Inilah 7 Chanel YouTube Favorit Warga Bandung buat Belajar Kajian Islam

Belajar Islam,
Pexels.com/fatemah khaled


Belajar mengenal Islam lebih dekat bisa dilakukan dengan berbagai cara.  Di masa Pandemi COVID-19 seperti sekarang, akses untuk ke tempat ibadah seperti mendatangi kajian dihindari terlebih dahulu sesuai anjuran Social Distancing. Semua bisa dilakukan dari rumah, yuk belajar kajian islam dari 7 Chanel Favoritnya warga Bandung.

Menyampaikan dakwah sebenarnya bukan hanya kewajiban para ustaz ini tetapi kewajiban umat muslim secara keseluruhan. Mari terus belajar kajian islam untuk menambah ilmu dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari. Simak, yuk, ketujuh chanel favoritnya Catatan Leannie buat belajar Islam di bawah ini!


1. Ustaz Aam Amiruddin Official


Ustaz Aam Amiruddin
Chanel  Ustaz Aam Amiruddin, Youtube.com


Saya pertama kali mendengar ceramah ustaz Aam Amiruddin ini zaman pas masih gadis dulu sebelum menikah di radio Oz Bandung setiap bada subuh.

Mendengar penuturan Ustaz Aam Amiruddin yang cerdas,  tidak menggurui tetapi memberikan pemahaman pada yang mendengar juga mudah diterima banyak kalangan dari kaum milenial hingga Ibu-ibu, bikin saya senang mendengar kajian dari beliau.

Ustaz Aam Amiruddin juga rutin mengisi kajian di Majelis Percikan Iman dan Masjid Agung Trans Studio. Kamu bisa mendengar ceramah beliau secara live kalau pandemi COVID-19 udah berlalu, ya.

Buat Kamu yang pengen belajar kajian Islam bisa subscribe chanel YouTube Ustaz Aam Amiruddin Official.


2. Ustaz Adi Hidayat


Ustaz Adi Hidayat
Ustaz Adi Hidayat, YouTube.com


Ustadz yang satu ini ternyata dari kecil sudah banyak meraih penghargaan lho. Kecintaannya pada Al-Quran dan hadits menjadikan Ustadz Adi Hidayat mengambil program Lughah Arabiyyah wa Adabuha untuk mendalami kedua sumber syariat Islam ini.

Ustaz Adi ini aktif mengisi berbagai kajian agama, beliau juga telah menerbitkan buku dengan judul Buku Catatan Penuntut Ilmu, Pedoman Praktis Ilmu Hadist, dan Manhaj Tahdzir Kelas Eksekutif.


3. Aagym Official


Aagym
Aagym Official, YouTube.com


Pendiri Daaurut Tauhid ini punya akun Aagym Official. Kamu bisa mendengar ceramah Aagym yang khas dengan logat sundanya. Aagym ini sering memberikan kajian islami dengan bahasa yang kekinian, kadang diselingi rasa humor juga dan cukup mudah dicerna buat yang sering denger kajiannya.

Kamu bisa subscribe Chanel Aagym Official buat belajar kajian islam selama bulan ramadan.


4. Ustaz Yayat Rukhiyat Ar Rasyid


Ustaz Yayat Rukhiyat
Ustaz Yayat Rukhiyat, YouTube.com


Saya pernah mendengarkan ceramahnya Ustaz Yayat Rukhiyat yang sampai saat ini begitu melekat di hati. Begitu mendengar satu kajian beliau, saya langsung terkesan dan subscribe Chanel YouTube Ustaz yang satu ini.

Saya juga menuliskan isi kajian tersebut dalam salah satu postingan di blog ini setahun yang lalu. Buat Kamu yang pengen baca tulisan saya bisa diakses di bawah ini, ya!



5. Ustaz Dudi Muttaqien dalam Chanel Masjid Istiqomah Bandung


Masjid Istiqomah Bandung
Ustaz Dudi Muttaqien, YouTube.com


Pada tahun 2013 yang lalu, saya rutin mengikuti kajian islami di Masjid Istiqomah Bandung yang terletak di Jalan Taman Citarum, ini letaknya berdekatan juga dengan lab swasta tempat saya pernah bekerja.


Saya juga mengikuti kajian pra nikah dulu bersama Ustaz Dudi Muttaqien di Masjid Istiqomah ini setiap sabtu sore yang bernama Majelis Madani. Sekarang jadwalnya beda lagi kayaknya.

Ustaz Dudi Muttaqien ini ceramahnya enggak ngebosenin, dibalut humor yang khas dengan logat sundanya juga, yang disampaikan beliau pun begitu pas sampai ke hati.

Saat mengikuti kajian pranikah dengan Ustaz Dudi,  Beliau selalu mengingatkan untuk ikhlas menerima kondisi pasangan, buat pasangan senyaman mungkin agar surga hadir dalam rumah tangga yang bersangkutan. Masyaallah saya banyak belajar dari beliau.


6. Ustaz Evie Effendie dalam Chanel Masjid Agung Trans Studio Bandung


Masjid Trans Studio Bandung
Ustaz Evie Effendi, YouTube.com


Dikenal dengan sebutan Ustaz gaul, penampilan Ustaz Evie Effendi cukup stylish dengan memakai kemeja dan topi.
Ustaz Evie Effendi ini tinggal di Bandung dan sering mengisi tausiyah di berbagai radio juga televisi nasional. 

