Indonesia Website Awards

Mengasuh Inner Child, Kunci Bahagia Mendampingi Buah Hati dan Suami. (Review Training MIC With Ribka Imari)

Kunci bahagia mendampingi anak dan suami
Sumber: Pinterest.com

Bulan Desember yang lalu, saya sempat ngobrol dengan seorang rekan via social media. Saya mengenal Mbak Ribka Imari sebagai mentor mengasuh inner child dari salah seorang teman saya tersebut.

Kami juga pernah berbicara tentang masa lalu masing-masing.  Ternyata ada sisi dalam diri atau inner child yang rapuh, terluka, dan terbawa dalam kehidupan dewasa. Ada jiwa anak kecil yang rapuh dalam tubuh dewasa.

Lama tidak saling berkomunikasi memang, akhirnya kami berdua ngobrol lagi di WA. Semakin merasa aura postif dan salut juga dengan teman saya ini, soalnya dengan permasalahan hidup yang cukup berat menurut saya, dia bisa tetap bertahan dan menerima hidupnya.

Dia bilang semua ini perjalanan panjang, sempat mengalami tekanan, bullyan, bahkan kehidupan rumah tangga yang penuh konflik pun akhirnya bisa dilalui. Dulu kami pernah pengen banget sukses bisnis. Dia suka membuat kue, saya jualan daster. (Soalnya saya enggak bisa bikin kue padahal ibu pinter bikin bolu dan kue yang lezat, sayang anaknya enggak. Haduh ...)

Saya akhirnya memilih fokus ke dunia menulis dulu sedangkan dia tetap berbisnis. Akhirnya kami berdua sepakat juga bahwa selain impian yang pengen Kita capai buat sukses, ternyata ada hal yang menjadi prioritas yaitu keluarga kecil kami. Dia bercerita ikut berbagai kelas bisnis, nulis, dan juga terapi diri. 

Perempuan dengan segala permasalahannya, ada sisi rapuh dalam diri dan juga kekuatan luarbiasa yang dimilikinya.  Ternyata saya enggak sendiri. Sebagai sesama perempuan tidak baik juga jika saling menghakimi atau merasa diri lebih baik dari orang lain.

Di kelas mengasuh inner child awal januari lalu bersama Mbak Ribka memang diajarkan untuk lebih peka terhadap diri, lebih menyanyangi diri sendiri bahkan bisa memeluk, menerima dan mencintai diri sendiri meski masih merasa banyak kekurangan.

Saya pernah punya pengalaman masa kecil yang masih teringat sampai sekarang. Dulu alm nenek yang mengantar jemput saya ketika masih TK, sedangkan yang lain diantar jemput ibu atau ayahnya. Ibu saya kerja jadi waktu TK enggak pernah dianter ibu, hanya sama nenek aja. Saya padahal pengen juga dianter ibu. Kok, saya jadi mellow ya, inget alm nenek yang sudah 2 th berpulang. Rasanya kangen banget. Semoga nenek tenang di sisi-Nya dan surga adalah tempat kembali.

Makanya saya jadi pengen banget mendampingi anak saat pertama masuk sekolah mungkin karena dulu belum kesampaian kali, ya. Ada jiwa inner child dalam diri yang menginginkan agar anak saya tidak merasa sedih tidak diantar ibu seperti saya semasa kecil. Bentar lagi Dzaky sekolah jadi ikut seneng, ngebayanginnya anak saya sekolah. Ternyata udah gede lagi, padahal masih inget dulu pas masih babby.

Saat sekolah dulu, ibu adalah seorang guru. Saya inget banget harus belajar rajin dan dapat hasil terbaik. Masih SD sih juara kelas 1-2, tapi prestasi nurun setelah SMP dan SMU. Pernah pas bagi rapor SMP atau SMU nilai saya 6 gitu ya di rapor, lupa pelajaran matematika atau fisika, saya dimarahin ibu pas keluar bagi rapor. Temen-teman pada ngelihatin. Duh, saya jadi malu. 

