Indonesia Website Awards

Menjaga Kualitas Tidur, Kunci Produktivitas dan Hidup Sehat

 

Kualitas tidur, produktivitas dan hidup sehat
Kualitas tidur, produktivitas dan hidup Sehat, via freepik.com



Menjaga kualitas tidur ternyata menjadi kunci produktivitas dan hidup sehat. Pernah engga merasa kurang bersemangat, mudah lelah, badmood di pagi hari karena kurang tidur semalam? 


Saya pernah mengalami hal ini. Biasanya saya akan ikut tertidur di malam hari saat menemani anak tidur dan terbangun di tengah malam. Nah, setelah ini saya merasa kesulitan untuk tidur kembali sampai keesokan harinya.


Siapa yang mengalami masalah gangguan tidur juga? Suami saya tipe yang engga bisa tidur awal, dia tidurnya lewat dari tengah malam terus. Kami berdua sama-sama punya gangguan tidur. Masalah gangguan tidur ini punya pengaruh terhadap kesehatan dan produktivitas. 


Saya berkesempatan mengikuti webinar kesehatan pada hari jumat tanggal 18 Juni 2021, tentang "Kesehatan dan Produktivitas dimulai dengan Tidur yang Berkualitas," yang diselenggarakan oleh Deltomed dan komunitas IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis).


Webinar Kesehatan
Webinar IIDN x Deltomed,
via instagram.com/@ibuibudoyannulis


Webinar ini dipandu oleh Sara Neyrhiza dengan narasumber Dr (Cand) dr Inggrid Tania, MSI, Herbal, ketua umum PDPOIJI (Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisonal dan Jamu Indonesia. Selain itu ada juga apt. Drs Victor S. Ringoringo, S.E., M.Sc. (Chief Business Development dan R&D PT Deltomed Laboratories)

 

Webinar Kesehatan
Host dan narsum webinar IIDN x Deltomed
via dokumentasi webinar



Peserta webinar kesehatan
Peserta webinar IIDN x Deltomed,
via dokumentasi webinar


Pengaruh kualitas tidur terhadap kesehatan


Kualitas dan kuantitas tidur
Kualitas dan kuantitas tidur,
via Photocollage


Materi pertama disampaikan oleh Dr (Cand) dr Inggrid Tania, MSI, Herbal, ketua umum PDPOIJI (Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisonal dan Jamu Indonesia mengenai "Peran Herbal dalam Memperbaiki Kualitas Tidur."


Tentunya tidur yang berkualitas menjadi dambaan tiap orang. Betapa nyamannya bisa tidur lelap dan terbangun di pagi hari dengan fresh. Sebenarnya berapa lama sih waktu tidur yang ideal? Hal ini berkaitan dengan kualitas dan kuantitas tidur Kita. Mari Kita bandingkan perbedaan keduanya.


✓ Kuantitas Tidur

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7-9 jam di malam hari, tetapi kebutuhan kuantitas Tidur setiap individu tentu saja berbeda. Ada yang butuh 6 jam, bahkan 10-11 jam waktu tidur di malam hari


✓ Kualitas Tidur

Pernah dengar ungkapan, "Sleep quality refers to how well you sleep?" 


Jadi tidur yang berkualitas itu misalnya dapat tertidur dalam waktu 30 menit atau kurang, tidur di malam hari tanpa terbangun tengah malam, atau bisa jadi terbangun sekali saat malam dan kemudian dapat melanjutkan tidur setelah 20 menit setelah terbangun.



