Mengasah Soft Skill dan Kreativitas Anak di Era Digital dengan Faber Castell Art Series

Berkreasi dengan Faber Castell Art Series,
via dokumentasi pribadi


Bagaimana cara mengasah kreativitas dan soft skill anak di era digital? Bicara masalah parenting, setiap anak itu unik dan tumbuh kembangnya berbeda sehingga pendekatannya pun beragam. Tidak bisa menggunakan metode parenting yang sama antara satu dengan lainnya. Parenting merupakan pembelajaran berkelanjutan bagi orang tua. 


Sekarang Kita akan membahas tentang soft skill anak. Ada yang tahu apa itu soft skill? Soft skill ini berkaitan dengan emosi dan cara memperlakukan orang lain. Keterampilan atau keahlian ini meliputi kemampuan komunikasi, karakteristik anak, kecerdasan sosial dan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan. Menurut saya keterampilan seperti ini penting banget buat anak agar dia bisa tumbuh dan beradaptasi dengan baik.


Pada tanggal 25 September 2021, Saya berkesempatan mengikuti webinar parenting bareng Tim Faber Castell dan rekan-rekan blogger serta media.


Webinar Parenting bersama Faber Castell ini membahas tentang  "Soft Skill Apa yang diperlukan di Abad Digital?" dengan narasumber seorang psikolog anak yaitu Yohana Theresia, Mpsi.,Psikolog.


Webinar Parenting Faber Castell
Webinar Parenting bersama Faber Castell,
via dokumentasi pribadi


Senang sekali saya berkesempatan mengikuti webinar ini. Saya jadi berpikir kembali mengenai cara saya mendidik anak. Sudah tepat belum, ya, selama ini apa yang saya lakukan? Maklum anak saya baru satu, jadi berasa banget semuanya belajar dari nol, soalnya belum ada perbandingan mengurus anak sebelumnya.


Memang tidak ada sekolah khusus mendidik anak, tetapi dengan mengikuti webinar parenting seperti ini saya jadi punya insight baru tentang gaya parenting saya terhadap anak. 


Rasanya sebagai orang tua harus mengupgrade diri dengan ilmu agar bisa lebih baik dalam mendidik anak.  Ingin sekali mendidik anak dengan cinta, tetapi sebelumnya tangki bahagia seorang ibu perlu terpenuhi dulu agar bisa menemani tumbuh kembang anak dengan baik.



Pandemi dan peningkatan masalah perilaku anak


Masalah perilaku anak saat pandemi
Masalah perilaku anak saat pandemi,
via freepik.com


Pandemi COVID-19 ternyata berdampak juga terhadap anak. Anak menjadi korban terselubung adanya COVID-19. Soetikno, Agustina, Verauli dan Tirta (2020) menemukan adanya peningkatan masalah perilaku dan emosi yang muncul pada anak akibat paparan stress karena pandemi. 


Bukan hanya orang dewasa yang bisa stress karena pandemi, anak-anak pun bisa mengalami hal yang serupa. Masalah perilaku anak yang muncul diantaranya withdrawal, somatic, anxiety, depresi, problem sosial, problem berpikir dan atensi serta agresi. 


Alasan terjadinya masalah perilaku anak saat pandemi


Masalah Perilaku Anak
Alasan terjadinya masalah perilaku anak,
via dokumentasi webinar dan incollage 


Ada beberapa alasan mengapa terjadi peningkatan masalah perilaku anak saat pandemi, diantaranya :


1. Ruang gerak terbatas

Anak bisa ikut stress juga loh, karena biasanya anak bebas bermain di luar atau berinteraksi dengan teman di sekolah sekarang hanya bisa melakukan aktivitas di rumah.


2. Sulit mendapat pendidikan berkualitas

Keterbatasan metode pengajaran secara daring atau PJJ ternyata bisa jadi pemicu masalah perilaku anak. Anak yang biasanya belajar tatap muka dengan gurunya, berinteraksi dengan teman-teman, sekarang hanya bisa stay at home saat belajar. Tidak semua anak bisa memahami materi yang disampaikan saat pembelajaran daring. 


