5 Peluang Cuan dari Investasi Properti, Perhatikan Tips ini Biar Untung!

 

Peluang cuan dari investasi properti
Peluang Cuan dari Investasi Properti,
via freepik dan canva

Investasi properti merupakan salah satu pilihan yang menguntungkan. Ada beberapa macam investasi properti yang menjanjikan dan bisa jadi ladang cuan karena investasi jenis ini bisa jadi passive income, nilainya tetap stabil bahkan naik terus setiap tahunnya. Jangan lupa perhatikan juga berbagai tipsnya biar dapat untung.


Investasi properti merupakan pembelian properti yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan melalui usaha penyewaan, penjualan kembali properti di masa depan, atau keduanya. Jadi, tidak dibeli untuk keperluan tempat tinggal pembelinya.


5 Jenis Investasi properti yang jadi peluang mendapatkan cuan


Macam-macam investasi properti
Jenis investasi properti,
via freepik.com/@rawpixel

Investasi bisa dalam bentuk jangka panjang atau jangka pendek. Tujuannya sama yaitu sebagai sumber pendapatan. Investasi properti ini cenderung menjanjikan dan bisa jadi ladang cuan. Ada beberapa macam investasi yang menguntungkan di antaranya:


1. Rumah

Selain sebagai hunian, rumah bisa menjadi sebuah investasi. Rumah adalah kebutuhan primer dan pastinya akan selalu ada yang mencari atau membeli rumah. Penjualan rumah pun bisa dilakukan secara online dan offline. Rumah adalah salah satu investasi properti yang menguntungkan pastinya.


2. Tanah

Tanah pun menjadi salah satu investasi yang menjanjikan karena harga tanah tiap tahunnya mengalami kenaikan. Tanah juga bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, bisa untuk membangun rumah, ruko, pertanian, atau perkebunan.


3. Indekos

Memiliki rumah untuk dijadikan indekos merupakan investasi properti yang sangat menguntungkan terutama jika lokasinya strategis, misalnya dekat dengan lokasi kampus atau tempat kerja. 


4. Ruko

Mempunyai ruko atau rumah toko pun sangat menguntungkan untuk disewakan atau dijadikan tempat usaha. Sebaiknya lokasi ruko strategis atau letaknya di pinggir jalan sebagai lokasi usaha 


5. Apartement 

Apartement menjadi salah satu pilihan hunian di kawasan metropolitan karena lahan atau tanah di kota besar sudah semakin berkurang. Meski harganya cukup tinggi, sewa apartemen masih banyak peminatnya terutama jika lokasinya strategis dan fasilitasnya lengkap.



Tips investasi properti yang aman dan menguntungkan 

Investasi properti yang menguntungkan
Tips investasi properti,
via freepik.com


Bagaimana tahapan atau tipe memulai investasi properti? Pastinya perlu banyak hal yang diperhatikan jika ingin melakukan investasi di bidang properti. Inilah beberapa tips investasi properti yang aman dan menguntungkan, di antaranya:


Mencari tipe properti yang cocok

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah mencari tipe properti yang cocok untuk dijadikan investasi. Bisa memilih membeli rumah, tanah, indekos, atau ruko. 


Cari lokasi yang strategis

Lokasi yang strategis perlu dipertimbangkan saat ingin melakukan investasi properti. Semakin strategis lokasinya, maka nilai jualnya pun akan semakin tinggi. 


Mempersiapkan dana 

Jangan lupa persiapkan modal untuk membeli properti yang diinginkan. Sesuaikan dengan budget yang dimiliki. 


Jika dirasa berat bisa mengajukan cicilan pembayaran melalui KPR dan perhitungkan juga lamanya pembayaran. Jangan lupa perhitungan biaya properti atau cicilannya agar investasi berjalan dengan lancar.


Mengontrol pengeluaran rutin bulanan

Setelah mengetahui biaya yang harus dikeluarkan untuk investasi properti, perkiraan pembayaran dan mengontrol pengeluaran rutin bulanan menjadi hal yang penting dilakukan agar tidak besar pasak daripada tiang. 


Memperhatikan kredibilitas pengembang

Kredibilitas pengembang menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Cobalah mencari tahu riwayat pengembang atau developer sebelumnya apakah bangunan yang dibuat berhasil diselesaikan dengan baik atau tidak. Jangan sampai kecewa dan salah memilih developer.


Investasi properti ini adalah salah satu investasi yang cukup menjanjikan di masa depan. Selain sebagai passive income, harga properti juga cenderung stabil bahkan akan naik setiap tahunnya.


Pahami dulu seluk beluk investasi properti dan strategi jual beli yang tepat agar bisa mendatangkan keuntungan. Itulah berbagi macam peluang cuan dari investasi properti. Jangan lupa perhatikan tips investasi yang aman, biar tambah untung! 



Salam,

















25 comments

  1. properti itu cuannya lumayan besar ya mak. Kudu ngerti nih strategi berinvestasi di properti agar bisa untung dengan cepat

    ReplyDelete
  2. Betul, banyak yang perlu dipertimbangkan dan diperhatikan jika mau melakukan investasi di bidang properti. Setidaknya cari yang sesuai dengan kemampuan keuangan kita, ya.

    ReplyDelete
  3. Bisnis properti menggeliat lagi pasca pandemi covid-19. Peluang mendapatkan cuan dari sektor ini pun semakin maju dan tak seditkit generasi Z memulainya. Ternyata kita bisa menggunakan Mortgage Calculator untuk menghitung estimasi biayanya ya mbak. Mau beli rumah, tanah, gedung, ruko dan sebagainya sudah ga worry lagi untuk hitungan cicilan maupun tabungan serta investasi. Mantap!

