Bos Kecil Bad Mood, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenali penyebab dan cara mengatasi badmood bos kecil


Sudah seharian ini babby atau bos kecil bad mood. Orang tuanya jadi penasaran ingin tahu penyebab dan cara mengatasi badmood si kecil agar dia kembali ceria, karena setelah digendong, diberi susu atau diajak main pun babby tetap rewel dan menangis.


Memiliki anak kecil atau bos kecil yang sering bad mood? Orang tua perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Jangan sampai anak tantrum dan menjadi sulit untuk dikendalikan.


Ada banyak tantangan yang perlu dihadapi para orang tua dalam membesarkan dan menjaga si Kecil, apalagi jika dia merupakan anak pertama. Salah satu tantangan terbesar adalah menghadapi bos kecil yang sedang badmood atau rewel.


Suasana hati yang tidak baik ternyata dapat dialami bayi bahkan di awal masa kehidupannya di dunia. Sering kali orang tua bingung dengan tangisan si kecil yang maknanya bisa berbeda. Anak rewel dan menangis bisa karena lapar, mengantuk, atau bosan. 


Tetap sabar menghadapi tangisannya ya, Moms agar bayi lebih cepat tenang dan kembali nyaman. Ketahui penyebab bos kecil bad mood dan cara mengatasinya di bawah ini, ya, Sahabat Catatan Leannie!

 


Penyebab Bayi Rewel dan Cara Mengatasinya


Bayi tidak menangis tanpa alasan. Pasti ada sesuatu yang mengganggu kenyamanan dirinya hingga kemudian dia menangis sampai tantrum. Beberapa hal di bawah ini bisa menjadi alasan buah hati rewel dan bad mood diantaranya: 


Tidak enak badan 

Salah satu alasan yang paling umum bagi bayi untuk menangis dan rewel adalah ketika dia merasa tidak enak badan. Sama seperti orang dewasa, ketika ada yang salah dengan tubuhnya maka badan akan terasa tidak nyaman yang ditandai misalnya dengan demam. Maka dari itu, ketika si Kecil rewel coba cek dulu suhu tubuhnya untuk mengetahui barangkali dia mengalami demam. 


Periksa juga perutnya mengingat bayi sangat rentan mengalami kembung karena gas dapat masuk ke dalam pencernaannya saat menyusu. Terakhir, cek apakah bayi mengalami ruam popok yang sangat sering terjadi terutama pada bayi yang menggunakan popok sekali pakai. [1,2]


Bepanthen, salah satu produk yang direkomendasikan untuk mengatasi ruam popok pada si kecil karena mengandung Triple Action Formula yaitu Pro Vitamin B5 atau Dekspanthenol yang bermanfaat untuk merawat kulit bayi ketika dioleskan di permukaan kulit.


Bepanthen juga dapat melembutkan kulit bayi karena kandungan Sweet Almond Oil, Lanolin, dan Paraffinum liquidum. Lanolin dapat memberikan lapisan pori sehingga kulit bayi terlindungi dari gesekan popok. 


Lapar

Alasan selanjutnya yang menjadikan anak rewel adalah ketika merasa lapar. Biasanya, bayi akan menyusu 2 jam sekali. Namun, pada bayi yang memiliki selera makan tinggi bisa jadi membutuhkan lebih banyak ASI sehingga dia merasa lapar sebelum waktunya. 


Jika tidak segera dikenali, bukan tidak mungkin si Kecil jadi rewel dan menangis terus-terusan. Umumnya, bayi yang lapar memiliki tangisan panjang yang melengking sehingga begitu mendengar tangisan ini coba berikan ASI untuk menenangkannya. [1,2]


Lelah

Selain sakit dan lapar, rewelnya bos kecil juga dapat dipicu karena dia merasa lelah namun tidak bisa segera tidur. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari lingkungan yang terlalu ramai hingga penerangan yang kelewat terang. Agar buah hati bisa beristirahat, pastikan lingkungan sekitar lebih tenang dengan lampu remang-remang yang membantunya tertidur. 


Bila perlu, putarkan musik lembut atau bersenandung karena mendengarkan suara-suara seperti ini juga membantu membuat bayi lebih tenang sehingga cepat tertidur. [1,2]


Terlalu gembira 

Menarik untuk diketahui bahwa bayi juga bisa mengalami kondisi psikis ketika dia terlalu bersemangat dan bergembira, misalnya karena diajak bercanda oleh orang tua atau anggota keluarga yang lain. Buncahan emosi seperti ini di sisi lain ternyata juga dapat membuatnya rewel setelahnya. [2]


Overstimulated seperti ini sebaiknya dihindari karena bayi belum bisa mengelola emosinya dengan baik dan justru membuatnya merasa kewalahanmengatasi rasa gembira atau semangatnya. 


