Resensi Buku Hanya Cinta-Nya, Tujuan Jiwa ini Terlahir Karya Riawani Elyta dan Risa Mutia

Hanya Cinta-Nya, Tujuan Jiwa ini Terlahir
Hanya Cinta-Nya, Tujuan Jiwa ini Terlahir


Judul : Hanya Cinta-Nya, Tujuan Jiwa ini Terlahir
Penulis : Riawani Elyta dan Risa Mutia
Penerbit : Quanta, PT Elex Media Komputindo
Jumlah Halaman: 228
Cetakan : Pertama, 2019
No ISBN : 978-623-09-0386-8


Menemukan Cinta-Nya, Sumber Kebahagiaan dalam Hidup


Manusia mengalami berbagai ujian dalam hidupnya dan terkadang butuh penyemangat dan motivasi untuk keluar dari permasalahan dan ujian hidup. Menemukan Cinta-Nya adalah sumber kebahagiaan dalam hidup, karena dunia dan isinya tak sebanding dengan Cinta dari sang penggenggam kehidupan.

Tujuan penciptaan manusia di dunia ini adalah untuk beribadah pada-Nya. Dunia adalah tempat dan sarana untuk mewujudkan tujuan tersebut. Meraih Cinta-Nya adalah salah keinginan tertinggi dan merupakan sebuah perjalanan yang akan didapatkan hamba-Nya dengan keikhlasan.

Buku Hanya Cinta-Nya, Tujuan Jiwa ini Terlahir dengan cover berwarna gradasi merah muda dan jingga ini merupakan kumpulan motivasi dan inspirasi yang ditulis oleh Riawani Elyta dan saudarinya Risa Mutia.

Cover Buku Hanya Cinta-Nya, Tujuan Jiwa ini Terlahir
Cover buku yang cantik

Buku setebal 228 halaman ini, terdiri dari empat bab dan 99 sub bab kumpulan motivasi penggugah jiwa secara keseluruhan. Ditulis dengan penjelasan singkat dan mudah dipahami.

Pada bab pertama  tentang Tidak Ada Kebaikan yang Sia-Sia. Kita perlu percaya bahwa tak ada kebaikan yang sia-sia. Kebaikan adalah sedekah  dan akan kembali pada pemiliknya.

"Setiap Kebaikan adalah sedekah." (H.R. Bukhari dan Muslim) - hal 2 

Bersikaplah baik, meski kebaikanmu tak dihargai sekalipun.  Penilaian dari-Nya adalah yang utama bukan sekadar penilaian dari manusia. Jangan pernah lelah berbuat baik, karena pahala di sisi-Nya adalah lebih utama.  

Quote Hanya Cinta-Nya, Ustaz Hanan Attaki, Lc
Quote buku Hanya Cinta-Nya, hal 5

Pada bab kedua, tentang Waktu adalah Kehidupan yang Terus Melaju. Kita diajak untuk menghargai dan tidak menyia-nyiakan waktu.  Waktu terus berjalan dan tidak akan kembali, maka manfaatkanlah waktu yang ada karena dunia hanya sementara. Tak perlu menyesali yang telah terjadi, cukup jadikan pelajaran agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Pada bab ketiga, tentang Meraih Kebahagiaan Hakiki. Kebahagiaan hakiki  yang akan didapatkan saat menemukan Cinta-Nya. Memaafkan, memberi, menjadi pribadi yang sabar, penuh syukur dan rida terhadap ketentuan-Nya menjadi poin penting untuk mendapatkan kebahagiaan.

Ada kalanya seseorang merasa ada yang kurang dalam hidupnya dan tak bahagia. Tak perlu melangkahkan kaki terlalu jauh, cukup menyelami diri sendiri dan temukan kunci bahagia dalam diri.

Quote Hanya Cinta-Nya, Napoleon Hill
Quote Hanya Cinta-Nya, hal 131

Banyak yang salah jalan ingin mengatasi kesedihan, ketidakbahagiaan dan tekanan dalam hidup. Ternyata kunci kebahagiaan adalah dengan mendekat pada-Nya.
Cari dan mintalah pertolongan dari Allah untuk keluar dari masalahmu. Temukan  ketenangan dan ketentraman hati lewat Zikir dan Al-Qur'an.