Kualitas tidur dan kesehatan


Kualitas tidur dan kesehatan
Kualitas tidur dan kesehatan,
via Photocollage


Gangguan tidur dapat menimbulkan dampak buruk, loh, karena ternyata kurangnya kualitas atau kuantitas tidur berpengaruh terhadap kesehatan. Efeknya bisa terjadi hal-hal seperti berikut ini:


1. Menurunkan sistem imun atau imunitas tubuh

2. Menurunkan fungsi kognitif dan working memory sebesar 38 %

3. Mengalami moodieness atau depresi

4. Kemungkinan mengalami kecelakaan semakin besar

5. Berpengatuh terhadap kesehatan kulit, yaitu terjadi penuaan dini

6. Kebiasaan makan lebih buruk karena cenderung mengkonsumsi junk food atau makanan yang tidak sehat.


Diantara kualitas dan kuantitas tidur, manakah yang lebih berpengaruh terhadap kesehatan? Ternyata jawabannya "Quality over Quantity." 


Menurut US National Sleep Foundation, kualitas tidur lebih dominan dibandingkan kuantitas tidur, karena menjadi indikator terhadap mood dan kepuasan hidup.


Masalah gangguan tidur yang dialami masyarakat umumnya adalah insomnia. Insomnia adalah ketidakmampuan menjaga atau mempertahanan kuantitas dan kualitas tidur yang baik. Sekitar 1 dari 3 orang di dunia mengalami insomnia dalam derajat yang bervariasi. 


Saat kurang tidur, dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit. Hal ini berkaitan dengan sistem innate daya tahan tubuh. 


Pada saat tidur lelap, Interleukin-1, Tumor Necrosis Factor (TNF), dan Natural Kill Cell (NKC) akan tinggi dalam darah, dan menurun ketika bangun tidur. Hal ini menunjukkan bahwa tidur yang berkualitas akan meningkatkan daya tahan tubuh.


Di masa pandemi seperti sekarang ini, berdasarkan survei SleepHelp.org, sebanyak 22 % masyarakat menyatakan bahwa kualitas tidurnya memburuk karena stress, ketakutan, dan kecemasan terhadap Covid-19.


Gangguan tidur karena pandemi
Gangguan tidur akibat Pandemi,
via Photocollage


Baca juga : Berbeda dengan flu biasa, inilah Pandemi Covid-19 yang menyita perhatian dunia

Penyebab gangguan tidur


Penyebab masalah tidur
Penyebab gangguan tidur,
via Photocollage


Ada beberapa hal yang menjadi penyebab gangguan tidur, diantaranya :

a. Gangguan fisik, seperti sakit kepala, nyeri sendi dan nyeri perut

b. Isue medis

c. Gangguan psikologik dan psikiatrik, seperti stress, depresi, dan anxietas

d. Gangguan lingkungan, seperti lampu kamar terlalu terang atau suara berisik,

e. Genetik

f. Penuaan atau faktor usia yang dialami lansia berusia 65 tahun ke atas

g. Obat-obatan, seperti obat hipertensi, anti depresi, dan yang mengandung kafein

h. Bekerja di malam hari, karena aktivitas ini berlawanan dengan biological clock.



Memperbaiki kualitas tidur dengan Antangin Good Night


Kandungan herbal dan kualitas tidur
Bahan herbal membantu kualitas tidur,
via Photocollage


Kualitas tidur yang baik berperan penting dalam produktivitas dan kesehatan terutama di tengah pandemi seperti sekarang ini. Dengan tidur yang berkualitas, produktivitas dan daya tahan tubuh meningkat.


Ada beberapa tips yang disampaikan dr Inggrid untuk menjaga kualitas tidur, diantaranya mematikan televisi atau komputer, olahraga, tidur dengan suasana atau pencahayaan yang gelap, meditasi, makan makanan yang mengandung Zinc juga magnesium, membaca buku, mengurangi konsumsi kafein, dan mandi dengan menggunakan air hangat.

 

Cara lainnya untuk memperbaiki kualitas tidur adalah dengan menggunakan bahan-bahan herbal diantaranya Passion Flower, Valerian, dan Gingger (Sari Jahe). Ketiga bahan herbal ini terkandung dalam produk barunya Antangin Good Night dari Deltomed Laboratories.


