamesnya variatif, banyaaakkk, no bosen bosen club ini mah.

    ReplyDelete
  7. Terbantu banget dengan adanya plays org ini ya mmba karena bisa juga diakses melalui smartphone dan juga website. Aku rencana mau coba permainan ini bersama anak

    ReplyDelete
  8. Bermain game bagi anak, memang ada manfaatnya juga ya. Namun tetap permainan mereka harus di bawah pengawasan orang tua.

    ReplyDelete
  9. Menurutku, nge-game itu gak buruk dan bisa berdampak bagus asal sesuai jalan dan aturan. Misalnya membatasi jam main dan lainnya. Aku mau coba juga deh karena Keponakanku juga suka main

    ReplyDelete
  10. Punya anak dan main gadget itu seperti pedang bermata dua - apakah tepat penggunaannya atau malah menjebak anak tenggelam dalam dunia nya sendiri

    aku sering mendampingi karena mereka kadang ketularan toksik ngomongnya
    jadi seringnya sih aku tegur jika begitu berarti mereka terlalu fokus

    ReplyDelete
  11. Yang saya suka dari plays.org ini nggak perlu login, nggak perlu install dan nggak ada iklannya.
    Main game emang banyak manfaatnya, tapi mesti bijak juga dalam memainkannya, jangan sampai lupa waktu dan melalaikan aktivitas lainnya

    ReplyDelete
  12. Aku juga membolehkan kok anak main games asal sesuai gamesnya sama umur anak & ada batasan waktunya ya. Kasihan di jaman teknologi kalau sampai mereka gaptek. Untunhnya ada pilihan games di Plays.org yang sesuai dengan anak ya.

    ReplyDelete
  13. Ternyata memang game edukasi ini , banyak banget manfaatnya buat anak yaa. Asalkan orang tua bisa mendampinya dan memilih permainan yang sesuai dengan anak.
    NOted banget plays.org bisa rekomen banget nih buat ponakan cowo yang suk main games

    ReplyDelete
  14. Anak2ku juga dibatasi kalau mau ngegame teh ga teruskan dur main ada batasannua btw ini keren yah aku udah buka loh jd bisa main ganas yg jadul

    ReplyDelete
  15. Sekolah anakku masih lbh banyak daring hingga saat ini, trus aplikasi sekolahnya bikin banyak game yg sebenarnya itu buat anak menghafal pelajaran, jd iyes banget game bisa jd media belajar buat anak. Yg penting diawasi supaya anak gak kecanduan screen ya mbak #imho

    ReplyDelete
  16. Ponakanku kalau nggak main game pasti ngambek. Tapi lumayan juga ada game jadi anak-anak nggak terlalu stress di rumah aja nggak sekolah nggak ketemu teman. Toh games yang dimainkan kita perhatikan cocok dengan usianya atau tidak. Tapi dengan main games ada saja nambah ilmunya, ponakan jadi sering ada ide buat gambar di bekas kartu sesuai imajinasinya

    ReplyDelete
  17. main game nggak hanya buat hiburan ya mbak, tapi bisa jadi sarana belajar
    aku juga suka ajak anakku main game di plays ini

    ReplyDelete
  18. Betulll... sekarnag udah nggak mungkin lagi melarang anak-anak untuk nggak gadgetan, yang ada kita harus bersinergi sama mereka biar produktif dan jadi trade maker. Dengan cara yang bahagia tentunya hhehehee

    ReplyDelete
  19. Pilihannya banyak banget nih jadi hepi dan terhibur ya mba Lia main di sini
    asal ada quota aja

    ReplyDelete
  20. serunya main game kayak giniii. banyak permainannya. aku dah nyoba mak main kok seru ya anakku sampe milih mainan di plays itu ternyata banyak banget sampe bingung milihnyaa

    ReplyDelete
  21. anakku juga sekarang lagi suka main game online begini, mbak. aku masih bolehin sih selama gamenya sesuai dengan umurnya. kalau yang plays.org ini dia mau nyoba tapi kayaknya masih kesulitan karena belum biasa pegang mouse

    ReplyDelete
  22. Tidak hanya anak-anak suka game, saya juga masih suka bermain game kak. Karena memang buat hiburan dikala lelah aktivitas seharian. Jadi seru juga apalagi pkek duel dengan pemain yg lain.

    ReplyDelete
  23. Informasi yang sangat bagus buat saya yang suka main game. Dan saya baru tahu tentang situs bermain ini.

    ReplyDelete
  24. Wah aku baru tau loh kak games play ini dan nanti pengen coba deh sama anak tapi mungkin nanti pas udah SD ya biar enak

    ReplyDelete
  25. Jadi pengen intip2 isinya. Anakku bakalan seneng nih ketemu kayak gini. Apalagi saat pandemi kayak sekarang. Bisa bermain dengan banyak ide bermain gini membantu banget

    ReplyDelete
  26. setuju nih, lewat game kita juga bisa ajak anak untuk belajar kok, bonusnya bisa meningkatkan bonding juga.
    Apalagi sekarang ada Plays.org yang game edukasinya banyak banget tinggal pilih sesuai usia anak aja, biar mudah ajarinnya gitu :D

    ReplyDelete
  27. saya juga sering main games di aplikasi ini mba Yul, asik ga ada iklannya dan permainannya banyak sering dimainkan waktu kecil jadi ga asing lagi, terus banyak juga games yang edukasi, bagus niy

    ReplyDelete
  28. Aku langsung cusss buka situsnya kak. Wah ampe pusing itu game nya banyak banget, ngga tahu milih yang mana. Ini kalo ngga bisa disiplin waktu, bisa kebablasan yaa.. hihihi

    ReplyDelete
  29. Bermain game bagi anda memiliki manfaat tersendiri ya, Mba. Bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus karena saat bermain game anak harus menyelesaikan setiap tantangan untuk naik level. Game di Plays.org ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bermain game anak karena memang gamenya ramah anak dan banyak pilihan.

    ReplyDelete
  30. Game dan teknologi ini bisa dimanfaatkan sih untuk media pembelajaran, selama enggak berlebihan dan tetap di bawah pengawasan

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus. Maaf juga jika ada komentar yang belum terbalas. Terima kasih atas kunjungannya.