Jika bayi mengalami overstimulated seperti ini, bawa dia ke tempat yang tenang kemudian buatlah dengan lembut agar perasaannya kembali normal.


Mengingat bayi hanya bisa menangis untuk mengkomunikasikan apapun yang dirasakannya, orang tua perlu jeli mengenali penyebab bayi rewel agar dapat menentukan langkah tepat untuk membuat buah hati tenang kembali. 


Tidak ada sekolah menjadi orang tua, saya belajar ilmu tentang parenting dari berbagai sumber baik mengikuti webinar atau mengakses via website agar lebih paham tentang kondisi anak, memantau tumbuh kembang anak juga menemukan potensi dan bakat anak nantinya.


Tetap tenang dan jangan terbawa emosi menangani bos kecil yang sedang rewel dan menangis. Kuncinya adalah kesabaran dan ketelatenan dalam menjaga dan merawat si bos kecil  karena mereka jugai bisa merasakan kepanikan atau emosi orang tuanya yang justru membuat dia semakin fussy


Itulah penyebab dan cara mengatasi bos kecil yang sedang bad mood. Sharing juga dong, Mom's gimana cara kalian menghadapi si kecil yang lagi rewel agar bisa kembali ceria?



1. How to Calm a Fussy Baby, 21 MAret 2022, healthychildren. Diakses pada 1 Mei 2022 dari https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/crying-colic/Pages/Calming-A-Fussy-Baby.aspx 

2. Michelle KArten, What to do When Babies Cry, November 2019, kidshealth. Diakses pada 1 Mei 2022 dari https://kidshealth.org/en/parents/babies-cry.html 


39 comments

  1. Senang kalau pemikiran keluarga besar sepakat dengan pikiran kita sebagaimana yang disampaikan di artikel ini. Suka sedih kalau menghadapi orang tua di kampung, kalau anka kecil rewel itu kadang suka dikaitkan dengan hal mistis. Haduh...

    ReplyDelete
  2. Pas banget dengam masa anak saya yang ketiga ini, yang bayi kalau dah terlalu banyak guyon dengan saudara-saudaranya, kadnag malah nangis. 1 lagi ga suka di dalam rumah. Maunya jalan terus

    ReplyDelete
  3. jadi inget anakku nomor 2 dan nomor 3 sekitar usia setahunan
    setiap malam selalu nangis terus-terusan
    bingung pan? Karena mereka belum lancar bicara
    mungkin karena ruam popok dan sayangnya dulu belum ada Bepanthen

    ReplyDelete
  4. Dulu saya pernah membaca salah satu artikel di tabloid yang katanya tangis bayi sebetulnya bisa berbeda-beda artinya. Saya coba amati ke anak-anak. Ternyata memang bener juga. Meskipun bayi kesannya hanya bisa menangis. Tetapi, kalau diperhatikan dengan jeli nangis lapar, nangis sakit, atau lainnya suka berbeda. Hanya memang harus jeli. Gak bisa langsung dikenali.

    ReplyDelete
  5. Orang tua memang menjumpai tantangan diantaranya perilaku anak balita seperti badmood. Semoga tulisan ini membantu orang tua.

    ReplyDelete
  6. Daku pikir rewel nya dede bayi ya udah cukup karena hal-hal yang bikin kesel dan laparnya dia, lah terlalu gembira pun ndak bisa ya. Hemm, langsung inget² dah jaman ponakan waktu bayi yg suka diajak becanda eh gak lama kemudian mewek

    ReplyDelete
  7. Wah baru ngeh nih kalau ternyata terlalu gembira juga bisa bikin anak rewel hehe....biasanya ya lapar, ngantuk, ga enak badan, capek ...semacam begitu deh...

    ReplyDelete
  8. Boss kecil banyak maunya ya. Tapi bingung ngungkapinnya gimana. Sebagai orang tua kita harus tahu apa maunya anak dan peka dengan kondisi mereka. Berikan kasih sayang ya mom kalau anak lagi rewel. Jangan dimarahi.

