Menggapai Lailatul Qadar, Melangitkan Doa dan Asa di Akhir Ramadan

Doa akhir Ramadan
Menggapai Lailatul Qadar,
Freepik.com/prostooleh


Ramadan sudah di penghujungnya, memasuki fase sepuluh hari terakhir di bulan suci ini, ada satu moment Istimewa yang dinanti, yaitu Lailatul Qadar, satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Di akhir Ramadan ini, saya melangitkan doa dan secercah asa, semoga Allah senantiasa mengabulkan doa terbaik bagi umatnya.

Memasuki akhir Ramadan di sepuluh hari terakhir Ramadan, Allah memberikan jaminan bagi muslim yang berpuasa dan bertakwa dari siksaan api neraka. Sungguh Ramadan bulan penuh berkah.


Menggapai Lailatul Qadar


Kehadiran malam Lailatul Qadar begitu dinantikan. Ada beberapa tanda malam Lailatul Qadar, sesuai dengan hadits di bawah ini

“…Sesungguhnya tanda Lailatul Qadar adalah malam cerah, terang, seolah-olah ada bulan, malam yang tenang dan tentram, tidak dingin dan tidak pula panas. Pada malam itu tidak dihalalkan dilemparnya bintang, sampai pagi harinya. Dan sesungguhnya, tanda Lailatul Qadar adalah, matahari di pagi harinya terbit dengan indah, tidak bersinar kuat, seperti bulan purnama, dan tidak pula dihalalkan bagi setan untuk keluar bersama matahari pagi itu.” (HR. Ahmad)

Aisyah r.a. berkata,

“Rasulullah ber’itikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, dan beliau bersabda, ‘Carilah malam qadar pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan. (HR Bukhari dan HR Muslim)

Sepuluh hari terakhir di Bulan Ramadan ini jangan sampai dilalaikan, manfaatkan dengan banyak melakukan amal ibadah harian. Anggap saja Bulan ini Ramadan terkahir Kita, agar semakin makasimal dalam beribadah.

Menggapai Lailatul Qadar bisa diusahakan, lakukan semua amal ibadah agar semuanya berkah. Semoga Allah SWT menerima amalan puasa kita selama Ramadan.


Lantunan Doa dan Secercah Asa di Akhir Ramadan


Ada beberapa doa yang dianjurkan dibaca ketika ingin menggapai malam Lailatul Qadar, diantaranya :

1. Doa minta pengampunan dosa


ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇﻧَّﻚ ﻋَﻔُﻮٌّ ﺗُﺤِﺐُّ ﺍﻟْﻌَﻔْﻮَ ﻓَﺎﻋْﻒُ ﻋَﻨِّﻲ
Allahumma Innaka 'Afuwwun, Tuhibbul 'Afwa, Fa'fu 'Anni

Artinya :
"Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi ampunan dan menyukai orang yang memohon ampunan, maka ampunilah aku." (HR: At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)


2. Doa untuk kebaikan dunia dan akhirat


"Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzabannar.'

Artinya: Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami kebajikan di dunia dan kebajikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Kedua doa ini dianjurkan untuk dibaca saat malam ganjil di sepuluh hari terakhir Ramadan. Doa yang jadi reminder buat saya meminta pengampunan dosa dan kebaikan dunia akhirat.

Ucapan adalah doa. Doa itu berisi harapan yang tersimpan dalam hati.
Saya sendiri punya banyak harapan atau asa di akhir Ramadan ini, yang paling utama dikasih kesehatan buat semua keluarga. Semoga diberikan kesempatan untuk bertemu kembali bulan Ramadan selanjutnya. Ada banyak harapan jika saya masih diberikan kesempatan berjumpa Ramadan tahun depan.


Baca juga : Seuntai Harapan saat Bertemu Ramadan Tahun Depan


Satu lagi harapan saya, mungkin jadi harapan semua orang, rasanya pengen banget pandemi ini cepat berakhir biar bisa beraktivitas normal seperti sedia kala.

Kadang kangen ingin mengunjungi berbagai tempat selepas pandemi berakhir. Banyak tempat yang sebenarnya biasa saja, seperti taman dekat rumah yang saya kangenin buat dikunjungin sama anak saya.

Ada juga berbagai tempat di Bandung yang belum saya jelajahi. Sementara jadi rencana atau itinerary saja dahulu.


Baca juga : Serunya Mengunjungi 7 Tempat ini setelah Pandemi Berlalu


Semoga Kita mempu meraih malam Lailatul Qadar yang labih baik dari seribu bulan. Moga seluruh doa, harapan atau asa dikabulkan Allah SWT. Aaamiin Ya Rabb ...  Sharing, dong, Sahabat Catatan Leannie, doa dan harapan apa yang Kamu punya di akhir Ramadan ini?





