Indonesia Website Awards

5 Me Time Sederhana dari Rumah bagi IRT ala Catatan Leannie


Me Time IRT dari rumah
Me time sederhana bagi IRT,
via dokumentasi pribadi dan canva 

Menjalani rutinitas yang sama setiap harinya berpotensi menimbulkan rasa jenuh. Kali ini saya mau sharing 5 me time sederhana dari rumah bagi IRT ala Catatan Leannie untuk melepas kejenuhan. Semua ibu itu hebat menurut saya, nggak perlu Ada drama atau perdebatan antara Full Time Mom vs Working Mom lagi, ya ... 


Untuk bisa beradaptasi dengan keadaan setelah menikah, butuh waktu yang nggak sebentar bagi saya. Saya yang dulunya bekerja sebelum menikah kemudian memutuskan menjadi IRT, terkadang ada rasa kangen kerja lagi karena merasa jenuh di rumah. 


Kadang teringat kembali kenangan atau pengalaman bekerja di laboratorium klinik dulu. Meski sekarang saya cukup nyaman jadi IRT dan ngeblog jadi aktivitas atau passion menulis yang terus saya kerjakan.


Sekarang anak saya sudah kelas 1 SD. Saatnya menjadi "macan ternak," alias antar jemput anak sekolah juga mengaji. Sekolah anakku jaraknya dekat dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki sebenarnya. 


Aktivitas antar jemput anak sekolah atau ngaji pun bikin waktu berputar dengan cepat. Rasanya nggak kerasa udah siang lagi, waktunya jemput anak pulang. Setelah itu nggak kerasa juga udah sore, waktpunya antar jemput anak ngaji.



Mengapa Me Time penting untuk IRT


Apakah me time ini penting untuk IRT? Bagi saya, sih, iya. Me time ini adalah kegiatan yang dilakukan untuk menghibur diri sendiri untuk melepas penat, kejenuhan dan mengembalikan mood menjadi lebih baik. Sesekali penting juga untuk melakukan me time bagi para IRT, karena bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental.


Mental health ini penting untuk dijaga seorang ibu karena untuk menemani tumbuh kembang anak, seorang ibu perlu berbahagia dan menjadi yang terbaik versi dirinya. 


Dengan me time seorang ibu rumah tangga bisa terhindar dari stress atau bahkan depresi. Seperti recharge energy, seorang IRT juga perlu menjaga kewarasan agar bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik 


Me time juga penting untuk merilis emosi karena bisa membuat diri lebih rileks sehingga emosi negatif menjadi lebih terkendali. Pikiran menjadi lebih jernih sehingga lebih rasional dalam bersikap. 


Dengan Me time bisa membuat seorang ibu terhindar dari perilaku impulsif tanpa pikir panjang seperti misalnya mengeluarkan kata yang kasar atau memukul anak saat kesal.


Perlu diketahui kalau  me time itu tidak berarti egois dan mementingkan kepentingan sendiri. Kesibukan mengurus rumah, anak juga pasangan membuat seorang perempuan terkadang lupa dengan dirinya sendiri. 


Me time ini memanfaatkan waktu sejenak untuk rehat dari kesibukan rumah tangga sehingga bisa refresh kembali.



Me Time Sederhana yang bisa dilakukan di rumah ala Catatan Leannie


Me time untuk IRT
Me time ala Catatan Leannie,
via dokumentasi pribadi 

Me time setiap orang bisa berbeda-beda. Bagi saya, ada beberapa cara yang biasa dilakukan agar kembali bersemangat dan melepas kejenuhan, bisa dilakukan di dalam rumah atau di luar rumah. 


Bisa menikmati waktu sendirian atau berinteraksi dengan orang lain. Kadang saya memang butuh waktu sendiri dan sewaktu-waktu butuh juga berkumpul dalam circle pertemanan yang sefrekuensi. Inilah 5 cara me time Sederhana ala Catatan Leannie, di antaranya:


1. Memakan makanan favorit


Me Time dengan makanan favorit
Me time dengan Tomyum favoritku,
via dokumentasi pribadi 

Makan adalah cara sederhana untuk menghibur diri saat merasa penat atau jenuh. Itulah kenapa makin ke sini timbangan badan saya semakin nganan 😅 atau makin bertambah. Pengen diet tapi cuman rencana aja, eksekusinya belum terlaksana. Duh, jangan diikutin ya. 


Biasanya saya senang makan es krim atau makan mie. Kayanya ngemie adalah mie time sederhana favorit banyak IRT termasuk saya. Kadang saya makan mie goreng atau mie rebus. Nah, kemarin-kemarin saya nyobain masak Mie Tomyum plus aneka Suki. Rasanya yummy dan bikin happy.


2. Menulis atau ngeblog


Me Time dengan Menulis
Ngeblog,
via freepik.com/@rawpixel

Menulis bisa merilis emosi. Ada hal yang nggak bisa saya ungkapkan, bisa saya sampaikan lewat tulisan. Menulis atau ngeblog jadi cara saya untuk healing. Bisa jadi me time yang membuat saya lebih baik lagi setelah bisa menulis atau ngeblog. Rasanya lebih plong menuangkan perasaan yang tak bisa diungkapkan lewat kata-kata dengan menulis. Ini adalah salah satu self healing bagi saya. 


