Indonesia Website Awards

Cara Efektif Menghadiri Kuliah Online Biar Nggak Gampang Ngantuk

Cara efektif menghadiri kuliah online
Cara efektif menghadiri kuliah online,
via freepik dan canva


Menjalani kuliah online bagi seseorang yang terbiasa dengan pembelajaran tatap muka tentu saja terasa sangat membosankan. Perlu berbagai cara efektif saat menghadiri kuliah online biar nggak gampang ngantuk dan jenuh.


Saat kuliah online, berbagai halangan bisa saja terjadi contohnya masalah sinyal, kuota menipis, tidak fokus, kesulitan mengerjakan tugas kuliah, hingga kesulitan untuk berinteraksi dengan teman maupun dosen. Namun, berdasarkan dari pengalaman, sebenarnya asal kita memiliki tekad dan komitmen yang tinggi, sesulit apapun itu pasti akan ada jalan untuk melaluinya. 


Kuliah online sendiri sebenarnya adalah solusi bagi mereka yang terkendala kuliah reguler, baik itu karena jarak atau aktivitas pekerjaan. Namun, kuliah online harus dibarengi dengan tekad yang kuat agar bisa lulus dengan maksimal. 



Cara Efektif Menghadiri Kuliah Online


Cara efektif kuliah Online
Kuliah online,
via freepik dan canva

Bagi kamu yang mungkin masih ragu untuk kuliah online, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat jam kuliah online bisa lebih bersemangat. Inilah cara efektif menghadiri kuliah online, di antaranya : 


1. Atur tempat belajar senyaman mungkin

Salah satu kekurangan kuliah online adalah lingkungan yang kurang mendukung. Misalnya ketika kamu menghadiri kuliah online dari rumah maka besar kemungkinan kamu akan mendapat banyak distraksi mulai dari adik yang mengajak bermain, rebahan di kasur, scrolling media sosial, suara televisi yang keras atau bahkan dipanggil oleh orang tua. 


Distraksi tersebut memang nampak sepele, namun mampu mengganggu fokus bahkan mood khususnya ketika kuliah online berlangsung. Untuk meminimalisir hal tersebut, kamu bisa mulai dengan menyingkirkan barang-barang yang akan mengganggu fokus seperti televisi atau smartphone, kemudian beritahukan kepada anggota keluargamu terkait jadwal kuliah online. 


Menata kamar serapi mungkin dan tempatkan dirimu di posisi paling nyaman yang tidak membuatmu gampang mengantuk. 


2. Catat poin yang penting

Perlu dipahami jika interaksi yang dilakukan ketika kuliah online akan lebih sedikit dibandingkan dengan kuliah reguler. Untuk itu, agar kamu bisa tetap fokus dan tidak kehilangan penjelasan dosen, catatlah semua poin penting dalam materi yang sedang berlangsung. 


Catatan ini bisa digunakan ketika nantinya forum diskusi dibuka. Selain itu kamu juga bisa menjadikan catatan ini sebagai pengingat dan pengulang materi ketika menjelang ujian. 


3. Aktif dalam forum diskusi

Diskusi pada kelas online dilakukan dengan platform khusus, misalnya di BINUS ONLINE yang menggunakan BINUSMAYA dengan penerapan LMS sebagai tempat untuk diskusi dan berinteraksi antara mahasiswa dengan dosen secara online


Nah, agar kuliah online lebih efektif hindari hanya datang untuk absen saja. Kamu juga harus aktif diskusi agar materi yang sudah dijelaskan dosen bisa dipahami dengan baik. Jangan malu untuk bertanya karena ini akan merugikanmu sendiri. 


4. Membangun mood

Sebenarnya tak hanya berlaku untuk kuliah online, mood yang baik juga mempengaruhi keefektifan kuliah reguler. Mood yang baik mampu membuat perkuliahan jauh lebih menyenangkan dan lebih bersemangat. 


