Indonesia Website Awards

5 Peran Internet untuk Memantau Kesehatan Tubuh saat Puasa


Memantau Kesehatan Tubuh
Peran internet memantau kesehatan saat puasa, ilustrasi dari freepik dan canva


Pada Bulan Ramadan, kondisi tubuh saat berpuasa perlu diperhatikan. Di era digital seperti sekarang ini, internet peran internet memantau kesehatan tubuh saat puasa ini cukup besar. Kita semua berharap tetap sehat dan bugar selama berpuasa, bukan?


Sehat itu nikmat yang besar dan terkadang lupa disyukuri. Setelah sakit, baru merasakan nikmatnya sehat. Oleh karena itu kesehatan tubuh perlu dijaga apalagi di Bulan Ramadan yang penuh rahmat ini.


Pada awal puasa, saya mengalami diare selama dua atau tiga hari lamanya. Sedangkan anak saya kemarin mual dan muntah saat sedang sahur. Alhamdulillah sekarang Kami berdua sudah sehat kembali. 



Waspadai gangguan kesehatan ketika berpuasa


Masalah kesehatan di Bulan Ramadan
Gangguan kesehatan saat berpuasa,
ilustrasi dari freepik dan canva



Ada berbagai gangguan kesehatan yang perlu Kita waspadai selama Ramadan ini. Jangan sampai kesehatan terganggu dan ibadah menjadi kurang maksimal di bulan suci ini. Gangguan kesehatan yang dapat terjadi saat berpuasa di antaranya :


1. Maag

Saat puasa, perubahan pola makan dan waktu makan dapat membuat maag kambuh, terutama jika memiliki penyakit maag sebelumnya. Hal ini bisa terjadi karena perut kosong selama berpuasa yang menyebabkan peningkatan asam lambung.


2. Diare

Makanan yang sangat pedas dapat membuat lambung terkejut, sedangkan makanan berlemak sulit dicerna, sehingga jika dikonsumsi berlebihan dapat memicu buang air besar.


3. Hipoglikemia

Jangan berlebihan mengonsumsi makanan yang manis karena bisa menyebabkan kadar gula darah jadi menurun yang disebut hipoglikemia. Tidak sahur juga dapat memicu hipoglikemia. Gejalanya adalah lemas, gelisah, berdebar, mual, muntah, serta sakit kepala.


4. Sembelit

Perhatikanlah makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Kurangnya mengkonsumsi makanan berserat dan kurang minum dapat menyebabkan sembelit atau susah buang air besar.  


5. Tekanan darah rendah

Puasa pun dapat menyebabkan seseorang rentan mengalami tekanan darah rendah sehingga tubuh jadi terasa lemas, lesu, tidak bertenaga, pusing, bahkan bisa pingsan. Penncegahannya dengan mencukupi kebutuhan cairan dan garam pada tubuh. Jangan lupa istirahat yang cukup, ya.



5 peran internet pantau kondisi kesehatan tubuh selama Ramadan


Peran internet saat Ramadan
Peran internet pantau kondisi tubuh,
ilustrasi dari freepik dan canva


Menjaga kesehatan saat puasa menjadi salah satu hal yang penting dilakukan agar ibadah di Bulan Ramadan berjalan dengan lancar. 


Penggunaan internet yang cepat dan stabil jadi hal penting untuk memantau kondisi tubuh selama ramadan. Inilah 5 peran internet untuk memantau kesehatan saat puasa, di antaranya :


1. Menyiapkan menu makanan sehat untuk sahur dan berbuka

Pola makan sehat saat Ramadan dimulai dari sahur dan berbuka. Dengan keberadaan internet cepat dan stabil membantu mencari rekomendasi menu sehat untuk keluarga agar tetap fit selama puasa.


2. Mempermudah konsultasi secara online mengenai kesehatan keluarga

Saat ini Kita bisa berkonsultasi secara online tentang permasalahan kesehatan keluarga selama Ramadan. Ayo manfaatkan IndiHome dari Telkom Indonesia agar konsultasi kesehatan menjadi lebih mudah.


