Bandung Mengukir Sejarah dalam Forum Majelis Permusyawaratan Dunia

 

Diskusi Netizen dan MPR di Novotel Bandung
Diskusi Blogger Bandung dan MPR 


Bandung mengukir sejarah dengan dipilih menjadi tuan rumah forum Majelis Permusyawaratan Dunia yang diselenggarakan tanggal 24-26 Oktober 2022. Konfrensi internasional MPR Dunia. Gagasan pembentukan konfrensi internasional ini pertama kali oleh Bapak Prof Dr Ir Fadel Muhammad sebagai wakil MPR RI. 


Konfrensi Internasional ini diikuti para Ketua Majelis Permusyawaratan, Majelis Syura, atau Nama Sejenis Lainnya dari Negara-Negara Anggota Organisasi Kerja Sama Islam (International Conference of Speakers of Consultative Assembly, Shura Council or Other Similar Names of The Organization of Islamic Cooperation Member States). 


Hari sabtu tanggal 22 Oktober 2022, Saya dan para Blogger Bandung menghadiri acara Diskusi Netizen dengan MPR dengan tema Penguatan Diplomasi Majelis Permusyawaratan/Lembaga Senat melalui Forum Majelis Permusyawaratan Dunia. 


Diskusi Netizen dan MPR ini berlangsung di Novotel Hotel yang terletak di Jalan Cihampelas Bandung. Acara ini dalam rangka publikasi dan informasi penyelenggaraan konferensi internasional yang digagas oleh MPR RI untuk Majelis Permusyawaratan Dunia.



Bandung Mengukir Sejarah di Forum MPR Dunia


Sosialisasi forum MPR Dunia
Sosialisasi tentang forum MPR Dunia


Spirit Bandung masih melekat erat dalam sejarah dunia saat dilaksanakannya Konfrensi Asia Afrika di tahun 1955. Pemilihan Kota Bandung sebagai tuan rumah konfrensi internasional didasarkan banyak hal, selain memiliki history yang lekat dengan semangat KAA terdahulu. 


Bandung juga punya sejarah penting untuk Indonesia karena sekitar tahun 1960-1971 MPRS atau Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara pernah berkantor di Gedung Merdeka, sebelum pindah ke Gedung MPR yang sekarang di daerah Senayan, Jakarta.


Bandung juga dikenal dengan surganya wisata dan kuliner baik kuliner tradisional maupun kuliner kekinian yang bakal menjadi daya tarik untuk para tamu konfrensi dunia. Kesenian dan seni Sunda juga akan diperkenalkan di acara ini. Hal ini bisa menjadi ajang promosi untuk Jawa Barat dan Indonesia.


Ada 13 negara undangan yang bisa hadir di forum MPR Dunia ini. Diwakili 65 Anggota parlemen dunia yang akan hadir di konfrensi internasional ini. 


Semoga dengan digaungkannya forum Majelis Permusyawaratan Dunia bisa memberikan kontribusi untuk dunia. Bandung pernah mengukir sejarah, kini spirit Bandung juga diharapkan bisa mewujudkan dunia yang lebih baik lagi, terutama menciptakan perdamaian dunia. 



Diskusi Netizen dan MPR


Diskusi MPR dan Netizen di Bandung
Diskusi Netizen dan MPR di Novotel Bandung


Sekitar pukul 12.00 saya hadir di Novotel Hotel Bandung. Acara Diskusi Netizen dan MPR ini mempertemukan para Blogger Bandung dan perwakilan pihak MPR. Ada Ibu Siti Fauziah sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Jenderal MPR sebagai narsum dan Bapak Fadel Muhammad sebagai Wakil Ketua MPR sekaligus pengagas acara ini bersama Bapak Hidayat Nurwahid.


Sebelum dimulai acara diskusi untuk Netizen pukul 13.00 WIB di Hotel Novotel Bandung, saya sempat salat Dzuhur dan makan siang dahulu. 


Acara dibuka dengan games yang dibawakan oleh MC Raja Lubis lalu dilakukan dialog saat Bu Siti Fauziah tiba di sini. Ada juga pihak moderator yaitu Bang Aswi sebagai perwakilan Blogger Bandung. Setelah itu ada Bapak Wawan dan Bapak Fadel Muhammad yang datang di acara ini. Ada 26 Blogger Bandung yang hadir di acara ini.


Ibu Siti Fauziah sebagai Plt Deputi Bidang Administrasi Sekjen MPR RI menjelaskan tentang pelaksanaan konfrensi internasional atau forum MPR Dunia. Sekitar 13 negara undangan diantaranya Saudi Arabia, Mesir, Mariko, Bahrain, Brunei Darussalam, Malaysia, Ajerbaizan dan negara Islam lainnya. Ada sekitar 65 orang wakil atau delegasi negara sudah menyatakan kesiapannya untuk hadir di forum ini.


