Tips Agar Balita Betah Berada di Rumah saat Masa Pandemi

Betah bermain di rumah
Anak bermain di rumah,
pixabay.com/ Victoria_Borodinova

Memiliki anak yang usianya di bawah lima tahun memang luar biasa. Seperti anak saya yang berusia empat tahun, ketika ada anjuran stay at home, dia yang biasa main ke luar mudah sekali merasa bosan. Saya ingin membuat anak saya yang masih balita betah berada di rumah.

Meskipun pada kenyataannya, masih banyak anak lainnya yang dibiarkan bermain bebas di luar rumah, tanpa memakai masker malah di lingkungan dekat rumah. Agak miris memang sama keadaan ini.

Anak memang perlu bergerak akti tujuannya agar organ tubuh bekerja dengan baik dan menjaga anak tetap ceria dan merasa senang. Kesehatan fisik dan mental anak akan terjaga jika orang tua paham cara membuat anak aktif bergerak sambil bermain.

Balita biasanya senang main di luar rumah, contohnya bisa bermain bebas di taman dekat rumah. Namun, pada keadaan pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, sebaiknya anak tetap berada di dalam rumah. 

Ada beberapa tips agar balita betah berada di dalam rumah yang bisa dicoba oleh orang tua, diantaranya:


1. Bebaskan imajinasi mereka


Bermain lego,
pixabay.com/StockSnap

Biarkan balita meniru gerakan bermacam-macam benda yang ada di benaknya, seperti pesawat, kereta api,  motor, ataupun hewan-hewan tertentu.

Hal ini merupakan metode efektif agar anak mengenal berbagai nama kendaraan atau binatang.

Biarkan anak bermain lego atau biarkan dia membentuk benteng dan menyusunnya sendiri.


2. Bermain dengan benda di sekitarnya



Bermain bantal,
Pixabay.com/Victoria_Borodinova

Anak-anak, baik kakak dan adik bisa menggunakan bantal yang ada di kasur untuk bermain perang bantal. Hal ini merupakan aktivitas aman dan dapat membuatnya bergerak aktif.

Selain itu, orang tua dapat mengajak anak bermain perang-perangan memakai berbagai benda seperti gulungan kaus kaki, kain perca, tisue, atau kertas yang dibentuk menyerupai bola. Hal ini dapat melatih gerakan motoriknya untuk melempar benda.


3. Membuat simulasi olahraga 


Simulasi olahraga
Simulasi olahraga,
Pexels.com/Andrea Piacquadio


Membuat simulasi olah raga akan membuat anak semakin aktif bergerak dan anak mengenal berbagai jenis olah raga lewat permainan. Orang tua bisa mencoba olahraga sederhana dengan balita di rumah.


4. Biarkan anak beraktivitas dengan pensil warna dan krayon.


Mewarnai
Mewarnai, Pexels.com/Andrea Piacquadio


Kegiatan belajar bagi balita akan lebih menyenangkan untuk mereka jika Kita sudah menyediakan media belajar yang menarik dan berwarna-warni untuk mengenal huruf, bentuk, angka.

Orang tua dapat mensupport aktivitas anak dan memberikan kebebasan anak menggambar dan mewarnai.

Siapkan bahan seperti kertas, kain, dan pensil warna atau krayon untuk melakukan aktivitas ini. Sebagian anak  usia dini seperti balita biasanya senang mencorat-coret atau mewarnai dinding sesuka hati mereka.

Anak mencorat-coret tembok
Hasil karya Dzaky, dokumentasi pribadi

Bebaskan mereka berkespresi meski harus mengotori dinding rumah. Percayalah semua itu bagus untuk melatih kreativtas anak.

Semoga informasi di atas cukup membantu orang tua mengatasi masalah balita yang tidak betah atau cepat bosan ketika #diamdirumah. Jika ada keperluan mendesak dengan mengajak anak ke luar rumah jangan lupa memakaikan masker anak.

Baca juga : Panduan menggunakan masker anak yang harus diketahui orang tua

Itulah keempat tips yang bisa dilakukan orang tua agar anaknya betah berada di dalam rumah saat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Selamat mencoba dan menemani aktivitas bersama anak selama #diamdirumah.