Pulang ke rumah harus belajar, padahal udah libur sekolah, pengennya liburan tapi harus baca buku dan belajar buat next catur wulan. Zaman saya masih catur wulan soalnya. Zaman kapan tuh, hehe ... but it's oke lah itu, kan, dulu, saya udah enggak mempermasalahkannya lagi. Saya belajar acceptance alias menerima mungkin ortu atau ibu pengen yang terbaik menurut versinya.

Cerita inner child saya di masa lalu memang tak hanya ini saja sebenarnya. Jika digali lebih jauh sampai akarnya mungkin tak kan cukup hanya di satu blog post saja.

Bercerita soal keluarga kecil saya, mengenai pasangan atau anak. Meski sudah lima tahun berumah tangga, masih tetap saja ketemu berbagai perbedaan pendapat dan kadang bikin nyesek. Saya maunya begini, dia maunya saya begitu.

Akhirnya saya juga berdamai dengan diri, ya sudahlah saya terima kadang ada sikap yang saya inginkan belum terealisasi pada pasangan karena dia juga punya pendapat sendiri. Mungkin saat saya badmood sama dia, dia pun merasakan hal yang sama. Ada hal dalam diri saya yang bikin dia bete juga. Jika masih bisa sikap yang diperbaiki, kami pun belajar memperbaikinya.

Bumbu-bumbu dalam rumah tangga itu biasa. Dulu Kami bisa sama-sama panas kalau ada hal yang disampaikan dengan emosi. Dia diem, eh saya makin kesel dan ikut bete. Saya marah, eh dia ikut marah. Nah, loh. Baiklah ... itu kan dulu, kalau sekarang sudah sama-sama paham.

Pernah sampai pernikahan di ujung tanduk juga karena ego berdua tapi  akhirnya bisa melewati itu semua. Sekarang kalau inget itu cukup jadi pembelajaran saja. Sama-sama saling belajar dan memperbaiki diri juga sih setelahnya.

Sekarang cukup tahu, sih, setelah ngobrol satu sama lain, ternyata dia enggak suka saya cerewetin. Jadi saya tahu ngomongnya cukup sekali aja apalagi kalau ingetin makan, salat, ke masjid. Ya sudahlah enggak usah berkali-kali, kalau dia kesel dan kelihatan marah sambil ngomong apa gitu, ya udah terima aja mungkin ada benarnya juga. Dulu suka saling marahan sih, sekarang udah enggak terlalu sering karena udah saling belajar mengenal karakter masing-masing. 

Saya juga belajar melepaskan harapan yang saya inginkan pada diri suami, alhamdulillah lebih lega sih jadi enggak punya keluhan berarti. Sekarang jadi lebih tahu bagaimana bersikap. Suami beda dengan bapak atau yang lainnya. Enggak bisa dibandingkan. Meski ada hal  dalam diri bapak atau ayah yang saya harap dicontoh suami, tapi saya enggak lagi memaksakan itu. Toh, suami saya punya kelebihan yang mungkin enggak dimiliki yang lain. Fokus lihat kebaikannnya aja.

Soal anak kadang saya suka greget kalau dia aktif banget, padahal ya namanya anak jagoan. Udah biasa kalau suka berantakin rumah, lari-lari terus-terusan di rumah, naik turun tangga, susah disuruh Mandi, makannya lama dikunyah, dll. Maybe bukan dia aja kali, ya, anak yang lain juga gitu. Padahal kalau diinget-inget, baik sih anakku, enggak rewel kalau diajak ke mana-mana, malah saya yang rewel karena suka mabuk kendaraan. Ya ampun.

Kalau dipikirin, terkadang anak itu bisa sangat manis, ya.Kadang dia peluk atau cium pipi terus bilang sayang mama. Itu pun udah bikin meleleh. Pernah saya kesel dan marah sama dia. Apa mungkin karena saya dulunya suka dimarahin ibu, saya juga jadi melakukan hal yang sama secara tak disadari?

