Raih Banyak Keuntungan dan Kemudahan dengan Berjualan di Blibli.com

Raih keuntungan dan Kemudahan Berjualan di Blibli.com
Keuntungan dan Kemudahan Berjualan di Blibli.com, 

Saat ini sudah banyak marketplace yang mendukung seller mengembangkan usaha jualan online sebagai bisnisnya. Salah satunya adalah Blibli.com, yang menawarkan berbagai keuntungan  dan kemudahan saat berjualan di sana.

Seandainya saja sejak merintis bisnis online tahun 2016-2017 yang lalu, saya memilih jualan di Blibli.com sepertinya nasib bisnis online shop saya tak akan berhenti di tengah jalan. Dengan berbagai pertimbangan, terutama fokus mengurus anak, kini  saya hanya berperan sebagai customer saja bukan pelaku bisnis.

Meski waktu tak mungkin diputar kembali, banyak hal yang bisa diambil hikmahnya saat jual online.  Andai saja lebih dulu kenal Blibli.com. Nah, buat yang belum tahu tentang situs yang satu ini, yuk, kenalan dengan Blibli.com.


 Tentang Blibli.com


Blibli.com Big Choice Big Deals
Tentang Blibli.com

Sudah tahu, kan, tentang  Blibli.com? Itu, loh, salah satu pencetus online shopping mall sebagai solusi belanja yang praktis, mudah diakses, dan menawarkan berbagai kemudahan ketika belanja dan jual online.

Kusuma Martanto, seorang founder Blibli.com adalah lulusan S2 dari Georgia Institute of Technology dengan jurusan Teknik Industri. Dialah yang punya andil besar mengembangkan Blibli.com dan meraih penghargaan, yaitu pada Gadget Award tahun 2012 sebaga The Best E-Commerce. Hal ini membuktikan dedikasi dan layanan yang diberikan kepada para customer.

Ternyata buat yang punya usaha jual online, situs E commerce ini menawarkan banyak kemudahan dan keuntungan. Setidaknya ada 8  alasan penting mengapa seorang seller harus memlilih jualan di Blibli.com. Simak, yuk, di bawah ini!


8 Alasan Penting Memilih Berjualan di Blibli.com

Alasan penting berjualan di Blibli.com
Alasan berjualan  di Blibli.com

1. Keluasan Pilihan Kategori


Ada banyak pilihan kategori yang sesuai dengan kebutuhan customer. Ternyata
Ada ribuan produk dengan enam belas kategori pilihan unggulan.

Berbagai jenis produk yangbbisa dipilih di Blibli.com, diantaranya  Handphone, Tablet & Wearable Gadget, Kamera, Komputer dan Laptop, Peralatan Elektronik, Fashion Pria, Fashion Wanita, Kesehatan & Kecantikan, Ibu & Anak, Olahraga & Aktivitas Luar Ruang, Tiket & Voucher, Home + Living, Mainan & Video Games, Otomotif, BlibliMart, serta Kreasiku.

Gimana, memang benar-benar lengkap, kan, ya?

2. Gratis Foto Produk


Foto adalah salah satu daya tarik atau pemikat yang perlu diperhatikan. Seorang pembeli terkadang tertarik untuk membeli barang jualan online ketika melihat foto produknya.

Blibli.com memberikan fasilitas layanan foto gratis dan upload foto produk gratis sehingga bisa membantu seller memasarkan jualannya.

3. Mendapat Kemasan Gratis


Kemasan gratis ketika mengirim barang akan diperoleh seller atau customer saat mengirimkan atau menerima barang pesanannya. Risiko pengiriman barang dengan ekspedisi kadang cukup tinggi dan keamanan barang menjadi hal yang harus diprioritaskan penjual.

Pelanggan tentunya tidak ingin menerima barang yang kualitasnya buruk misalnya barang rusak atau cacat karena proses pengiriman. Hal ini pastinya akan merugikan pihak penjual dan mengecewakan pembeli.

