Inilah Cara Ampuh Mengatasi Rasa Jenuh dan Stress pada Perempuan

 

Cara ampuh atasi jenuh dan stress
Cara ampuh atasi jenuh dan stress,
via freepik.com dan Canva


Pernah merasa stress dan jenuh menjalani kehidupan? Bagaimana menemukan kunci bahagia dan cara untuk mengatasi stress berlebihan? Pertanyaan ini sempat terngiang di kepala saya. Saya mencoba berdiskusi dengan diri sendiri. Mencoba mencari akar dari semua hal negatif yang berkelebat dalam pikiran saya. Overthinking, melelahkan memang ... 


Perempuan itu rentan terkena stress, benarkah demikian? Ternyata memang iya, perempuan punya risiko terkena stress tiga kali lebih besar dibandingkan laki-laki. Hal ini disebabkan oleh tiga faktor, diantaranya biologis faktor berupa dinamika hormonal, faktor psikologis dengan melihat atau membandingkan kehidupannya dengan orang lain, dan faktor sosioligis atau penilaian orang lain yang membuat perempuan merasa semakin tertekan.


Self love ... pernah dengar tentang hal ini? Self love atau mencintai dan menerima diri sendiri merupakan salah satu kunci bahagia untuk memperoleh kesehatan mental yang baik. Konsep self love ini bisa meminimalisir stress, depresi dan kecemasan.


Baca juga : Waspadai Depresi pada perempuan


 “Self-love is the primary relationship you’ll have in your life. The more you develop this relationship the more fulfilling your life will be.” (Dr Aaron Krasnow, PhD,. assistant vice president and director of ASU Counseling)


Sejak jadi seorang ibu atau istri, kadang perempuan itu kehilangan prioritas diri karena mendahulukan kepentingan anak atau suami. Diri sendiri bahkan paling akhir prioritasnya. 


Dengan rutinitas yang sama setiap harinya, seorang perempuan bisa merasa jenuh dan stress. Berbahaya juga jika dibiarkan terlalu lama, bisa menjadi stress berkepanjangan yang memicu depresi.



Dampak stress terhadap kesehatan, jangan biarkan berlarut-larut!


Dampak stress pada kesehatan
Dampak stress pada kesehatan,
via freepik.com/@pch.vektor dan Canva


Rasa jenuh atau stress berkepanjangan bisa berdampak buruk terhadap kesehatan fisik dan mental. Saat stres, tubuh melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang dapat mempercepat membuat kerja jantung.


Kedua hormon tadi dapat membuat tubuh terasa mudah lelah. Selain itu, daya tahan tubuh menurun, sehingga lebih mudah terinfeksi penyakit. 


Beberapa penyakit yang dipicu oleh stress diantaranya :

a. Gangguan pada pencernaan,seperti iritasi usus besar, kolitis ulseratif, gastriris, dan GERD

b. Adanya masalah pada kulit dan rambut, seperti rambut rontok permanen, eksim, psoriasis, dan timbulnya jerawat

c. Timbulnya disfungsi seksual, seperti ejakulasi dini, impotensi, dan hilangnya hasrat seksual terhadap pasangan

d. Gangguan menstruasi pada perempuan, biasanya membuat gejala PMS semakin parah

e. Terjadinya obesitas dan gangguan makan lainnya

f. Penyakit kardiovaskular, contohnya stroke, serangan jantung, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi

g. Gangguan mental, seperti kecemasan berlebihan, depresi, dan gangguan kepribadian

h. Migrain atau sakit kepala

i. Mengalami gangguan tidur


Cukup banyak juga ternyata gejala penyakit yang ditumbulkan akibat stress, makanya jangan biarkan stress berkepanjangan. Jangan dibiarkan berlarut-larut. Segera lakukan pengangan untuk mengurangi atau mengendalikan stress dengan baik.



Jenuh dan stress melanda, inilah cara ampuh mengatasinya!