Baca juga : Permasalahan PJJ dan PTM, Refleksi Pendidikan Indonesia


3. Orang tua sibuk dengan masalah masing-masing

Orang tua yang work from home atau WFH pun meski ada di rumah, ternyata disibukkan dengan aktivitasnya sendiri sehingga anak merasa kekurangan perhatian orang tua. Tak hanya orang tua yang WFH, terkadang di rumah pun aktivitas IRT terasa engga ada habisnya, apalagi buat para istri yang menghandle semua pekerjaan rumah tanpa asisten, pasti berasa banget sibuknya.


4. Kondisi psikologis anak tidak stabil

Seperti halnya dewasa, pandemi juga bisa membuat kondisi psikologis anak merasa tidak stabil. Untuk orang tua yang tak bisa sepenuhnya menemani anak, anak bisa mengalami frustasi. 


Saat inilah gadget muncul untuk menawarkan solusi karena menawarkan win-win solution, karena anak bisa tenang dan Ibu pun senang. Ibu juga engga selamanya bisa menemani anak setiap saat, karena punya hal yang harus dikerjakan di rumah atau punya kerjaan di kantor.


Sebenarnya gadget ini punya dampak positif juga, misalnya anak bisa belajar banyak hal melalui gadget, bisa mendapatkan hiburan agar tidak merasa bosan dengan aktivitas sehari-hari saat pandemi, akan tetapi dampak negatifnya juga cukup banyak.


Efek buruk gadget bagi anak adalah jika tidak bisa mengatur durasi bermain, anak bisa kecanduan dan terpapar radiasi blue light dari smartphone.


Selain itu, dampak negatif gadget bisa menimbulkan masalah kesehatan fisik seperti terlambat bicara, masalah atensi dan konsentrasi, serta masalah perilaku yang menyebabkan kualitas kelekatan orang tua dan anak menjadi buruk.


Masalah penggunaan gadget ini memang harus ada batasan dari orang tua. Perlu ketegasan mengenai screen time atau waktu anak bermain dengan handpphone. Orang tua perlu mengawasi secara ketat masalah pemakaian gadget bagi anak.



Mengasah kreativitas anak bersama Faber Castell Art Series


Kreasi bersama Faber Castell
Membuat Glow In The Dark Clock,
via dokumentasi pribadi


Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan gagasan atau karya baru, berbeda dari yang pernah ada. Orang yang kreatif biasanya mampu memaknai masalah dengan cara unik.


Kreativitas ini bisa dikembangkan, loh, Sahabat Catatan Leannie. Semua orang bisa menjadi kreatif dengan cara diasah. Ada beberapa aktivitas seru yang dapat mengasah kreativitas anak, diantaranya :


a. Permainan sederhana atau Alternate Use Task

Permainan sederhana ini bisa menerapkan Brain Storming dengan cara mengajak anak bermain tebak-tebakan. Hal ini bisa mengajak anak untuk berpikir kreatif. Misalnya dengan bertanya pada anak manfaat barang, jenis buah-buahan atau hewan dari huruf tertentu. Permainan sederhana seperti ini seru juga ternyata.


b. Aktivitas Guided Fantasy

Metode ini dapat dilakukan dengan membacakan buku cerita anak. Biasanya untuk anak usia sekolah sudah diperkenalkan buku tanpa gambar.


c. Open Ended Toys

Open ended toys ini menawarkan cara bermain seperti bermain barbie, mobil-mobilan atau lego.


d. Exposure to Art Activities

Exposure to Art Activities ini  adalah aktivitas terkait seni misalnya seperti melukis atau menggambar. Contohnya membuat Creative Art Series dari Faber Castell.


