Self Healing sebagai Upaya Menjaga Mental Health

 

Self Healing dan Mental Health,
ilustrasi dari freepik dan snapseed


Healing bukan hanya sekedar traveling, self healing itu dikaitkan sebagai upaya menjaga health atau kesehatan mental agar pulih dari luka atau trauma secara psikologis. Memang healing belakangan ini ramai dibicarakan, sering dikaitkan dengan bepergian ke tempat tertentu padahal maknanya lebih dari itu.


Saya pernah mengalami tertekan dengan suatu keadaan yang melelahkan, bertahan dalam luka selama bertahun-tahun karena suatu hal. Mental health atau kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik yang harus dijaga dan juga ditangani dengan baik. Banyak kejadian yang dialami perempuan sehingga membuat mereka stress bahkan depresi


Salah satunya kisah Pratyusha Banerjee, aktris pemeran Anandhi yang bunuh diri karena terjerat masalah pribadinya. Padahal saya dulu penggemar film Bolywood yang satu ini. Kasus ini tak hanya menimpa satu artis saja, ada beberapa kasus yang sama. Jika ketenaran atau uang menjadi sumber kebahagiaan, mengapa mereka yang bergelimang harta malah memilih mengakhiri hidupnya?


Sekali lagi kebahagiaan itu tidak ditentukan dengan kekayaan, ketenaran, atau memiliki pangkat yang tinggi, tetapi kebahagiaan itu letaknya di dalam hati. Itulah pentingnya menjaga hati Kita agar tidak terus menerus terluka karena hal yang terjadi di masa lalu. Keberhasilan self healing tandanya bisa pulih dan bisa melanjutkan hidup dengan lebih baik.



Manfaat Self Healing 


Setiap orang pasti pernah merasakan kegagalan, berada pada level terendah, putus asa, bahkan stress. Hal tersebut bisa mengganggu aktivitas harian seperti mengganggu konsentrasi, pekerjaan terbengkalai, sampai menarik diri dari lingkungan sosial. Jika sudah tahap seperti ini, berarti perlu melakukan self healing 

Self healing adalah hal penting agar mental health atau kesehatan mental terjaga. Inila beberapa manfaat dari self healing:


šŸŒ·Memperbaiki mood yang buruk

šŸŒ·Membantu mengurangi tingkat kecemasan

šŸŒ·Membantu mengatasi stress atau depresi

šŸŒ·Meningkatkan kondisi fisik seperti memperbaiki kualitas tidur dan menguatkan imun 


Self healing bukan berarti identik dengan hal-hal mewah, seperti shopping, traveling ke luar negeri, menghabiskan uang, atau hal-hal mewah lainnya. Padahal self healing juga bisa dilakukan secara sederhana di rumah seperti menulis, membaca, menonton film favorit, berolahraga rutin, memasak makanan favorit, mendengarkan musik, dan lainnya.


Cara Self Healing Terbaik


Berapa lama waktu seseorang untuk pulih sepenuhnya? Sepertinya tak ada jawaban pasti untuk ini karena tiap orang pasti butuh waktu yang berbeda agar dapat healing dari masalah yang menimpanya. Ada tiga langkah yang perlu dilakukan agar dapat pulih dan menyembuhkan diri, yaitu:


1. Self Love

Self love menjadi salah satu langkah awal untuk menyembuhkan diri yaitu dengan menyadari pikiran negatif, merawat diri sendiri, melakukan rekonstruksi tujuan, dan mengembangkan diri. Batasi hal-hal yang mengganggu seperti misalnya konten tertentu di media sosial.


2. Self Acceptance

Langkah selanjutnya adalah self acceptance, yaitu mengakui, menerima, dan menghargai pencapaian atau kekurangan diri. Dengan memahami kekurangan diri, maka bisa mengetahui kemampuan yang perlu dikembangkan. Hal ini perlu dilakukan bersamaan dengan self love.


3. Self Compassion

Cara terakhir adalah self compassion, yaitu kemampuan untuk memahami keadaan dan merespon emosi atas luka yang pernah dialami serta keinginan untuk membantu diri sendiri. Ketika seseorang mengetahui masalah yang ada pada dirinya seharusnya ia memiliki keinginan memperbaiki dan mengubah diri sendiri.


Ketiga cara di atas menjadi proses awal untuk menyembuhkan diri. Saat seseorang menyadari bahwa ia sedang tidak baik-baik saja lalu mulai mencari cara untuk pulih. Hal ini sudah menunjukkan bahwa perjalanan penyembuhan diri telah mencapai separuh jalan. Selebihnya adalah menangani maintenancenya saja.


Maintenance atau pemeliharaan diri itu meliputi mindfulness dengan fokus atau sadar pada diri sendiri, common humanity yang menyadari jika manusia wajar mengalami kegagalan, dan self kindness yang berarti menjadi sahabat baik untuk diri sendiri saat terjadi masalah supaya tidak mudah menghakimi diri sendiri.


