Sapu Lidi Lembang Bandung: Staycation dan Makan di Sawah ala Pedesaan


Sapul Lidi Cafe, Resort and Gallery
Sapu Lidi Lembang,
  dokumentasi pribadi


Senangnya bisa staycation sekaligus makan di sawah ala pedesaan di Sapu Lidi Cafe, Resort, and Gallery.  Sapu Lidi Lembang Bandung adalah tempat yang dipilih untuk staycation saat hari kelahiran suami di Bulan Maret yang lalu.


Ini adalah staycation perdana sejak pandemi, yang terpenting bagi Kami adalah selalu menjalankan protokol kesehatan. Sapu Lidi, nama yang cukup unik, hingga saya pun tergerak untuk googling saat suami bilang mau staycation di sini.


Ternyata tempatnya ada di Lembang, pasti udaranya masih sejuk dan asri. Senangnya karena di Sapu Lidi ini nuansa khas pedesaan dapet banget.


Bisa makan di sawah, naik perahu, dan resortnya juga tampak nyaman. Nuansa pedesaannya kental banget, berasa kangen kampung halaman alm kakek dan nenek saya di Garut. 


Jadi kangen pulkam, memori masa kecil saya banyak dihabiskan di saat saat moment Idulfitri. Hal yang unik dari Sapu Lidi ini adalah taglinenya "Makan di Sawah," berasa banget tinggal di pedesaan. 


Saya suka banget staycation bernuansa alam kaya gini. Seperti pengalaman saya staycation di  The Green Forest Lembang. Adem banget dan berkesan sampai sekarang, meski itu udah beberapa tahun lalu.



Sapu Lidi Cafe, Resort and Gallery 



Sapu Lidi Resort Lembang
Berfoto di pintu masuk Sapu Lidi,
dokumentasi pribadi


Sapu Lidi ini beralamat di Jalan.Sersan Bajuri, Kompleks Graha Puspa Cihideung Lembang, Bandung 40391, Jawa Barat. Suasananya cukup adem, asri, dan menawarkan view pedesaan yang jadi salah satu daya tarik tempat ini. 


Daerah Lembang memang jadi salah satu destinasi wisata favorit saya di Bandung, selain Dago dan Punclut.


Baca juga : Destinasi Wisata Punclut yang Keren


Sapu Lidi Cafe, Resort and Gallery ini menjadi kawasan wisata dengan konsep Cafe, Resort dan Galeri seni dengan tagline ” Makan di Sawah.” Pokoknya bisa refresh sejenak di sini, suasana alam yang sejuk, asri, bikin adem. Nuansa alam pedesaannya paling saya suka.


Sapul Lidi ini bangunan resto dan cafenya dibuat dengan suasana khas jawa barat, ada saung di tengah sawah, menu dan makanannya traditional khas Sunda. Resort Sapu Lidi juga rumah bernuansa kayu, berasa tinggal di Pedesaan zaman dulu.


Resepsionis di Sapu Lidi Resort
Resepsionis  di Sapu Lidi Resort,
dokumentasi pribadi


Sapu Lidi yang ada di kawasan wisata Lembang ini cukup luas dengan area seluas enam hektar yang bisa dikunjungi kapasitas seribu orang, loh, Sahabat. 


Cocok banget buat family atau company gathering.  Cocok juga buat pasangan yang mau pre-wedding, honeymoon, anniversary,dinner,staycation dengan suasana alam pedesaan.



Akses Menuju Sapu Lidi


Bagian depan Sapu Lidi
Bagian depan Resepsionis Sapu Lidi,
dokumentasi pribadi


Sapu Lidi Cafe and Resort yang terletak di daerah Lembang, sama saja dengan rute tempat wisata lainnya yang pernah saya kunjungi di Lembang. Tempat parkirnya cukup luas dikelilingi cantiknya alam Lembang.


Kamu bisa berwisata sekalian family time di seperti The Green Forest Lembang, Lembang Wonderland, Farm House Susu Lembang, dan Floating Market Lembang . Rute yang terdekat arahnya menuju Sapu Lidi adalah The Green Forest Resort Lembang.


Baca juga : The Green Forest Resort Lembang


Ada beberapa rute menuju kawasan wisata Sapu Lidi diantaranya: 


Buat yang berasal dari luar Kota, terutama Jakarta, Tangerang atau Bekasi, bisa melalui Tol Cipularang, lalu keluar lewat Tol Sadang. Lanjutkan perjalanan ke Purwakarta, lalu cari jalan Menuju Segalaherang. Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke Jalan Cagak Subang, belok ke arah Ciater kemudian menuju Lembang.