Cara ampuh atasi stress
Cara ampuh atasi stress,
via freepik.com dan canva


Tidak dipungkiri bahwa stress sering dialami kaum perempuan. Rasa Jenuh terhadap aktivitas harian, kurangnya support system pasangan, tuntutan atau ekspektasi tinggi terhadap perempuan dari lingkungan, perbandingan tumbuh kembang anak yang satu dengan lainnya, konflik dengan pasangan atau keluarga terkadang membuat perempuan tertekan atau insecure dengan dirinya.


Baca juga : Komik Perempuanmu, refleksi diri perempuan indonesia


Yuk, atasi semua hal di atas dengan self love. Cintai dulu dirimu sendiri sebelum menebar cinta untuk anak dan pasangan. Berikan porsi untuk dirimu sendiri merasakan bahagia baru bisa membahagiakan orang terdekat. Ada beberapa cara untuk mengatasi stress, diantaranya : 


1. Menemukan tempat untuk mengungkapkan keluh kesah atau perasaan


Memendam keluh kesah atau perasaan negatif bisa membuat diri stress. Lebih baik lepaskan beban dengan mengungkapkan semua hal yang ada di pikiran kepada orang terdekat seperti sahabat, keluarga, atau pasangan. 


Jika perlu hubungi psikolog untuk membantu menyelesaikan masalahmu. Biasanya setelah semua keluh kesah dibicarakan, perasaan menjadi lebih lega.


2.Menjalankan pola hidup sehat


Jangan lupa menjalankan pola hidup sehat, yaitu makan makanan sehat dan bernutrisi, tidur berkualitas, hindari rokok dan say no to drugs alias jauhi narkoba.


3. Olahraga secara rutin atau lakukan meditasi


Saat sedang stress, olahraga bisa jadi solusi meredakan stress. Olahraga bisa membuat otot lebih rileks dan pikiran teralihkan sehingga bisa buat memperbaiki suasana hati. 


Tak perlu olahraga berat, cukup lakukan olahraga ringan seperti bersepeda atau jalan santai. Biasanya saya seneng jalan pagi atau jalan sore berkeliling kompleks. Jalan pagi sekalian belanja bahan makanan ke tukang sayur depan kompleks.


Meditasi atau yoga juga bisa jadi solusi untuk mengatasi stress. Lakukan meditasi selama kurang lebih 10–15 menit dan sebanyak 4–5 kali dalam seminggu secara rutin. Hal ini bisa menenangkan pikiran dan menurunkan kadar hormon kortisol, sehingga pikiran menjadi lebih tenang.


4. Fokus ke depan, jangan terlalu lama menoleh ke belakang


Move on dari masa lalu, lupakan hal menyakitkan yang membuatmu bersedih. Berserah pada yang Maha Kuasa, jangan lupa berdoa meminta kekuatan untuk bisa menjalani hidup agar lebih tenang tanpa terbebani masa lalu. Berpikir positif dan berbahagialah. Setiap perempuan berhak untuk bahagia


5. Lakukan aktivitas yang menyenangkan


Cobalah menemukan kembali hal yang menyenangkan buat diri sendiri. Bisa kembali menekuni hobi atau kegiatan yang positif seperti membaca, menulis, berkebun, memasak, membuat kreasi DIY atau berjualan online yang bisa menghasilkan cuan. Biasanya kegiatan menyenangkan seperti ini bisa menghasilkan hormon dopamin yang menimbulkan rasa bahagia.


Salah satu me time sederhana buat saya terkadang saya memilih buat creambath sesekali ke salon, ini kalau dihitung bisa setahun sekali. Sebenarnya saya jarang nyalon kecuali buat potong rambut. Itu pun jarang banget. 


Kadang saya juga nonton drama Korea. Paling suka drakor dengan latar kerajaan atau drama Saeguk. Sesekali saya juga memilih main game online. Salah satu game yang sering saya mainkan adalah Solitaire.org.



