7 Peluang Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Bisnis rumahan yang menjanjikan
Bisnis rumahan yang menjanjikan,
via dokumentasi pribadi dan canva


Menjadi ibu rumah tangga adalah pilihan. Memilih mengurus anak di rumah sambil menemani kesehariannya. Meski ada di rumah,  peluang bisnis rumahan yang menjanjikan bisa dicoba oleh para ibu rumah tangga yang ingin memiliki tambahan penghasilan. 


Ternyata menjadi ibu rumah tangga tidaklah mudah, meski pun saya senang bisa menghabiskan waktu dan menemani perkembangan anak. Namun, perempuan masih bisa berkarya dan berdaya meski diam di rumah, salah satu caranya dengan menekuni hobi atau mencoba bisnis ibu rumah tangga.


Oleh karena itu, saya terus mencari peluang dengan mencoba bisnis rumahan, dimulai dengan bisnis rumahan modal kecil . Ada berbagai bisnis rumahan yang menjanjikan dan jadi rekomendasi  bisnis ibu rumah tangga. 


Setelah menikah dan memiliki anak, dulu saya pernah mencoba peluang bisnis rumahan, seperti berjualan berbagai macam produk fashion, dari mulai daster, mukena, batik, dan baju anak. Pernah juga mencoba berjualan aneka makanan. Dulu pertimbangan memilih ide bisnis rumahan adalah sesuai minat dan keterampilan serta sesuai dengan modal yang dimiliki.

 


Tips Memulai Bisnis Rumahan bagi IRT


Berbisnis bagi ibu rumah tangga adalah peluang yang bisa diusahakan. Memulai bisnis rumahan jadi hal yang positif bagi Ibu rumah tangga. Di tengah kesibukannya mengurus anak dan keluarga, seorang perempuan bisa berdaya dan mendapatkan penghasilan sendiri. Untuk memulai bisnis rumahan, ada beberapa tips bisnis yang perlu diperhatikan, di antaranya :


🌷Menentukan minat dan keterampilan

Bagi saya, untuk mengetahui bahwa bisnis ibu rumah tangga itu cocok atau tidaknya, tergantung minat dan keterampilan dari IRT itu sendiri. 


Buat yang suka masak dan punya keterampilan memasak atau baking bisa mencoba peruntungan di bidang kuliner. Ada banyak ide bisnis rumahan yang rekomended atau bisnis rumahan yang menjanjikan seperti membuka katering atau berjualan jajanan atau makanan kekinian yang menjadi kegemaran anak-anak.


Berhubung dulu saat berjualan usia anak saya masih kecil, saya coba berjualan produk fashion. Berjualan daster, batik, mukena dan lainnya.


🌷Bisa membagi waktu dengan baik

Managemen waktu bagi IRT yang berbisnis sangatlah penting agar bisnis rumahan berjalan lancar. Bisa disiasati dengan membuat jadwal kegiatan harian. Jangan sampai tugas utama sebagai ibu rumah tangga terbengkalai karena sibuk berbisnis. 


🌷Konsisten

Berjualan pun butuh konsisten agar bisnis rumahan bisa tetap bertahan dan menjadi sumber penghasilan. Tentukan target penjualan agar lebih bersemangat memulai usaha. Jangan lupa untuk selalu berpikiran positif dan evaluasi jika hasil belum sesuai harapan. 


🌷Pengelolaan keuangan dalam berbisnis

Pengelolaan keuangan menjadi hal yang penting dalam berbisnis. Perlu ada managemen keuangan yang baik. Pisahkan antara keuangan pribadi dengan bisnis. Selain itu, faktor modal ketika memulai berbisnis pun perlu diperhitungkan. Kalian bisa memilih bisnis rumahan modal kecil yang bisa menghasilkan keuntungan yang besar.


🌷Menerapkan strategi penjualan yang tepat misalnya dengan promosi secara online 

Salah satu hal yang penting dalam berbisnis adalah menerapkan strategi penjualan yang tepat. Tak hanya berjualan secara offline, untuk meluaskan jangkauan pun perlu dilakuan promosi secara online contohnya berjualan di situs eCommerce Lazada.



