Indonesia Website Awards

Menjaga Keseimbangan Ekosistem Laut bersama Blackmores

Menjaga Ekosistem Laut bersama Blackmores
Menjaga keseimbangan ekosistem laut dengan Blackmores,
via Blackmores dan Canva 


Lautan Indonesia memiliki luas 3.257.483 km2, dan menjadi penyuplai 10% perikanan dunia. Masalah sampah plastik menjadi penyebab kerusakan ekosistem laut. Mari jaga laut dengan program "Blackmores Peduli Tukar Botol," sebagai salah satu cara menjaga keseimbangan ekosistem laut.

 

Laut sangat berperan penting dalam kehidupan Kita karena lautan adalah ekosistem terbesar di bumi. Perbandingan ekosistem laut dan darat adalah 71% berbanding 31%. Ternyata laut juga ikut berpengaruh terhadap perubahan iklim.


Hal ini disebabkan laut berfungsi mengatur kadar suhu di bumi karena dapat membawa suhu panas dari daerah khatulistiwa menuju daerah kutub dan sebaliknya. Jika lingkungan dan laut terjaga dengan baik, maka suhu di semua wilayah akan stabil.


Terasa nggak belakangan ini, cuaca nggak stabil. Siang bisa panas banget, sedangkan malam atau menuju subuh bisa sangat dingin. Musim hujan atau kemarau pun tak menentu datangnya. 


Perubahan iklim ini diakibatkan berbagai hal, salah satunya karena kerusakan lingkungan. Makanya penting sekali menjaga kelestarian lingkungan, termasuk menjaga keseimbangan ekosistem laut.



Cara efektif menjaga kelestarian laut

Menjaga laut
Menjaga kelestarian laut,
via freepik.com


Beberapa waktu yang lalu, saya pernah mengunjungi salah satu pantai yang cantik dan pemandangannya masih asri. Hanya saja  dengan banyak pengunjung, jumlah sampah terutama sampah plastik pun bertambah dan bisa ditemukan di pinggiran pantai. 


Ada berbagai cara dilakukan untuk mengurangi kerusakan ekosistem laut akibat sampah plastik. Bahaya sampah plastik ini ternyata bisa membunuh jutaan hewan, misalnya burung, ikan, hingga organisme laut. 


Sebuah langkah besar dimulai dari langkah kecil dan dari ruang lingkup terkecil yaitu lingkungan keluarga. Inilah cara efektif yang bisa Kita lakukan untuk menjaga kelestarian laut, di antaranya :

🌷Mengurangi pemakaian kantong plastik atau bungkus yang berbahan plastik sekali pakai. 

🌷Jangan membuang sampah sembarangan apalagi membuang sampah ke laut.

🌷Menghemat penggunaan energi dan air

🌷Melakukan daur ulang sampah plastik atau recycle menjadi barang yang tepat guna

🌷Mengurangi pembakaran bahan bakar fosil dan mencegah terjadinya hujan asam yang dapat merusak ekosistem air dengan memakai transportasi umum

🌷Menjaga kelestarian terumbu karang dan menanam bakau sebagai upaya reboisasi pantai


Banyak hal kecil yang bisa kita lakukan di rumah untuk menjaga kelestarian lingkungan terutama menjaga keseimbangan ekosistem laut. Jika bukan kita, siapa lagi coba?



Mari Jaga Laut dengan Program Blackmores Peduli Tukar Botol


Blackmores Peduli Lingkungan
Program Blackmores Peduli, 
via Blackmores Indonesia

Masalah utama rusaknya keseimbangan ekosistem di laut adalah sampah plastik yang mengotori laut. Salah satu cara sederhana yang dinilai efektif untuk mengatasi isu kerusakan lingkungan ini adalah mengelola limbah plastik dari yang terkecil, seperti tutup botol.


Langkah ini diusung oleh Blackmores Indonesia melalui Blackmores Odourless Fish Oil dari KALBE Blackmores Nutrition (KBN) yang hadir menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk suplemen premium. 


KBN memiliki komitmen untuk menyediakan produk kesehatan berbahan dasar alami disertai pelayanan berkualitas tinggi dan  menyediakan suplemen kesehatan masyarakat yang aman dan efektif. 