3. Tidak kesulitan mengakses aplikasi kesehatan 

Beralihlah ke IndiHome agar akses menuju aplikasi kesehatan menjadi semakin mudah dan cepat. Jika koneksi internet lambat, maka akan kesulitan mengakses aplikasi kesehatan.


4. Mendapatkan obat-obatan dengan mudah via online

Kini, tak perlu lagi antre saat sakit ketika membutuhkan obat-obatan, karena bisa pesan obat via online. Lebih praktis dan hemat waktu.


5. Mendapatkan informasi tentang kesehatan

Dengan bantuan internet, mendapatkan informasi tentang kesehatan menjadi makin lancar dan mudah. Yuk, akses juga situs teknologi  untuk mendapatkan informasi kekinian tentang teknologi.


Berbagai gangguan kesehatan saat puasa bisa dicegah dengan pola makan dan kebiasaan sehat ketika Ramadan. Dengan bantuan internet cepat dari Provider Internet IndiHome, Kita  bisa mendapatkan informasi dan kemudahan mengakses layanan kesehatan di Bulan Ramadan.


Itulah 5 peran internet memantau kesehatan tubuh saat puasa. Kita juga perlu lebih bijak memanfaatkan internet agar mempermudah dan memantau kondisi tubuh di bulan penuh ampunan ini. Semoga puasa Kita di tahun ini dilancarkan dan lebih baik dari tahun sebelumnya.


Salam,






 


45 comments

  1. Alhamdulillaah peran internet dalam kesehatan keluarga kini sudah dimanfaatkan secara optimal. Dengan internet cepat, kita bisa mengetehui dan memantau berbagai kebutuhan secara online. Cek kesehatan dan berbagai penyakit serta cara mengatasinya, membeli obat dll. Aplikasi kesehatan sudah menjamur sekarang jadi kita bebsa pilih yang mana yang sekiranya cocok.

    ReplyDelete
  2. Selamat menjalankan ibadah puasa juga, mba
    Btw, memang ya peran internet bagus untuk memantau kesehatan kita saat puasa dan bisa bikin Ramadan kita lancar jaya

    ReplyDelete
  3. Internet sudah menjadi bagian hidup banget ya, terutama sejak pandemik. Tidak hanya untuk urusan pekerjaan, pendidikan, termasuk juga kesehatan. Paling mengesalkan deh pas lagi butuh informasi mengenai kesehatan, eh, jaringannya lambat... Semoga lancar ya ibadah puasanya

    ReplyDelete
  4. Internet memang sangat berperan untuk menjaga kesehatan terutam saat puasa seperti sekarang

    ReplyDelete
  5. alhamdulillah puasa sehat walau BB turun, masih semangat ya mba.
    Aku sering cari2 informasi di inet tapi kalau udah yg mengharuskan konsultasi langsung ke dokter tapi online juga sih seringnya hehe. Nah peran inet penting buat aku untuk mantau kesehatan

    ReplyDelete
  6. aku tuh rajin banget cek info tentang kesehatan terutama saat puasa, biasanya browsing aja karena kadang suka khawatir berlebih plus overthinking kalo ada apa2

    ReplyDelete
  7. Yang paling kerasa tuh nyari inspirasi menu sahur dan berbuka sih. Emang bener sekarang kebutuhan dasar tuh nambah jadi ada internet yaa, ihihi

    ReplyDelete
  8. Sekarang mengakses info seputar kesehatan udah mudah banget berkat jaringan internet cepat ya. Jadi bisa jaga kesehatan selama puasa biar tetep aktif dan bugar.

    ReplyDelete
  9. Makin mudah ya, mencari informasi apa saja di internet, termasuk seputar kesehatan. Yang penting pakai koneksi IndiHome, pasti semuanya lancar.