Solitare.org, free game online yang mampu atasi stress 


Buat IRT kaya saya yang nyambi jadi blogger, kadang saya merasa jenuh dan stress dengan pekerjaan, baik pekerjaan rumah maupun pekerjaan lainnya. Hiburan banget ketika tahu situs game online Solitaire.org


Ternyata ada beberapa game yang sering saya mainkan sejak dulu. Yeay ... senengnya bernostalgia dengan game masa kecil. Bermain di Solitare game ini free, engga perlu download dan no ads alias tanpa iklan juga. Sesekali saya bermain game buat usir jenuh dan stress. 


Ada beberapa game dari Solitaire.org yang menarik perhatian saya dan jadi hiburan dikala penat. Game favorit yang sering saya mainkan adalah :


1. Zuma Legend


Zuma Legend by Solitaire.org
Zuma Legend by Solitaire.org,
via Solitaire.org dan Canva


Zuma Legend ini sama persis kaya game yang saya mainkan sejak dulu. Zuma Legend ini sampai 100 level permainan, loh. Wow, banyaknya! Seru banget ketika main game ini.


Game ini caranya mudah, kok, cukup tembakkan warna bola yang sama. Jangan salah menembakkan bola, ya, kalau terus-terusan salah menembakkan bola, bisa jadi permainan berakhir karena masuk lubang pembuangan. Game Over, deh.  Pokoknya seru banget main game ini. 


2. Candy House

Candy House by Solitaire.org
Candy House by Solitaire.org,
via Solitaire.org dan Canva


Candy House ini juga sering saya mainkan dulu. Caranya simpel dan mudah, cukup gerakan tangan untuk membentuk deretan warna yang sama. Semakin banyak deretan warna yang sama, poin akan semakin bertambah juga.  Ada 50 level permainan pada game ini. 


Candy House ini seru juga buat hiburan saat jenuh atau lagi stress soalnya begitu dapat poin dan beralih level ke level selanjutnya tenyata cukup bikin saya senang. Yeay ...


3. China Temple

China Temple by Solitaire.org
China Temple by Solitaire.org,
via Solitaire.org dan Canva


China Temple ini gamenya mudah dimainkan dan melatih konsentrasi juga. Kita perlu memilih benda yang sama, harus jeli dan memperhatikan detail dengan baik. Begitu jumlah benda yang dicari sudah ditemukan, maka permainan akan berlanjut ke level yang lebih tinggi. Hiburan yang menyenangkan bagi saya bermain China Temple ini.


Sebenarnya bukan cuman ketiga game ini saja yang ada di Solitaire.org, masih banyak pilihan game menarik lainnya. Kalian bisa kunjungi websitenya. Bermain game online seperti ini memang menyenangkan.


Bermainlah di kala sedang senggang, jangan sampai menyita banyak waktu hingga melupakan kewajiban lainnya. Jangan sampai terlena pokonya.


Inilah beberapa cara ampuh untuk mengatasi jenuh dan stress bagi perempuan. Serunya bisa bernostalgia dengan game masa kecil seperti Zuma Legend dan Candy House. Sharing, dong, Sahabat Catatan Leannie, kalau lagi jenuh atau stress di rumah biasanya apa sih yang paling bisa mengembalikan mood dan membuat Kalian bahagia?




Salam,















78 comments

  1. Ah bener ni Kak, sebagai ibu apalagi IRT, poin-poin tadi mesti diperhatiin. Soalnya bagian dari kebutuhan psikis. TFS ya tentang gamenya. Ntar nyoba main juga ah. Itu game kesukaanku tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merasakan sendiri soalnya Mba, dengan rutinitas yang sama sering membuat jenuh, kadang stress juga. Sama-sama, Mba Ika.