Dengan ditunjang oleh proses distribusi yang kuat, KBN juga melengkapi layanan konsumen terpadu, contohnya customer care dan home delivery yang bertujuan untuk membantu kesehatan sehari-hari customernya.


Blackmores memiliki program "Blackmores Peduli" yang berkomitmen sebagai upaya mewujudkan kepedulian terhadap ekosistem laut terutama masalah terhadap kebersihan lingkungan.


Blackmores Odourless Fish Oil sebagai produk suplemen yang bersumber dari minyak ikan laut untuk membantu menjaga kesehatan harian tubuh, terus berkomitmen menjaga kualitas produk dan lingkungan secara bersamaan. 


Hal ini bisa dilihat dari kualitas sumber minyak ikan terpilih, pengemasan yang modern sampai permasalahan sampah produk yang menjadi perhatian.


Produk Blackmores
Produk Blackmores Fish Oil 1000 Odourless via Blacmores Indonesia

PT. Kalbe Blackmores Nutrition (“Blackmores Indonesia”) dengan produk unggulannya yaitu Blackmores Odourless Fish Oil memiliki komitmen mewujudkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, khususnya ekosistem laut dengan program Blackmores Peduli "Tukar Botol". 


Program Blackmores Peduli
Program Blackmores Peduli Tukar Botol,
via Blackmores Indonesia


Dengan adanya program ini Blackmores Peduli "Tukar Botol" yang berlangsung sejak 1 September hingga akhir tahun 2022, Blackmores sudah berhasil mengajak masyarakat Indonesia mengumpulkan 3.783 botol plastik bekas vitamin. Botol-botol tersebut nantinya akan dikelola atau didaur ulang agar tidak mengotori laut dengan bertambahnya menambah angka sampah plastik.


Blackmores memiliki harapan dengan adanya, inisiatif kolaborasi melalui program Blackmores Peduli "Tukar Botol" ini mampu menginspirasi lebih banyak pihak untuk bekerjasama memperbaiki kualitas lingkungan, terutama ekosistem laut.


Blackmores Indonesia memiliki komitmen untuk terus melakukan kontribusi  menjaga laut tetap bersih demi masa kini dan masa yang akan datang.  Dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang peduli terhadap lingkungan, maka akan tercipta kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat Indonesia.


Mari bersama-sama menjaga keseimbangan ekosistem laut bersama Blackmores. Menjaga laut tetap lestari adalah tanggung jawab Kita bersama demi keberlangsungan generasi mendatang. 


Salam, 








38 comments

  1. Wah hampir 3700an botol bekas vitamin yang berhasil dikumpulkan. Kereeen!. Semoga dengan kegiatan ini keseimbangan ekosistem laut kita semakin terjaga dan Blackmores terus berjaya berkontribusi menjaga laut Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga nyangka ya sebanyak itu botol yang sudah dikumpulkan blackmores, manfaatnya dapat, peran aktif juga menjaga lingkungan

      Delete
    2. Seperti sepele padahal ribuan botol itu sungguh bisa menyelamatkan ekosistem dan lingkungan laut yang sudah rusak ya. Andai semua perusahaan berkontribusi seperti Blackmores...

      Delete
    3. Iya, ternyata bisa sampai ribuan botol yang terkumpul dari program blackmores peduli tukar botol ini. Menjadi kontribusi positif untuk menjaga kelestarian laut kita

      Delete
  2. Keren nih Blackmores. Gak cuma buat laut, buat lingkungan keseluruhan ini ngebantu banget. Ngomongin blackmores aku pernah konsumsi bostet asinya. Terasa khasiatnya.

    ReplyDelete
  3. Yap menjaga keberlangsungan ekosistem laut memang menjadi tanggung jawab kita bersama agar tetap lestari sampai anak cucu kita, karena ekosistem laut bagian penting dalam kehidupan manusia, dan rusaknya ekosistem laut juga bisa mempengaruhi kesehatan manusia lho. Harus didukung nih Program Blackmores Tukar Botol dari Blackmores Indonesia, dan semua masyarakat harus berpartisipasi.

