Ketahui Tips Memilih Menu Sahur yang Sehat dan Menjalani Puasa bagi Ibu Hamil

Menu sahur untuk ibu hamil
Menu sehat untuk ibu hamil,
freepik.com/ valeria_aksakova

Menjalankan puasa di Bulan Ramadan adalah kewajiban seorang muslim, namun ada beberapa kelonggaran yang menyebabkan seseorang boleh tidak berpuasa, salah satunya adalah kehamilan.

Meski begitu, ada beberapa tips aman untuk ibu hamil jika ingin tetap menjalankan ibadah puasa dengan memilih menu sahur sehat dan memperhatikan kondisi kesehatannya.

Ada beberapa kondisi yang tidak disarankan untuk berpuasa buat bumil, nanti saya bahas di bawah ini.


Menu sahur sehat untuk ibu hamil


Menu sahur ibu hamil
Makanan sehat untuk ibu hamil,
Freepik.com/ valeria_aksakova

Salah satu asupan saat sahur harus diperhatikan oleh bumil ketika ingin menjalankan ibadah puasa. Apa saja menu yang sebaiknya dikonsumsi ibu saat sahur? Simak, yuk, di bawah ini:


1. Pilih makanan dengan kadar protein dan lemak yang cukup


Cobalah memilih makanan dengan protein dan lemak yang cukup. Kedua zat gizi ini dapat bertahan lama pada sistem pencernaan, sehingga meminimalisir rasa lapar hingga waktunya berbuka.


2. Konsumi daging saat sahur


Ibu hamil dianjurkan mengkonsumi daging pada makanan sahur karena punya kandungan protein dan kalori yang cukup tinggi dan dapat disimpan tubuh dalam waktu cukup lama.


3. Penuhi kebutuhan vitamin c dan zink


Untuk menghindari anemia, penuhilah kebutuhan makanan yang kaya vitamin C dan seng (zinc) agar vitalitas tubuh terjaga.


4. Hindari terlalu banyak konsumsi makanan manis


Ketika sahur sebaiknya ibu hamil menghindari konsumsi makanan manis saat sahur supaya tidak cepat lapar dan lemas karena insulin shock.


5. Banyak minum air putih dan susu


Perbanyak minum air putih dan jangan lupa minum susu saat sahur. Selain baik bagi pertumbuhan janin, meminum susu juga bisa mencegah anemia.



Tips aman dan nyaman berpuasa saat hamil


Tips aman berpuasa bagi ibu hamil,
Pexels.com/ Daria Shevtsova


Untuk dapat menjalankan puasa saat hamil di bulan Ramadhan jangan lupa niat dan lakukan dengan penuh keikhlasan, agar puasa bisa dijalankan dengan enjoy, tanpa tekanan dan tetap sehat.

Jangan lupa beristirahat yang cukup, misalnya dengan rebahan, mendengarkan musik klasik atau bacaan Alquran, membaca buku, atau lakukan hal yang menyenangkan.

Cobalah mengurangi aktivitas yang berat, jangan banyak pikiran, agar tidak mengalami kelelahan dan merasa stress. Selain itu Belajar mengelola emosi, kalau bisa menghindari marah karena selain dapat mengurangi pahala puasa.


Kondisi yang tidak disarankan berpuasa


Ibu hamil tak perlu puasa
Kondisi yang tidak disarankan berpuasa,
Freepik.com


Jika saat berpuasa ibu hamil mengalami beberapa hal berikut ini, sebaiknya ibu hamil tidak usah berpuasa.

Diare pada ibu hamil yang disertai perut mulas yang melilit, sebaiknya tidak memaksakan diri berpuasa karena dikhawatirkan dapat membahayakan kesehatan janin.

Ibu hamil yang mengalami muntah  berkali-kali dikhawatirkan mengalami dehidrasi sebaiknya tidak berpuasa dahulu.

Jika terjadi mimisan yang disebabkan
pecahnya pembuluh darah, ini adalah pertanda kondisi tubuh ibu hamil sedang tidak stabil dan tidak dianjurkan berpuasa.

Ibu hamil tidak perlu berpuasa jika mengalami kondisi hipoglikemia yang menyebabkan lemas, pusing disertai mata berkunang-kunang, hal ini dikhawatirkan janin mengalami kekurangan gizi.

Selain itu, ibu hamil yang beringat dingin berlebihan menunjukkan  kondisi fisik sedang menurun, sebaiknya jangan berpuasa juga.

Itulah tips aman berpuasa dan memilih menu sahur sehat untuk ibu hamil agar tetap fit berpuasa, tapi jangan memaksakan diri tetap berpuasa jika menjumpai kondisi di atas. Ingat juga kesehatan dan keselamatan janin.