Nah, beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan mood antara lain mandi dan berdandan rapi selayaknya kuliah reguler, memastikan gadget yang digunakan dalam keadaan optimal (sinyal, baterai, kamera, dan sebagainya), siapkan cemilan untuk menemani belajar. Biasanya makanan kesukaan mampu meningkatkan mood lebih efektif. 


5. Jangan tunda pekerjaan

Salah satu cara efektif kuliah online adalah tidak pernah menunda pekerjaan. Memang rebahan itu sangat nikmat, apalagi disambi dengan scrolling feed IG. Namun berdasarkan dari pengalaman, kebiasaan ini mampu membuat kita mengulur banyak hal. Khususnya tugas. Alih-alih tugas bisa selesai dalam 1 jam, namun akibat rebahan membuat tugas molor hingga berjam-jam atau bahkan berhari-hari.


Sebenarnya tak hanya disebabkan karena rebahan, banyak hal lain yang membuat kita seringkali mengulur menyelesaikan tugas. Bisa jadi karena urusan pekerjaan sehingga tugas pun tertunda. Jika hal ini adalah masalahnya, kamu bisa membuat list dan menerapkan mana yang paling prioritas. 


Dengan begitu penyelesaian tugas bisa jadi lebih tertata. Ingat, pengumpulan tugas kuliah online tidak sama dengan kuliah reguler. Jika ada keterlambatan barang beberapa menit saja bisa jadi nilaimu akan berkurang drastis.


6. Buatlah reminder jadwal perkuliahan

Kuliah online bisa dilakukan dimanapun. Oleh karena itu, terkadang bisa saja kita lupa. Apalagi jika jadwal tersebut adalah jadwal pengganti. 


Bayangkan saja jika kamu baru teringat ada kuliah 15 menit sebelum mulai padahal sama sekali belum ada persiapan. Jika hal ini terjadi mood tentu akan sangat terpengaruh dan membuat materi jadi sulit dipahami.


Untuk mengantisipasi hal ini kamu bisa buat reminder jadwal perkuliahan. Berbagai cara di atas adalah beberapa hal yang bisa dilakukan agar jam perkuliahan online bisa lebih efektif. Jika kamu masih belum menentukan dimana tempat untuk kuliah, BINUS ONLINE bisa jadi solusi terbaik. 


Binus University Online
Binus Online,
via onlinelearning.binus.ac.id 


BINUS memiliki program perkuliahan online yang kualitasnya sudah tidak perlu diragukan. Selain itu BINUS ONLINE juga memiliki jadwal yang fleksibel sehingga akan sangat membantu bagi kamu yang juga bekerja. 


Itulah berbagai cara efektif menghadiri kuliah online biar nggak gampang ngantuk. Pastikan memilih tempat perkuliahan online yang tepat. Mau kuliah online? BINUS ONLINE, aja!



Salam,






32 comments

  1. Aku gak kuliah online, tapi kan kadang ikut zoom gitu ya. Pernah yang bener-bener ngantuk banget. Kalau tempatnya terlalu nyaman, malah ketiduran, ckckck. Jadi biasanya kucari tempat yang gak bisa nyender. Oh jangan lupa cukup istirahat juga sih

    ReplyDelete
  2. Mengatur tempat belajar tuh penting banget, karena belajar dengan cara nyaman itu akan lebih menyenangkan loh. Ini keren deh Binus punya program kuliah online, jadi memudahkam juga untuk yang pengin kuliah lagi.

    ReplyDelete
  3. Tipsnya bagus, benerrr deh kalau kuliah online butuh setting tempat yg nyaman dan kayaknya aku kangen bcanda di kelas 😁
    Binus online solusi buat yg mau kuliah tapi fleksibel ya waktunya..yg kerja bisa disambi kuliah

    ReplyDelete
  4. Ternyata setiap metode belajar apalagi di jenjang mahasiswa suka adaaa aja tantangannya yaa..
    Belajar online pastinya lebih efisien dari segi biaya dan waktu. Tapi tantangannya adalah lelah dan bosan sehingga mudah mengantuk. Semoga dengan lebih banyak membaca materi, mencatat dan me-review kembali, belajar di BINUS online menjadi proses yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  5. Zaman now kuliah online makin marak ya. Ada ujian online, wisuda online dan masih banyak lagi. Kuliah online itu ya biasanya anakku di kamar sendirian. Cari posisi yang pewe, enak dan nyaman. Penerangan yang cukup, bawa camilan. Ya tergantung on cam atau nggak hehehe. Bagus nih Binus kuliah online-nya dengan metode dan proses yang baik, mahasiswa jadi lebih paham materi pembelajarannya.