Kadang saya merasa ada bagian dari inner child yang terluka dan bisa berangsur pulih dengan menuliskan pengalaman saya di masa lalu. Banyak sekali manfaat menulis dan dengan ngeblog, saya juga merasakan berkahnya dan bersyukur sekali bisa dapat penghasilan tambahan dari menulis.


3.  Membaca buku 

Membaca buku jadi salah satu me time sederhana untuk melepas kejenuhan. Saya sukanya kulineran dan jalan-jalan. Nggak salah kalau baca buku tentang traveling. Ada dua buku traveling yang ada di rumah saya. 


Membaca buku traveling
Membaca buku traveling,
via dokumentasi pribadi 

Ada buku antologi traveling yang saya miliki di rumah. Yang satu saya tulis bersama teman penulis dan buku yang saya dapatkan ketika menjadi pemenang hiburan saat mengikuti BPN Ramadan 2020 yang diselenggarakn oleh Blogger Perempuan.


4. Menonton TV


Menonton badminton
Menonton badminton,
via dokumentasi pribadi 

Menonton acara TV jadi hiburan yang menyenangkan bagi saya. Acara sinetron sudah agak malas saya tonton, lebih suka kuis kaya Family 100 yang menghibur atau nonton pertandingan Badminton. Nah, kemarin-kemarin saya nonton live Malaysia Open Super 1000. Seru deh nontonnya. 


5. Mengaji


Me Time dengan beribadah
Mengaji, 
via freepik.com 

Jangan lupa untuk meningkatkan spiritualitas dengan beribadah. Kita perlu belajar tentang spiritualitas lebih mendalam dan mengkaji tentang kehidupan. Bisa jadi self reminder juga. 


Kadang butuh jeda juga untuk mengatasi ruwetnya pikiran sebagai IRT. Biar nggak stress atau bahkan depresi, bisa baca tulisan di blog tentang spiritualitas.


Nah, Salah satu cara mendekatkan diri pada-Nya adalah dengan mengaji atau membaca Alquran. Berdzikir dan mengaji bisa membuat hati menjadi tenang. Bisa jadi me time paling efektif kala jenuh dan penat melanda. 


Ketika mau menentukan pilihan, saat dilema dilema di antara dua pilihan, melibatkan Tuhan adalah cara terbaik agar tidak keliru mengambil langkah. Me time dengan mendekatkan diri pada-Nya adalah hal yang penting dilakukan. 


Itulah 5 me time sederhana dari rumah bagi IRT ala Catatan Leannie. Adakah yang punya kebiasaan me time yang sama dengan saya atau punya me time khusus? Sharing yuk Di kolom komentar, apa me time istimewa untuk mengusir kejenuhan bagi kalian?



Salam,




24 comments

  1. Setuju Teh Lia, ibu RT wajib me time agar bisa fresh lagi mengurus rumah tangga
    dan nonton TV (sekarang bisa drakor/dracin/youtube/tiktok) menjadi hiburan termurah
    asal jangan keterusan gak ingat waktu
    untuk blogger mah malah bisa nulis reviewnya :D

    ReplyDelete
  2. Selain membaca dan menulis (termasuk ngeblog), me time saya adalah gardening...
    Bagi saya me time itu penting untuk refreshing, stress release dan penting banget untuk mental health...

    ReplyDelete
  3. Sepakat banget. ME TIME itu penting untuk para ibu rumah tangga. Apalagi yang kesehariannya diliputi oleh berbagai kesibukan mengurus keluarga dan keperluan rumah. Rehat sejenak tentunya bisa mengembalikan good mood dan membuat jiwa sang ibu sehat serta bersemangat kembali.

    Kalau saya, me time nya banyak banget deh. Secara ya anak-anak sudah dewasa, tidak butuh perhatian khusus. Seringnya tuh nonton (film/drama) di tablet, massage sekalian luluran, menikmati makanan kesukaan dan nge-craft. Terkadang juga ngumpul bareng temen-temen. Tapi ini gak sering sih saya lakukan.

    ReplyDelete
  4. Saya pun suka bikin mie instan kuah, pedes lengkap dengan telur dan sawi mbak. Biasanya saya lakukan di malam hari, saat anak-anak sudah tidur. Kalau suami pengen, suruh bikin sendiri, pokoknya saya nggak mau kenikmatan makan semangkuk mie terganggu hehehe

    ReplyDelete
  5. Bener-benerr... me time terbaikku kalau di rumah sendiri, anak sekolah, suami kerja, ya mengerjakan semua hal untuk blog. Walau kadang tambah ruwet kalo gak bisa, hehehe.. sama sih, pesen makanan sama minuman enak, tus dinikmati sambil nonton.
    Paling seneng kalo OVO-ku uda diisiin suamik. Yaaa... What a happy day~

    ReplyDelete
  6. Me time itu kalau ditelaah banyak hal ya Teh yang bisa dilakukan. Intinya sih sejenak menepi guna melakukan hal yang disenangi dan bikin bahagia. Cuss ah semoga kita semua selalu bahagia, aamiin

    ReplyDelete
  7. Bener nih. Kadang kita bisa terlalu terobsesi sama me time yang dilakukan di luar rumah dan buang-buang uang.