Nah, makanya meski di rumah aja saat pandemi, anak bisa diajak melakukan hal positif yang dapat mengasah kreativitasnya dan mengalihkan perhatian anak dari gadget. Senang sekali Faber Castell Art Series, Glow in The Dark Clock  memfasilitasi kegiatan seru dan bermanfaat seperti ini.


Anak saya senang sekali saat melihat paket dari Faber Castell. Dia ingin segera membuat jam dinding yang bisa menyala dalam gelap. Antusiasme anak cukup besar saat dia bisa berkreasi bareng ayah dan ibunya membuat Glow in The Dark Clock dari Faber Castell. 



Glow in The Dark Clock dari Faber Castell Art Series


Faber Castell Art Series II,
Faber Castell Art Series II,
via fabercastell.co.id

Untuk membuat Glow in the Dark Clock, siapkan alat dan bahan yang sudah tersedia di dalam kotak Faber Castell Art Series. Alat dan bahannya adalah :


a. UHU All Purpose 20 ml

b. Acrylic Glitter Silver 30 ml

c. Grip brush

d. Pola siluet

e. Papan MDF

f. Mesin dan jarum jam

g. Bubuk Glow in the Dark


Cara membuat Glow in The Dark Clock


Untuk membuat jam dinding yang menyala dalam gelap atau Glow in The Dark Clock, begini caranya:


1. Campurkan Acrylic Glitter dengan bubuk Glow in The Dark pada sebuah wadah.


Campuran Acrylic Glitter
Campuran Acrylic Glitter dan bubuk Glow in the Dark ,
via dokumentasi pribadi


2. Memberi warna papan jam atau MDF dengan Acrylic Glitter dan bubuk Glow in The Dark.


Mengecat warna untuk jam
Mengecat warna untuk jam,
via dokumentasi pribadi


3. Tempelkan pola frame jam pada papan MDF yang sudah diberi warna


Menempel pola frame
Menempel pola frame,
via dokumentasi pribadi


4. Tempelkan pola untuk membentuk siluet hewan. Bisa dilihat dari petunjuk penempelan pola.


Menempel pola siluet hewan
Menempel pola siluet hewan,
via dokumentasi pribadi


5. Tempelkan juga pola untuk membentuk siluet tumbuhan


Menempel pola siluet tumbuhan
Menempel pola siluet tumbuhan,
via dokumentasi pribadi


6. Pasangkan mesin dan jarum jamnya


Memasang jarum jam
Memasang jarum jam,
via dokumentasi pribadi


7. Pasang baterai jam, akhirnya jam dinding ini siap digunakan.


Memasang baterai jam
Memasang baterai jam,
via dokumentasi pribadi


Gimana, seru bukan bikin kreasi bareng keluarga lewat Faber Castell Art Series? Kegiatan ini ternyata bermanfaat banget saat pandemi. Seneng banget pokoknya anakku saat bikin jam dinding ini. Dia juga excited banget begitu tahu kalau jamnya bisa menyala dalam gelap atau glow in the dark.



Manfaat membuat kreasi anak dari Faber Castell Art Series


Manfaat membuat kreasi anak
Manfaat membuat kreasi anak,
via dokumentasi pribadi


Manfaat apa aja sih yang didapatkan dari kegiatan seperti ini? Inilah manfaat berkreasi membuat Glow in The Dark Clock bersama Faber Castell


a. Melatih motorik halus

Berkreasi dan membuat karya bersama anak  salah satu tujuannya adalah melatih motorik halus anak. Ternyata bukan hanya bermanfaat untuk anak usia dini saja tetapi untuk anak usia sekolah juga bisa. Dari aktivitas mengecat tersebut, sebenarnya bisa melatih keterampilan dan kekuatan tenaga tangan.


b. Mempererat bonding

Dengan membuat proyek bersama, seperti membuat jam dinding seperti ini orang tua dan anak bisa meningkatkan kedekatan atau bonding diantara keduanya. Hal ini bisa meningkatkan self confident anak. Jangan lupa memberi apresiasi atas apa yang bisa dilakukan anak.


c. Anak dapat mengekspresikan emosinya

Peran orang tua sangat penting bagi anak, berilah anak kebebasan untuk mengekspresikan emosinya karena kemampuan mengelola emosi ini adalah bagian dari soft skill. Kemampuan atau soft skill ini penting banget di era digital seperti sekarang ini.