Khasiat Antangin Good Night
Khasiat Antangin Good Night,
via instagram.com/@antangin_id


Antangin Good Night dari Deltomed ini sudah ada logo halal dan punya izin BPOM. PT Deltomed sendiri sudah terstandarisasi ISO 9001 : 2015. Jadi engga usah ragu lagi akan kualitas dan jaminan mutunya. 


Antangin Good Night menggunakan berbagai bahan herbal seperti Passion Flower, Valerian, dan Gingger (Sari Jahe) dan bahan alami lainnya.


Kandungan Antangin Good Night
Kandungan Antangin Good Night,
via Photocollage


Passion Flower dan Valerian ini berkhasiat untuk menenangkan dan membantu kualitas tidur  menjadi lebih baik serta pulas. Sari Jahe dalam kandungan Antangin Good Night juga efektif mengatasi masuk angin dan menghangatkan badan. Dosis yang digunakan adalah 2- 4 tablet sebelum tidur.


Khasiat Antangin Good Night
Khasiat Antangin Good Night,
via Photocollage


Antangin Good Night ini dapat diperoleh secara online di Deltomed Store Official seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, dan JD.ID. Untuk pembelian secara offline bisa lewat apotek atau toko obat retail, ya. 


Ingat, ya, tidur berkualitas atau menjaga kualitas tidur menjadi kunci produktivitas dan awal tubuh yang sehat. Buat yang punya gangguan tidur, Antangin Good Night bisa dijadikan solusinya. Bagaimana dengan Sahabat Catatan Leannie, sudahkah kualitas tidurnya baik selama ini? 



Salam,










44 comments

  1. Tidur berkualitas dampaknya sangat banyak. Tapi kenapa sisha sekali untuk mendapat kesempatan tidur dengan kualitas terbaik ini ya?...
    Saatnya saya mencoba produk Antangin Good Night juga sepertinya. Biar bisa tidur nyenyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Teh, saya pun merasa kurang nih kualitas tidurnya. Sepertinya Kita sama-sama butuh Antangin Good Night

      Delete
  2. Mbaaa, aku tuh pernah datang ke acara pameran kasur premium, di mana bintang tamunya Choky Sitohang. Doi bilang gini:
    “Tidur itu BUKAN penutup hari. Tidur adalah awal dari hari kita. Bagaimana kualitas dan kuantitas tidur, itu akan berpengaruh pada produktivitas kita. Selama ini, orang kerap terjebak menganggap tidur sesuatu yang take it for granted. Padahal, kalau tidur tidak berkualitas, bakal berpengaruh negatif terhadap kondisi tubuh dan psikis, yang pada gilirannya ini berpengaruh negatif untuk masa tua kita,”

    Nah, aku setujuuu banget ama Choky, dan Alhamdulillah, seneng banget baca ulasan di artikel ini. InsyaALLAH ini bisa mengantarkan daku dan kita semua utk bisa tidur dgn kualitas prima, yeayy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya bener banget Mba. Tidur itu adalah pembuka hari, soalnya kalau kurang tidur bakal bakal engga mood dan produktivitas menurun.

      Delete
  3. Dengan tidur berkualitas aktifitas harian akan lancar, tubuh sehat dan lebih bahagia menjalani hidup.

    ReplyDelete
  4. Bener banget Mbak Lia. Tidur berkualitas itu gak cuma berpengaruh pada kesehatan. Tapi juga untuk produktivitas dan mood. Badan juga gampang capek. Lemes aja bawaannya ya. Nanti mau nyetok ANTANGIN GOOD NIGHT ini ah. Siapa tahu suatu saat butuh. Apalagi pas masuk angin dan jadi sulit istirahat

    ReplyDelete
  5. Tidur gak hanya untuk kita istirahat aja, tetapi juga bikin rileks terutama pikiran alias psikis kita ya. Maka perlunya menjaga kualitas tidur

    ReplyDelete
  6. Berasa kecubit nih aq soalnya selama ini jam tidurnya gak bisa teratur ngikut si bocil. Tapi emang iya sih mbak, kalo kita bisa istirahat cukup badan dan mood jadi baik

    ReplyDelete
  7. Kadang memang saya merasakan bahwa jika sering begadang dan tidur kurang bisa menyebabkan sering pegal2 badan, sering sulit konsentrasi dan badan kurang fit. Tapi kalo tidurnya lebih awal misal jam 9 malam pastinya bangun tidur jadi segar bugar. Di tempat kerja jadi gak ngantuk. Dan dengan minum antangin ini juga bisa jadi suplemen jika tubuh tidak fit akibat kurang tiur..