    ReplyDelete
  4. keren nih program dari Blackmores semoga program ini bisa dilanjutkan dan diadakan di seluruh Indonesia biar semakin banyak yang bisa berkontribusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampuuunn, program Blackmores ini baguuuss bgt
      Bener2 peduli lingkungan.
      Yuk, kita dukung 😍🙏

      Delete
  5. Permasalahan sampah botol plastik memang sangat krusial ya sekarang ini. Laut jadi penuh sampah, ikan makanannya juga sampah. Sangat menyedihkan.
    Salut dengan progam Blackmores yang langsung gercep lebih baik bertindak dengan mengumpulkan botol sendiri demi kelestarian lingkungan dan sekitarnya. Semoga program sangat menginspirasi ini diikuti perusahaan lainnya juga

    ReplyDelete
  6. Duuuh masalah sampah plastik ini, semakin mengkhawatirkan kalau tidak segera ditangani. Apa yang dilakukan black mores itu keren banget, sebenarnya kita juga bisa untuk berpatisipasi menjaga lingkungan dengan mengelola sampah dari rumah

    ReplyDelete
  7. Keren nih program blackmores, program yang sederhana tetapi mempunyai dampak yang besar.
    Blackmores memberi contoh nyata untuk mengurangi sampah plastik dengan penukaran botol

    ReplyDelete
  8. Keren banget programnya Blackmores ini ya, semoga dengan adanya tukar botol ini bisa menjadi salah satu solusi dalam penanggulangan limbah industri dan semoga ekosistem laut kita makin membaik

    ReplyDelete
  9. Masya Allah saya sempat galau dengan beberapa produk rutin bulanan yang kita beli dan kemasannya hanya jadi sampah begitu saja. Wah program ini keren banget deh..

    ReplyDelete
  10. Keren program Blackmores ini ya Mbak. Ternyata sampah² botol itu mengalir sampai lautan juga ya? Saatnya dari hal yang kecil untuk kelestarian lingkungan biota laut kita.

    ReplyDelete
  11. Masyaa Allah keren ya . Tindakan kecil yang verdampak besar. Semoga semakin banyak brand melakukan hal seperti ini.

    ReplyDelete
  12. masyaAllaah keren banget emang Blackmores, coba kalo semua produk kek gini yaa, pasti ngurangin banyak banget sampah

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah Blackmores mau berkomitmen menjaga laut Indonesia. Karena memang masalah sampah plastik/botol kaca ini tak ada habisnya jika tanpa ada yang mau mengelolanya

    ReplyDelete
  14. Bagus nih Blackmores ada pilihan tukar botol. Lagian setahuku Blackmores tuh botolnya kaca yah...Semoga diikuti juga oleh perusahaan lain untuk tukar kemasan. Minimal menyediakan tempat untuk mengumpulkan kemasan bekas. Semoga bumi kita makin bersih bebas plastik...

    ReplyDelete
  15. Kesadaran untuk membuang sampah pada tempat yang telah disediakan emang masih rendah ya di masyarakat kita. Kalau jalan-jalan ke pantai, sering merasa sedih karena ada aja pengunjung yang meninggalkan begitu saja sampahnya, bahkan ada yang melempar botol air mineral ke arah laut.

    Salut pada Blackmores yang punya komitmen untuk menjaga kelestarian laut Indonesia dengan program peduli tukar botol

    ReplyDelete
  16. ku dukung program Blackmores untuk tukar botol. Recycle seperti ini membuat sampah botol berkurang, lebih bermanfaat.
    aku konsumsi Blackmores juga waktu menyusui, yang pink itu lho.

    ReplyDelete
  17. Ngeri juga seandainya di bawah laut itu penuh sampah. Kasihan hewan-hewan yang ada di dalamnya. Saya pernah melihat ada kura-kura yang hidungnya kemasukan sedotan plastik. Ada pula paus yang mati karena terlalu banyak menelan sampah plastik. Ini sangat mengkhawatirkan. Oleh karena itu, Blackmores memang top dalam kepedulian mengurangi sampah.

    ReplyDelete
  18. Masyaallah sekali proram Blackmores ini, bertanggung jawab atas limbah kemasan yang mereka produksi, dengan cara ini juga dapat menjaga keseimbangan ekosistem khususnya di laut, karena jika dapat menjaga ekosistem di laut sana, kemungkinan besar produk yang dihasilkan juga lebih baik dan lebih sehat.

