Meraup Cuan untuk Masyarakat Pelosok dari Media Sosial

Berjualan online dari media sosial
Meraup cuan untuk masyarakat pelosok dari media sosial, ilustrasi dari freepik dan canva

Era digitalisasi sedang ngetren di zaman now. Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, kesempatan meraup cuan untuk masyarakat pelosok dari media sosial terbuka lebar. Mereka bisa mendapatkan untung jutaan rupiah cuma dengan memanfaatkan sumber daya sekitar mereka.


Yuk, jualan online atau jadi kreator konten agar produk atau konten lebih mudah dipasarkan. Nggak hanya itu saja, akses internet yang makin mudah dan murah memungkinkan kita buat terhubung dengan pasar yang lebih luas serta menjangkau pelanggan di seluruh Indonesia bahkan sampai ke luar negeri.


Nggak ada alasan lagi untuk melewatkan peluang di era digital ini. Contohnya saja berjualan online untuk mendapatkan cuan jutaan rupiah. Masyarakat pelosok pun bisa jualan online lewat platform marketplace atau media sosial seperti Facebook, Instagram, atau TikTok.


Misalnya, kita berjualan makanan khas dengan bahan dasar dari buah-buahan yang tumbuh di sekitar kita. Nah, dengan berjualan online, kita akan punya jangkauan yang lebih luas hingga sampai ke seluruh penjuru Indonesia. Keren, kan?


Untuk strategi jualan online yang bisa dicoba, kita bisa membuat konten video yang menarik atau lucu, seperti cerita pendek gitu atau bisa juga membuat video tentang proses pembuatan produk atau memanfaatkan tren media sosial yang lagi viral untuk memasarkan produk kita.


Berjualan online punya banyak manfaat terutama untuk masyarakat di pelosok. Selain bisa memperluas pasar dan menjangkau pelanggan dari berbagai daerah, dapat mengurangi ketergantungan pada toko fisik serta menghemat pengeluaran operasional.


Selain itu, berjualan online bisa membantu mengurangi kesenjangan ekonomi antara daerah perkotaan dan pelosok. Pokoknya, berjualan online itu membuat lebih inovatif dan kreatif dalam mempromosikan produk.


Sekarang nggak perlu khawatir lagi kesulitan mengakses internet di daerah pelosok. IndiHome dari Telkom Indonesia telah hadir di berbagai pelosok daerah. Semua jadi punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan cuan jutaan rupiah dari berjualan online.

Tips Berjualan Online Melalui Konten yang Kreatif

Jualan online dengan konten kreatif
Tips berjualan online,
ilustrasi dari freepik.com

Ingin jualan online tapi belum tahu strategi apa yang tepat buat promosinya? Yuk, simak tips berjualan online lewat konten kreatif berikut ini!

  • Ceritakan Produkmu

Cerita tentang produkmu bisa bikin calon pelanggan lebih tertarik dan penasaran. Misalnya, cerita berjualan makanan dengan resep turun-temurun yang terus dijaga kualitasnya.

  • Buat Konten Video yang Asyik

Buatlah konten video yang asyik. Video-video yang lucu dan menarik bakal bikin pelanggan tertawa dan merasa diajak ngobrol. Bisa juga tunjukan proses pembuatan produk dalam video.

  • Ikut Tren Media Sosial

Tren media sosial yang lagi viral bisa dimanfaatin buat mempromosikan produk. Seperti yang disebutkan oleh situs tekno, cari tahu tren apa yang lagi viral di media sosial dan sampaikan juga informasi produkmu.


Banyak juga orang yang berhasil dapetin duit banyak dari jualan online, salah satu contohnya adalah akun TikTok "sohibcemilan" yang katanya bisa dapat Rp 115 jutaan per hari menurut situs KaloData.com.


Ada juga akun TikTok lain namanya "Eat Sambal" yang sukses banget jualan makanannya. Mereka punya produk yang oke dan kontennya seru jadi banyak yang tertarik beli, bahkan mereka bisa meraih 90 juta rupiah lebih per hari dari satu konten TikTok aja. Mantap!

Keuntungan dari Berjualan Online Bagi Masyarakat di Pelosok Indonesia

Meraup cuan bagi masyarakat pelosok
Keuntungan berjualan online,
ilustrasi dari freepik.com/@jcomp



Tak hanya warga perkotaan, masyarakat di pelosok Indonesia juga bisa dapat untung jutaan rupiah dari berjualan online. Nah, berikut ini manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan dari berjualan online:

  • Menjangkau Pelanggan Lebih Luas

Dengan berjualan online dapat menjangkau calon pelanggan dari berbagai daerah di Indonesia bahkan luar negeri. Hal ini akan meningkatkan jumlah penjualan.