    ReplyDelete
  4. Wah iya, kalau mau investasi emang harus dihitung secara cermat ya mbak
    Apalagi kalau investasi property
    Dengan hitungan yang tepat, tentu akan semakin menguntungkan

    ReplyDelete
  5. Sementara ini bunda masih bertahan utk tidak/blm siap beriinvestasi dengan rmh tinggal wlp tinggal sendiri, masih was2 utk dijadikan sumber cuan.

    ReplyDelete
  6. bisnis property sebetulnya jelas untungnya kalau kita bisa perhitungkan dengan cermat modal, biaya, dan penghitungan harga jualnya, tinggal strategi marketingnya yang dikencengin ya. Mortgage calculator bakal membantu sekali utk hitung2annya ya

    ReplyDelete
  7. Banyak pertimbangan sebelum investasi properti, ya. Apalagi harganya biasanya lumayan mahal. Jadi, jangan sampai lah salah memutuskan.

    ReplyDelete
  8. Halo mba. Sepakat sekali kalau investasi properti memang menguntungkan ya. Tapi satu sisi agar hasil maksimal, bisa seperti yang mba sampaikan. Termasuk paling utama adalah cari lokasi yang strategis

    ReplyDelete
  9. Terima kasih tipsnya Mb, aku lagi berjuang buat di fase ini nih, kali ada yang cocok sesuai dengan bajet dan diprediksi bisa menguntungkan di masa depan.

    ReplyDelete
  10. Dalam dunia investasi, hukumnya cuma 2, pahami seluk beluk investasi yang akan kita mainkan, setelah itu pahami resikonya. Itu juga berlaku untuk investasi di properti ya Mbak. Jangan sampai kita kebeli tanah atau bangunan bodong, duh amit-amit deh, properti kan gak murce ya. Maka baca tips di artikel ini bisa membantu sebelum terjun ke investasi properti

    ReplyDelete
  11. Indekos lumayan menguntungkan dan bisa jadi penghasilan sampingan yang pasti. Hanya saja biaya operasionalbya juga lumayan tinggi, jadi perlu perhitungan yg tepat agar gak malah nombok.

    ReplyDelete
  12. Pernah punya rumah yg saya petak-petak untuk usaha kos-kosan, lumayan untungnya, tetapi butuh waktu lama untuk mengembalikan modalnya karena butuh modal yg tidak sedikit.

    ReplyDelete
  13. Sekarang ini memang banyak sekali investasi properti, karena properti sendiri harganya memang naik teruskan. Apalagi kalau daerahnya strategis, sudah pasti menguntungkan sekali. Tapi aku pun ingin sekali investasi properti dalam bentuk kost-kostan deh.

    ReplyDelete
  14. Pengen deh punya kos-kosan buat investasi, tapi perlu modal yang besar ya...

    ReplyDelete
  15. Punya properti terus dibuat kos atau disewakan memang lumayan. Jadi gak nganggur, ada yang nempati. Soalnya rumah atau bangunan yang gak dihuni tuh hawanya beda yang sering cepat rusaknya

    ReplyDelete
  16. Aku kepikiran buat punya properti berupa kos kosan. Kayanya enak gitu ya jadi ibu kos tiap bulan bisa dapat passive income. Tapi ternyata kebutuhan untuk sampai kesana lumayan ribet yak, mending investasi dalam bentuk rumah kayanya lebih mudah.

    ReplyDelete
  17. kalau aku punya uang lebih, pengennya bisa investasi tanah karena sejauh ini harga tanah apalagi di lokasi strategis itu cenderung terus meningkat. Tapi bener banget untuk investasi perlu dipertimbangkan matang-matang agar menguntungkan

    ReplyDelete
  18. cita-cita banget teh kalo ada uang dingin banyak, bangun property yang bisa disewakan kayak kostan/rumah aja. Lumayan bangetkan investasi hari tua

    ReplyDelete
  19. Suami mulai cari cari investasi.. maunya sih rumah mba, cuma carinya memang perlu effort yaa rumah yang cocok. Baik itu dari segi lingkungannya juga anggaran yang ya. Memang perlu bahan pertimbangan, tq sharingnya mba

    ReplyDelete
  20. investasi porperti berpeluang cuan tapi memang mesti perhatikan tips agar menguntungkan. Tempat indekos misalnya, anak saya kos di area dekat perkantoran dan kampus..penuh terus di situ, ada 50 kamar pula wah..cuan banget pasti pemiliknya

    ReplyDelete
  21. Kalau dari list investasi yang Mbak sebutkan ini, aku tuh tertarik sama indekos karena cukup menjanjikan. Apalagi kalau lokasinya strategis, dekat dengan kampus, pasti ada aja penyewanya, ya.

    ReplyDelete
  22. Pas banget nih, ada rencana mau bikin rumah kos. Mau cobain hitung pembiayaannya pakai mortage calculator.

    ReplyDelete
  23. Wah memang bisnis property yang menguntungkan yaa karena bisnis property gak akan pernah berhenti selama orang-orang membutuhkan tempat tinggal.

    ReplyDelete
  24. Tipe-tipe bisnis ini sepertinya cukup prospek dan menguntungkan. Dari berbagai yang disampaikan di atas, saya sangat tertarik jadi juragan kosan. Menjamurnya industri, kampus baru atau perkantoran baru, kalau punya kos-kosan selagi aman dan bersih bisa menarik. Tapi memang hitung-hitungannya perlu dipertimbangkan lagi karena tidak sejuta-dua juta saja ini mah.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.