Pada bab terakhir, tentang Optimis adalah Bingkai Cinta. Kita diajak untuk bersikap optimis dalam kehidupan, tidak mudah menyerah, bangkit dari keterpurukan, dan menapaki tangga kesuksesan.

Indikator kesuksesan bukanlah harta yang berlimpah, pasangan yang setia, keturunan yang pandai, kedudukan atau sederet titel.  Ternyata pencapaian di atas bukanlah segalanya , karena dunia tak akan habis dikejar. Ibarat meminum air laut, sebanyak apapun tak kan bisa menghilangkan dahaga (hal 224)

Indikator sukses yang sebenarnya adalah apa yang kita lakukan bermanfaat bagi kehidupan banyak orang. Jika Kita sukses, apa yang telah dicapai selama ini merupakan kehendak Allah, bukan kehebatan Kita.  (hal 225)

Membaca buku ini membuat diri banyak merenung, tentang tujuan hidup yang sebenarnya, bagaimana menyikapi masalah, dan mengelola emosi negatif menjadi energi positif serta menjadi pribadi yang lebih baik dalam membangun kedekatan dan meraih cinta-Nya.

Kamu bisa mendapatkan buku ini di toko buku Gramedia, Togamas, olshop (gramedia.com), dan marketplace (bukalapak, shopee, tokopedia, dan lainnya)

Buku ini menjadi sebuah rekam jejak yang mampu menjadi pelita dan mengingatkan pembacanya agar tetap semangat, tidak berputus asa dan tetap optimis menghadapi hidup karena hanya cinta-Nya, tujuan jiwa ini terlahir.



Salam,






77 comments

  1. Buku ini semacam "self reminder" utk menjadi pribadi yg lebih baik lg :)

    ReplyDelete
  2. Buku ini sepertinya sangat cocok untuk jadi penyemangat ya, Mbak..Penulisnya juga ahli banget, soalnya tahu beliau dulu sebagai penulis artikel2 inspiratif di sebuah platform gitu...keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Kumpulan motivasi yang menguatkan diri memang. Penulisnya juga Keren, udah banyak karyanya seperti dirimu.

      Delete
    2. Aamiin.. Beliau senior dan udah pro. Semoga sy juga bisa lebih banyak lagi berkarya...semangat buat kitaa.

      Delete
  3. suka kutipan quote dari ust. hannan attaki nih.
    jangan berhenti berbuat baik hehe

    ReplyDelete
  4. saya merasa ketampar baca review bunda, tidak bisa dipungkiri indikator kesuksesan yang ada di mindset saya seperti yang bunda jabarkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga setelah baca buku ini banyak tercerahkan. Semoga bisa bermanfaat,ya.

      Delete
  5. Waah buku rekomended nih. Selalu suka sama buku yang memotivasi utk lebih baik.😊

    ReplyDelete
  6. Suka ama warna cover bukunya :)
    Apalagi isinya tentang motivasi, saya paling suka membaca tulisan-tulisan yang bikin saya jadi semangat karena termotivasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Rey. Bukunya cantik. Isinya juga bikin Kita semangat. Insyaallah

      Delete
  7. Manusia memang butuh motivasi di segala hal Dan buku ini menyajikan agar kita menjadi yang lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkadang Manusia punya sisi rapuh Dan butuh dikuatkan soalnya

      Delete
  8. "Tak ada kebaikan yang sia-sia" ini bener-bener aku terapin dalam hidup mba Lia.