Salam,




#BPNRamadan2020
#BPNChallengeday28





45 comments

  1. Aamiiin Aamiiin Allohumma Aamiiin terima kasih sdh mngingatkan kami kak. Semoga Alloh ampuni dosa2 kami semua dan Alloh kuatkan masyarakat Indonesia untuk tetap di rumah saja dan tidak mudik dulu 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak Vidya. Agak susah ya sama orang Indonesia mah. Ada aja yang memaksakan diri buat mudik

      Delete
  2. Sepekan terakhir Ramadhan ini semoga ibadah kita gak kendor dengan urusan panggang memanggang kue ya kak.. hihihi
    Semoga kita menjadi pribadi yang lebih baik begitu keluar dari akademi Ramadhan ini Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, moga enggak teralihkan fokusnya ke arah bikin kue. Aamiin, saya pun masih belajar jadi pribadi yang baik, Mbak

      Delete
  3. Saya lagi di malam-malam lailatul qadar ini. Jadi blum bisa memanfaatkan momen dengan ibadah yang maksimal seperti sholat, ngaji. Tapi saya berusaha memaksimalkannya di ibadah yang lain aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Lakukan saja ibadah lainnya kalau sedang berhalangan

      Delete
  4. Pastinya semoga bisa disampaikan pada Ramadhan tahun depan Mbak. Keluarga sehat, keluarga besar sehat dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Harapan umum semua orang, ya, Mbak.

      Delete
  5. Sekarang kaum muslimin telah berada di 10 malam terakhir, yang di satu malam ada malam Lailatul Qadar. Mari kita melangitkan doa agar wabah covid ini segera berlalu dan kita senantiasa sehat wal afiat.

    ReplyDelete
  6. Semoga di Penghujung Ramadan ini kita menjumpai Malam Lailatul Qhadar, di ampuni dosa-dosa kita dan di pertemukan di Ramadhan tahun depan dengan suasana damai tanpa Covid-19 agar kita maksimal melaksanakan amalan-amalan Ramadhan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, harapan saya juga begitu. Aamiin.

      Delete
  7. Sejak kecil sampai sekarang, saya selalu merinding, kagum dengan cerita-cerita tentang Lailatul Qadar, tak terkecuali saat membaca coretan Mba Lia ini. Hihihi. Semoga kita menjadi orang-orang beruntung yang mendapatkan kesempurnaan Lailatul Qadar ini ya mba.

    ReplyDelete
  8. Aamiin, aamiin ya rabbal alamin. Semoga kita semua bisa menggapai lailatul qadar ini. Akhir Ramadan memang luar biasa. Walopun gak bisa beritikaf seperti tahun-tahun sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Aamiin, Teh Nia. Kangen suasana Ramadan seperti tahun sebelumnya

      Delete
  9. Malam Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam yang dinanti Semua umat muslim di dunia. Masya Allah , betapa inginnya bisa bertemu dengan malam Lailatul Qadar ini. InsyaAlloh semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung aamiin

    ReplyDelete
  10. Iya banget doa saya terdalam adalah agar pandemic segera berakhir kasihan nasib wong cilik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Ambu, kasihan rakyat kecil yang Makin kesulitan pasca pandemi

      Delete
  11. Insyaa Allah walaupun kondisi Ramadan tidak seperti tahun sebelumnya, kemuliaan malam lailatul qadar bisa diraih ya :)

    ReplyDelete
  12. semoga kita semua senantiasa dipertemukan dengan malam lailatul qadar dimana keberkahan dan berbagai kebaikan selalu menyertai perjalanan hidup nantinya

    ReplyDelete
  13. sedih juga ya, ketika harus berpisah dg ramadan. bulan penuh keberkahan. Isi hari2 dengan ibadah kepada Allah...
    Pandemi bikin kita makin khusuk lagi beribadah.

    ReplyDelete
  14. harus semakin khusu dalam beribadah

    ReplyDelete
  15. Gak kerasa ya mbak udah 27 hari puasa di bulan ramadhan, udah dekat banget sama hari kemenangan. Semogaa bisa memaksimalkan hari-hari terakhir di bulan ramadhan. Menggapai lailatul qadar, malam seribu bulan yang selalu dinanti-nantikan, aamiin ☺️

    ReplyDelete
  16. Kl doaku tiap mlm minta dijodohkan sm dia mbak. Wqwqq
    Siapa tahu dikabulkan di bulan Ramadan ini, syukur2 bisa ktmu malam seribu bulan 🤭

    ReplyDelete
  17. Ramadan tinggal beberapa hari dan kita semua berharap bisa bertemu lagi dengan Ramadan mendatang. Doa di malam Lailatul Qadar ini semoga terijabah. Aamiin.