Nantinya sebelum acara pembukaan di Gedung Merdeka, para delegasi peserta konfrensi ini akan melakukan historical walk dari Hotel Savoy Homan menuju Gedung Merdeka. 


Kegiatan ini untuk mengingat dan mengulang apa yang pernah dilakukan saat pelaksanaan Konferensi Asia Afrika di tahun 1955, yaitu dengn berjalan kaki dari Hotel Savoy ke Gedung Merdeka. Para warga Bandung bisa ikut menyaksikan historical walk ini.



Agenda Konfrensi Internasional MPR Dunia


Forum MPR Dunia atau Konfrensi Internasional MPR Dunia ini bertujuan membentuk parlemen dunia tingkat Majelis yang diikuti para Ketua Majelis Permusyawaratan, Majelis Syuro, atau lembaga sejenis dari negara Anggota Kerja Sama Islam.


Agenda atau acara ini berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 24-26 Oktober 2022. Pada tanggal 24 Oktober akan ada welcoming dinner untuk menyambut para delegasi. 


Hari kedua, yaitu tanggal 25 Oktober dilaksanakan Historical Walk dari Hotel Savoy Homan ke Gedung Merdeka. Akan ada pandangan delegasi atau persetujuan dibuatnya forum MPR Dunia ini dan nantinya mau diberi nama apa.


Setelah itu para delegasi akan menginap di Hotel Pullman Bandung. Acara penutupan di tanggal 26 Oktober akan ada deklarasi atau penandatanganan terbentuknya forum Majelis Permusyawaratan Dunia. Harapannya bisa terwujud kerja sama antar negara Islam dan mendukung penuh perdamaian dunia.


Bandung pernah mengukir sejarah, dulu saat pelaksanaan Konfrensi Asia Afrika dan kini dalam pembentukan forum Majelis Permusyawaratan Dunia. Semoga spirit Bandung dan goal dari pelaksanaan forum MPR Dunia bisa terwujud demi perdamaian dunia dan kehidupan yang lebih baik di masa depan, ya, Sahabat Catatan Leannie. Salam dan spirit dari Bandung untuk dunia.



Salam,











32 comments

  1. Baru tahu kalau ada forum MPR dunia. Moga membawa perbaikan bagi umat manusia

    ReplyDelete
  2. Semoga sukses acara forum majelis permusyawarana dunia yang diadakan di bandung, dan bisa menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang bermanfaat untuk negara anggotanya maupun negara lain di luar keanggotaan

    ReplyDelete
  3. MasyaAllah beruntung banget bisa diundang di forum keren ini Mba. Akhirnya MPR Gemanya digaungkan lagi. Lembaga negara ini adalah salah satu tonggak politik nasional dan kiprahnya di dunia internasional tentu ditunggu untuk memberikan masukan bagi pembangunan nasional.

    ReplyDelete
  4. Semoga pembentukan forum MPR Dunia ini bisa membawa kebaikan bagi semua pesertanya yaa. Bandung pasti rame gak yaa kalau ada acara tingkat internasional gini, hmm..

    ReplyDelete
  5. Amiiin semoga agenda2 kerjanya berhasil dan berdampak pada masyarakat Indonesia.

    ReplyDelete
  6. Luar biasa banget bisa gabung dg teman2 blogger Bandung di event segede ini, Mbak Lia. Semoga acaranya lancar dan bisa menjadi wadah perdamaian untuk dunia, ya. Kapan2 pengin banget main ke Bandung๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  7. Membaca ini mendadak jadi mengingat-ingat trias politica wwkwkw... Iyah, harus mengingat-ingat karena ternyata tidak hafal di luar kepala, jadi mesti menelusuri folder-folder di ingatan saya hahaha. Ketimbang MPR, lebih sering baca berita yg menyebut DPR sih. Tapi anggotanya kan juga dr DPR juga yak..

    ReplyDelete
  8. Aaakk, kerennyaaaa
    Bandung memang kota yg penuh history ya
    Bravo MPR.
    Semoga bisa berlanjut event d Surabaya juga ๐Ÿ˜๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  9. Semoga memberikan dampak positif bagi Indonesia. Bandung memang tidak bisa lepas dari sejarah konferensi. Kalau jalan di sepanjang Asia Afrika memang berasa nuansa sejarahnya, ya

    ReplyDelete
  10. Serunya bisa ikut forum penting kaya gini. Semoga bisa terus ada ya. Kan buat perdamaian dunia dan kehidupan lebih baik. Jadi harus didukung

    ReplyDelete
  11. kereen Mbak, diundang dalam diskusi besar seperti ini.
    jadi banyak insight yang didapatkan dari sini pastinya ya.
    semoga apa yang menjadi Goal Forum MPR dunia bisa segera terealisasi ya, demi perdamaian dunia :)

    ReplyDelete
  12. Wahh seru banget, enak yah blogger bisa ikutan meramaikan acara ini. Kalau mau ikutan boleh ngga yang dari luat kota? Seru juga ada acara historical walk juga ihh..