Fasilitas gratis kemasan produk menjadi salah satu keuntungan buat seller dan customer pun akan mendapatkan barang pesanannya dengan aman karena packaging dari Blibli.com.

4. Gratis Biaya Pengiriman


Nah, ini adalah salah satu hal yang dicari oleh pelanggan. Mereka pastinya akan senang dan memilih Blibli.com karena gratis ongkir atau gratis biaya pengiriman untuk pembelian produk. Bisa menghemat biaya saat berbelanja, siapa sih, yang enggak akan senang dengan hal ini. 

5. Kemudahan Proses Pengiriman


Blibli.com telah bekerja sama dengan tiga puluh perusahaan jasa logistik terkemuka di Indonesia sehingga jika toko online atau pemesan berada di daerah yang sulit terjangkau pun bisa mendapatkan produk pesanannya.

6. Asuransi Pengiriman Produk


Hal yang harus diperhatikan oleh para seller adalah asuransi pengiriman produk.  Jika barang pesanan pelanggan mengalami kerusakan selama proses pengiriman maka biasanya pelanggan akan meminta ganti barang yang bagus dan berkualitas, mereka akan me-reject barang yang rusak atau cacat.

Untuk meminimalisir hal ini, asuransi produk pun harus menjadi perhatian seller. Nah, Blibli.com  pun memberikan layanan asuransi pengiriman produk buat para customer. Hal ini jadi keuntungan bagi seller pastinya dan customer pun akan mendapatkan jaminan kepuasan karena berbelanja di sini.

7. Layanan Merchant Care


Keluasan pelangganpelangga tujuan utama dari  Blibli.com. Para pebisnis online  bisa bergabung dengan Blibli Seller dan manfaatkan layanan Merchant Care di kontak 021-57977777 atau mengirimkan email ke : merchant.care@blibli.com

8. Terdepan dalam Inovasi Instore


Sistem pembayaran di Blibli.com terhitung mudah, aman dan terpercaya. Jaminan mengenai metode pembayaran pun cukup bervariasi. Cukup praktis karena belanja atau jualan bisa dilakukan dari gawai tanpa harus mendatangi toko offline.

Blibli.com terdepan dalam inovasi instore, hal ini terlihat dengan penggunaan
sertifikasi VeriSign dan Credit Card Fraud Detection System.

Jualan Untung Enggak Tanggung-Tanggung, saatnya Bergabung di Blibli Seller


Saatnya bergabung dengan Blibli Seller
Yuk, gabung di Blibli.com

Setelah saya berseluncur ke webnya Blibli.com, banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh seller  atau pebisnis online sebagai pengguna marketplace yang satu ini.

Sebenarnya dengan menjadi Blibli seller ada berbagai keuntungan dan kemudahan dengan jual online. Cara menjual produk di Blibli.com juga cukup mudah. Ada 4 langkah jualan di blibli.com, simak, yuk!


1. Buka Toko


Cara membuka toko di Blibli.com
Cara membuka toko di MTA
Via Blibli.com

Caranya cukup mudah jika ingin mempunyai Toko Online di Blibli.com, pertama dengan masuk ke Merchant Tools Aplication (MTA), ikuti step by step poin nomor 1,2, dan 3. Lengkapi dengan mengisi data, upload dokumen pribadi seperti KTP, NPWP, lalu tunggu verifikasi email. Setelah itu, seller bisa punya toko sendiri dan siap berjualan di Blibli.com. 

2. Upload Produk


Cara upload foto gratis di Blibli.com
Upload foto Produk di Blibli.com

Untuk menjual barang pada pembeli, seller perlu melakukan upload produk. Produk yang ditayangkan di Blibli.com bisa di-upload satu-satu atau upload masal. Gunakan data produk yang sudah terdaftar agar lebih cepat ditampilkan di toko online. 