Akhirnya saya ingin memutus mata rantai itu, biarlah yang dulu pernah ibu lakukan saya maklumi. Saya belajar melepaskan mental korban, yang berandai-andai coba dulu enggak diperlakukan begini atau begitu, mungkin keadaan akan lebih baik. 

Saya juga udah minta maaf sama ibu. Alhamdulillah yang namanya orang tua lautan maafnya seluas samudera. Makin ke sini saya makin sayang sama kedua orang tua, karena saat saya lemah, terpuruk, sakit mereka selalu ada. Alhamdulillah kebaikan mereka lebih banyak ternyata kalau dilist satu demi satu.

Soal melepaskan mental korban ini, dulu saya termasuk yang cukup sensitif terhadap ucapan atau omongan yang kurang sreg di hati. Istilahnya High Sensitive Person (HSP). Alhamdulillah sekarang sudah enggak terlalu baper, biarlah mungkin yang berbicara merasa benar versinya sendiri.

Saya mencoba berpikir lagi siapa tahu yang orang bicarakan memang benar. Jika iya, mungkin diri yang harus berubah lebih dulu. Jika yang dibilang orang lain enggak benar dan bisa kita luruskan, ya .. luruskan kesalahpahamannya, kalau sekiranya nanti bakal jadi konflik yang meruncing, maka lebih baik diam. Daripada berkata hal yang kurang baik memang lebih baik diam, sih.

Senang sekali ikut training mengasuh inner child bareng Mbak Ribka Imari. Seminggu yang padat dan penuh hikmah. Alhamdulillah. Masih jadi pe er buat saya kontrol emosi dengan pausing. Coba tarik napas tahan sebentar, jangan marah apalagi sama anak. Kadang masih kelepasan juga sih, tapi lagi belajar untuk melancarkan teknik ini.

Pada akhirnya maafkanlah kesalahan orang lain karena mungkin diri sendiri juga pernah atau mungkin banyak berbuat salah. Itu akan lebih melegakan jiwa. Insyaallah ikhtiar saya untuk sehat juga berbuah manis nantinya. Next postingan mungkin saya cerita lebih lanjut  tentang itu dan alasan jarang atau kurang aktif nulis kaya dulu.

Hal penting lain dari mengasuh inner child adalah soal menggali inner child atau mungkin bisa trauma di masa lalu, mengelola emosi dengan positif, menghapus mental korban, acceptance atau penerimaan mendasar udah pelan-pelan saya terapkan. Intinya memang untuk memutus mata rantai inner child yang terluka ada pada diri Kita sendiri. 

Terima kasih Mbak Ribka Imari. Seneng banget bisa ikut kelasnya. Kuncinya berserah diri, berdoa,  dan berusaha agar bisa mendampingi anak dan suami dengan perasaan bahagia.


"To Find Happiness, Heal Your Inner Child." (Anonim)



Salam,








63 comments

  1. Rasanya kalo bener-bener dilakukan ngga bakal mudah ya teh, tapi mungkin dengan niat dan sedikit demi sedikit saya juga bisa belajar dengan yang namanya inner child diri itu..

    ReplyDelete
  2. Yuk ahh aku juga lagi belajar menggali terus inner child, terutama tentang masa kecil, trauma,para leluhur ortu yang kadang masih menempel saat sekarang dewasa.

    Untuk menjadi bahagia itu pilihan, dan sangat salah kalo kebahagiaan kita ada pada orang lain, kebahagiaan adalah tanggung jawab diri sendiri. Itu yang sering ku ingat pesen2 kalo lagi belajar tentang berdamai dengan diri sendiri.
    Yuk ahh, lebih mencintai diri sendiri, siapa lagi kalo bukan kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget Teh Nchie. Berdamai, menerima dan mencintai diri sendiri dulu. Lepaskan Luka masa lalu yang membelenggu biar hidup lebih damai. Insyaallah.

      Delete
  3. Halo Teh. Gimananya caranya kalau mau ikutan kelas Mba Ribka Imari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba berteman dulu di Fb Teh. Add fb: Ribka ImaRi. Kayaknya kelasnya nanti ada lagi, atau bisa nanti saya tanyain ya.