      Delete
  2. Aku biasanya kalau jenuh nonton drakor sih. Tapi opsi main game bisa lah ya dipertimbangkan eheh

    ReplyDelete
  3. Itulah kenapa perempuan perlu membahagiakan diri sendiri dulu baru membahagiakan orang lain. Supaya sehat lahir dan batin

    ReplyDelete
  4. setuju banget, harus ada jalan keluar agar stres gak berlarut larut

    salah satunya dengan main games

    apalagi solitaire.org begitu mudah, gak perlu install aplikasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, betul Ambu kalau dibiarkan bisa bahaya. Jadi harus diatasi segera. Main game lumayan sih buat usir jenuh dan penat.

      Delete
  5. Iya ya, stres itu nggak boleh dibiarkan, kudu bisa disikapi dengan bijak, kalau saya juga salah satunya bermain game biar bisa lebih fresh pikiran, mood juga membaik kalau abis main game, karena hobinya ngegame, dan game di solitaire.org itu memang terbaik deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, jangan dibiarkan berlarut-larut stressnya. Bener emang sih kadang main game buat hiburan.

      Delete
  6. Kadang overthinking mikirin hal" yang enggak" itu yang bahaya. Padahal kejadiannya gak begitu.

    Dan bener banget, kalau udah stres jadi bawa penyakit 🤣

    Harus sibukkin diri deh biar lupa dan gak overthinking hehe

    ReplyDelete
  7. Saat ditimpa stres aku biasanya memang olahraga bareng temen2, dan tanpa disadari kadar stressnya turun dan kembali bisa beraktivitas normal lagi. Btw, saya baru tahu cewek bisa merasakan stress 3x daripada cowok. Makasih k infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, olahraga emang bisa mengurangi kadar stress Kak. Saya jujur aja jarang olahraga nih. Memang iya perempuan tentang kena stress dibandingkan lelaki, Kak

      Delete
  8. game memang cara paling dekat untuk melepas stres, ya. begitu otak udah fresh, bisa berpikir lebih jernih jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mba. Game sebagai hiburan di waktu senggang

      Delete
    2. Gim2 di atas tipe yang aku suka banget, sih. Simpel, refreshing, dan cukup melatih kinerja otak.

      Delete
  9. iya, perempuan memang rentan stres
    makanya perlu sesekali menghilangkan stres dengan main game ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, setuju Mba. Kadang mudah penat juga kalau lagi banyak yang dikerjain. Main game sesekali buat hiburan

      Delete
  10. Masih banyak lho orang-orang yang tidak menyadari gangguan pencernaan/lambung itu dipicu dari stres. Dulu aku sering sakit lambung dan tiap konsul ke dokter selalu disebut pemicu dari pikiran. Dari situ kemudian aku menjalani hidup yang santai, segala dibawa ringan dan gembira, ga mau mikir ribet. Dan hasilnya memang ajaib, aku sudah jarang kena gangguan lambung lagi. Bahkan sekarang alhamdulillah udah lama ga sakit.

    ReplyDelete
  11. Menagatasi stress pada perempuan gk jauh beda sama laki2 sih,, saya kalau stress lansung ambil hp dan memainkan game sederhana.. jangan mainkan game berat yang butuh buat atur startegi lagi,, kalau kalah bukannya happy malah tambah stres

    ReplyDelete
  12. Wah, kok samaan mainnya mbak? Saya juga suka main solitaire.org ini. Banyak permainan lawas yang masih asyik dimainkan sekarang.

    ReplyDelete
  13. Mengatasi kejenuhan bukanlah hal yang mudah, bermain dan olahraga juga spritual penting

    ReplyDelete
  14. Daku pas grogi, banyak pikiran bawaannya ke pencernaan memang Teh, jadinya mules hehe.

    Alhamdulillah, semenjak membawakan diri dengan tenang, dan bener itu main games bisa bikin bahagia.