    ReplyDelete
  19. Bukan hal aneh sekarang kalau di pinggir pantai suka banyak tumpukan sampah. Karenanya dukung banget nih program Blackmores peduli Tukar Botol ini, karena bisa kurangi sampah plastik dengan mendaur ulangnya.

    ReplyDelete
  20. Keren banget ini ya programnya Blackmores karena dengan begitu dapat mengurangi sampah botol yang entah endingnya kemana itu. Aku sendiri kadang suka ngumpulin dulu botol-botol bekas yang telah habis dikonsumsi isinya, terus titip ke bank sampah terdekat.

    ReplyDelete
  21. sangat mendukung sama aktivitas program tukar botolnya ini. Pasti akan memberikan efek positif pada lingkungan, lebih bersih dan bebas sampah-sampah. Keren banget, aku salut sama program dari Blackmores ini!

    ReplyDelete
  22. Yes. Setuju!
    Mulai saja dulu dengan langkah kecil, seperti tidak membuang sampah sembarangan, apalagi membuang sampah ke laut.

    Bayangkan jika setiap penduduk di bumi melakukan langkah kecil ini.

    Bayangkan dampak yang diberikan gerakan ini!


    ReplyDelete
  23. Penting banget ya mbak buat menjaga keseimbangan ekosistem laut. Syukurlah blackmores peduli akan hal itu Dan juga limbah botol yang mereka hasilkan

    ReplyDelete
  24. Iya masalah sampah terutama plastik ini sudah darurat di negara kita ya kudu ada tindakan nyata sebelum kita tenggelam dalam lautan sampah plastik, program Blackmore ini langkah bagus dan perlu ditiru perusahaan lain terutama perusahaan yang produksi barang sehari-hari seperti sampo, sabun dan lainnya

    ReplyDelete
  25. program dari Blackmores ini adalah salah satu upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan, patut didukung sih

    ReplyDelete
  26. Kayaknya masih banyak yang berpikir kalau buang sampah di laut gak akan berimbas ke manusia kali, ya. Mentang-mentang manusia gak tinggal di laut. Padahal semuanya bagian dari rantai kehidupan. Tanggung jawab kita semua untuk menjaga laut tetap bersih

    ReplyDelete
  27. Menjaga ekosistem laut jadi tanggung jawab kita bersama ya mbak
    Dan itu bisa dilakukan dengan hal yang sederhana namun berdampak, seperti penukaran botol dari Blackmores ini

    ReplyDelete
  28. Program Blackmore peduli sampah plastik ini keren juga ya, bisa mengumpulkan sampai ribuan botol bekas suplemen. Aku sih berharap banyak perusahaan lain melakukan hal sama

    ReplyDelete
  29. Baguss banget program dari blackmores semoga menjadi agenda berkelanjutan dan bisa di ikuti perusahaan lain.

    Sukaak sedihh lihat kotoran sampah ada di laut😭

    ReplyDelete
  30. Selama ini kita sering gak sadar bahwa sampah yang kita hasilkan mungkin saja merusak keseimbangan alam. Dengan meminimalisir sampah botol plastik, sangat mendukung sekali program Blackmores tukar botol.

    ReplyDelete
  31. keren nih Blackmores, tahu aja kalau kemasan obat2-an dan skincare itu paling bingung mengelolanya

    ReplyDelete
  32. Bagus juga ya program tukar botol dari Blackmores ini. Jujur, sedih banget kalau lihat banyak sampah di sana sini bahkan sampai laut. Ekosistem alam jadi rusak kan. Kalau ada tukar botol atau apa pun yang bisa mengurangi, bakal berdampak bagus

    ReplyDelete
  33. Program bagus nih, supaya lingkungan kita lebih sehat dan laut juga lebih bersih yah.

    ReplyDelete
  34. Bagus banget nih programnya Blackmores. Aku juga suka konsumsi multivitaminnya tiap hari. Emang kudu makin banyak perusahaan dan masyarakat yang memikirkan tentang kondisi laut Indonesia ya, gak bisa cuma mengandalkan pemerintah.
    Laut kita cantik jangan sampai semuanya tercemar, nanti kita kesulitan makan ikan dan menikmati pemandangan laut lagi. Program kyk gini lumayan membantu mengurangi pencemaran laut ya.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.

ASUS Zenphone 9