Tips  bagi orang tua untuk mengasah kreativitas anak 


Tips mengasah kreativitas anak
Tips Mengasah kreativitas anak,
via freepik.com/@rawpixel


Sebagai orang tua perlu menghargai proses belajar anak. Orang tua juga merupakan support system terbesar bagi anak. Beberapa tips di bawah ini perlu diperhatikan oleh orang tua, diantaranya :


1. Berikan kesempatan pada anak untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. 

Berilah waktu bagi anak dalam proses belajarnya karena semuanya tidak ada yang instan.


2. Memberikan ruang khusus bagi anak untuk berkreasi

Sebenarnya anak perlu ruang tersendiri untuk berkreasi, orang tua hanya perlu mengarahkan saja.  


3. Orang tua perlu belajar untuk tidak terlalu campur tangan

Orang tua memberikan kesempatan pada anak untuk berkreativitas.Jangan sampai memastikan imajinasi anak dengan memberi apresiasi pada anak.


4. Orang tua perlu menjadi role model atau memberikan contoh nyata bagi anak

Anak perlu diajarkan disiplin lewat orang tua. Sebagai orang tua perlu membatasi screen time gadget, usahakan anak tidak banyak terpapar gadget sepulang sekolah. Cobalah mencari aktivitas pengganti lainnya. Dengan adanya Faber Castell Art Series bisa menjadi pengalih perhatian anak dari gadget. 


5. Berikan anak sudut pandang yang berbeda

Untuk memperkaya sudut pandang anak, cobalah membacakan buku untuk anak atau berdiskusi dengan melihat keadaan sekitar. Berikan informasi dengan apa yang bisa dilihat anak. Hal ini bisa menjadi bekal atau mengasah kreativitas anak. 


Mengasah kreativitas dan soft skill anak itu penting buat mereka agar di masa depan anak mampu berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungannya. Orang tua berperan penting untuk mendukung dan menumbuhkan kreativitas serta menemukan potensi terbaik serta bakat anak.


Baca juga : Kunci Sukses Memaksimalkan Potensi dan Bakat Anak


Jika ingin ikut berkreasi membuat Glow in The Dark Clock dari Faber Castell Art Series ini bisa dipesan di marketplace seperti Tokopedia atau Shopee.


Inilah keseruan mengikuti webinar parenting tentang mengasah softskill dan keativitas anak di era digital serta berkreasi bersama Faber Castell Art Series, Glow in the Dark Clock. Setiap anak itu unik dan pasti punya kelebihan masing-masing. Orang tua perlu menghargai apa yang ada pada diri anak dan memaksimalkan potensinya. Setuju atau engga, nih,  Sahabat Catatan Leannie?



Salam,







76 comments

  1. wah, aku juga ikut webinar ini. materinya bernas dan seru banget berkreasi membuat dan menghias jam dinding, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. rapi banget ya hasil bikinan jagoannya. hebat, deh. semoga terus bersemangat berkreasi!

      Delete
  2. Faber Castell memberikan sumbangsih hasil kreatifitas tanpa batas

    ReplyDelete
  3. Ponakan saya sedih, kenapa di rumah aja, gak boleh main sama teman-temannya. Gak boleh jalan2 dan ke mall. Wah, sedihnya. Dijelaskan pun dia blm faham banget hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastilah Kak, anak kecil berasa banget ruang geraknya terbatas, ya.

      Delete
  4. aku suka deh sama faber castell art series ini, secara anakku suka banget ngoprek dan bebikinan art and craft sejak kecil sih, aku juga baru banget kemarin bikin jam glowing in the dark ini nih bareng anakku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak pasti seneng, ya, Mba. Mereka punya aktivitas yang positif dan merangsang kreativitasnya.