Untuk yang berasal dari Bandung dan melewati Tol Padalarang, lalu masuk Tol Padaleunyi dan keluar lewat Tol Pasteur. Sekitar 500 meter dari pintu tol, melewati perempatan menuju ke arah Setrasari, lurus terus sampai ke Jalan Dr Setiabudhi, lalu melawati Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). 


Dari UPI, naik terus sampai ke Terminal Ledeng, dari sini belok ke kiri, lurus terus sampai ke Jalan Sersan Bajuri Lembang, lalu masuk ke area perumahan yang menjadi Kawasan wisata Sapu Lidi Cafe Resort and Gallery.



Staycation di Sapu Lidi Resort Lembang


Kamar yang luas di Sapu Lidi, 
dokumentasi pribadi


Staycation di Sapu Lidi Resort pada Bulan Maret 2021 yang lalu adalah pertama kalinya keluarga Kami menginap di resort saat pandemi. Sebelumnya memang Kami engga pernah traveling dari Bulan Maret sampai Agustus 2020.


Begitu masuk new normal, keluarga saya mengunjungi penangkaran Rusa di Rancaupas. Sengaja memilih destinasi alam, biar engga terlalu berinteraksi dengan pengunjung lain dan memang udah pengen refreshing aja, udah berbulan-bulan stay at home.


Kami berangkat Siang Hari sekitar pukul 13.00 WIB Dari rumah saya yang ada di daerah Gunung Batu. Letaknya dekat dengan Tol Pasteur. 


Saat itu engga terlalu macet, alhamdulillah jalan lancar. Tepat pukul 14.00 WIB, Kami cek in di Sapu Lidi. Bagian front office resto cukup unik. Bernuansa kayu dan seperti bangunan zaman dulu. Nuansanya persis seperti pedesaan yang saya sukai. Hijau, adem, dan asri.


Akhirnya Kami berjalan menuju resort. Namanya unik, Nguma-Ngome adalah pondok yang saya tempati. Udara di sini fresh banget. 


Resort yang kami tempati,
dokumentasi pribadi


Saya melihat resto dengan view sawah dan juga ada perahu menuju salah satu resort. Setelah menyimpan koper dan barang lainnya, Kami menaiki perahu. Seru banget, deh.


Resort di tepi danau,
dokumentasi pribadi


Kesannya kaya menyebrangi danau saat ada di daerah pedesaan. Kami sempat  mengabadikan moment ini dengan berfoto sambil naik perahu. 



Naik perahu mengelilingi danau,
dokumentasi pribadi


Engga kerasa jalan-jalan sekitar Sapu Lidi, naik perahu, mengambil spot foto instagramable ternyata udah sore aja. Akhirnya Kami kembali ke resort. Saya mau mandiin anak dulu pastinya. Saya suka banget tinggal di resort ini. 


Fasiltas dan sarana di kamar resort Sapu Lidi Bandung ini cukup lengkap, dari tempat tidur, TV, koneksi wi fi, ada juga pemanas air di kamar mandi. Liburan berasa di rumah sendiri pokoknya. 



Kamar yang luas dan romantis,
dokumentasi pribadi


Saya suka dengan kamarnya yang luas. Ada kelambu di tempat tidur yang bernuansa kayu, ada bathtub yang cukup luas, bisa buat anak saya berenang di sini, kamar mandi juga ada etnik kayunya. Bagian wastafel juga begitu. 


Cuman pas giliran saya mau mandi, lama juga ngatur air supaya panas. Di sini dingin banget soalnya, engga mungkin mandi pakai air dingin. Ini aja sih, paling yang jadi kekurangannya.


Sayangnya engga ada hairdryer di sini, kalau buat yang berhijab kan engga nyaman aja kalau keluar pakai kerudung tapi kondisi rambut masih basah,  jadi buat yang mau ke sini dan merasa perlu hairdryer,  bawa aja dari rumah, ya. 


Wastafel bernuansa kayu,
dokumentasi pribadi


Bathtub Resort,
dokumentasi pribadi


Nah, di bagian depan resort, ada teras dan kursi untuk duduk bersantai sambil menikmati nuansa asri pemandangan alam sekitar Sapu Lidi Resort. Indah banget. Masyaallah. Rasanya beneran kaya tinggal di pedesaan. Buat yang kangen kampung halaman bisa cobain staycation di sini.



