Kekecewaan dalam Hidup, Begini Cara Menghadapinya


Dalam hidup terkadang Kita merasa kecewa karena berbagai hal. Tidak semua hal yang Kita inginkan bisa didapatkan, karena kenyataan terkadang bertolak belakang dengan keinginan. Bagaimana cara menyukapi kekecewaan dalam hidup? Yuk, Kita cari jawabannya bersama.

Sikap atau respon positif yang dibutuhkan dalam menghadapi sesuatu, termasuk kekecewaan. Untukmu yang dirundung Kecewa, beginilah cara menyembuhkan luka hati, meski terkadang butuh waktu untuk menyembuhkan luka hati.

1. Menangislah jika dirasa bisa mengurangi bebanmu, tapi jangan terlalu lama menyimpan kesedihan

Kecewa karena hal yang Kamu inginkan ternyata tidak menjadi kenyataan membuatmu bersedih dan ingin menangis, maka menangislah. Jangan terlalu lama menyimpan kesedihan, lanjutkanlah hidupmu.

2. Istigfar dan memohon petunjuk-Nya

Adakalanya hal yang terjadi mungkin disebabkan oleh kekeliruan dan kesalahan diri sendiri. Daripada menyalahkan orang lain atas ketidakbahagianmu, lebih baik koreksi diri.

Mohon ampun pada-Nya, beristigfarlah dan lebih mendekatkan diri pada-Nya. Berdoa dan mintalah petunjuk dari-Nya, minta agar diberi kekuatan menjalani dan melanjutkan hidup.

3. Maafkanlah kesalahan orang lain

Kekecewaan yang Kamu peroleh karena orang lain, misalnya Kamu tidak mendapatkan hak yang harusnya Kamu peroleh, difitnah orang lain, ditikung oleh teman sendiri atau gagal menikah karena pasangan memilih orang lain perlu Kamu sikapi dengan hati yang lapang.

Meski terkadang hatimu merasa  sedih dan sakit, berusahalah membuka hati untuk memaafkan kesalahan orang lain. Memaafkan akan menyembuhkan luka hatimu, percayalah!


4. Move on dan teruslah melangkah

Kamu tak boleh menagisi kekecewaan dan kepedihan berlarut-larut. Mungkin akan butuh waktu lama buat Kamu untuk melanjutkan hidup. Teruslah melangkah, move on.

Kamu tak pernah tahu, mungkin Tuhan menyiapkan rencana lain yang lebih indah dibandingkan dengan rasa sakit yang Kamu alami sekarang ini.


5. Bersyukur atas segala hal yang terjadi dalam hidup

Poin terakhir adalah bersyukur atas segala sesuatu yang terjadi dalam hidup.
Boleh jadi Kamu menyukai sesuatu, padahal hal itu kurang baik untukmu. Sebaliknya bisa jadi hal yang tidak Kamu sukai adalah yang terbaik untukmu.

Bersyukurlah dan berbahagialah karena keduanya bisa Kamu upayakan. Tetap percaya bahwa Dia juga menyiapkan yang terbaik untukmu. Mungkin waktunya bukan sekarang, bisa jadi esok atau lusa.

Untukmu yang dirundung kecewa, ternyata kelima hal diatas bisa Kamu coba untuk menghadapi kekecewaan dalam hidup dan menyembuhkan luka hati. Bagaimana menurut Kamu?



Salam,




No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar. Mohon tidak menyertakan link hidup. Terima kasih atas kunjungannya.

My Instagram