    ReplyDelete
  6. Baru tahu kalau BINUS sekarang bisa Online juga kuliahnya. Mantap euy,. Ya dipikir selama ini BINUS harus tatap muka secara langsung..

    ReplyDelete
  7. Nomor satu kyknya yang jangan sampai tunda mengerjakan tugas2 tu bener banget karena kuliah online butuh kedisplinan diri untuk mengatur waktu.
    Trus kalau bisa emang aktif dalam forum diskusi sehingga gak bosan kalau seolagh2 belajar sendiri.
    Binus online menawarkan sistem kuliah yang menarik dengan fleksibilitas waktu yaa.

    ReplyDelete
  8. Setuju nih mak, sama tips jitu ketika menghadapi kuliah online biar bisa fokus dan ga gampang ngantuk. Cari tempat yg nyaman, klo bisa yg deket sama toilet dan tempet minum, hehe.

    ReplyDelete
  9. Bener ini, kuliah online tantangannya mager karena sikon kadang gak mendukung, jadi harus bener-bener bisa menyiapkan cara yang efektif ya biar semangat dan lancar

    ReplyDelete
  10. Nah ini artikel yg bermanfaat. Mengingat sekarang banyak kuliah dan webinar online. Ilmunya bagus2 sayang kalau ga diambil tapi godaan kuliah online itu adalah mengantuk dan kediatrak ini itu

    ReplyDelete
  11. wah terima kasih untuk tipsnya, sangat berguna bagi siapapun yang ingin melakukan kuliah onlilne

    ReplyDelete
  12. Godaan mahasiswa ya mbak, apalagi online.
    Kalo ngga ngantuk ya mager.
    Mandi jadi salah satu faktor penentu juga tuh. Sebelum mulai, mandi dulu biar segeran dan sedia minuman seger juga hehhee

    ReplyDelete
  13. Salah satu dampak positif pandemi covid adalah masyarakat jadi terbiasa dengan sekolah atau kuliah online. Di awal penyelenggaraan sekolah/kuliah online, saya sempat berpikir ... Metode ini efektif gak ya? mengingat mahasiswa suka hilang fokus kalau tidak direct eye contact. Tapi ternyata dugaan saya salah... Banyak kok yang sukses di kuliah online. Kesempatan ini dengan smart ditangkap oleh BINUS yang memang sudah kuat brandingnya sebagai salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia.

    ReplyDelete
  14. Yang penting juga adalah dosennya jangan membosankan hahaha. Karena belajar on-line tanpa interaksi efektif langsung dan melekat memang sering mengundang rasa kantuk yang luar biasa. Jadi dosen atau pengajar pun harus pintar2 membangun jalur komunikasi yang efektif dan efisien. Kalo dah gitu sih biasanya murid akan betah. BTW kalo saya lagi mengajar sih biasanya menganjurkan murid2 tidak dalam kondisi kekenyangan dan boleh sembari ngopi.

    ReplyDelete
  15. Belajar secara online itu sebenarnya asik, cuma memang harus diatur tempatnya yang akan membuat kita tetap semangat selama mengikuti pelajaran.

    ReplyDelete
  16. baru tahu kalo BINUS punya Binus online
    Daftar ah, otw ke webnya
    Karena pengen banget ambil S2 untuk menerapkan hadis:
    Tuntutlah ilmu mulai sejak buaian hingga ke liang lahat” (H.R. Ibn. Abd. Bar) (Jami' Bayan al-ilmi wa Fadhlihi: 25).