    Apalagi ini nih Solitaire, wuah games yang asik buat me time

    ReplyDelete
  15. Stres itu gak boleh dianggap enteng memang. Selain pilihan games di atas, melakukan aktivitas yang disukai biasanya bisa jadi obat. Apalagi terus ketemu teman-teman yang sefrekuensi dak tidak melulu memikirkan urusan dunia. Ngobrol panjang kali lebar sambil ngopi/ngeteh dan nyemil aja sudah bisa menghilangkan stres.

    ReplyDelete
  16. zumaaa aku sukak mbak mainnya, sampe level sekian sekian pokoknya
    di hape juga instal mainan ini, udah paling simple ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dari zaman sekolah Mba, kalau jenuh main ini. Lumayan terhibur.

      Delete
  17. Ya ampyuuun ada game Solitaire hahaha itu jadoel banget ya :) Duluuuu aku suka mainin pas santai2 abis belajar. Jadi kangen kepengen main lagi. Relaksasi memang harus dilakukan untuk mengatasi stres terutama di masa pandemi ini.

    ReplyDelete
  18. jaman sekarang orang rentan terkena stress ya, apa;agi masa pandemi. Hemm,,,,,kudu ngerti alaram ap diri dan mencari slimuran biar diri tetep terhibur dan tidak merasas sendiri

    ReplyDelete
  19. Iya, main games jg oke nih ngilangin stress

    ReplyDelete
  20. Sama nih, aku juga kalau stress suka main game jadinya. Beberapa hari ini asik main solitaire di sini, ternyata ada game lainnya!

    ReplyDelete
  21. Olahraga emang cocok banget buat buang energi negatif. Apalagi kalo olahraganya emang yang sesuai sama kesukaan. Makin bawa pengaruh positif banget jadinya

    ReplyDelete
  22. Wah saya seneng banget kalau main zuma mba, dulu pernah sampai level yang udah tinggiii banget. Cuma karena kerjaan rumah banyak keteteran akhirnya STOP deh, hahaha. Memang games itu bisa menghilangkan stress kok ya

    ReplyDelete
  23. Wah ada game Zuma juga. Udah lama banget gak main Zuma. Mau coba ah kapan-kapan kalau pas lagi lowong, itung-itung mengenang masa lalu pas ngegame.

    ReplyDelete
  24. Dulu sebelum pandemi, aku ga kebayang kalo olahraga bisa ngilangin stress. Capek badan mah iyaaa 🤣. Tapi sejak pandemi aku JD rutin workout kan mba. Demi Bdn ga mudah sakit. Eh ternyata setelah ngerasain sendiri, iya siiiih, jadi jauuuh lebih rileks, dan makin keringetan banjir, rasanya makin puaaaas banget Ama diri sendiri. Skr Krn udh rutin workout, malah jadi ga enak kalo ga lakuin.

    Tapi cara2 lain utk ku ngilangin stress di masa pagebluk gini, hampir sama kok kayak mba juga 😁. Sebelumnya sih traveling udh jadi obat paling bener, tp skr ga mungkin kan. Akhirnya baca buku, gaming, Drakor jadi alternatif 😄.

    Solitaire ini juga game favoritkuuuu 😘

    ReplyDelete
  25. Untuk menghindari stres, aku suka lakuin hal yang no. 5, tapi kadang sulit juga luangin waktu untuk lakuin hal menyenangkan. Makanya beneran deh pas weekend nggak pengin kerja :")

    ReplyDelete
  26. Benerrr banget Mba Lia.
    Aku juga lagi fase gedeeggg banget dgn kehidupan.
    kapan hari itu, aku malah sempat ngetwit....apa bedanya bosan hidup vs bosan menjalani kehidupan? wkwkwkwk

    Btw, games di sini memang enjoyyyy bgt buat dimainkan.
    bener2 bs jadi stress release banget

    ReplyDelete
  27. hal yang aku rasakan di kala stres yang cukup maksimal itu pencernaan pasti bermasalah deh sama rambut rontok, kulit wajah kusam hingga jerawatan huhuhu