    Padahal kita bisa me time di rumah saja. Dan lebih berhemat. Mana kadang bisa dapat cuan juga. Asyik...

    ReplyDelete
  8. Memang harus pinter-pinter berstrategi ya ibu rumah tangga itu. Biar nggak merasa bosan di rumah terus. Kalau saya me time nya baca novel sama makan makanan favorit. Hati jadi lega setelah melakukan kedua aktivitas itu..

    ReplyDelete
  9. Wah, cocok banget nih sama saya mbak. Untuk menjaga kewarasan makan indomie pake rawit sama sawi yang banyak, bikin kopi, dengerin musik, nulis, baca, nonton. Seger langsung

    ReplyDelete
  10. Me Time memang penting banget, apalagi dulu saya pernah ikut kelas belajar hidup dan bahas tentang me time. Intinya, apa pun jenis me timenya, me time haruslah benar-benar mampu membuat diri kita kembali utuh dan bahagia seperti sedia kala sebelum jenuh menyerang.

    Biasanya, me time ala saya baca buku, cicil naskah-naskah tulisan, sama main lego Mbak ^_^

    ReplyDelete
  11. Nah benar banget mbak, 5 me time di atas sangat mudah dan murah dilakukan, karena cuma di rumah aja. Kalau saya tak tambah satu lagi mbak, olahraga bareng teman2.

    ReplyDelete
  12. Me time ku juga menulis, membaca, nonton film wkwwk.
    Btw aku uda baca juga tuh bukunya Kak Yani *salfok 😁
    Tapi emang IRT juga butuh me time biar tetep waras sih. Dan emang beda2 cara me temenya. Saling menghormati aja.

    ReplyDelete
  13. Jadi Ibu kan tugas plus kewajibannya banyaakkk yah.
    Karena itu, me time super duperrr pentiingg
    Makasi sharing nya mba

    ReplyDelete
  14. kebutuhan dasar pada diri sendiri memang penting juga dipenuhi, dengan me time salah satunya. minimal saat anak-anak tidur kita bisa sholat atau sekadar makan indomie dengan khusyuk ya Mbak eheh

    ReplyDelete
  15. Semuanya ini aku lakuin pas me time di rumah, yah meskipun belum jadi ibu tapi tetap aja me time sebagai istri juga yah begini, sederhana tapi hepi juga

    ReplyDelete
  16. Me time saya di rumah, selain baca buku juga nonton film sama crafting mbak. Eh bercocok tanam juga ding... Lha kok banyak ya. Pantesan timbangan saya juga makin ke kanan.

    ReplyDelete
  17. Subhanallah kegiatan me time yang positif dan berdaging banget. Bagusss, aku harus contoh mba nya nih. Tapi yg mie time itu menarik ya mba, aku ikutan laper hahaha

    ReplyDelete
  18. Kalau aku makan, journaling, ngeblog, sama skincare an mba hehe. Udah mewah banget itu buat IRT

    ReplyDelete
  19. Ya ampuuun mbaa samaan, nih. Aku pun me time-nya juga suka disalurkan ke hal-hal yang sederhana tapi bikin happy seperti poin nomor satu yaitu makan makanan kesukaan. It works kalo buat aku.
    Dan, beberapa poin me time lainnya yang tertera di atas, ternyata kurang lebih sama ya, mba.

    ReplyDelete
  20. Semua pint di atas me time saya juga. Ditambah dua lagi nih kalau versi saya. Main game sama tidur. Hehehe...
    Alhamdulillah gak harus liburan ke luar negeri atau shoping ngeluarin biaya besar, cukup di rumah saja sudah bisa healing ya

    ReplyDelete
  21. Kalau saya me time nya mandi air hangat sama makan yang pedes... Masya Allah nikmat sekali rasanya

    ReplyDelete
  22. MasyaAllah mba Lia semuanya aku banget hahaha, tomyumnya enak pol nih pas hujan-hujan begini. Di rumah yang punya tv mertua, jadi aku paling nontonnya drakoran di henpon.

    ReplyDelete
  23. Me time yang membahagiakan itu setidaknya punya waktu untuk diri sendiri gitu ya..
    Kalau masih sama anak atau pasangan, jatuhnya we time. Walau pasti ada yang bilang bisa jadi quality time.

    ReplyDelete
  24. Kebetulan me time kita sama mba haha, salah satu lagi aku butuh waktu sendiri ga ada yang ngajak ngomong, simplu daydreaming mikir aja haha. Ga boleh ga ada me time ntar bisa stres

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.