Bagian depan resort,
dokumentasi pribadi


Saat malam hari, udah ngerasa lapar juga. Akhirnya Kami makan malam sama Sate Taichan Jajanan Papi di Sukagalih, bisa order via Gofood juga buat dinner, ya, Sahabat Catatan Leannie. 


Baca juga : Sate Taichan Jajanan Papi Sukagalih Bandung


Dinner dengan Sate Taichan,
dokumentasi pribadi


Daerah Lembang ini terkenal sama cuacanya yang dingin, jadi bawa jaket atau Kaos kaki juga ya buat yang engga tahan dingin. Soalnya makin malam suhu udara juga makin dingin.



Makan di Sawah ala Sapu Lidi Cafe and Resto


Makan di Sawah,
dokumentasi pribadi


Senangnya staycation di Sapu Lidi. Tidur lumayan nyenyak juga. Sebelum breakfast, saya mengajak anak saya berkeliling lagi mengitari Sapu Lidi. Seneng banget rasanya ngajak anakku jalan-jalan pagi, merasakan sejuknya udara khas Lembang.


Jalan-jalan pagi di Sapu Lidi Resort,
dokumentasi pribadi


Setelah mandi, akhirnya sarapan juga. Meski agak siang juga sih waktunya. Ternyata resto buka jam 10 pagi. Jadi sarapannya paling nyeduh teh, makan kue ultah papinya Dzaky. Lumayan buat ganjel perut. Cuman buat saya, rasanya kalau belum ketemu nasi, ya, belum makan. Siapa, nih, yang kaya gini juga?


Serunya berfoto di Sawah,
dokumentasi pribadi


Akhirnya tepat jam 10.00 WIB Kami menuju resto Sapu Lidi. Tagline Sapu Lidi ini unik juga "Makan di Sawah." Saya pun pesan makanan khas Sunda. 


Menu makanan Sapu Lidi Resto,
dokumentasi pribadi


Berhubung masih pandemi, engga terlalu banyak juga yang makan di resto ini. Suami dan saya pesan menu yang sama, yaitu nasi liwet dengan ayam bakar, karena menu ayam bakar belum ada, diganti ayam yang diasapkan. Kami juga pesan oseng-oseng genjer dan pisang bakar keju request darri anakku.


Menu makanan di Sapu Lidi Resto ini menyajikan menu makanan tradisonal khas Sunda. Sesuai tagline "Makan di Sawah," memang makannya di tengah sawah, sambil duduk manis di saung beralaskan bambu yang diberi tikar dan beratapkan ijuk. Khas saung pedesaannya dapet banget sambil lihat hamparan padi di sekeliling resto ini.


Senengnya makan di sawah,
dokumentasi pribadi


Minumnya saya pesen bajigur sama teh manis anget. Meski udah siang, udara Lembang memang sejuk dan berasa dingin kalau buat yang engga terbiasa. 


Makanan di sini seperti makan makanan di resto tradisional khas Sunda lainnya. Menu makanannya bisa di lihat di bawah ini. Soal harga standar resto, lah. Harga makanan dimulai dari Rp. 50.000,00/pax. 


Menu makanan Sapu Lidi
Menu makanan di Sapu Lidi,
via makandisawah.com


Jam buka Sapu Lidi Resto and Cafe ini setiap hari Senin – Minggu dari mulai pukul 10.00 – 23.00 WIB. Untuk tiket masuk ke Sapu Lidi tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. 


Nah itulah keseruan staycation dan makan di Sawah di Sapu Lidi Lembang Bandung. Gimana, nih, Sahabat Catatan Leannie tertarik engga buat mengunjungi Sapu Lidi Resort, Cafe and Gallery?



Sapu Lidi Cafe, Resort & Gallery

Jalan Sersan Bajuri – Kompleks Graha Puspa Cihideung Lembang,Bandung 40391 – Jawa Barat 

(022)2786461 ( Sapu Lidi Cafe and Resto)

(022)2786915 ( Sapu Lidi Resort )

Folow akun Instagram: @sapulidisawah




Salam, 









63 comments

  1. WAAAW sekereeen ituuuuuh ...
    Aku suka sama bak mandinya - unik banget ya! Pastinya ini suasana juga feel romantic kao berduaan hihi.... Lembang doang yah? Okeh, deket!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terpesona juga sama bagian kamar mandi.. auto betah nih kalau mandi2 disini.. Suasana tempatnya juga bikin auto refresh..