      Delete
  5. Kebayang keseruan webinar ini. Apalagi ada acara kresrifitas anak dalam glow in the dark clock. Fabel castell memang TOP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang produknya Faber Castell ini bagus Kak, Dari zaman saya SD dulu pakai pensil buat ujian. Sekarang anak saya pakai crayon dan pensil warna dari Faber Castell juga

      Delete
  6. wah pastinya mengasyikan bikin jam dinding sendiri

    saya setuju banget, pembekalan untuk anak2 sekarang harus lebih ke soft skills

    karena keahlian ini yang dibutuhkan sekarang dan masa yang akan datang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Ambu, nanti di dunia kerja malahan soft skill ini penting banget. Meski hardskill pun tetap harus dimiliki.

      Delete
  7. Betul banget tuh, orang tua yang sibuk dengan masalah dan kerjaan masing-masing, bikin anak-anak jadi lebih tantrum, caper, karena merasa nggak diperhatikan.

    Asyik banget kalau ikutan acara ini, selain bisa mengasah kreatifitas anak, pun juga bisa jadi bonding buat orang tua dengan anak-anak :)
    Faber Castell memang terbaik deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, Mba. Anak saya pun kalau saya udah standby di depan laptop, dia keliatan bete dan cari perhatian karena mungkin ingin lebih diperhatikan. Memang seru banget sih aktivitas bareng Faber Castell ini

      Delete
  8. Produk faber castell ini bagus ya mbak aku juga pakai beberapa produk faber castell terutama yang art series buat ponakan karena dia sdh senang gambar warna warni hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain Arts Series, saya juga punya pensil, pulpen, pensil warna ama Crayon dari Faber Castell. Bagus emang kualitasnya.

      Delete
  9. Ada Faber Castell jadi lebih mudah untuk berkreasi, apalagi bahannya aman juga untuk anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mba. Produk ini bisa melatih kreativitas anak.

      Delete
  10. Soft skill memang kudu diasah sih. termasuk kreatifitas. Di tengah menariknya hp bagi anak-anak, faber castell art series benar-benar seperti membawa angin segar gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mba. Memang perhatian anak terhadap HP ini perlu dialihkan dengan aktivitas seru begini.

      Delete
  11. Bener banget Bun, ruang gerak terbatas, kemudian emosi tidak stabil, dan jam screen time yang agak berlebihan bisa membuat anak-anak jadi agak menyimpang. Mereka membutuhkan ruang gerak cukup, agar penyaluran tenaga dan emosinya bisa tetap terjaga. Seru ih, bisa ikutan berkegiatan bersama faber castle ini. Semangat kakak, bagus lo, pewarnaannya menarik.

    ReplyDelete
  12. Belajar di rumah terus dah kebayang bosannya. Biasa diiringi dengan ngobrol atau bersosialisasi, selama pandemi semua itu gak bisa dilakukan. Jadi kalau bisa mengisi waktu-waktu dengan soft skill dan dunia kreatif, rasanya pas banget.

    ReplyDelete
  13. Saya selalu memperhatikan kegiatan anak supaya dia tidak stress di masa pandemi ini, cara saya ya dengan mengajak nonton dan membuat kreativitas seperti ini.

    ReplyDelete
  14. Aduh keren sekali Faber castell ini, alat tulis favorit anakku. Kita sampai beli pensil warnanya, spidolnya, krayonnya, sampai alat lukis cat airnya juga. Awet.

    ReplyDelete
  15. Ingat merek Faber Castell jadi ingat dulu waktu ujian papper test UN/SNMPTN pake pensil 2B merek ini, dan ternyata sudah puluhan tahun akhirnya fabercastle mempunyai inovasi lebih tinggi lagi. Keren bisa mengajak lapisan masyarakat dan melibatkan anak-anak sebagai icon dalam bidang bisnisnya, tetap ramah dan pastinya sukses selalu untuk Faber castle.