    ReplyDelete
  17. Akhirnya dapat tipsnya. Sering banget ikut kegiatan yang online tapi ketiduran. Denger materi itu kayak dibacain dongeng. Terima kasih ya mbak

    ReplyDelete
  18. Kuliah online sangat tergantung pada kedisiplinan diri banget ya, kalau tugasnya segera diselesaikan, dan kemudian ikuti tips di atas saat mengikuti perkuliahan, dijamin semua materi bakal nyantol. BINUS ada kuliah online-ya juga, mantap banget.

    ReplyDelete
  19. Setuju nih kuliah online tuh butuh disiplin waktu ya , terus harus cepat mengerjakan tugas biar cepat di submit karena kan kadang ada batas waktu nya

    ReplyDelete
  20. Pengalaman anakku, kalau kuliah online itu masalah paling bikin emosi adalah kalau sinyal internet mendadak lemot di tengah-tengah perkuliahan. Makanya jadi sedia kuota dari dua provider kalau ada kelas online biar lancar jaya, atau sekalian mlipir ke coffee shop yang wifi-nya kenceng.

    ReplyDelete
  21. kuliah tatap muka aja kita pakai persiapan yang luar biasa kan, apalagi ini secara online, sehingga memang perlu matang persiapannya, biar belajar makin nyaman

    ReplyDelete
  22. Kuliah di Binus ini banyak keunggulannya salah satunya bisa dilaksanakan secara online. Apalagi pas pandemi kemarin ya mbak, banyak calon mahasiswa mencari kampus seperti Binus ini.

    ReplyDelete
  23. Pastikan juga kalau mau mulai kelas kuliah online buat sedia kopi atau camilan yang bisa menghalau rasa kantuk kita. Tapi yang paling penting, istirahat cukup sebelum kelas mulai.

    Btw, Binus Online ada jurusan apa saja nih, Kak?

    ReplyDelete
  24. BINUS online menyediakan kelas online sehingga semakin nyaman sekolahnya.
    Jadi penasaran sama jurusan-jurusannya apa aja dan apakah ada strata 2-nya?

    ReplyDelete
  25. Betul sekali, Mba. Kuliah online itu fleksibel tapi memang tantangannya harus dikalahkan dan jangan lupa siapkan kopi :-D

    ReplyDelete
  26. Meski bukan lagi mahasiswa, tapi aku masih suka ikut kuliah webinar online. Jadi tips ini kepake banget sih. Aku suka ngantuk dan bosen kalau kuliah online tuh.

    ReplyDelete
  27. Membangun mood sangat penting saat kuliah online, bayangkan kita berasa sendirian walau ada teman-teman online, duh bosannya double. Kuliah ketemu di kampus aja kadang bosen ya.

    ReplyDelete
  28. Ngantukan saat kuliah online kayaknya jadi tantangan terberat ya bagi mahasiswa sekarang. dulu aja pas di kelas ngantukan, padahal dosennya udah di depan mata. dan masih aja matanya gak bisa diajak kerjasama. Apalagi kuliah online yang hanya duduk dengan suasana santai. Berpartisipasi aktif jadi salah satu solusi banget nih bagi yang ngantukan :)

    ReplyDelete
  29. kuliah online memang punya tantangan tersendiri, terlalu nyaman malah bawaan jadi ngantuk solusinya sebisa mungkin dengan mencatat pelajaran

    ReplyDelete
  30. kalau aku untuk menghindari ngantuk biasakan sebelum kuliah cuci muka atau mandi terlebih dahulu dan biasakan mencatat materi

    ReplyDelete
  31. sebenarnya kelas online itu cocok banget buat aku yang punya 3 balita,tapi kadang karena beberapa kelas online fleksibel materinya bisa diulang,aku terlalu terlena menumpuk materi 😅

    ReplyDelete
  32. Jujur aku lebih mudah menyerap saat kuliat or belajar offline, entah knapa, mungkin karena lebih ada feelnya yah :) but jaman sekarang kuliah online lebih praktis

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.