    ReplyDelete
  28. Perempuan butuh banget curhat ya meski introvert sekali pun. Curhat ke game asyik juga kali, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Curhat ke game jauh lebih aman ya. Hahaha. Bukan curhat sih, lepas stresnya dimarih. Saya pun gini, main-main game online bentar. Eh bisa agak santai nih pikiran. Apalagi kalau gamenya simple dan gak perlu diinstal gini. Makin sukaaaa

      Delete
  29. Saya termasuk orang yang ga suka main game. Kalau main game malah bawaannya jd tambah stres hahahaha. Tapi kayaknya lebih banyak orang yang suka main game daripada enggak ya...suami dan anak2 saya hobi tuh main game. Saya juga bukan berarti anti-game, sesekali juga nyobain meski jadi bahan ketawaan anak-anak karena pasti cepet game over. Kalu lagi sumpek, saya lebih suka membaca atau belakangan ini menjahit.

    ReplyDelete
  30. Wooow kalau lihat gejalanya kayaknya aku fix stres deh. Tapi sebulannan ini aku mulai perbaiki pola makan si, lebih tepatnya terpaksaperbaikin pola makan dan pola hidup karena GERD dan emang gejala2 itu menurun. PIkiran juga berasa lebih jernih jadi agak ringan kepalanya.

    ReplyDelete
  31. Aku kena gerd semenjak pandemik nih mba. Terus pelan2 nyoba olahraga dan nggak boleh stres. Secara nggak sadar mungkin aku stres ya. Btw main games aku jg suka 😍 sekarang mainnya bareng anak2 hehee. Mreka seneng klo ngegames bareng

    ReplyDelete
  32. Aku suka main zuma kalo pas senggang. Bisa bikin relax dan ngurangin stress sih emang. Cocok buat ngilangin stress karena game nya santai nggak butuh banyak pikiran. Kalau game over ya udah tinggal diulang lagi.hehe

    ReplyDelete
  33. Dengan 5 cara jitu yang sudah dijelaskan, mestinya bila diniatkan dan dilakukan, bisa membantu mengatasi stres ya mbak. Bagaimana pun stres ini berdampak pada banyak hal dalam keseharian, menghambat aktivitas dan produktivitas, bahkan jadi sakit. Makanya perlu dicari jalan keluar yang paling cocok dengan diri kita.

    ReplyDelete
  34. Wah, anak sulungku punya penyakit lambung nih. Bisa jadi karena stres juga PJJ dengan seabrek tugas dan materi pembelajaran. BIlehlah me time santai sambil main game. Itu zaman dulu ya solitaire hihihi masih ada aja. Buat kita ibu rumah tangga juga cocok main dong ya biar happy :)

    ReplyDelete
  35. Jadi ibu rumah tangga dan berlama-lama di rumah, terutama saat pandemi ini, tak dipungkiri memang menimbulkan stres. Keterbatasan ruang gerak dan banyak masalah, bertumpuk-tumpuk yang tak kunjung selesai. Memang kalau dibiarkan bisa merayap ke sakit fisik dengan gejala-gejala yang telah disebutkan di atas. Jadi kita harus tahu benar cara mengurangi stres agar tidak berlanjut ya mbak. Tips nya juga sudah diberikan di atas

    ReplyDelete
  36. Iya mbak yang namanya setres pikiran tu ngaruh banget ke fisik. Soalnya aku sendiri kalau dah ada problem suka males makan, haha :P
    Setuju banget utk redakan stress kudu mencari kegiatan yang menyenangkan ya mbak supaya jd lbh bahagia, nonton drakor dan ngegames bisa jadi pilihan.

    ReplyDelete
  37. Kegiatan saya untuk mengatasi stres adalah melakukan hal yang menyenangkan seperti olahraga atau main games. Saya juga suka main Zuma, Candy House dan China temple, ketiganya bisa buat saya lebih rileks

    ReplyDelete
  38. Jujur nih ya, semenjak punya anak, saya juga makin stress. Asli kaget banget awal-awal punya bayi. Nikmat sekali rasanya wkwkwkwkw.