    ReplyDelete
  16. Pandemi yang hampir 2 tahun ini, memang membuat gundah, termasuk anak². Maka dengan seseruan bareng Faber Castell bisa menjadi penyegar yang membuat makin kreatif juga.

    ReplyDelete
  17. Mau dong mba, ditunjukkan klo malem, glownya gmn jam kerennya.. kreatif bgt ya faber castell .. jd anak-anak terbantu bgt agar waktunya tetap bermanfaat

    ReplyDelete
  18. Semua bisa terdampak, termasuk anak-anak. Makanya penting banget untuk memperhatikan kesehatan mental anak. Bikin kegiatan kreatif begini biasanya bakal menyenangkan bagi mereka

    ReplyDelete
  19. Lengkap banget tipsnya nih, jujur pandemi memang bikin anak jadi gak teratur belajar dan bermain karena ruang geraknya ya disitu-situ aja. Glow In The Dark Faber-Castell ini bagus banget ya

    ReplyDelete
  20. Seru banget ya permainannya, bisa mengasah kreativitas anak nih. Pastinya anak happy bisa main yang bermanfaat ya.

    ReplyDelete
  21. permainannya sangat bagus nih ... dapat mengasah kreativitas anak, semoga dengan permainan ini peranan orang tua lebih dekat lagi dengan anaknya bisa quality time bersama

    ReplyDelete
  22. Dampak anak2 di rumah aja: ruang gerak terbatas, eh ibu bapaknya sibuk kerja dari rumah. Duh auto tertohok saya Mba T_T merasa berdosa banget sama anak.

    Ide Faber Castell jujur bagus sih, buat menyalurkan kreativitas anak dan bonding ortu-anak

    ReplyDelete
  23. Kreatif sekali ya bun Faber castell ini, kemarin aku juga dapat paket bermain dan belajar . anak-anak juga senang seklai, ada kotaknya juga, jadi mainan bisa dirapikan dan disimpan dengan baik dan rapi

    ReplyDelete
  24. Pandemi ini bikin kita sebagai orang tua harus memiliki sejuta ide supaya anak bisa terus bergerak. Dengan adanya media dari Faber Castell ini bikin anak bebas berkreasu ya..

    ReplyDelete
  25. Glow in the dark. Bagus nih hasil karyanya. Bisa dibuat jam dinding. Faber Castell ini tak pernah kehabisan ide untuk membuat anak-anak senang dan kreatif.

    ReplyDelete
  26. Suka banget sama produk creative art series Faber Castell ini... yang jam dinding glow in the dark awesome.. pengen cobain seri lainnya

    ReplyDelete
  27. Anak saya suka banget bikin Glow in the Dark Clock ini. Jadi pengen beli yang lainnya karena bikin dia semangat berkreasi.

    ReplyDelete
  28. Seru banget kemarin webinarnya saya Alhamdulillah bisa ikutan juga, dan anak saya pun excited banget buat bikin jam dinding glow in dark, Faber-Castell emang keren

    ReplyDelete
  29. Pasti seru bangeet pas anak mengerjakan paket Faber Glow in The Dark ini mengasah kreativitas mereka juga jadi stress reliever,hasilnya pun bisa dipajang di kamar ya...

    ReplyDelete
  30. Yes gadget mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat ya Lia

    sedihnya karena gadget ini dibutuhkan, jadi kan seperti buah simalakama

    Selama pandemi alhamdulillah aku kebetulan punya anak anak yang emang hobi menggambar sehingga kami challenge upgrade skill

    ReplyDelete
  31. Pandemi bikin ruang gerak jadi terbatas, jadi kita sebagai orangtua harus cari kegiatan yang menyenangkan. Baru tau ternyata art series FC ini dijual ya..