Pelanggan akan memilih barang yang mereka inginkan dengan mencari produk yang sesuai dengan pilihannya.

3. Respon Pesanan

Cara merespon pesanan di Blibli.com
Respon pesanan di Blibli.com

Setelah menayangkan produk, seller akan merespon pesanan dari customer bisa melalui sms atau email. Seller merespon pesanan dari pelanggan dengan mengirimkan produk sesuai permintaan.

4. Terima Pembayaran

Cara menerima pembayaran di Blibli.com
Terima pembayaran di Blibli.com

Pembayaran akan dikonfirmasikan setelah  barang diterima. Pembayaran dilakukan dalam jangka seminggu sekali ke nomor rekening yang sudah terdaftar.


Kendala Jualan Online dalam Fotografi? Inilah Solusi dari Blibli.com dengan  Foto Gratis dan Upload Foto Produk Gratis


Solusi jualan online dalam fotografi dari Blibli.com
Solusi Fotografi dari Blibli.com


Blibli Seller memfasilitasi salah satu kendala dalam jual online yaitu masalah foto produk yang disebabkan kualitas kamera tidak mendukung atau tak semua penjual punya kemampuan fotografi yang bagus.

Tenang saja, Blibli.com punya solusinya dengan menyediakan layanan gratis foto dan upload foto produk yang menguntungkan buat seller tentunya.

Sebelumnya, buat penjual perlu bergabung menjadi Merchant Blibli.com. Isi data untuk informasi akun, informasi toko dan informasi administrasi.

Untuk upload foto produk, seller perlu menyiapkan foto produk, identitas, dan mengupload foto secara satuan atau masal di Merchant Tools Blibli.com.

Inilah cara mengupload foto produk di Blibli.com!


Cara upload foto di Blibli.com
Solusi fotografi dari Blibli.com


1. Masuk ke Merchant Tools Aplication di Blibli.com

2. Pilih kategori menu produk. Klik tambah satu produk. Masukan foto yang akan diupload atau ditayangkan.

3. Lengkapi juga data pendukung seperti
harga barang, jumlah stok yang ada dan informasi tambahan lainnya yang diperlukan.

Customer pun bisa memilih barang yang dibutuhkannya lewat foto produk yang sudah diupload seller. Penjual perlu memperbarui informasi seperti jumlah produk karena bisa jadi berubah setiap ada pesanan dari pelanggan. Penjual pun bisa mengupload foto produk yang sudah ada dari  master data yang ada di sana.

Untuk menayangkan produk secara masal atau menampilkan beberapa produk dalam satu waktu bersamaan bisa dilakukan juga dengan memilih kategori Bulk Produk.

Sebelumnya penjual perlu menyisipkan excel data mengenai produk yang akan ditayangkan. Isi juga beragam informasi yang dibutuhkan seputar produk. Data excel ini bisa diunduh di Bulk Excel Menu.

Semua produk akan di evaluasi oleh Tim Blibli.com. Seller bisa mengecek di Product in Progress sebelum ditayangkan oleh Blibli.com.


Blibli.com Berkontribusi Mendorong Usaha Kreatif Indonesia


The Big Start Indonesia via blibli.com

Blibli.com memberikan penghargaan bergengsi untuk pelaku bisnis dengan mengadakan award yaitu The Big Start Indonesia. Sebuah apresiasi untuk para merchant seller yang sukses dan berhasil menjadi inspirasi banyak orang. Tentunya hal ini diharapkan bisa mendorong usaha kreatif anak bangsa. Itulah kontribusi Blibli.com untuk Indonesia.

Kisah Sukses Pebisnis  Online di blibli.com 




Kisah sukses Hanafi dari klik Baby Love yang berkembang besama Blibli.com hingga mendapatkan kenaikan traffic 3000% dibandingkan saat memiliki website sendiri. Usaha jualan pakaian memang cukup menjanjikan, dulunya saya juga berjualan daster bali  via online shop.