    ReplyDelete
  8. Mendapatkan kualitas tidur akan meningkatkan produktivitas kita. Ini sudah seperti sebuah syarat wajib, sih. Karena kualitas tidur buruk bisa membuat kerja otak berkurang dan bisa menyebabkan hal-hal tidak menguntungkan bagi kita misalnya kecerobohan yang membuat kita mengulang kerja dari awal.

    ReplyDelete
  9. ah iya, tidur itu sangat berhubungan erat dgn kesehatan ya mbak
    makanya harus berusaha dapat tidur berkualitas setiap harinya

    ReplyDelete
  10. Saya sering tidur berkualitas, 30-50 menit, kurang dari satu jam. Rasanya badan pas bangun itu segarrrr banget. Menurut saya kelipatan jam tidur itu adalah 1,5 jam.

    Kalo ngerasa kurang fit, khususnya buat yang insomnia akut nih ya. Bisa dibantu herbal kayak Antangin Good Night ini ya, dari pada minum obat tidur melulu.

    ReplyDelete
  11. Cocok buat saya dan istri, yang tiap hari begadang gantian gendong bayi, kadang-kadang pagi bangun tidur badan masih pegel, antangin good night bisa jadi solusi buat saya dan istri nih. hehehehe

    ReplyDelete
  12. Di rumah aku yang punya amsalah dnegan kualitas tidur, Mbak..suamiku model pelor, dimana-mana bisa tuh molor, jadi seger orangnya. Kalau aku sering lemas, ngantuk, ga fokus di siang hari duh.
    Aku mau perbaiki dengan tips di atas dan coba konsumsi Anatangin Good Night deh kalau gitu

    ReplyDelete
  13. Menjaga kualitas tidur emang penting banget ya, Kak. Aku sering banget sakit kepala sama pegel2 krn kurang tidur. Padahal dulu tidur jam 12 malem juga gak masalah

    ReplyDelete
  14. Efek dari kurang tidur yang berkualitas dampaknya kurang bagus buat kesehatan. Apalagi aku sering banget siang hari merasa badmood kalau malam tidak tidur dengan baik. Jadi pengen coba antangin good night biar tidur jadi berkualitas.

    ReplyDelete
  15. Bukan pernah lagi kak, tapi sering saya alami karena akhir-akhir ini jam tidur berantakan nih hehe. Asli paginya tuh suka badmood bawaannya, dan suka susah fokus. Mana takut kena penuaan dini lagi sebenarnya.

    Waaah ternyata obat hipertensi juga bisa mengakibatkan susah tidur ya. Ku baru tahu, dan ada antangin good night? sepertinya saya dan bapak yang mengalami sulit tidur harus nyoba nih :))

    ReplyDelete
  16. Bahkan kualitas tidur yang nggak terpenuhi turut mempengaruhi imunitas tubuh ya. Duh duh ternyata pengaruh kurang tidur begini banyak nggak baiknya.

    ReplyDelete
  17. Belakangan ini, tidurku rada bermasalah mba
    Gabungan anxiety sama overthinking lantaran, data kasus covid yg melonjak naik, mungkin ini yg bikin kualitas tidur acakadut

    ReplyDelete
  18. Saya termasuk yang harus cukup tidur. Kalau kurang tidur atau kualitasnya gak bagus, biasanya paginya badan kerasa lemes dan gak bisa fokus. Jadi diusahakan tidak tidur terlalu larut.
    Suami saya juga tipe yang susah tidur di malam hari kalau siangnya tidur. Kayaknya perlu direkomendasikan antangin good night, deh!