    ReplyDelete
  32. Aiy iyaa, ruang gerak yang terbatas bikin si anak jadi uring-uringan, gampang bosan. Orangtua mesti pintar-pintar mengajak mereka untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan. Berkreasi dengan Faber Castell Art Series ini bisa jadi salah satu solusinya

    ReplyDelete
  33. langsung cari cari di shopee ah untuk paket glow in the dark Faber Castle. Kayanya anak-anak juga akan lebih happy memajang hasil karyanya sendiri ya. Pasti ada kebanggaan tersendiri

    ReplyDelete
  34. Menyenangkan banget berkreasi bareng CAS dari faber castell. Asli anakku anteng bikin sampe selesai dan aku jadi pengen beliin lahi dong seri yg lain

    ReplyDelete
  35. Anak - anak biasanya senang sekali diberikan kepercayaan untuk menyelesaikan sesuatu. Apalagi sekece jam Glow in the dark ini ya. Dan noted banget creative art nya faber Castell memang oke. Jadi alternatif aktivitas anak selain main gadget

    ReplyDelete
  36. Pas bagian workshopnya anak2 antusias meski hasilnya ga rapi tapi senang bgt krn memang anak2 yg bikinnya. Seru ya teh ciptaan bonding jg

    ReplyDelete
  37. Anak-anak bisa makin kreatif ya dengan Faber Castell. Dari dulu selalu suka pakai produk ini.

    ReplyDelete
  38. kebayang pas malam sambilliat jam ada yang menyaala hahaha
    seru ya mak bikin kreatif walau di rumah saja sama faber castell
    besok kalau ada lagi pengen ikut juga

    ReplyDelete
  39. Kebetulan aku ikut webinar ini mbak, materinya daging banget ternyata efek pandemi yang stres bukan saja orang tua tetapi anak-anak pun bisa stres

    ReplyDelete
  40. Wah, keren banget tuh glow in the drak clock nya. ANak-anak pasti makin semangat berkreasi kalo hasilnya kece ya. Ada aja nih inovasinya faber castell

    ReplyDelete
  41. Cute banget jam dinding glow in the dark, anak-anak pasti suka bebikinan dan hasilnya dipajang. Punya anakku masih belum dikasih baterai nih.

    ReplyDelete
  42. Keren Faber Castell, bisa sekreatif ini untuk mengasah kreativitas anak. Memang soft skills menjadi hal yang memudahkan anak saat dia besar nanti dan masuk ke dunia kerja. Betapa pentingnya...

    ReplyDelete
  43. Rapi banget jadinya itu glow in the dark clocknya 😍 anakku sempat sebel karena gak sabaran ngecat jamnya. Benar2 melatih kesabaran. Tapi seruuu banget

    ReplyDelete
  44. Bagus nih produk faber castell bantu anak belajar jadi kreatif sejak dini, ya

    ReplyDelete
  45. Cakep amat sih faber castell art series iniii.. gemez liatnyaaa.. anak anak aku pasti suka bebikinan gini, nanti hasilnya bisa langsung dipajang di kamarnya.. hihi. mau cari a di tokbuk online..

    ReplyDelete
  46. udah kebayang serunya mbak, jadi pengen main juga sama bocah dirumah. Inget2 di awal pandemi kayaknya mati gaya, bingung mau ngapain lagi ya dirumah. Nah kalo ada kegiatan kreatif gini kan anak jadi betah meski dirumah aja :)

    ReplyDelete
  47. Anak2 itu pada dasarnya mereka kreatif dan imajinatif ya. Tinggal diasah dan dibersamai saja dalam prosesnya. Insyallah jika sudah terbiasa anak akan lebih percaya diri dan mudah dalam emnenetukan hal-hal yang ingin ia lakukaan saat dewasa nanti.