    Karena stress yang beneran krasa, akhirnya beberapa kali saya tumbang. Asam lambung naik terus. Rambut mudah rontok, disisir pakai jari aja rontok.

    Beruntung nih, bayi udah mulai gede, udah bisa main sendiri dan saya bisa nyuri waktu relax buat ngegame.

    ReplyDelete
  39. Stress awalnya dari pikiran, tapi akhirnya membuat fisik bisa sakit, bahkan sakitnya bisa berulang dan berkepanjangan.

    Usir stress dengan main Solitaire. Ini game kesukaan saya saat awal kenal komputer

    ReplyDelete
  40. Benar banget perempuan rentan sekali stress aku ngerasain mbak, makanya untuk mengusir jenuh biasanya aku nge gambar, coloring juga ngutak ngatik Canva

    ReplyDelete
  41. Perempuan ini memang lebih rentan stres ya mbak
    tapi memang kita harus tahu bagimana cara mengatasinya
    klo aq biasanya klo stres rehat sejenak nonton drakor

    ReplyDelete
  42. Ih bener, Mak.. Suamiku tu muncul eksim di kulit. Pas ke dokter kulit, dikasih tau dokternya, "Jangan terlalu stres, Pak... Coba lebih rileks, nanti juga sembuh." Gitu.

    Efek dari stres memang macam-macam ya, Mak..

    Btw, game-game solitaire itu jadi teman pereda stres buat saya waktu jaman kuliah dulu. Hihi...

    ReplyDelete
  43. Kayak kita-kita gini emang rentan stress ya..Mau yang single atau yang punya pasangan..apalagi ada anak.. mau yang full time mom atau working mom..samaja ..Emang perlu banget buat cari cara asik dan murah ngilangin stress

    ReplyDelete
  44. Aku sejak pandemi ini makin mudah stress Mak, kalau udah stress biasanya aku nonton drama ama ngegame, game favorit aku candy house ini Mak, kalau Zuma legend ya kadang sih. Tapi paling suka candy house.

    ReplyDelete
  45. Iya banget, kita para perempuan, gampang banget ya kena stres. Apalagi di masa kayak sekarang. Tapi dengan melakukan banyak hal, stres ini bisa hilang juga. Aku biasanya dengan nonton drakor, denger musik, lari, dan main games. Salah satunya game solitaire ini.

    ReplyDelete
  46. wah selain solitaire permainan di solitaire org beragam juga yaa. Macam-mcam. Jadi gak bosen selama di rumah saja kalau ada permainan yang beragam begini. main game yang sanai begini bisa menghilangkan stress ya.

    ReplyDelete
  47. Bener.. Bener.. Main games ini bisa bikin kita happy ya. Merelease stress. Buka solitare. Org ya? Ada zuma pula.. Mainanku dulu jaman masih ngajar.. Hahaha

    ReplyDelete
  48. Mbak Lia, aku tuh jarang main game tapi sempat coba main game online saat selesai mengerjakan tugas. Maksudnya beri reward ke diri sendiri. Eh salah pilih game, malah mikir banget, gagal mulu Naik level. LOL.
    So, kalau lagi stress, pilih game yang easy and fun supaya ga makin puyeng. Heheh

    ReplyDelete
  49. Iya, kalau sudah stres itu merambat kemana-mana. Dari mulai produktifitas menurun sampai jadi orang paling menyebalkan.
    Aku kalo stres suka gini.
    HUhuu...kudu hiburan seperti main hal-hal yang seru yaa.. Agar lebih rileks.

    ReplyDelete
  50. Ishhh benerrr bangettt
    Perempuan emang rentan terserang Stres.
    Main game solitaire sangat bisa hempas manja rasa tertekan ini yaaa

    ReplyDelete
  51. Lagi stress nih, overthinking mulu soal.y. terima kasih ya untuk tips.y

    ReplyDelete
  52. Ih gemes, ketiganya suka saya mainin pada masanya. Hehe. Iya emang saya suka ngegame buat mengusir stress, hiburan. Tapi kalo kalah terus lama-lama stress juga. Hahaha..