      Delete
    2. Ternyata udah buka pendaftaran Teh. Bulan Februari tanggal 16-22 nanti. Boleh wapri ke nomor Mbak Ribka +62 852-1730-0183 buat daftarnya.

      Delete
  4. Ä°aaaa, ini siwar. Pengen banget ikutan kelasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh Siw... Kangen banget deh. Wapri aja Teh. Nomor Teteh masih yang lama kah?

      Delete
    2. Teh Siw lihat Komen sebelum Teteh di atas ya. Udah dibuka pendaftaran kelasnya Februari nanti

      Delete
  5. Baru kenal sama istilah inner child tapi kayaknya saya perlu mendalami lagi, diantaranya untuk mengobati trauma. Belajarnya harus ke mana ya Teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada training online lagi sama Mbak Ribka, di bulan Februari tanggal 16-22 Feb nanti. Pendaftaran udah dibuka. Bisa cek Fb Mbak Ribka ImaRi untuk lebih jelasnya lagi bisa wapri ke nomor Mbaknya di +62 852-1730-0183

      Delete
  6. Trauma masa lalu ini memang ngga sederhana
    Seperti luka yang tak terlihat
    Tapi nyata
    Harus diobati agar tak menularkannya pada anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener banget Bu. Kadang tidak disadari melakukan hal yang sama pada anak. Memang diri sendiri yang harus memutus mata rantai itu dengan cara menerima dan berdamai dengan diri.

      Delete
  7. Pengen banget ikutan training nya untuk menggali inner child ku. Ingin berdamai dengan diri sendiri supaya gak mudah emosi jg pas masa2 ngurus toddler saat ini :) makasi infonya teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Teh sama-sama. Bener banget, memang perlu berdamai dengan diri dan belajar mengelola emosi saat mengurus anak dan menemani perkembangannya.

      Delete
  8. aku baru denger banget sama yang namanya iner child nih teh, jadi pengen cari tau lebih banyak lagi nih, berguna banget buat ngobatin trauma masa kecil ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Teh kadang ada peristiwa di masa kecil atau trauma kejadian yang membekas hingga dewasa. Ini kadang berpengaruh sama sikap di masa depan soalnya

      Delete
  9. Memang pengalaman masa lalu atau kebiasaan yg diterima sejak kecil bisa tersimpan dibawah alam sadar. Tapi harus bisa kita kendalikan dengan cara merespon dengan baik setiap masalah yg datang. Terima kasih utk sharingnya, mbak 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanpa sadar Kita masih menyimpan hal itu dan terbawa hingga dewasa. Sama-sama, Mbak. Moga bermanfaat

      Delete
  10. Waaah asyek nih ilmunya. Memang banyak ya masalah atau trauma masa lalau, masa kecil tapi life must go on. Hanupis tipsnya

    ReplyDelete
  11. Baca tentang ini jadi inget masa kecil, mungkin setiap orang punya inner child masing-masing seperti masa kecilku sudah sama nenek banyak cerita bla..bla..kadang sesekali pas dewasa protes ma ortu tapi lama kelamaan diambil hikmahnya aja jadi bisa lbh mandiri dan tdk tergantung siapapun sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, sama begitu juga, Teh yang saya rasakan. Alhamdulillah bisa ngambil hikmahnya

      Delete
  12. Menghapus mentalitas korban ini yang sekarang lagi saya coba untuk terapkan. Memang lebih mudah untuk menyalahkan orang lain sebagai justifikasi kegagalan kita.

    Tapi...that's not the point.

    Sejahat2nya orang atau lingkungan, semua kembali ke kita masing2. Mau bangkit atau meratapi nasib.

    Yang jelas, keduanya sakit. Tapi hanya satu yang layak untuk dilakukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menghapus mental korban ini juga membuat Kita berdamai dengan diri dan keadaan. Benar, pada akhirnya Kita bisa memilih untuk bangkit, ya.