    ReplyDelete
  48. kita perlu terus meningkatkan kreatifitas anak - anak dengan berbagai cara dan metode yaa mba, termasuk melalu art series ini

    ReplyDelete
  49. Kalo dipikir2 kasihan ya kids jaman now.
    Tapiii ya, saya bersyukur banget ada Faber Castell ini
    bisa menjadi sahabat ortu utk tingkatkan soft skills buah hati

    ReplyDelete
  50. huaaa keren banget, bisa buat jam sendiri dan glow in the dark! ah anakku mesti cobain ini, pasti dia suka deh. thank you mbak

    ReplyDelete
  51. anak anak pasti semangat kalau diajak bebikinan kayak gini, apalagi ditemani sama orang tuanya. Dijamin minta lagi dah...

    ReplyDelete
  52. Hey jamnya keren glowing in the dark.jadi gak sabar pengen cobain bikin juga.dona

    ReplyDelete
  53. Senang sekali ya putra putri kita bisa diajak kerjasama, membuat karya yang setelah jadi dipajang di kamar dan jadi kebanggaan mereka. Creative art series dari Faber Castell ini memang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  54. memang kraetifitas harus ditanamkan pada anak ya , dan produk ini bisa menjembati

    ReplyDelete
  55. Bagus banget fabel castell art series ini ya teh, sayang saya gak bisa ikutan. Karena kemarin webinarnya pas banget ma aku baru melahirkan.

    ReplyDelete
  56. Seru ya mbak, lumayan bisa mengalihkan anak-anak dari gadget. Ini anak-anak semangat sekali tapi akhirnya finishingnya emaknya juga wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti seneng kalau anak Mba. Iyalah pasti ini hasil karya bersama. Anak kan harus diarahkan juga. Apalagi anak saya masih TK

      Delete
  57. Aku mauu peseeen juga ah 😄. Sbnrnya aku nih yg butuh jam glow in the dark. Secara ya mba, mataku minus parah. Apalagi kalo kebangun malam, ruangan gelap, ga bakal keliatan jam di dinding. Kalo bisa glowing in the dark kan beda cerita 😄.

    Menariiik nih produknya faber Castell. Anak2 ku juga pasti seneng kalo diajak bikin jam begini. Faber Castell sendiri selalu aku pake kalo beli stationery mba. Trutama alat gambarnya, aku paling sukaaaa. Krn warna2nya beneran kluar kalo dipakai gambar. Ga kayak merk lain yg kdg warnanya udah ditekan pun tetep aja ga jreng gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Mba pesen di marketplace bisa. Iya bener loh, Mba Fannny saya pernah beliin crayon anak merk kurang familiar eh warnanya engga jelas dong. Faber Castell emang paling bagus sih kualitasnya.

      Delete
  58. Mbak Lia, aku pingin punya deh paket ini buat main dan belajar sama ank. seru banget pasti ya teh. bisa dibeli ga sih ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Mba. Ada di Tokped dan Shopee. Linknya adap di postingan ya

      Delete
  59. Faber Castell ini bantu banget pas anakku masih sekolah daring, untuk aktivitas mengisi waktu luang, anakku senang banget apalagi ada beragam paket art-nya Faber Castell.

    ReplyDelete
  60. kalau dikasih kreasi kayak faber castell ini anak-anaknya pastinya senang ya, mbak kayak anak-anakku rebutan mau nyoba bikin jamnya juga kemarin

    ReplyDelete
  61. Cantik banget jam dinding yang dibbuat sendiri.
    Mengasah kreativitas anak itu memang kudu orangtuanya yang jeli yaa.. Ketika anak bosan, ketika anak jenuh, Alhamdulillah hadir Faber Castell Art series.

    ReplyDelete
  62. wah seru bgt nih produknya faber castell
    bisa membantu anak lbh kreatif dan terampil

    ReplyDelete
  63. wah harus punya nih produk Faber Castle ini
    bisa jadi kegiatan yg seru dan menyenangkan bersama anak anak di rumah ya mbak

    ReplyDelete
  64. Anakku juga kemarin itu ikutan workshop ini, dia senang sekaliiii. Jamnya dipajang di kamarnya dan selalu dibangga2kan ke teman-temannya hehehe

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus. Maaf juga jika ada komentar yang belum terbalas. Terima kasih atas kunjungannya.