  • Mengurangi Ketergantungan pada Toko Fisik

Dengan berjualan online, kamu bisa menjual produk secara langsung ke pelanggan tanpa harus lewat toko fisik. Jadi kamu bisa menghemat biaya operasional.

  • Mengurangi Kesenjangan Ekonomi

Berjualan online juga bisa membantu mengurangi kesenjangan ekonomi antara perkotaan dan pelosok. Masyarakat di pelosok memiliki akses yang sama dengan masyarakat di perkotaan dalam hal pemasaran dan penjualan produk.

  • Memacu Inovasi dan Kreativitas

Dengan jualan online membantu lebih inovatif dan kreatif dalam mempromosikan produk. Selain itu bisa mencoba strategi baru dan terus memperbaiki produk agar bisa bersaing di pasar.


Nggak perlu khawatir soal akses internet di pelosok, dengan IndiHome dari Telkom Indonesia, kamu tetap bisa menjual produk secara online. Buat masyarakat di pelosok ada program Sobat IndiHome (SOBI) yang bisa nambah penghasilan mereka. Cari info lengkapnya di situs SOBI ya!


Meraup cuan untuk masyarakat pelosok dari media sosial cukup terbuka lebar. Tak hanya masyarakat perkotaan, mereka pun bisa memanfaatkan peluang agar mendapatkan keuntungan jutaan rupiah dari jualan online.



Salam,





34 comments

  1. Alhamdulillah, akses internet makin menjangkau ke seluruh pelosok jadi membuka peluang buat yang mau berbisnis online meskipun nggak tinggal di tengah kota. Tinggal gimana niatnya memanfaatkan teknologi buat bikin konten yang menarik dan memasarkan produknya.

    ReplyDelete
  2. Berjualan online khususnya makanan di daerah pelosok sudah pasti menjanjikan ya Kak, tinggal bikin status WA atau stori Instagram tentang produknya, banyak deh pengikut yang tertarik atau minimal kepo dengan makanannya. Untung ada indihome yang mendukung kelancaran berinternet di daerah pelosok, jadi berjualan online bisa lancar tanpa hambatan koneksi internet.

    ReplyDelete
  3. Meskipun masyarakat pelosok kini juga bisa berkembang yah berkat internet cepat dari IndiHome. Bisa belajar ngonten dan bisnis, apalagi ngga perlu punya toko fisik karena bisa jualan online yang lebih banyak lagi pasarnya.

    ReplyDelete
  4. dunia digital memungkinkan untuk melakukan banyak hal, walaupun berada di pelosok desa selama didukung jaringan internet yang andal ga perlu khawatir kan ya

    ReplyDelete
  5. Memang dengan adanya dunia online ini, sepertinya semua barang jadi terjangkau ya di mana saja, termasuk pelosok Indonesia. Akses internet cepat seperti punya Indihome ini juga membantu banget tentunya meluaskan jangkauan promosi.

    ReplyDelete
  6. Tinggal dimanapun kini tak jadi masalah yaa.. semua tetap punya peluang untuk mengembangkan bisnisnya. Pastikan pilih penyedia koneksi internet yang stabil agar memudahkan kita untuk promosi dagangan ke banyak orang melalui media sosial.

    ReplyDelete
  7. Sebagai mamak-mamak olshop, koneksi internet emang jadi koentji sih. Entah itu buat bikin konten atau follow up customer.

    Aku pakai IndiHome di rumah. Asli, ini membantu banget.

    ReplyDelete
  8. Baru tahu nih IndiHome punya program SOBI yang bagus banget nih dimanfaatkan terutama buat mereka yang tinggal di pedalaman. Apalagi jangakau internet IndiHome luas hingga ke pelosok

    ReplyDelete
  9. salut sih di era digital ini bahkan yang di pedalaman bisa ikut berjualan. Indihome sebagai salah satu provider internet terlama udah terkenal sama jangkauannya sampai ke pedalaman

    ReplyDelete
  10. sekarang asal ada akses internet yang stabil dan digital marketing yang baik kayaknya jualan di mana aja bisa sukses ya, mbak

    ReplyDelete
  11. Dengan adanya internet bisa bantu mereka untuk jualan online ya mba. Sebab di daerah pelosok itu aslinya punya potensi besar misalnya bidang pertanian atau perkebunan

    ReplyDelete
  12. dan aku baru aja pesan kacang mede dari salah satu daerah pelosok di Jawa Tengah akibat liat live mereka di TikTok

    ReplyDelete
  13. Pas pulkam dari tahun ke tahun, aku sadar ternyata perkembangan internet di kampungku udah makin melejit, bahkan banyak jualan jg pakai pesan antar, turut mengembangkan UKM lokal lah internet

    ReplyDelete
  14. Kalau aku lihat2 kayaknya yang sedang happening jualan online di tiktok ya mba. Tapi dimanapun ya harus ada jaringan internet kuat.