Jualan online daster bali via olshop
Sumber dokumentasi pribadi

Berhubung saya memilih fokus membesarkan anak yang saat itu masih bayi dan usianya kurang dari setahun, saya memilih off dari bisnis online

Jika boleh berandai-andai dulu kenal Blibli.com mungkin akan lain ceritanya karena sudah banyak seller lain yang membuktikan keuntungan dan kemudahan selama bergabung dengan komuniitas Blibli Seller.

Selain Bapak Hanafi, di luaran sana banyak juga yang merasakan kesuksesan bersama  Blibli Seller. Yuk, raih kemudahan dan keuntungan dengan berjualan di Blibli.com.



Sumber gambar yang ditampilkan dalam artikel ini berasal dari dokumentasi pribadi  dan  olah grafis dilakukan secara mandiri via Canva dan Snapseed. Sumber video berasal dari saluran YouTube Blibli.com.


Salam, 







56 comments:

  1. Keren juga ya blibli ini, jadi pengen belanja di blibli.
    Banyak keuntungan dan kemudahan juga sebagai penjual.

    Beneran membantu para UKM nih, menfasilitasi dengan memudahkan :)

    ReplyDelete
  2. Mau nyoba belanja di Blibi.com ah.
    Makasih infonya mbaa 😊

    ReplyDelete
  3. Banyak kemudahan di Blibli.com ya,, baik pembeli atau penjual,, apalagi klo dapet vocer,, seneng pake banget hehehe :)

    ReplyDelete
  4. Sempat terpikir utk jualan di marketpkace. Tapi ntar dlu deh ya, step by step :)
    Luar biasa memang bisnis online dan hasilnya di zaman now.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang dulu juga saya belum ikut jualan di marketplace kayak gini

      Delete
  5. setelah baca artikel ini jd kepikiran untuk jd seller di sana juga nih hehe. terima kasih sharingny kak ^^

    ReplyDelete
  6. Aku belum pernah cobain sih jualan atau blanja di sini. Ntar deh kapan-kapan nyoba.

    ReplyDelete
  7. jadi pengen punya toko online di Blibli deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan, Mbak Iren. Barangkali mau coba buat. Hehe

      Delete
  8. Keren yah blibli ini benar2 memperhatikan kebutuhan sellernya mendukung dg memberikan banyak kemudahan sehingga seller pun mendapat banyak keuntungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak kemudahan dan keuntungan kalau gabung di komunitas seller

      Delete
  9. Ah udah lama nih aku menggiati kegiatan olshop, bisa jadi pilihan soalnya blibli.com ngasih keuntungan buat seller banget. Gak repot ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan, Kak. Soalnya dulu saya cuman jualan via ig aja kurang banget traficnya. Mungkin jualan di marketplace kayak blibli.com ini bisa jadi solusi yang tepat

      Delete
  10. aku mau coba usaha online shop aah terus mau daftar jadi seller di Blibli hehehe

    ReplyDelete
  11. di ulang tahun yang ke 8 blibli semoga sukses e-commerce yang mengedepankan pelanggan, dan banyak diskon lebih banyak lagi.

    ReplyDelete
  12. Wah asik banget di blibli ada fasilitas layanan foto gratis, untuk penjual yang kurang jago foto membantu banget ini

    ReplyDelete
  13. Saya masih penasaran dengan penawaran gratis foto produk. Kalau misalnya punya barang buatan sendiri, apa akan difotoin atau bagaimana, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fotografer dari blibli.com. Kita kasih foto terus akan dipercantik sama pihak fotografernya. Nanti seller tinggal upload foto aja. Info lebih lanjut bisa kepoin webnya blibli

      Delete
  14. Ini tuh kita bisa ikutan jualan di Blibli juga ya mbak? Aku baru tau kalau Blibli ini tuh bisa untuk umum semacam olshop gitu loh. Taunya hanya untuk brand-brand saja.