    ReplyDelete
  9. Terlalu gembira. Dari apa yang pernah saya alami sih bener banget. Pernah di satu waktu, anak sulung saya, kedatangan banyak sepupu pas arisan keluarga di rumah. Main terus gak mau tidur. Akhirnya dia exhausted di malam harinya. Kecapekan berlebihan hingga akhirnya rewel. Mungkin badannya remuk redam kali ya hahahaha.

    ReplyDelete
  10. Aku merasa anak pertama sama anak kedua berbeda banget kaarakternya. kalau anak pertamaku cenderung anteng tapi yang kedua agak rewel. tapi memang cara berekspresi tiap anak berbeda2 sih yang penting harus paham pencetusnya aja dan lebih peka

    ReplyDelete
  11. Ternyata terlalu gembira juga malah bisa bikin rewel ya, selama ini kirain kalau gembira banget tandanya sudah tidak bakal rewel lagi, noted.. keinget waktu kecil sering banget jadi Boss Kecil secara tidak sadar

    ReplyDelete
  12. Emang ya kalau anak mulai rewel harus dicari tahu penyebabnya apa. ternyata ada banyak penyebab anak rewel/badmood. baru tahu kalau terlalu senang juga bikin anak badmood.

    ReplyDelete
  13. Wah iya, emang ada banyak hal yang bisa membuat bos kecil ngamuk
    Termasuk over stimulated juga ya mbak

    ReplyDelete
  14. Jadi inget kejadian pas terbang berdua si sulung dari Cengkareng ke Polonia waktu dia masih usia skitar 2 tahun. Sebelum nasik pesawat (transit dari Jogja), dia excited bangeeeet. Ga sabar nunggu pesawat dan lari kesana-kemari. Tak terduga, setelah di dalam pesawat dia malah nangissss terus. Mulai dari masuk pesawat sampai pramugari berhenti memeragakan pesawat, cukup lama kan? Rasanya ga nyaman karena bikin pesawat ga tenang. Tapi mau bagaimana lagi? Bersyukur, setelahnya dia tidur tenang...mungkin karena kecapekan nangis. Sekarang saya jadi empati banget kalau ada penumpang bayi/balita yang nangis di transportasi umum.

    ReplyDelete
  15. bayi terlalu bahagia bsa mnjadi faktor anak jd rewel...yang sedang2 saja...tdk boleh berlebihan dlm suatu hal...oke noted mbak, terimakasih

    ReplyDelete
  16. Dulu waktu Kayla anak pertamaku masih bayi, setiap kali dia nangis aku suka langsung panik dan jadi pengen ikutan nangis juga hahaha

    Ternyata banyak juga penyebab bayi nangis rewel dan moody yaah, jadi ibu harus peka dengan keadaan bayi yaah

    ReplyDelete
  17. bos kecil udah mulai badmood itu antara gemes dan ah sudahlah, tapi lucuk gimana dong. cuma kalo udah rewel dan tantrum wah wah stres lah aku

    ReplyDelete
  18. Aku baru tahu lo mbak Lia yang overstimulated itu juga bisa berpengaruh dengan emosi bos kecil ya? Padahal biasanya kita para orang tua seneng banget kalau bayi ketawa lepas eeee kalau kebablasan bisa nangis kejer ya. Oooo itu yang dinamakan overstimulated ya

    ReplyDelete
  19. Kandungan Bepanthen sebagai penyelamat bayi ketika dilanda perasaan tidak nyaman. Karena bayi hanya mampu menyampaikan pesan melalui tangisan, selalu sedia Bepanthen di rumah sebagai pertolongan pertama.

    ReplyDelete
  20. Yup, kita butuh ilmu agar bis kecil kita bisa berkembang sesuai fitrahnya

    ReplyDelete
  21. Jadi orang tua memang harus peka dan memahami detail ya, dengan begitu bisa mengetahui apa yang terjadi jika anak rewel..

    ReplyDelete
  22. Karena belum bisa berkomunikasi dengan baik maka mesti pinter-pinter nebak kenapa bos kecil bad mood. Apakah lapar, lelah, terlalu gembira atau ada ruam popok...Duh mesti cepet diatasi kalau sudah tahu penyebabnya

    ReplyDelete
  23. Aku percayanya gini sih, kadang-kadang anak bisa merasakan emosi orang tuanya. Jadi kalau kitanya badmood atau memikirkan sesuatu yang gak enak, entah mengapa anak juga sering menjadi badmood juga. Iya tapi semua yang Mbak Lia tulis benar semua, anak badmood harus diselidiki penyebabnya biar penanganannya cepat.