Berpuasa atau tidak adalah pilihan untuk ibu hamil, namun sebagai upaya menjaga kesehatan perlu diperhatikan menu makan sahur, berbuka, dan tips aman berpuasa bagi ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat buat Sahabat Catatan Leannie.





Salam,





#BPNRamadan2020
#BPNchallengeday30


17 comments

  1. Mbaaak liaa makasiih tipsnyaa yaak, bermanfaat banget ilmu baru buat sayaa. Lekas sembuh juga buat mbaak, semogaa lancar lancar ya mbaak semuanya sampai proses persalinannya juga lancar. Debay dan mbak juga sehat sehat terus aamiin 😊🌷

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, next bisa dicoba tipsnya nih mbak ketika hamil lagi. Kalau dulu saya parah banget mual muntahnya, sempat nggak bisa puasa juga karena kondisi nggak memungkinkan. Semoga ketika hamil lagi kondisi kayak gitu nggak terulang. Sehat-sehat terus ya, Mbak Li :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak pengalaman waktu hamil Dzaky pun enggak puasa, karena tensinsaya rendah, jadi cepet pusing dan dulu dibawa kerja juga.

      Delete
  3. saya pas hamil muda (belum 3 bulan) saat menjalani bulan ramadan. lumayan kerasa perjuangannya karena maboknya agak terasa. ada sih pecah puasanya, tapi hanya 3 hari. jadi masih nggak parah-parah banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, ya, Mbak masih bisa dibawa puasa pas lagi hamil trimester ketiga.

      Delete
  4. Zaman aku dulu hamil aku sih ga berpuasa karena ga disarankan sama mamahku...kasihan calon baby katanya. Namun jika bumil merasa sanggup ya kenapa ga ya? Yg penting asupan cukup dan bergizi dg makanan yg banyak sayur, protein, buah2an dll. TFS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, aku pun begitu pas hamil anak pertama.

      Delete
  5. Dilalah atau kebetulan 6 tahun ke belakang, setiap hamil dan menyusui pasti bertemu bulan Ramadhan. Selama ini modalnya Bismillah, minum susu atau cereal atau nabes, berusaha makan yang cukup saat sahur dan berbuka. Cuma emang kalau sudah merasa tak kuat jangan dipaksa. Alhamdulillah sih, ada yang kuat 1 bulan full, ada yang bolong beberapa hari saja. Macam-macam cerita pokoknya selama puasa 6 tahun ke belakang. Semoga disegerakan dapat amanah lagi ya mba, aamiin 🥰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masyaallah, aamiin. Terima kasih, Mbak Litha. Pasti tiap kehamilan beda ceritanya, ya

      Delete
  6. Bener banget sih ini. Kalau ada kendala jangan puasa dulu. Tapi banyak juga yang berhasil puasa di usia kandungan sekitar trimester 2 karena sudah lebih kuat. Dulu saya hamil masih trimester 1 kerasa banget muntah2 terus, Akhirnya memutuskan gak lanjut puasa

    ReplyDelete
  7. Bener nih mau puasa atau tidak itu menjadi pilihan masing2 ibu hamil dan menyusui. Kalau sanggup ya sah2 saja puasa tapi kalau gak ya nggak ada salahnya juga mengambil rukhsah. Saya ramadan kemarin sempat gak puasa 1 kali karena kelewat makan sahur, hehe

    ReplyDelete
  8. Bener nih. Tiap calon ibu kondisinya bisa beda. Kalau kuat ya boleh lanjut, kalau ga kuat dan bahaya ya lebih baik bayar fidyah.

    ReplyDelete
  9. Tips yg no 4 pernah baca artikel ttg psikologinya kl sering makan/minum yg manis², dikhawatirkan malah jd rentan stres dan butuh asupan yg manis² lg, Teh

    ReplyDelete
  10. Aku termasuk yang tidak diarankan dokter saat kehamilan putriku Yasmin.

    ... karena morning sickness parah.

    Sebagai gantinya aku membayar fidyah selama satu bulan diberikan kepada yang berhak.

    Sebaiknya keputusan untuk ibu hamil boleh berpuasa atau tidak, mungkin lebih baik datang dari dokter ya.


    ReplyDelete
  11. Ramadhan adalah bulan mulia, walau sebenarnya dibolehkan untuk tidak berpuasa dan mengganti di waktu berikutnya bagi wanita mengandung.
    Akan tetapi jika perempuan hamil yang tetap ingin menunaikan ibadah puasa mesti konsultasi ke dokter dahulu y..dan setidaknya Syarat nutrisi yang harus dipenuhi ibu hamil saat puasa harus terpenuhi

    ReplyDelete
  12. yess yang penting minum air putih dan menyantap makanan bergizi :D

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus. Maaf juga jika ada komentar yang belum terbalas. Terima kasih atas kunjungannya.