    Aku percaya apapun yang orang lain lakukan padaku misalnya kebaikan, adalah buah yang aku lakukan.
    Atau yang orangtuaku lakukan pada orang lain..atau bahkan ibu mertuaku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar, Mbak. Kebaikan akan kembali pada pemiliknya. Insyaallah

      Delete
  9. Haloooo teh, pa kabarrrr? Ketemu lagi kita di dunia perblogwalkingan, hehe

    Saya juga paling suka buku-buku motivasi begini teh, semacam ngasih banyak pencerahan, sayangnya sekarang kok lagi jarang baca bukuu yaaa, hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Inna. Iya ketemu lagi, saya lagi jarang nulis dan bw, hehe ... Bener banget, soal baca buku saya juga enggak terlalu sering sih. Bisa juga baca buku tapi g tahu kapan kelarnya. Ups

      Delete
  10. Tidak ada kebaikan yang sia sia betul banget kak. Tapi akutuh suka sakit, uda kalo dibaein malah disakitin. Jdnya suka nyesel, kenapa harus bae sm org jahat kayak gitu huhu. Noted, harus ikhlas, ga ada kebaikan yang sia sia, Tuhan melihat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang manusiawi sih, Mbak. Terkadang Kita juga ingin diperlakukan dengan baik, tapi kalau kenyataan sebaliknya, berarti Kita jangan berbuat seperti itu.

      Delete
  11. berbobot banget ya isi buku ini. jadi penasaran deh. terima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, isinya bagus, Mbak. Tentang kumpulan motivasi penggugah jiwa

      Delete
  12. Sebagai penulis, kita terkadang butuh motivasi.
    Agar membangkitkan semangat dan terus berkarya.
    Seperti " Setiap kebaikan adalah sedekah"
    Berarti menganjurkan untuk kita selalu berbuat kebaikan meski dalam bentuk kecil sekalipun.
    Karena sang pencipta mencintai orang - orang yang berbuat kebaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah,iya. Sebagai penulis Kita bisa berbagi kebaikan juga.

      Delete
  13. Keren banget bukunya, dari kutipan kutipannya aja udah kece banget. Jadi penasaran sama isi bukunya.

    Buat aku yg introvert gini, baca buku begini rasanya kaya sedang dinasehati ... Ngena tapi tetep nyaman tanpa khawatir dihakimi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Mbak. Seperti disadarkan kembali, ya.

      Delete
  14. Setuju, Mbak. Mengejar dunia terus memang malah jadinya capek sendiri. Ibaratnya dengan air laut itu pas, deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Nanti lelah sendiri karena tak pernah merasa puas

      Delete
  15. Udah lamaaa banget gak baca2 buku dan awal tahun ini tambah ssdih krn banyak buku kerrndam banjir. Buku motivasi jiwa kalo aq bilangnya untuk buku seperti ini, menenangkan dan mencerahkan pikiran juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, masyaallah kena banjir kemarin, ya, Mbak? Memang iya buku motivasi menjadi pelita buat Kita saat membacanya

      Delete
  16. Covernya pink!

    Baca buku motivasi emang kadang bs bkn kita semangat lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Sebagai penginapannya diri dan menguatkan juga

      Delete
  17. Aku penasaran sama bukunya tampaknya bagus dan memotivasi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Bagus, isinya kumpulan motivasi penggugah jiwa

      Delete
  18. Bener bngt nih kebahagiaan yang hakiki adalah saat hidup kita berguna dan manfaat buat orang lain bukunya snagt menginspirasi ya

    ReplyDelete
  19. Terkadang kita disibukkan dengan penilaian manusia, padahal ada yang lebih utama yaitu dari Allah aja. Nice book to make SemangatCiee 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, bener banget. Yang penting penilaian Allah paling utama

      Delete
    2. Kadang terlupakan ya mbak, apalagi ya bener juga kalau ada emosi negatif yang bersemayam semoga menjauh dari kita ya mbak

      Delete
  20. Duh, aku udah lama gak baca novel kayak gini. Seringnya baca ebook. Kangen juga baca buku fisik kayak gini. Dan seru nih kayaknya ceritanya. Mbak Riawani jago banget kalo bikin cerita. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isinya bukan novel, Mbak Nia. Ini kumpulan motivasi

      Delete
  21. Wah buku yang menarik, tapi saya lebih senang baca buku tentang pemasaran kalau yang sekarang. hahaha.
    makasih udah share mbak

    ReplyDelete
  22. Bener banget sih Teh, mau kita tersungkur kayak gimanapun, kembalinya pasti curhat ke Allah, di titik inilah manusia jadi belajar banyak

    ReplyDelete
  23. Kadang malu sama Allah, deket-deket kok pas lagi down, padahal dalam kondisi apapun sebaiknya kita selalu mendekattt yaaaa. Makasih teh, buku ini juga semacam reminder iman yaaa

    ReplyDelete
  24. Selalu suka dengan buku yang terkait motivasi. Itu isinya sepertinya bagus ya Mba? Jadi penasaran.