    ReplyDelete
  53. Aku sama suami sama-sama gamers, jadi kalau ada game ya seneng-senang aja anteng. Ngga pernah bawa serius sih, nanti malah jadi stres gak jadi hiburan, hehe

    ReplyDelete
  54. permainan online alias game ini memang bisa jadi hiburan ya buat pereda stress. namun, jangan sampai lupa dg penyebab utama stressnya ya mbak hihi

    ReplyDelete
  55. wah ini mah game nya kesukaan aku, walaupun jadul tapi masih asyique buat dimainin...
    main game memang bisa bikin rileks ya mba, makanya sesekali perlu maen game, nggak harus game yang ribet... game yang gampang aja asal senang...

    ReplyDelete
  56. Aku jg main game solitair nih mbak Lia. Paling suka sm hidden object yg kategori dapur. Hihi
    Berasa abis kerja capek trs main game ini auto rileks dan ada rasa seneng.. Hihi

    ReplyDelete
  57. Jadi ingat waktu kuliah dulu aku juga main zuma kalau lagi suntuk sama tugas kuliah atau pas ngerjain tugas skripsi. Jadi nostalgia deh pas baca tulisan ini

    ReplyDelete
  58. ah iya, namanya perempuan juga rentan bosan dan stres ya mbak
    klo da bosan dan stres emang enak klo buat rehat main game solitaire ini

    ReplyDelete
  59. Terimakasih Mbak atas informasinya, kayaknya saya harus memberitahu Pacar ku agar membaca artikel ini biar nggak stres terus hehe

    ReplyDelete
  60. Toss mbak Saya kalau stress juga bawaan nge game jadi agak mengurangi ketegangan sih ya. Sakingnya hanyut dalam game kadang jari tangan sampai kebas tapi seru hehehe

    ReplyDelete
  61. Olahraga udah pasti paling ampuh sih buatku. Karena rasa lelah dan berkeringat saat olah raga seperti perasaan melepaskan beban dari dalam diri. Setelahnya bisa tidur nyenyak karena lelah.

    ReplyDelete
  62. Wah, seru ya Mbak situs game ini. Saat hamil anak kedua, saya juga sering stres dan overthinking, ditambah mual-mual parah. Akhirnya berusaha rileks dengan nge-game. Karena harus bedrest, jadi deh seharian bertemankan game di tablet. Sayangnya dulu belum tahu situs game Solitaire ini. Makasih infonya Mbak Lia.

    ReplyDelete
  63. Aku pun kalau lagi capek dan jenuh akhirnya lari ke pola hidup sehat. Kadang mikirnya aku stress karena pola hidupku nggak sehat. Tapi kalau misalnya stress kerja ya pulangnya aku main game hehehe

    ReplyDelete
  64. Aku pernah stress berat yang berakibat pendarahan dan akhirnya haidku berhenti sama sekali di usia 45 tahun. eh jadi curcol, main Solitaire inijuga kulakukan untuk menghibur hati

    ReplyDelete
  65. Bagiku pribadi, tempat untuk untuk curhat itu ya media menulis. Jadi dengan menulis aku bisa mengeluarkan segala keluh kesahku. Perasaan ingin didengarkan pun teratasi dengan cara ini, sehingga ketika sama manusia, aku nggak terlalu banyak cerita lagi. Udah cukup terkeluarkan dengan menulis.

    ReplyDelete
  66. ingat banget dulu main zuma nggak tamat-tamat sementara adikku cepat banget main zumanya. hihi

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Jika ada link hidup dan brokenlink akan saya hapus. Maaf juga jika ada komentar yang belum terbalas. Terima kasih atas kunjungannya.