    ReplyDelete
  19. Waduuh, kena aku niih, dari pertama menggeluti dunia online dan bekerja disana dunia rasanya memang terbalik, malam pun tetep bekerja, siang ke office. Arrghhh, waktuku tidur berkualitas cukup 1-2 jam. Alhamdulillah nyaman .
    Bolehlah nanti ku nyobain Antangin si Biru ini, biar makin berkualitas tidurnya, plus produktivitas lancar dan sehaat.

    ReplyDelete
  20. Sulit banget nih tidur yang berkualitas belakangan ini. Aku tuh maunya tidur lebih awal dan bangun lebih pagi gitu loh. Tapi susaaah. Btw ini Antangin Good Night berarti bisa dikonsumsi bukan karena kitanya lagi masuk angin gitu ya. Lebih untuk memperbaiki kualitas tidurnya, tapi plusnya bisa juga bantu mengatasi masuk angin kalau memang ada gejala itu ya Mak? Kayaknya aku juga butuh ini deh. Semoga tidurku jadi lebih lelap dan bangun pagi dengan good mood.

    ReplyDelete
  21. Ada inovasi baru dari Antangin ya... Btw mam, Antangin Good Night ini berarti semacam obat tidur ya? Ada ngga kondisi kesehatan tertentu yang tidak boleh mengkonsumsinya? Aku mau rekomendasikan ke temanku yang belakangan ini insomnia, tapi dia ada darah tinggi.

    ReplyDelete
  22. Pas badan nggak emak yang kadang aku merasa tidurku kurang berkualitas atau pada saat cemas berlebihan. Senang ikut webinar itu banyak ilmunya

    ReplyDelete
  23. Aku termasuk yang tidak mengalami gangguan tidur, biasanya memang kebangun sekali tengah malam untuk ke kamar mandi, setelah itu tidur lagi. Cuma kalau tidur di tempat yang baru itu biasanya memang susah tidurnya, entah kenapa.
    Asyik nih sekarang ada Antangin Good Night ya, bisa aku bawa kalau pergi ke luar kota. Selama ini cuma pakai Antangin yang buat masuk angin itu, baru tau ada produk Antangin Good Night.

    ReplyDelete
  24. Kualitas tidur saya naik turun nih, Mbak. Kadang bagus yang bisa terasa kalau bangun tidur itu badan segar dan semangat menjalani hari. Kadang jelek yang bikin kalau bangun malah terasa capek semua. Mungkin kalau udah terasa perlu banget bisa nih konsumsi Antangin Good Night ya.

    ReplyDelete
  25. Sebenarnya emang kurang tidur itu nggak bagus buat kesehatan ya mbak
    Cuma kadang aku tuh susah banget buat tidur
    makanya senang banget bisa tahu ada Antangin Good Night ini
    Sudah coba minum, dan hasilnya bisa tidur berkualitas

    ReplyDelete
  26. Aku termasuk orang yang suka mengalami gangguan tidur, kalau tidur aku selalu jam 12 malam. Gak bisa tidur aja...
    lihat bahan2nya herbal semua aman ya buat tubuh. kalau diminum setiap hari bolehkah itu? jadi pengen coba juga...

    ReplyDelete
  27. Bagiku adanya Antangin Good Night ini akan sangat membantu. Mengingat masalah tidurku ituuuu duh! apalagi selama pandemi. Senangnya ada solusi herbal dari Deltomed ini, daripada kita meracik sendiri Passion Flower, valerien, Jahe dan bahan lain yang membantu memperbaiki kualitas tidur kita, bakalan ribet kan ?

    ReplyDelete
  28. Tidur yang berkualitas itu memang sangat berpengaruh pada kesehatan dan aktivitas sehari-hari. Kalau aku bisa bad mood kalau kurang tidur. Mau beraktivitas juga rasanya letih, lesu tak bergairah. Maka aku menjaga banget tidur paling nggak 8 jam sehari.