7 peluang ide bisnis rumahan yang cocok untuk IRT


ide bisnis rumahan ibu rumah tangga
Bisnis ibu rumah tangga berjualan makanan anak,
via dokumentasi pribadi 


Saya sempat bingung mencari ide bisnis rumahan ketika dulu memutuskan untuk memulai bisnis rumahan yang menghasilkan cuan. Pertama kali mencoba bisnis rumahan, jujur dulu coba- coba aja. Di sela aktivitas mengurus anak yang saat itu belum genap setahun, saya jualan daster dan batik Pekalongan. Saat itu memang saya sempat tinggal di Semarang dan mencoba peruntungan dengan berjualan secara online.


Awal memulai bisnis rumahan, saya menjual daster khas Pekalongan, batik, dan mukena. Sempat juga berjualan piyama, tunik dan baju anak. Dengan menjalani berbagai kegiatan, saya harus bisa membagi waktu antara pekerjaan rumah, tugas seorang ibu rumah tangga, mengurus anak, dan menekuni passion menulis.


Bisnis rumahan modal kecil
Bisnis rumahan produk fashion,
via dokumentasi pribadi
 


Sebenarnya peluang itu kita bisa ciptakan sendiri. Bisa mulai berjualan produk makanan, fashion atau jualan lainnya. Dengan kerja keras dan konsisten, mudah-mudahan bisnis yang dijalankan bisa berjalan lancar.  Makanya, yuk, cobain peluang bisnis rumahan yang cocok bagi ibu rumah tangga, seperti di bawah ini!

 

1. Menjadi Blogger, Freelance writer atau Content Creator

Poin penting ketika memulai untuk berbisnis adalah sesuai dengan minat dan keterampilan. Berhubung saya sukanya menulis, jadi pekerjaan yang cocok bagi IRT seperti saya adalah menjadi penulis. Awalnya saya pernah memiliki keinginan menjadi penulis novel, tetapi ternyata saya lebih cocok nulis artikel atau menjadi blogger.


Selain menjadi blogger atau freelance writer, saat ini content creator pun menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan. Pekerjaan tadi bisa dikerjakan dari rumah dan untuk waktunya pun bisa lebih fleksibel.


2. Membuka Katering

Buat yang punya skill memasak, membuka catering adalah pilihan yang tepat untuk berbisnis. Bisnis rumahan di bidang kuliner cukup menjanjikan. Untuk mengembangkan usaha kuliner yang lebih besar misalnya membuka restoran, tidak ada salahnya memulai bisnis dari rumah dengan membuka katering. Jika sudah mendapat banyak kepercayaan dari masyarakat karena rasa makanan yang enak, bisnis katering ini menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan.

 

3. Berjualan jajanan favorit anak

Berjualan jajanan favorit anak menjadi bisnis rumahan dengan modal kecil yang cukup menjanjikan. Biasanya anak-anak senang jajan makanan yang tergolong murah meriah. Beberapa ide bisnis makanan favorit anak yang bisa dicoba di antaranya  berjualan donat mini burger, jasuke, es pisang coklat, pizza mini dan lainnya.


Dulu bersama pasangan sempat mencoba berjualan makanan seperti  donat dan zupa-zupa. Hanya saja akhirnya beralih ke jualan Sate Taichan. Namanya juga berikhtiar mencari tambahan penghasilan, jadi kami mencoba berjualan berbagai jenis makanan.


4. Membuka usaha laundry

Usaha laundry merupakan salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan yang dijalankan oleh ibu rumah tangga. Terkadang urusan mencuci baju ini tidak sempat dilakukan karena banyaknya pekerjaan lain yang lebih prioritas, terlebih bagi ibu yang memiliki banyak anak kecil atau ibu bekerja. Laundry bisa jadi pilihan untuk meringankan pekerjaan di rumah, terutama bagi yang tidak punya asisten di rumah.

 

5. Bisnis frozen food

Salah satu bisnis ibu rumah tangga lainnya adalah bisnis frozen food atau makanan beku. Berjualan frozen food bisa jadi ide bisnis kuliner yang cukup banyak peminatnya. Biasanya saya juga menyetok frozen food buat persediaan di rumah. Kadang saya siapkan makanan cepat saji kalau anak mau masuk sekolah pagi dan nggak cukup watu buat memasak. Jadi, bisnis frozen food bisa jadi salah satu rekomedasi ide bisnis rumahan bagi para ibu rumah tangga.