    ReplyDelete
  15. trend media sosial saat ini memang harus dimanfaatkan untuk yang mau berbisnis karena dengan membuat video seru, akan mengundang publik untuk menonton dan lama-lama mengenali barang jualan kita

    ReplyDelete
  16. dengan berjualan online, berarti kita membuka peluang rezeki lebih luas
    mungkin awalnya memang susah, tapi InsyaAllah kalau ditelateni pasti bisa

    ReplyDelete
  17. Kalau tinggal di pelosok memang sebaiknya berjualan dengan online juga karena bisa menjangkau lebih banyak customer

    ReplyDelete
  18. IndiHome sebagai penyedia jaringan internet yang telah sampai ke pelosok daerah bisa memberikan jalan orang-orang untuk meraup cuan dari intenet ya teh

    ReplyDelete
  19. sekarang gak hanya masyarakat kota aja yang tahu belanja online, di pedesaan pun juga udah kenal dengan belanja online, apalagi kemudahan pembayaran dengan COD bisa buat masyarakat di pedesaan belanja tanpa harus kenal transfer-transfer segala ya.

    ReplyDelete
  20. Adanya internet cepat dan stabil dari IndiHome ini memberikan kesempatan kepada Masyarakat pelosok untuk meraih cuan ya mbak

    ReplyDelete
  21. Adanya internet membuat yang jauh dari dekat. Saya bisa belanja dari manapun tanpa harus datang ke tempatnya. Berkat adanya internet

    ReplyDelete
  22. Melihat fenomena bisnis online yang semakin terbuka lebar untuk siapa saja dan dimana aja ini bikin semangat untuk terus menggali potensi yang dimiliki ya.. Bukan hanya di kota besar, namun bisnis online juga bisa dilakukan di desa dengan jaringan internet cepat. Semoga semakin meningkatkan pendapatan masyarakat di desa.

    ReplyDelete
  23. Dukungan IndiHome lewat program Sobi memang luar biasa, menjangkau hingga ke pelosok daerah sehingga meningkatkan perekonomian

    ReplyDelete
  24. Manfaat berjualan online ternyata banyak juga ya dampak positifnya, terutama buat menghemat biaya operasional. Wah bisa jadi pilihan dalam berbisnis nih

    ReplyDelete
  25. Peluang bisnis online ini makin menjamur di kalangan masyarakat ya Mbak. Alhamdulillah jadi bikin roda perekonomian berputar lebih lancar. Semua itu karena adanya jaringan internet.

    ReplyDelete
  26. Era digital membuka peluang ibu rumah tangga untuk berjualan online asalkan ada kemauan dan tekun dalam berjualan online juga didukung internet yang cepat dan lancar seperti IndiHome

    ReplyDelete
  27. Setuju banget kalau ada jaringan internet yang bagus trus masyarakat bisa memanfaatkan media sosial misal buat berbisnis dari desa asalnya, meski tempatnya pelosok sekalipun, itu ok banget buat memperpendek gap ekonomi ya mbak. Sekarang mah berbisnis apa aja dari mana aja memungkinkan asalkan ada internet yang mumpuni plus mau asah skill buat berbisnis.

    ReplyDelete
  28. Alhamdullilah ya dengan adanya internet kini masyarakat di pelosok juga bisa berpeluang untuk mendapatkan cuan. Yg penting mau belajar dan berusaha.

    ReplyDelete
  29. Pengen jualan online tapi males packing-packingnya hehe. Harus punya karyawan nih. Tapi jualan online memang sekarang potensi keuntungannya besar.

    ReplyDelete
  30. Jualan online dengan story' telling menarik dan tips bisa meningkatkan view video dan penjualan

    ReplyDelete
  31. era digital saat ini membuat bisnis online menjadi meruyak dan menjadi pilihan buat mencari penghasilan ya . Makanya penting deh peran internet yang lancar

    ReplyDelete
  32. Bener banget nih mba masih banyak masyarakat pelosok yang belum paham betul ttg dunia digital dan segala manfaatnya.. padahal dgn memanfaatkan dunia digital secara maksimal kita bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal juga

    ReplyDelete
  33. Sistem belanja online sekarang memang sangat memudahkan orang-orang yang ingin memulai usaha jualannya yaa. Jadi nggak perlu nyari toko dan produk kita bisa dipromosikan ke seluruh indonesia

    ReplyDelete
  34. Sekarang sudah gampang mendapatkan barang yang ingin kita beli karena bisa melalui online. Sudah banyak juga ulasannya apakah bagus dan tidaknya barang tersebut. Tanpa harus mendatangi tokonya. Tinggal bijaksananya kita saja

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.