      Delete
  13. Aku pernah nyimak soal inner child ini dari psikolog lain. Trus jadi inget masa kecil ada masa-masa yang ga nyaman dan mungkin secara ga sadar terbawa sampai sedewasa ini. Satu waktu aku bayangin lagi ngobrol sama anak kecil (aku waktu bocah) dan ngajak dia untuk merasa tenang, ga ada hal yang harus ditakuti. Eh aku nangis dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika menggali tentang inner child ini akan ada beberapa hal yang mungkin membuat enggak nyaman. Coba bicara dengan inner child dalam diri, tenangkan dia, dan semua akan baik-baik saja. Kita bisa memilih untuk menerima dan melanjutkan hidup tanpa harus terlalu lama menyimpan luka dari masa lalu

      Delete
  14. Wah aku selama ini nggak pernah teh menggali inner child sendiri. Ternyata ada kelas untuk melatih lebih peka ya. Pengen deh sekali-kali ikutan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, seperti kelas psikologi gitu. Tujuannya mengasuh inner child agar tidak berdampak pada kehidupan sekarang saat berkeluarga dan punya anak

      Delete
  15. Saya nggak tahu kapan tepatnya mulai berteman dengan Mba Ribka, saya sering baca tulisannya di statusnya.
    Bagus banget sebagai healing.

    Saya rasa, hampir semua orang punya inner child yang perlu diasuh, perlu dibimbing, agar bisa melangkah dengan baik bersama kita di masa sekarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang tiap orang punya inner child sendiri. Harus bisa mengenai IC kemudian berdamai dengannya.

      Delete
  16. Semua kejadian selalu ada hikmah besar yang sudah Allah SWT atur.
    Memang jika kita flash back ke masa lalu disaat masih kecil terkadang sungguh jauh beda.

    Maka dari itu kita harus berdamai dengan diri sendiri,meski masa kecil mengalami kejadian kurang mengenakkan jadikan itu sebagai pelajaran tuk melangkah jauh kedepan.
    Dan berdamai dengan masa lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mbak. Semua Ada hikmahnya tinggal Kita menggali hikmah dan berdamai dengan masa lalu yang jadi inner child

      Delete
  17. ah jadi paham, inilah yg saya rasakan pada diri. ternyata ada inner child saya yg masih minta dipeluk2. padahal selama ini saya udah sok kuat, ternyata kuatnya terpaksa dan banyak drama. huhu... kudu kenal sama kak ribka nih sepertinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak saya agak lega sekarang. Dulu masih menyimpan banyak emosi atas kejadian di masa lalu. Lumayan berdampak ke kehidupan sekarang soalnya

      Delete
  18. Wah, pengen banget ikutan trainingnya. Saya juga masih punya banyak PR untuk bisa berdamai dengan diri. Terima kasih sharingnya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bulan Februari ini ada Ada lagi kelasnya Mbak Ribka. Jadi lebih positif menjalani hidup setelah ikutan kelasnya. Saya belajar untuk bisa menerima dan berdamai dengan keadaan.

      Delete
  19. Itulah hidup kadang kita mau harus sesuai dengab keinginan kita padahal belum tentu baik buat kita.

    Pertikain sama orangtua bisa terjadi tapi rasa maaf selalu terbuka untuk kita

    ReplyDelete
  20. Duh, ini nih yang sering banget menghantui aku. Innerchild sering muncul dalam diri. Aku kadang malah suka gali lebih jauh. Jadinya bikin sedih dan nangis pedih. Apalagi kalo lagi PMS. Anak-anak dan suamilah yang sering bikin lupa. Tapi ya gitu, kalo gak ada solusi, jadinya cuma sekadar lupa. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang setelah digali inner childnya, Kita bisa berbicara dengan inner child diri. Diri sekarang yang jauh lebih dewasa setidaknya bisa menenangkan dan menerima keadaan. Memaafkan Luka atau trauma yang pernah terjadi di masa lalu

      Delete
  21. Membaca tulisan mba, rasanya saya teringat akan sendu sendunya saya tentang masa lalu. Betapa kedua orangtua rasanya terlalu sibuk dan banyak menuntut, pun saya yang dibesarkan oleh banyak om tante juga pembantu.