Gaya dakwahnya pun menyentuh kaum muda yang kekinian, ia juga menyampaikan kajian untuk generasi muda dengan tajuk
YOLO (You Only Live Once) atau hidup cuma sekali. Pas banget sama tema anak muda dan kekinian tentunya.


7. Teh Ninih Mutmainah Official


Teh Ninih Muthmainah
Teh Ninih Muthmainah, YouTube.com


Meskipun subscriber Teh Ninih di Chanel YouTube Teh Ninih Muthmainah masih ratusan, saya senang mendengar kajian islam terutama yang membahas masalah perempuan. Teh Ninih ini merupakan istri dari Aa Gym, pendiri Daaurut Tauhid Bandung.

Teh Ninih yang menyampaikan kajian Islam dengan lembut dan tenang ketika memberikan ceramah, membuat saya terkesan dengan Beliau. Senang mendengarkan kajian Islam bareng Teh Ninih Muthmainah.

Meski diam di rumah selama Ramadan, Kita masih bisa mendulang pahala dengan mengikuti kajian online dari ketujuh Chanel di atas.

Kamu bisa mempelajari kajian di atas secara online dengan mengikuti Chanel YouTube favoritnya saya sebagai warga Bandung. Diantara ketujuh Chanel di atas adakah yang jadi favoritmu juga?


Salam,



#BPNRamadan2020
#BPNChallengeday17







20 comments

  1. Ya ampun ketahuan deh kalau saya jarang nonton channel ginian, cuman AA gym aja dong yang pernah saya tonton, itupun jarang :D

    Kalau kajian gini, lebih seringnya liat di IGTV, punyanya ustadz solmed.
    tapi thanks ya, saya jadi tertarik mau menyimak beberapa channel ustadz ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, ini Chanel YouTube ustaznya yang daerah Bandung aja, Mbak Rey. Wajralah kalau cuman Aagym yang familiar.

      Delete
  2. Saat di rumah gini malah lebih banyak waktu untuk pantengin channel-channel islami ya. Aku juga ada beberapa channel kajian islami favorit yang gak aku lewatkan bulan ramadhan gini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, Mbak Erny. Banyak Belajar kajian Islam dari YouTube

      Delete
  3. Ustaz Adi dan Aa Gym masih favoritku karena bahasa mereka pas buatku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Eno bahasanya juga enak didengar, ya

      Delete
  4. Kadang lbh sering dgr kajian dari ust Adi Hidayat sih, tp ga tiap hari jg hahaha... soalnya kdg jd klik salah satu kajian ust di utube tuh krn memang muncul di timeline, tnyta dpt info yg rekomen dari sini, lumayanlah.. jadi bs langsung cuzz liat, lumayan nambah wawasan islami selagi mengisi waktu di rmh jg🙂 makasih info nya mbak ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, kalau lagi enggak pandemi kadang lebih suka datang ke kajiannya langsung

      Delete
  5. Jadi pengen pulang kampung nih. Aku tuh kalau lagi kangen hadir ke kajian, langsung aja cari channel youtubenya ustadz aam, ustadz dudi atau aa gym. Biasanya dulu, bisa langsung datang ke kajiannya, sekarang harus cukup puas lihat channel youtubenya aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Teh. Sekarang harus cukup puas sama kajian online, ya

      Delete
  6. Ada dong, mba. AA Gym dan Ust. Adi Hidayat. Dan kajian dua ustad ini juga yang paling banyak di share di grup2 WA saya tergabung.
    Ust, Evie Efendi juga pernah mendengar ceramahnya.
    Kalau yang lain, saya belum terlalu familiar, nanti main ke channel ust tersebut. Makasih rekomendasinya, mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama-sama, Mbak. Sekarang kan enggak bisa datang ke kajiannya, jadi cukup Belajar via online aja

      Delete
  7. Makasih info linknya. Banyak juga ya Ustadz yang tauziah online. Aku biasa dari aplikasi, tapi jadinya engga realtime.

    ReplyDelete
  8. Sekarang dgn adanya chanel2 tsb, meski di rumah saja kita tetap bisa menimba ilmu agama ya mbak
    Aku juga nonton Udtadz Adi

    ReplyDelete
  9. Sampai kaget, soalnya saya juga nulis ttg pak Aam
    Kaget karena laptop ini tadi bermasalah
    Eh ternyata ..... :D
    Saya cuma pak Aam dan Quraish Shihab say, gak mau ke lain hati :D

    ReplyDelete
  10. Waktu masih di Bandung, saya sering ikut kajian di ust Aam dan Aa Gym tiap hari Ahad.
    Sekarang bisa melalui kanal youtube ya.

    ReplyDelete
  11. Belajar kajian islam makin dimudahkan banget ya mbak, saya blm pernah dengar kajian dari Teh Ninih. Jadi pengen liat2 akun youtubenya jg

    ReplyDelete
  12. Yang daku sering kunjungin channelnya Ustad Adi Hidayat. Pernah juga sih lihat ads channelnya Teh Ninih. Mantap nih Ramadhan jadi makin asik

    ReplyDelete
  13. Saya tahunya cuma Aa gym doang nih.. Terimakasih infonya yah. Artikelnya bermanfaat sekali. Saya jadi tahu jika mau nonton chanel islami harus cari yang mana.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus. Maaf juga jika ada komentar yang belum terbalas. Terima kasih atas kunjungannya.