    ReplyDelete
  29. Kalau saya yg sering mengganggu tidurku itu adalah faktor lingkungan, kalau berisik dan lampu menyala. Makanya saya biasa siasati dengan menutup telinga dengan bantal, hahaha.
    Nah saya mau coba nih Antangin ini biar bisa tidur lelap meskipun suara musik tetangga yg lagi hajatan membahana, hahaha.

    ReplyDelete
  30. Gangguan tidur akan mempengaruhi kualitas kerja dan produktivitas. Pokoknya kalau tidur berkualitas bangun tidur enak banget dan happy

    ReplyDelete
  31. pernah mbak, kalau saya mau pergi-pergi biasanya enggak bisa tidur karena mempersiapkan barang-barang yang dipakai anak suami selama saya bepergian hehe entah kenapa enggak bisa dilakukan saat dua hari sebelumnya, selalunya pas mau berangkat. jadi badan pegel semua. tapi puas aja gitu hehe. padahal gak bagus ya tidur yang gak berkualitas itu ya mempngaruhi produktivitas

    ReplyDelete
  32. Sama nih, suami saya juga susah dapat tidur berkualitas. Aku kenalkan dg Antangin ini. Semoga cocok yaaa, Mbaak.

    ReplyDelete
  33. Meditasi dan mandi sebelum tidur tuh menurutku sangat membantu bikin tudur lebih berkualitas. Setidaknya itu berlaku buat aku. Jadi lebih nyenyak tidurnya. Pas bangun juga lebih segar.

    ReplyDelete
  34. Menjaga kualitas tidur ini ternyata sangat penting.
    Dulu zaman kuliah, sering banget begadang sampai akhirnya bisa lulus. Masa begadang berlanjut lagi ketika memiliki anak.
    Sekarang anak-anak sudah beranjak dewasa, harusnya kebiasaan begadang diganti dengan tidur yang berkualitas yaa..

    Bisa dibantu dengan Antangin Good Night niih..

    ReplyDelete
  35. Aku merasa tertampar ni mba. Tidur sampe 8 jam tu kayaknya jaraaanhg banget. Kebiasaan tidur malam. Untungnya skrg lagi wfh. Jadi bangunnya gak sepagi klo wfo.

    ReplyDelete
  36. Pantesan ya aku tuh sering merasa ga enak badan, tidur malam palingan cuma sebentar sih. Kebanyakan begadang emang ga bagus ya untuk kesehatan. Harus membenahi pola tidur deh sepertinya.

    ReplyDelete
  37. Aku itu suka susah tidur kalau ga malam banget karena kebiasaan begadang hiks

    Berasa banget ga sehat itu abis begadang :") belum pernah nyobain ini

    ReplyDelete
  38. Hmm ternyata banyak yang keliru dengan cara tidurku ini
    Bikin saya harus berubah kalau mau lebih sehat dan tetap fit sampai usia lanjut

    ReplyDelete
  39. Waaaah produk baru dari Antangin ya Maaak? Kayanya boleh banget nih buat dicoba, biar tidurnya semakin nyaman dan nyenyak yaaa

    ReplyDelete
  40. Kadang kalau kurang tidur badan rasanya kayak digebukin ya mbm, mau nggak mau ini memengaruhi aktivitas sehari hari. Baru tahu ada Antangin Good Night lho..

    ReplyDelete
  41. Baru sadar, kalau kualitas tidur yang buruk bikin prosuktivitas terganggu.

    Mungkin ini jug kki ya kak yng bikin banyak kerutan di wajah. Duh, padahal skincare mahal mak

    ReplyDelete
  42. Gangguan sulit tidur memang sangat menyiksa. Jika berlarut2 harus segera diperiksakan ke dokter dan terpaksa minum obat tidur yang keras.

    Sebelum makin berlarut2, minum suplemen herbal biar kualitas tidur bisa diperbaiki dan relatif aman.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.