    ReplyDelete
  10. Sekarang kalau mau tahu apa saja, khususnya seputar kesehatan enak ya mbak, tinggal googling hehe,. Cuma syaratnya kudu cek di website terpercaya supaya jatuhnya enggak termakan oileh hoax. Yg pasti kalau mau googling kudu ada fasilitas internet di rumah ya :D

    ReplyDelete
  11. Enaknay di jaman teknologi semau bisa diakses secara online ya baik itu aplikasi kesehatan maupun informasi yang kita butuhkan dengan cepat yang penting ada koneksiinternet yang mumpuni semua lancar

    ReplyDelete
  12. Internet itu emang udah melekat dalam keseharian kita ya, masalah apapun bisa dicari pemecahannya dengan memanfaatkan internet, termasuk untuk memantau kesehatan tubuh saat berpuasa

    ReplyDelete
  13. Iya juga ya mbak, saat ini tuh kita dimudahkan sekali dengan adanya internet. Mau cari apa aja tinggal browsing. Tak terkecuali tips2 kesehatan yang pastinya buanyak sekali ada di internet. Tinggal kita aja yang aktif.

    ReplyDelete
  14. Internet tuh sekarang tuh kayak soulmate ya, memang selalu dinantikan dan mengharapkan juga cepat ya mak. Setuju deh ini sama point-point peran penting internet saat bulan puasa ya.

    ReplyDelete
  15. Adanya akses internet cepat dan stabil dari IndiHome ini memudahkan kita mencari informasi apa saja ya mbak
    Termasuk mencari informasi memantau kesehatan tubuh saat puasa

    ReplyDelete
  16. Memang banyak banget ya Mak manfaat internet itu, di bulan ramadhan ini enggak hanya ngebantu banget soal pengecekan kesehatan, tapi puasa jadi makin menyenangkan karena ada hiburan dengan memanfaatkan internet.

    ReplyDelete
  17. Sekarang aku saat puasa makannya santai, porsi lebih dikit malahan. Untung ada internet ya. Jadi banyak yang terbantu termasuk soal cek kesehatan juga

    ReplyDelete
  18. iya banget nih kalau udah sembelit enggak nyaman banget, jadi walau puasa tetap rajin makan buah dan sayuran. Aku juga udah stok buah pisang nih biar enggak sembelit.

    Btw, kalau sakit aku juga ngecek kesehatan dengan bantuan internet. Bahkan bisa konsultasi dengan dokter via online ya.

    ReplyDelete
  19. Badan mulai lemes, nih. Tapi, tetap semangat puasa. Karena, sekarang aku bisa cari informasi berbagai hal dengan internet agar kesehatan tubuh tetap terjaga selama puasa.

    ReplyDelete
  20. Gangguan yang kualami memang enggak jauh sama lambung
    Namun masih oke ketika saya siapkan penawarnya saat sahur
    Internet memang membantu untuk informasikan itu

    ReplyDelete
  21. Benar sekali, memerhatikan menu saat berbuka dan sahur ini penting sekali untuk terus menjaga kesehatan selama shaum sebulan penuh di bulan Ramadan.

    ReplyDelete
  22. Mpo juga diare dan sakit lambung gara gara telat makan banyak kerjaan pas awal puasa .

    ReplyDelete
  23. iya nih aku langganan kambuh mag aku kalau awal awal bulan puasa. tapi dengan adanya internet aku bisa browsing bagaimana penanganannya.

    ReplyDelete
  24. jadi ingat waktu kecil mama saya nggak bolehin saya puasa, katanya takut saya sakit. Tapi emang sih seringnya di bulan puasa itu kondisi kesehatan menurun, makanya harus banget dipantau kesehatan dengan beberapa cara.

    ReplyDelete
  25. Bener banget teh, berkah adanya jaringan internet yang lancar dari IndiHome membantu kami menjaga kesehatan termasuk saat ramadan, seperti mencari informasi kesehatan di internet, konsultasi online dan lainnya

    ReplyDelete
  26. Internet memudahkanku untuk mencari informasi terkait Ramadan juga kesehatan. Pas benar pakai internet cepat IndiHome sehingga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa terpantau jadinya

    ReplyDelete
  27. Aku belum integrasi ke aplikasi-aplikasi nih kecuali azan wkwkw karena di rumah tuh ngga kedengeran azan, masjidnya agak jauh di perkampungan atas, jadinya suka menerka-nerka, udah azan belum sih yaa? Meskipun udah bisa lihat kapan azan maghrib tp kayak ga afdol aja kalo ga denger azannya sendiri yak wkwkwk akhirnya instal apa gitu dah kmrn pas waktunyaa azan dia bisa azan dah tuh lewat TV android, pake internet tentunyaa.