    Jadi ingin melatih diri juga deh seperti mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Memang kadang memaafkan dan menerima keadaan di masa lalu bisa membuat hati lebih tentram

      Delete
  22. Sama mba aku juga dlu skolah gk pernah dianter ..mamaku juga kerja yang penting sekarang jadikan masa lalu untuk kita lebih baik lagi kepada anak2 kita . Smangat ya mom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena dulu masih kecil ada rasa seperti sebuah pengabaian dari orang tua, tapi sekarang udah bisa menerima hal itu. Aamiin, terima kasih doanya, Mbak

      Delete
  23. Inner child ini bisa di healing dgn tazkiyantunnafs juga ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, iya, Mbak. Belum tahu soal ini malah kalau saya. Tazkiyatunnafs seperti apa, ya?

      Delete
  24. Selama ini belum pernah terpikirkan untuk menggali inner child dalam diri sendiri. Ternyata bisa berpengaruh terhadap kehidupan kita di masa kini dan nanti ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Adanya luka atau trauma di masa lalu terkadang berpengaruh ke masa sekarang. Apalagi dampaknya nanti terasa saat menjadi istri dan ibu

      Delete
  25. Sama Mbak, aku pun rasanya ada innerchild yang buruk. Memang memaafkan dan menerima adalah jalan satu-satunya. Sekarang aku ga mau innerchild yang aku alami jadi dialami juga oleh anakku. Semangat buat kita, makasih juga sharingnya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Kita enggak sendiri, tiap orang punya inner child masing-masing. Kita sendiri yang harus memutusnya agar tidak berdampak buruk pada anak

      Delete
  26. Mbak aku tertegur banget dengan tulisan ini karena memang banyak inner child yang aku hadapi kini sedikit tercurah ke anak. Ya ampun aku jadi mawas diri untuk berlaku lagi sama anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Kadang memang begitu. Enggak terasa Kita melakukan hal yang seharusnya dihindari. Ternyata ada inner child yang membekas dalam diri dan terbawa ke kehidupan sekarang.

      Delete
  27. Mengenali inner child masing - masing individu bagi orang dewasa bisa menjadi media untuk memperbaiki diri atau sebagai orangtua, pengalaman kita semasa kecil bisa menjadi bahan parenthink juga ya, teh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Teh Sugi. Sebagai pembelajaran di masa lalu agar masa kini lebih baik

      Delete
  28. Dulu sekali aku juga punya inner child yang belum bisa memaafkan kesalahan orang lain yang memperburuk keadaanku sekarang. Alhamdulillah, sekarang aku bisa berdamai dengan inner child-ku. Selamat mencinai diri sendiri ya, Teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya, Teh lega rasanya bisa memaafkan. Semua itu juga buat ketenangan diri.

      Delete
  29. sering banget baca tentang inner child ini dan saya masih belum tahu nih sudah berdamai apa belum sama inner child saya itu. pengen juga jadinya menggali lebih jauh tentang inner child ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dikenali dulu satu demi satu, kemudian belajar accept terhadap masa lalu.

      Delete
  30. Aku juga sempat punya masa kecil yang kelam. Super introvert sampai jadi bahan bullying. Tapi itu jadi pembelajaran supaya anakku kelak tidak mengalami hal yang sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mbak. Perasaan seorang ibu selalu sama, jangan sampai anak merasakan hal pahit yang orang tuanya rasakan dulu

      Delete
  31. Beberapa waktu yg lalu aku ikut workshop membahas tentang inner child jg harus dibenahi ternyata ya biar hidup kita bahagia krn berdampak pada trauma..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener banget Teh Ida. Memang harus bisa menerima dan melepaskan luka di masa lalu agar mendapatkan kebahagiaan.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.