      Delete
  2. Untuk biaya stay per malam per kamarnya berapa mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu suami yang pesenin resortnya Mba. Bisa hubungin kontak Sapu Lidi di atas, ya

      Delete
  3. Dari sejak sebelum pandemi, aku udh tertarik pengen stay di sapu lidi. Tapi batal Mulu, ATO malah kedistract Ama pilihan hotel yg lain di Lembang. Akhirny ga jadi2, dan datanglah pandemi :D. Nth kapan bisa ke Bandung.

    Menarik memang tempatnya, dan aku tertarik yg cottagenya menghadap ke danau mba. Anak2 pasti seneng, tp memang hrs diawasi ketat supaya ga nyebur :D.

    Kapan2 laaah, kalo udh aman, mau ke Bandung lagi. Kangen jugaaa stay di Lembang. Darj dulu kalo ke Bandung aku LBH suka Lembang drpd kotanya. Krn LBH dingin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, kebayang ya khawatir anak takut nyebur ke danau. Heu ... Emang nyaman banget sih kalau staycation di Lembang Mba. Dulu pernah di Green Forest, nyaman juga.

      Delete
  4. Kalau yang mau ngadem dengan suasana alam, jauh dari keramaian rekomen banget sapu lidi ini. Penuh dengan kedamaian apalagi pas makan di sawah, ternikmaaat.
    Ku beberapa kali nginep di sini, bareng teman2 dari luar kota dan tempatnya incaran mereka yang ingin menemui sawah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, bener banget. Aslinya cocok buat niis Teh. Nah iya buat yang kangen view sawah cocok sama tempat ini

      Delete
  5. Berharap sekali bisa menikmati waktu bersmaa keluarga diisni. Anakku pasti suka. Apalagi udah lama kami tak ke Lembang. Pemandangan alamnya juga masih asri dan nyaman. Kebayang dinginyaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba. Cocok buat family gathering. Anak-anak betah kayanya di sini

      Delete
  6. aku iri sekali karena ingin banget bisa staycation di sana dan menikmati indahnya Lembang dengan udaranya yang dingin

    ReplyDelete
  7. waah blom lama temen kantor sahring ptoto2nya di sapu lidi ini cuma ga ada poto dalamnya ternyata suasana di dalemnya kayak gitu ya ...
    masih pakai kelambu2 gitu untu tempat tidurnya dan nuansa kayu yang kuat di interiornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Restonya juga unik, ya, Mba. Asri banget. Seneng bisa makan di Sawah. Nah iya resortnya khas banget zaman dulu, nuansa kayu dalemnya.

      Delete
  8. Sapu Lidi... menarik sekali nama dan konsepnya. Saya suka sekali dengan hal-hal natural yang disajikan di sana.
    Lembang memang punya banyak tempat bagus untuk dikunjungi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, namanya memang unik, Mba. Di Lembang memang banyak destinasi wisata yang asyik

      Delete
  9. Tempatnya kayaknya enak banget ya buat refreshing.. seger hawanya..fasilitasnya juga oke.. Menu makanannya apalagi.. Auto pengen cuzzz kesini deh..

    ReplyDelete
  10. Yaaah Lembang, ya asik dong, hehehe. Kami pernah juga tuh bbpa hari di vila nya di Ciater. Asik banget belajar naik kuda. Saya bisanya dapat ilmu berkuda di sana. Suasananya bikin nyaman dan fresh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke D Ranch bukan Mba, yang ada area berkuda?

      Delete
  11. Lembang tu selalu ada aja yg baru dan kece ya. Sayangnya jauh pisan se semarang. Sejenak meelpas penat sambil staycation di tempat yg kece gini bisa bikin mood bahagia lagi ya. Catet deh moga2 kalo pandemi usai bisa juga staycation di lembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Lembang emang destinasi wisata favorit, makanya sering macet Mba. Seru emang bisa staycation dan makan di sini

      Delete
  12. Suasananya kelihatan nyaman dan tenang ya mam. Cocok banget nih untuk liburan sama keluarga. Harganya juga affordable. Masukin list, siapa tahu suatu saat bisa liburan ke Lembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, cocok buat family gathering Mba. Anak-anak juga seneng di sini.