    ReplyDelete
  13. Bandung sejak dulu telah menjadi lokasi bersejarah untuk acara2 international ya mbak.
    Seneng banget blogger Bandung bisa berkumpul dan mendengarkan pemaparan testing acara yang mengundang banyak negara itu.
    Apalagi ada napak tilas jalan2 mengenang KAA yaa. Kebayang Serena. Baru berakhir baru Hari kemarin ya mbak acara.

    ReplyDelete
  14. wah kalau forum MPR dunia berarti delegasinya berasal dari berbagai negara ya, mbak? keren euy. Jadi ingat waktu kecil dulu pernah tinggal di Bandung dan suka banget jalan-jalan di sekitar jalan Asia Afrika

    ReplyDelete
  15. Bandung itu ya, hampir semuanya ada, hampir sempurna. Selain tempatnya indah, banyak sejarahnya dan sering dijadikan acara-acara internasional.

    Blogger yang ikutan seneng banget nih. Selain seru-seruan, juga banyak pengalaman dsn ilmu yang didapat.

    ReplyDelete
  16. Event yang membanggakan bertempat di Bandung. Kereen banget ini. Apalagi sampai melibatkan Bloger. Seru diskusinya ya, Mbak.

    ReplyDelete
  17. Wah keren banget nih Bandung terpilih sebagai tuan rumah forum Majelis Permusyawaratan Dunia! Apalagi ada acara Historical Walk segala, bisa sekalian memperkenalkan kota Bandung di kancah dunia yah Teh

    ReplyDelete
  18. Ada banyak sejarah di Bandung. Hebat ya forum MPR dunia dilakukan di Bandung. Ada banyak negara yang ikut pula. Pasti merah nih nantinya pas pakai dari Savoy Hotel ke Gedung Merdeka.

    ReplyDelete
  19. Bangga deh dengan dijadikannya Bandung sebagai tempat event Forum MPR Sedunia ini. Semoga deh tujuannya bisa tercapai. Baik dalam segi kesejahteraan dunia, perdamaian dunia, atau yang lainnya. Semoga nanti bisa lebih banyak juga negara yang ikut ya. Gak hanya negara-negara Islam saja. Aamiin.

    ReplyDelete
  20. Eh seru banget MPR ternyata ngundang blogger. Mau dong diundang juga gitu di Jakarta ahaha

    ReplyDelete
  21. Bandung, kota yang berisi banyak kenangan dan sejarah. Seru juga ya MPR ngobrol langsung dengan netizen Bandung

    ReplyDelete
  22. Bandung memang surga wisata dan kuliner. Sayang, saya belum ke Bandung. *hiksss Semoga sukses acara MPR Dunia ini sehingga nama Indonesia harum di kancah internasional.

    ReplyDelete
  23. Keren banget ya Bandung bakalan selalu diingat masyarakat dan tokoh dunia nih. Selian KAA sekarang ada juga musyawarah dunia ini

    ReplyDelete
  24. Bandung menjadi saksi atas peristiwa bersejarah yaa... patut dikenang nih. Historical walk-nya bagus juga nih, mengingatkan kita pada sejarah besar dari permufakatan negara2 yang memiliki pemikiran sama.

    ReplyDelete
  25. Aku baru tahu ada forum ini
    Jadi makin nambah wawasan soal MPR di sini
    Ah memang seru ya kalau punya teman yang sering menuangkan apa saja di blog dengan tujuan edukasi

    ReplyDelete
  26. Ini forum yang bagus untuk mengenalkan kepada masyarakat ya mbak . Apalagi dengan dukungan penuh pemerintah dan masyarakat

    ReplyDelete
  27. Wow, MPR Dunia ini keren banget, Bandung selalu punya sejarah yang unik, semangat untuk Bandung tercinta.

    ReplyDelete
  28. Wah seru banget ada forum MPR dunia dengan 65 delegasi dan 13 negara. Berharap acaranya lancar ya.

    ReplyDelete
  29. wah keren banget, sukses dan semangat selalu ya kk :D

    ReplyDelete
  30. Wah keren sekali nih forum MPR dunia. Aamiin, semoga ddngan diselenggarakannya forum ini, bisa membuat keadaan di masa depan menjadi lebih damai yaaa.. aamiin

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah blogger bisa berpartisipasi dalam forum hebat seperti ini ya mbak Lia. Dan pastinya akan ada aspirasi yang bisa disampaikan oleh para blogger juga

    ReplyDelete
  32. Iya, masih ingat pelajaran sejarah KAA di Bandung btw keren nih blogger Bandung diajak ikut bergabung dalam forum MPR skala International ini. Pasti seru sekali. Oh ya saya pertama kali tahu ada event ini di akun IGnya Gubernur Jabar, Ridwan Kamil :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.

ASUS Zenphone 9