    ReplyDelete
  15. Baru tau klo di Blibli bisa buat foto produk gratis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini salah satu keuntungan dan kemudahan buat seller

      Delete
  16. menjadi blibli seller ternyata banyak juga ya keuntungannya aku jadi tertarik buka usaha hhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bisa Mbak kalau mau jualan di marketplace blibli

      Delete
  17. Wah mbak banyak banget ya Ternyata keuntungan dan kemudahan jualan disini bliblicom. Saya juga suka jualan online dan berhenti juga mbak. Jadi, setelah kenal bliblicom, apa mau balik jualan onlineylagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum kalau saya masih fokus di nulis kayaknya. Coba pas dulu lagi ngolshop tahu tentang ini, maybe mau gabung ke komunitas blibli seller

      Delete
  18. Salut banget sama Blibli.
    Jadi saling bertumbuh bersama untuk memajukan para pengusaha (online) yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, udah banyak yang sukses dan tumbuh serta maju bersama blibli

      Delete
  19. Halo Mba, salam kenal. Membaca artikel ini aku langsung kepikiran bahwa betul, blibli memang sangat memperhatikan betul efisiensi belanja utk consumen dan berjualan untuk penjualan. Kebetulan kantor tempat ku kerja menggunakan jasa e-commerce ini juga untuk membantu penjualan makanya sedikit tau:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mbak Eva. Iya, Mbak banyak kemudahan yang ditawarkan Blibli ini

      Delete
  20. Waah Ada banyak keunggulan berjumlah Di Blibli yaa. Aku sebagai seller tertarik berjumlah disana juga nih, semogaa omset makin besar

    ReplyDelete
  21. Blibli, merupakan salah satu e-commerce yang aku andalkan dalam berbelanja online mba:)

    Dan, akupun baru tahun ternyata kita bisa membuka toko pada aplikasi Blibli, lumayan membantu banget buat yang mau memulai berbisnis online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bisa gabung di komunitas seller blibli, Mbak. Udah banyak yang merasakan sukses bareng blibli

      Delete
  22. Berjualan di blibli mah bagus banget karena ini e-commerce yang sudah terkenal kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak fenni. Jualan di blibli banyak kemudahan dan keuntungannya

      Delete
  23. Hmm aku belum pernah kayaknya belanja atau jualan di Blibli ini. Tapi kayaknya banyak keuntungannya ya. Apalagi gratis ongkirnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya. Pembeli pasti suka dengan free ongkir

      Delete
  24. Keren ya Mbak, ada fasilitas foto dan upload gratis tuk seller ini, secara ya ambil foto dan upload juga tuh butuh waktu dan kemampuan khusus jg kan ya, biar fotonya terlihat cantik dan menarik pembeli tuk beli produk kita. Ditambah lagi bisa dipackingkan juga ya, widiihh keren banget deh ya, sangat memudahkan penjual nih. Jadi pengen buka toko di Blibli juga nih, hihihih *cari modal dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Blibli menawarkan banyak kemudahan buat seller.

      Delete
  25. Blibli emang kece-lah dibanding yang lain. Tapi belum kepikiran buat buka toko di situ. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang butuh pertimbangan ketika akan buka toko di marketplace. Harus diseriusin biar hasilnya juga maksimal

      Delete
  26. Kayaknya mudah ya mbak buka di bibli gini. Belum pernah buka toko gitu sih tpi kapan kapan harus wajib dicoba biar berpenghasioan di rumah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah, tinggal ikuti aja step by stepnya. Moga bisa berpenghasilan dari rumah, ya, Mbak

      Delete
  27. Proses jual belinya aman ya mbaa di Blibli.com. Jadi, no tepu-tepu ya kalau belanja olshop disini hehee

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar. Mohon tidak menyertakan link hidup. Terima kasih atas kunjungannya.

My Instagram