      Delete
  13. mau ya Allah, hihi
    aku udah lama nggak ke Bandung apalagi Lembang, terakhir tahun 2018 mbaa
    sapu lidi ini familiar deh mba, jadi masuknya gratis ya, duh sawah bener2 kangeeeen... asyik ya mba, anak2 juga pasti happy deh ituu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, sini main lagi ke Bandung kalau udah memungkinkan Mba.

      Delete
  14. Toss kita kalau belum masuk nasi belum sarapan rasanya hahaa
    Ya ampun aku galfok dengan tempat tidur, bathtub, suasana sawahnya ...dan semua di Sapu Lidi Lembang Bandung ini. Berasa banget suasana pedesaannya. Pas buat refreshing bersama keluarga nih Mbak Lia...Thanks sharingnya bisa docoba staycation nih di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Dian walau udah makan macem-macem rasanya belum makan aja kalau bukan makan nasi. Hihi ... Nah, iya, silakan berkunjung kalau memungkinkan. Emang udahnya fresh banget habis staycation di sini. Betah, anakku sampai pengen ke sana lagi katanya

      Delete
  15. Saya tinggal di Bandung tahun 2005 - medio 2009. Dan sejak saat itu baru sekali "menengok" Bandung. Dulu lumayan sering main2 seputar lembang. Tapi kalau sekarang ke sana, pasti saya sudah pangling deh...Lebih dari satu dekade, pasti sudah banyak sekali perubahan yang terjadi.
    Mudah2an bisa ke Bandung lagi. Siapa tahu bisa nginep di Sapu Lidi. Asa nyaman gituuuu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti Mba, banyak yang berubah. Iya, Mba, moga suatu saat bisa berkunjung ke Bandung ya

      Delete
  16. recommended banget kayanya tempatnya ya maaak. sapu lidi lembang ya, kutandain ah, nanti mampir kesanaaaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba. Silakan berkunjung suatu hari nanti. Hehe

      Delete
  17. Resort nya asik ya kayak rumah nenek di desa gitu, suasananya juga asri. Kalo di tempat dingin gitu tidurnya pakai kelambu enak juga jadi anget. Unik sih menu ayam asap, aku belum pernah nyobain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba berasa jadul, inget rumah nenek di desa. Di sini
      nuansa pedesaannya dapet banget. Suka deh

      Delete
  18. Tempatnya nyaman banget ya mbak, asyik banget bisa staycation di sini. ada bathtubnya juga. kamarnya juga suka nuansa kayunya dan jadoel gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, bikin betah. Nuansa jadul dan khas pedesaan banget

      Delete
  19. Asyik banget ya staycation di sapu lidi... Saya belum pernah, baru makan di restonya aja, itu juga udah lama banget...

    ReplyDelete
  20. Senangnya bisa staycation. Kalau tinggal daerah Bandung kayaknya gampang banget ya dapatin tempat staycation yang asyik bertema alam. Duh aku udah lama banget nggak ke Bandung, terakhir 3 atau 4 tahun yang lalu. Semoga kapan-kapan bisa liburan juga ke Sapu Lidi Lembang Bandung.

    ReplyDelete
  21. Staycation dengan pemandangan alam kaya gini pasti menyenangkan ya mbak. Kaya beralih sesaat dari hiruk pikuk aktivitas di kota yang tiada henti. Cakep banget nih viewnya

    ReplyDelete
  22. Bagus banget yaa...
    Aku pernah baca petunjuk menuju ke Sapu Lidi Lembang ini...Jalanannya luar biasa... Menantang sekali.
    Tapi yakin siih...setelah sampai tempatnya, pasti memanjakan banget.
    Uwwh, kangen Lembang.

    ReplyDelete
  23. Asyik banget staycation di Sapu Lidi. Kental dengan nuansa alam yang bikin seger mata, udaranya pasti segar, cocok buat memanjakan paru-paru. Liat ranjangnya berasa kayak ranjang penganten karena pakai tirai mirip2 kelambu hehe. Suasananya sangat cocok buat dijadikan tempat liburan bersama keluarga. Terima kasih ulasannya mbak. Bisa kujadikan referensi kalau suatu hari liburan ke Bandung.

    ReplyDelete
  24. Wah mbak tempatnya cakep banget. Dan asri cocok buat ngadem dan staycation ngajak keluarga nih mbak.

    ReplyDelete
  25. Keren banget resort sapu lidi ini ya teh, tradisional namun berkesan. Cocok banget buat refreshing bersama keluarga. apalagi harga makananannya juga bisa dibilang terjangkau.