    ReplyDelete
  28. Internet dari Indihome, tidak bisa hidup tanpa internet haha. Selain buat kerja, refreshing onlen, cari-cari resep, dengerin lagu, Youtube, dll. Indihome keren lah pokoknya, aku juga pakai Indihome.

    ReplyDelete
  29. Peran internet saat ini memang sangat membantu kita, terutama untuk memantau kesehatan. Betul sekali apa lagi sekarang udah bisa konsultasi dengan tenaga kesehatan secara online sehingga sangat mudah

    ReplyDelete
  30. Peranan internet zaman now sangat berpengaruh yah, termasuk untuk urusan kesehatan.

    ReplyDelete
  31. Puasa jangan sampai kendor cek kesehatan kita ya. Alhamdulillah ada internet sekarang kita bisa memantau kesehatan kitaaa

    ReplyDelete
  32. Alhamdulillah ya mbak kita sekarang hidup di era internet, jadi untuk beberapa hal menjadi lebih mudah. Ramadan ini, saya juga jadi lebih rajin browsing buat cari menu berbuka puasa dan sahur yang simple tetapi tetap bergizi.

    ReplyDelete
  33. Masya Allah betapa pentingnya menjaga kesehatan bagi seseorang yang berpuasa.

    ReplyDelete
  34. Awal puasa aku engga apa-apa, biasa aja. Eh...hari ke-3 kok maag, perut rasanya kembung dan banyak angin. Cari-cari info deh lewat internet, mengatasi perut kembung...
    Manfaat banget ada internet rumah

    ReplyDelete
  35. Di masa sekarang, internet memang memiliki peran sangat penting bahkan keberadaan jaringan internet cepat membuat seseorang lebih nyaman menjalankan ibadah puasa karena bisa mendapatkan berbagai informasi terutama seputar kesehatan. Terima kasih mbak sudah berbagi informasi.

    ReplyDelete
  36. Kebetulan saya tim berburu masakan untuk sahur dan berbuka lewat internet nih Mbak. Memang membantu sekali internet di era kini ya. Hanya dengan beberapa kata kunci, kita pun bisa langsung praktek aneka resep yang maknyuss dalam sekejap.

    ReplyDelete
  37. Penting sekali untuk memantau kesehatan saat puasa
    Dan semua itu bisa kita lakukan dengan menggunakan internet cepat dan stabil dari IndiHome ini ya mbak

    ReplyDelete
  38. wah kalau aku pas awal puasa ini kena batpil asli deh sampai lemes dan ngilu semua badanku. untung ya sekarang kita hidup di era internet yang sangat memudahkan dalam mencari info termasuk info kesehatan di bulan ramadan

    ReplyDelete
  39. Iya, terasa sekali peran internet untuk memantau kesehatan selama puasa. Kemarin sempet alami vertigo dan agar gak salah obat, aku searching di internet. Alhamdulillah, terbantu sekali dengan jaringan internet cepat.

    ReplyDelete
  40. Wah iya nih musti pantau kesehatan biar ga sakit saat puasa. Kalau udah sakit, sayang banget pahala puasanya hilang

    ReplyDelete
  41. Alhamdulillah ya sekarang dengan luasnya jaringan internet kita bisa mengakses informasi kesehatan untuk keluarga tanpa kita harus keluar rumah. Tetap keluar rumah hanya di saat tertentu saja.

    ReplyDelete
  42. Kesehatan memang sangat penting terutama disaat bulan Ramadhan begini jadi harus tahu cari informasi sebanyak-banyaknya agar tetap sehat dan IndiHome membantu kita mendapatkannya

    ReplyDelete
  43. peran internet memang sangat penting ya kak apalagi di bulan ramadan gini untuk memantau kesehatan pada saat kita berpuasa

    ReplyDelete
  44. Beneran tapi ya semenjak ada internet saya seperti ketergantungan. Mau belanja pake internet, lalu mau reservasi ke dokter pun pakai aplikasi yang terhubung dengan internet

    ReplyDelete
  45. MasyaAllah hari gini memang tiada hari tanpa internet ya mba, bahkan ibu rumah tangga macam saya juga memperoleh penghasilan dari internet

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.