    ReplyDelete
  24. Ternyata banyak banget faktor yang bisa memicu anak jadi rewel. Maka dari itu penting banget bagi orangtua untuk mengenali penyebab dan cara mengatasi anak rewel yaa supaya anak gak tantrum sampai sulit untuk dikendalikan.

    ReplyDelete
  25. Oh iya, ada masanya bayi yang inginnya nempeeell terus sama Ibunya yaa.. Menyusu dengan intensitas jauh lebih banyak daripada biasanya, masa growth spurt gitu yaa, teh?
    Dan ini memang bikin keberadaan sang Ibu di sebelah sang buah hati membuatnya nyaman.

    ReplyDelete
  26. Segala yg berlebihan ga baik ya mak.
    Termasuk over stimulasi ternyata kasih impact ga bagus jg utk anak

    ReplyDelete
  27. Aku kalau anak rewel, berusaha dulu cari tahu apa penyebabnya
    Baru deh bisa cari caranya biar bos Kecil g rewel

    ReplyDelete
  28. Kebanyakan mengira ruam popok itu masalah kecil. Padahal justru bikin anak tidak nyaman dan itulah salah satu sumber kerewelan nya ya...

    ReplyDelete
  29. Selain uraian diatas di tambah lagi maak, hati orang tua harus tenang apalagi seorang Ibu dan masih memberikan Asi. Hati ibu tidak tenang akan berpengaruh ke anak juga (gusti yeni)

    ReplyDelete
  30. Hooo anak terlalu gembira jg bs rewel ya? Anakku dulu jarang rewel sih. Kalau sakit aja dia rewel. Dan untungnya itu juga ga terlalu lama.

    ReplyDelete
  31. Ga usah anak-anak masih banyak nih orang di sekitar kita kalau ada orang dewasa yang lagi ga enak badan bilangnya kesambet apalagi kalau anak-anak. Padahal kan memang bodi anak yang belum sekuat kita orang dewasa

    ReplyDelete
  32. Ternyata kalau anak terlalu gembira juga gak bagus yaa nanti ujung2nya rewel. Kyknya msh berlaku buat anak2ku nih yg usia SD abis ngakak 2 ntr nqngis krn ada aja yg diributin ma saudaranya hehe.
    Bepanthen ini salah satu produk krim ruam yang dibutuhkan buat bayo supaya mencegah bayi rewel jg ya mbak.

    ReplyDelete
  33. Aku pas jadi ibu baru itu ngajak anak main ke mall pakai gendongan heap sit dan dihadapkan ke depan alias ke orang, awalnya dia anteng terus senang tapi lama-lama malah rewel, dan aku baru tahu kalo itu menyebabkan overstimulate kalo kebanyakan stimulasi yang dihadapkan sama bayi itu ternyata bikin dia rewel ya, duh pelajaran banget sejak saat itu. Pas anak kedua jadinya ga terulang

    ReplyDelete
  34. Kalau anakku di rumah, rewel itu karena badannya gerah dan biang keringat sehingga mudah sekali untuk badmood apalagi jika keinginannya juga taj terpenuhi

    ReplyDelete
  35. Bener banget mbak. Kalau siangnya terlalu gembira, kadang-kadang malamnya jadi rewel.

    ReplyDelete
  36. Namanya juga Bos Kecil, dia bebas ekspresikan dirinya. Tinggal orang tua saja nih yang harus pandai-pandai membaca apa penyebab dan bagaimana mengatasinya biar si Bos tidak rewel. Semangat buat orang tua para si bos kecil.

    ReplyDelete
  37. Iya mamaku sering bilang jangan terlalu senang, pas dulu anak-anak pas bayi kesenangan diajak main ngga lama pasti pada nangis dan rewel, hihi over stimulasi ya ternyata mereka jadinya rewel..

    ReplyDelete
  38. iya mbak, kadang kalau baby lagi rewel dan ibunya gak tahu penyebabnya suka sedih yaa. itulah pentingnya mengetahui jenis tangisan bayi ya jadinyakita tahu ini rewel kenapa. kalau saya kalau anak rewel, biasanya saya bacain, supaya saya tenang dan baby juga ga makin rewel

    ReplyDelete
  39. Anak rewel emang bikin sedih ya Mak, aku juga mengalami perasaan yang sama saat anak keduaku yang dulu suka rewel, emang karena faktor ortu juga yang stres, ekonomi dan gak paham parenting sih ya.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.