Penyembuhan diri atau self healing itu harus melakukan banyak hal, meski setiap orang punya cara penyembuhan yang berbeda, namun hal terpenting adalah berdamai dengan masa lalu, tak hanya sejenak melupakan yang terjadi. Segera konsultasi ke psikiater untuk cek kesehatan mental agar kembali pulih.


Itulah self healing sebagai upaya menjaga mental health. Kita juga bisa mempraktikkannya cara self healing terbaik versi kalian ketika mengalami kejadian yang memerlukan penyembuhan diri. Sharing di kolom komentar yuk, bagaimana cara pulih dan self healing apa yang terbaik menurut kalian?



Salam,







14 comments

  1. Cara self healing pasti berbeda2 tergantung orangnya ya mba. Tapi memang semua itu berasal dari hati sih. Seperti yg mba bilang, kaya bergelimang harta sekalipun, bosa aja hidupnya ga bahagia.

    Aku sendiri wajib melakukan me time demi menjaga kewarasan pikiran. Terkadang memang traveling, Krn itu hobiku. Tapi traveling ga bisa dilakukan setiap saat. Jadi sesekali pakai ke metode murah meriah, misalnya nonton Drakor favorit, main games sepuasnya, baca novel, iy aja bikin aku bahagia kok šŸ˜. Dan langsung enak mood jadinya

    ReplyDelete
  2. pentiiingg bgt self healing ini ya mba.
    daku jg berusaha utk meluangkan waktu ber_self healing.
    dgn metode yg cocok

    ReplyDelete
  3. Betul sekali.
    Ketika makna healing hanya diartikan sekedar me time, tapi sebenarnya punya makna yang lebih dalam lagi untuk kesehatan jiwa seseorang. Ketika merasa gak sanggup, meminta bantuan sama tenaga ahli adalah solusi terbaik.

    ReplyDelete
  4. Aahh setuju banget mbaa, banyak banget sahabat aku yang selaluu aja ceriwis nyuruh aku untuk keluar rumah, liburan, healing katanya. Tapi aku justru kalo liburan dan keluar rumah ke tempat ramee gitu jadi ngga nyaman dan udah kayak bukan healing sih. justru karena aku nyaman di rumah, sendirian, bebas mau ngapain aja, itu udah jadi healing sih buat aku hahaha

    ReplyDelete
  5. Setuju, cara penyembuhan mental health pada tiap orang berbeda, jika perlu minta bantuan ahlinya.
    Aku dulu saking down saat bayi pertamaku meninggal dunia, ya ke psikolog ..dan ini membantu pemulihanku

    ReplyDelete
  6. Self healing menjadi pelajaran berharga yang penting sekali.untuk diperhatikan. Kesehatan mental sangat perlu jadi perhatian semua pihak

    ReplyDelete
  7. 100!
    Self healing bukan shoping2 mewah atau jalan2 mahal, tapi lebih ke bagaimana caranya supaya bisa menerima diri dan nyaman dengan diri sendiri.

    Kasihan banget self healing zaman sekarang sering jadi kedok biar bisa jalan2 dan syoping mevvah ya Mba šŸ˜‚

    ReplyDelete
  8. Setuju mba. Apalagi kata2 helaing sering dikaitkan dengan traveling. Padahal self healing menurutku ngga sama dengan traveling, meskipun memang ada beberapa orang yang nyaman self healinh dengan traveling.

    ReplyDelete
  9. Menjaga kesehatan mental itu penting ya
    Salah satunya dengan melakukan self healing ya mbak

    ReplyDelete
  10. Isu mental health ini sebenarnya sudah lama ya. Jadi respon orang atas diri kita kadang membuat kita depresi. Aku juga dulu sempat ngalami itu. Kutelan semua komentar orang dan berpikir orang sempurna. Tapi seiring waktu kutemukan ternyata orang juga ga sesempurna yang mereka katakan. Dan aku memilih cuek aja.

    ReplyDelete
  11. Self healing emang perlu banget, nggak mesti kekuar jalan atau gimana, menurutku di rumah aja nyantai nikmatin snack trus nonton tayangan menarik itu udah oke banget. Tapi tergantung orangnya gimana ya

    ReplyDelete
  12. Saat ini self healing saya yang murah dan tak kemana-mana adalah nge-game. Beneran loh, di antara rutinitas harian yang melelahkan, sebentar aja pegang hp dan mainan udah berasa segeeerr...

    ReplyDelete
  13. Kadang orang menganggap self love itu egois. Apalagi ibu-ibu yang punya anak kicik-kicik. Padahal itu penting banget supaya bisa spread love buat anak-anak juga.

    ReplyDelete
  14. Iya saya juga kaget pas denger kabar pemeran Anandi bunuh diri. Padahal saya cukup menyukai artis itu loh. Nonton filmnya juga walau episodenya panjanh. Dan kaget pas pemainnya ganti

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.