    ReplyDelete
  26. Aku tinggal di Bandung, malah belum pernah nih staycation di Sapu Lidi. Baru makan di restonya doang. Kayaknya asik juga deh. Resortnya terlihat OK dan bersih...

    ReplyDelete
  27. Ulalaaa, seru banget Kak Lia.
    Aku ada ipar yg tinggal di GerLong, ga terlalu jauh lah ke Lembang
    pan kapan aku minta diajakin k sini ahhhh

    ReplyDelete
  28. wah senangnya bisa staycation di Sapu Lidi

    karena saya punya teman yang rumahnya di Graha Puspa dan sering banget sekadar ngobrol2 , dan makan minum di Sapu Lidi

    kebayang asyiknya staycation di Sapu Lidi, pingin ke sini bareng anak2 ^^

    ReplyDelete
  29. Saya gak tahu apakah ada kaitannya Sapu Lidi di Lembang dengan Sapu Lidi di Ubud, Bali. Nuansanya sama-sama pedesaan. View sawah, kolam, danau. Terima kasih rekomendasinya mba. First time nih saya lihat tempatnya.

    ReplyDelete
  30. Nama resortnya yang unik, tapi suka dengan nuansa yang alami dan sejuk khas pedesaan. Ini menjadi family time yang makin akrab ya, apalagi ternyata dekat juga dengan kawasan wisata Lembang lainnya

    ReplyDelete
  31. wahh nyaman banget ya mbak menginap di Sapu Lidi Lembang ini
    suasanya memamng seperti di pedesaan dngn hawa Lembang yang sejuk pasti tambah bikin betah ya mbak

    ReplyDelete
  32. membaca lengkap artikel di atas duh staycation di sapu lidi seru ternyata ya, bisa makan di gubuk sawah, mengingatkan kita pada kampung halaman. Wahana danau di sekitar lokasi sapu lidi juga seru ya ditelusuri pakai perahu. Btw, kok gak itu makai alat pengaman (baju pelampung) ya kak saat naik perahu? hehehe, tuk jaga2 aja harusnya ada..

    ReplyDelete
  33. Asyik banget, cafe, resort dan galeri seni dalam satu tempat. Bisa jalan di pematang sawah, naik perahu di danau. Ini nggak cuma liburan, tapi bisa jadi sarana pembelajaran buat anak juga

    ReplyDelete
  34. Saya baru sempat makan di restonya. Belum pernah menginap. Padahal gak jauh dari rumah kami yang di Cimahi. Pernah waktu itu mau mampir lagi. Eehh macet banget. Stuck gak bisa jalan. Akhirnya terpaksa mutar balik. Gak jadi jalan-jalan. Liat foto-fotonya kembali penasaran nih. Kudu dicoba lagi

    ReplyDelete
  35. Seru banget ya staycation di tempat yang suasananya pedesaan gini. Biar seger juga otak menghirup udara bersih.

    ReplyDelete
  36. Karena pandemi, rencana liburan ke Bandung batal lagi dong huhu. Seru banget yaa nginep di Lembang, suasana asri dan adem banget pastinya hihi..

    ReplyDelete
  37. Nama resortnya unik ya Mbak, beda dari yang lain. Viewnya juga bagus nih, anak-anak pasti suka diajak main ke sawah ya, emaknya pun juga senang doong, banyak spot foto Instagramable yang nanti bisa jadi stock buat IG ya 😁

    ReplyDelete
  38. Tempatnya bagus! Duuh... Tapi sy malah nggak mampir pas ke Bandung sebelum pandemi.
    Besok sy agendakan lagi...

    ReplyDelete
  39. Aku tu udah planning terus ksini mba.. tapi batal mulu, kayaknay ku tak jodoh, lumayan terhibur dengan artikel ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, moga nanti kesampaian datang ke sini ya Mba

      Delete
  40. di daerah Lembang banyak banget tempat penginapan yang homey ya.
    apalagi viewnya semua cakep dan sejuk gitu.
    kamarnya termasuk luas juga meskipun nggak ada hair dryer, kadang aku sendiri suka bingung kalau ga ada hairdryeer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya kebeli Sama view dan nuansanya. Iya, nih, sayang engga ada hairdryer Mba, but tetep suka kok staycation di sini

      Delete

Silakan tinggalkan komentar. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus. Maaf juga jika ada komentar yang belum terbalas. Terima kasih atas kunjungannya.