    ReplyDelete
  18. Aamiin. semoga kita semua termasuk hamba2 yg beruntung di 10 hari terakhir ramadhan.

    ReplyDelete
  19. Pengen bisa segera terbebas dari hutang dan semoga Tidak berhutang lagi. Pengen bisa haji atau umroh. Pengen segera bisa berdikari atau berpenghasilan tetap per bulan dari menulis, aamiin aamiin Allahumma aamiin.

    Semoga masih diberikan kesempatan untuk berjumpa lagi dengan Ramadhan tahun depan dengan kodisi yang lebih baik lagi, aamiin.

    ReplyDelete
  20. Amiin ya Rabbal alamiin.. dia mbak doa saya juga. Semoga pandemi segera berlalu dan kita bisa aktifitas lagi.

    ReplyDelete
  21. Aamiin ya Robbalalaamiin... semoga Allah mengabulkan doa-doa kita ya mbak..huhu sedihnya berpisah dengan ramadhan

    ReplyDelete
  22. Doaku ramadan tahun ini adalah agar pandemi lekas lenyap di bumi. Semoga ya mbak, sedih lihat banyak orang yang terkena dampak pandemi ini

    ReplyDelete
  23. Aamiin ya rabbal alamiin..
    Semoga kita bisa dipertemukan di bulan ramadhan selanjutnya.

    ReplyDelete
  24. saya baca postingan ini pas udah masuk 1 syawal mbak, aamiin semoga kita semua bisa dipertemukan di romadhon tahun selanjutnya. semoga semua doa-doa yang telah kita panjatkan diijabah Allah di waktu yang sudah direncanakan

    ReplyDelete
  25. Mba, Mohon maaf lahir dan batin ya semoga kita dipertemukan dengan Ramadan tahun depan dengan situasi yang jauh lebih baik lagi :)

    ReplyDelete
  26. Walaupun kita sering membaca tentang tanda-tanda datangnya malam lailatul qodar, sampai sekarang saya masih belum tahu apakah sudah ketemu dengan malam itu. Itu sebabnya kita disuruh lebih banyak beribadah di 10 malam terakhir, supaya tidak terlewat lailatul lailatul qodarnya. Padahal susah banget, makin deket lebaran makin ribet di dapur, ngerjain pesenan kue ... 😊😊

    ReplyDelete
  27. Ramadan beranjak pergi
    semoga Allah menerima amal ibadah kita dan memberikan umur panjang sehingga kita bisa bertemu bulan Ramadan lagi Aamiin

    ReplyDelete
  28. Semoga dipertemukan pada Ramadan tahun depan. Semoga mendapatkan keberkahan lailatul qadar. Sedihnya ramadan berlalu seakan begitu cepat.

    ReplyDelete
  29. Yang jelas doa saya adalah ingin bertemu kembali dengan Ramadhan tahun depan dan Pandemi ini segera berakhir, Aamiin

    ReplyDelete
  30. semoga keberkahan Ramadhan masih melekat di hati kita, dan kita masih diberi kesehatan dan kesempatan bertemu Ramadhan berikutnya dalam keadaan normal lagi, Aamiin.

    ReplyDelete
  31. Sama sekali tidak menyangka ternyata Ramadan yang begitu indah kali ini justru terjadi saat pandemi. Ibadah lebih tenang karena minim distraksi. Tapi meskipun begitu semoga pandemi ini segera berakhir agar Ramadan bisa seperti dulu lagi.

    ReplyDelete
  32. Masya Allah, baru beberapa hari ya beranjak dari Ramadhan, inginnya bisa berlangsung lagi karena ada yang belum sempurna dilakukan. Semoga kita bisa berjumpa lagi pada tahun berikutnya

    ReplyDelete
  33. Masya Allah, seminggu sudah ramadhan meninggalkan kita semua ya mba. Tapi, ketaatan dalam beramal dan beribadah harus tetap ada dan terjaga. Semoga tahun berikutnya kita semua kembali dipertemukan lagi dengan ramadhan ya mba. Aamiin.

    ReplyDelete
  34. Terimakasih sharingnya mb. Meskipun kini malam laitul qodar telah berlalu tapi semoga doa2 ini masih bisa kita save untuk ramadan tahun depan aamiin..

    Btw, mohon maaf lahir batin geh🙏

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillah malam lailatul qodar di bulan ramadhan kemarin itu sangat terasa berbeda buat aku mba, rasanya sedih banget

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus. Maaf juga jika ada komentar yang belum terbalas. Terima kasih atas kunjungannya.