    ReplyDelete
  25. Masya Allah, buku ini jadi pengingat banget yaaa bahwa kita mesti melakukan kebaikan sekecil apapun dan banyak motivasi lain untuk meraih cinta-Nya. Bener-bener recommended deh baca buku ini ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Jangan lelah berbuat baik meski kadang tak dihargai. Kumpulan motivasi yang mencerahkan

      Delete
  26. Keren bukunya yang sarat motivasi, bikin semangat menyala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,Mbak. Banyak pengajaran tentang kehidupan di sana

      Delete
  27. Cover bukunya menarik sekali Mbak, suka dengan warnanya. Baca review di atas sepertinya isinya juga tidak kalah menarik ya apalagi ini buku motivasi yang bernafas islami pasti sarat makna dan pelajaran yang bisa dipetik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Setuju. Covernya cantik dan isinya juga menarik

      Delete
  28. Bagus reviewnya pasti bagus isinya. Buat motivasi n self reminder

    ReplyDelete
  29. Kenal sm yg nulis mb dulu pernah sebuku
    Tulisan2 beliau emng bagus dan menyentuh
    Sepertiny harus jd koleksi y bwt pengingat trutama kalau pas galau xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beliau penulis senior, ya,Mbak Miyosi. Isinya juga memang bagus. Tulisannya to the point dan mengena banget

      Delete
  30. Judulnya tuh udah langsung bikin kepo. Warna covernya juga cantik. Isinya, kalau dari review Mbak Lia, nyess di hati. Banyak reminder-reminder yang bisa jadi penyemangat waktu futur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Lagi galau bisa baca buku ini. Hehe

      Delete
  31. Sarat dengan motivasi ya buku ini. Pas buat penyemangat diri. Apalagi runutan bab-nya, sesuai jika dibaca saat diri lagi butuh suntikan motivasi

    ReplyDelete
  32. Dari covernya udah keliatan cantik. Bab pertama juga bikin 'deg'. Jadi penasaran sama semua isinyaa huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang seperti diingatkan kembali atau self reminder saat baca buku ini, Mbak

      Delete
  33. Melihat resensinya, buku ini penuh dengan motivasi kebaikan. Bagus banget buat kita agar senantiasa ingat untuk selalu dan tetap semangat berbuat baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya buku ini merupakan kumpulan motivasi dan self reminder juga

      Delete
  34. Saya suka baca buku motivasi pas lagi senang-senangnya. Kalau lagi galau justru malas baca buku motivasi, pinginnya "bicara" langsung saja ke pemberi hidup.

    ReplyDelete
  35. benar mba, hanya karena Cinta-Nya kita bisa tenang dalam menjalani kehidupan yang terus akan ada likalikunya. Membaca buku yang menenangkan hati kita tentu akan berdampak baik untuk kehidupan kita ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mbak, bisa buat self reminder juga. Menentramkan jiwa

      Delete
  36. Aku suka banget sama warna cover buku ini. Buku yang bagus untuk memotivasi diri. Terima kasih untuk resensinya, mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Covernya cantik, ya, Mbak. Isinya juga bagus sebagai pelecut motivasi diri

      Delete
  37. Bukunya cantik, ya. Bagus untuk memotivasi diri dan lebih sadar dalam menjalani hidup.

    ReplyDelete
  38. Saya pernah baca buku ini, bagus bahasanya dan kata-kata mudah di mengerti. Simple dan ga belibet

    ReplyDelete
  39. Aku juga sudah baca buku ini,bahasanya menarik dan disini aku jadi tersentil ketika terkadang masih mengharapkan timbal balik yang sama ketika berbuat baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Mbak. Buku ini jadi pengingat diri agar menjadi lebih baik

      Delete

Silakan tinggalkan komentar. Mohon tidak menyertakan link hidup. Terima kasih atas kunjungannya.