Salam, 



#BPNRamadan2020
#BPNChallengeday8



30 comments

  1. sungguh berat ya, apalagi anak2 yang suak bebas bergerak yg butuh ruang gerak yg luas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Tira. Anakku juga cepat bosan di rumah soalnya. Pengennya main ke luar

      Delete
  2. KAmi juga melakukan keempat hal ini di rumah mbak. JAdi selama pandemi ini jangan harap rumah bakal bersih karena buku,mainan, bahan crafting semua berhamburan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diberesin juga nanti berantakan lagi, ya, Mbak 😁

      Delete
  3. Memang jadi pe er tersendiri nih bagaimana supaya balita betah di rumah. Anak saya sudah gak ada yang balita tapi masih suka bereksplorasi dengan warna dan apa saja yang dia punya, saya biarkan saja hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak apa-apa, ya, Mbak. Bebaskan aja imajinasi mereka

      Delete
  4. Krayon sama pensil warna dan kertas menggambarnya di rumah sudah mulai mau habis, sepertinya harus mulai stok lagi nih, secara tiap hari mesti ada yang digambar atau dicoret-coret 😁👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiada hari tanpa corat-coret or mewarnai, ya, Mbak Litha.

      Delete
  5. biasanya, aku suka menemani keponakanku mewarnai mbak, seru aja. Senang melihat mereka berimajinasi.

    ReplyDelete
  6. Ga kbayang deh btapa seorang mamak harus kreatif, dah satu bulan lebih anaknya di rumah, macam kawanku anak nya 3, ampun2 dia haha
    💪💪💪💪

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, pasti hectic banget itu, saya aja yang anak baru satu, enggak kebayang kalau udah anak 3.4

      Delete
  7. Kalau anak-anaknya masih balita, orangtua harus sangat kreatif menciptakan permainan yang menyenangkan. Balita kan belum tentu paham kalau dijelaskan mengenai corona, hihihi ...

    Tentunya orangtua wajib banget ya mencari informasi dari sana kesini mengenai permainan apa aja yang bisa dipilih. Sekaligus juga mau ikut serta bermain bareng anak. Kalau nggak, dijamin bocah minta jalan-jalan keluar pagar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener banget tantangan buat ibu yang punya balita

      Delete
  8. Iya sih anak balita selalu bergerak dan itu tandanya dia sehat ya. Perang bantal tuh emang seru, atau main helikopter juga

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah anak saya mah anak rumahan
    Andai saat pandemi covid 19,. mereka masih kecil2, pasti betah aja di rumah
    Hehehe lingkungan memang sangat berpengaruh ya?

    ReplyDelete
  10. Menggambar di dinding itu memang sesuatu banget, ya buat anak-anak. Soalnya dulu si sulung seneng banget coret-coret di dinding, lemari. Padahal sudah dibelikan papan gedee, eh malah yang digambar di dindingnya...hihi. Tapi, semakin ke sini ketahuan dia memang jago gambar...masya Allah.

    ReplyDelete
  11. Ide bagus nih buat para ortu yang punya anak balita. Semoga sekeluarga sehat dan bahagia terus ya. :)

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah keempatnya sudah kami kerjakan dirumah, karena kadang bingung juga menentukan permainan karena tiap hari dirumah jadi selalu nyari hal2 baru gitu

    ReplyDelete
  13. Dan orang tuanya harus nyiapin ekstra tenaga ya mom.. ahahaaa

    ReplyDelete
  14. Memang di masa pandemi seperti saat ini harus kreatif ya menciptakan aktivitas dan kegiatan untuk bermain bersama anak-anak

    ReplyDelete
  15. Poin 1 cocok banget sama anak ke 2 kami, maen Lego paling betah dan super kreatif, kalau dulu sering beli. Alhamdulillah sekarang sudah bisa otak-atik yang ada dan bisa jadi banyak bentuk, makin besar makin kreatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka anteng ya, Mbak. Main lego ini. Anak saya juga suka

      Delete

Silakan tinggalkan komentar. Mohon tidak menyertakan link hidup. Terima kasih atas kunjungannya.