 

6. Bisnis tanaman hias

Bisnis tanaman hias menjadi salah satu rekomendasi bisnis rumahan ibu rumah tangga. Tanaman hias cukup populer untuk mempercantik rumah. Buat yang suka berkebun atau suka tanaman, biasanya akan tertarik dengan tanaman. Bisnis tanaman hias bisa jadi peluang bisnis rumahan yang menjanjikan.

 

7. Dropshipper produk fashion

Salah satu bisnis rumahan modal kecil yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga adalah menjadi dropshipper produk fashion. Menjadi dropshiper tidak perlu modal banyak untuk membeli barang, karena jika ada pembeli yang mau memesan produk, barang akan dikirimkan dari supplier. Saya pun sempat beberapa tahun menjadi dropshiper baju daster, mukena, dan batik Pekalongan.


Sayangnya dulu saya belum mengenal berjualan di marketplace atau situs eCommerce Lazada yang menjadi  platform eCommerce nomor 1 di Indonesia. Padahal cara berjualan di Lazada itu cukup praktis dan mudah. Yuk, jualan online di Lazada, dan raih peluang bisnis rumahan yang menjanjikan!

 


Raih peluang bisnis rumahan yang menjanjikan dengan jualan online di Lazada


Yuk Jualan Online di Lazada
Yuk, jualan online di Lazada
via dokumentasi pribadi dan canva
 

Dulu ketika saya berjualan online, belum mengenal marketplace atau platform seperti Lazada yang membuka peluang memperkenalkan seller dengan jaringan yang luas. Lazada merupakan situs eCommerce Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet sejak tahun 2012 dan dimiliki oleh Alibaba Group


Kehadiran platform eCommerce ini memudahkan pelaku usaha kecil dan menengah untuk membuka usaha dan merambah pasar online. Bahkan untuk bisnis rumahan modal kecil pun bisa berbisnis melalui Lazada yang memiliki komitmen untuk mendukung perkembangan bisnis lokal di Indonesia.


Berjualan online di Lazada memiliki berbagai keuntungan bagi para seller di antaranya :

🌷Proses pendaftaran yang praktis dan mudah,

🌷Gratis 0% biaya biaya komisi seller baru

🌷Gratis biaya promosi ongkir,

🌷Gratis komisi produk terjual saat live streaming

🌷Gratis voucher senilai 300 ribu rupiah untuk memasang iklan promosi produk,

🌷 Mendapatkan dukungan komunitas seller Lazada 

🌷Bisa belajar bisnis melalui portal Lazada University.  

 

Bagaimana cara jualan online di Lazada?


cara mencari ide bisnis rumahan
Yuk cari ide bisnis rumahan di Lazada,
via dokumentasi pribadi

Untuk bisa berjulan online di Lazada, ternyata caranya cukup mudah dan praktis. Langkah awalnya yaitu dengan menjadi seller di Lazada. Ikuti cara jualan di Lazada dengan beberapa langkah di bawah ini!


🌷Masuk ke website Lazada di https://www.yukjualanonline.com/. Klik di bagian kanan atas "Mulai Berjualan,"

🌷Daftar menjadi seller Lazada dengan cara memasukkan nomor handphone, lalu pilih kirim OTP melalui WhatsApp atau SMS

🌷Masukkan kode OTP tersebut yang sudah dikirim via WhatsApp atau SMS

🌷Masukkan alamat email 

🌷Upload foto KTP dan isi data pada bagian informasi ID

🌷Isi data bank sesuai nama pemilik pada identitas diri pada tabungan 

🌷Unggah foto atau video produk lalu cantumkan nama dan spesifikasi produk.


Inspirasi bisnis dari situs Yuk Jualan Online Lazada

Situs Yuk Jualan Online Lazada memberikan inspirasi untuk mengembangkan bisnis. Setelah membaca situs Yuk Jualan Online, kita bisa mendapatkan banyak manfaat, di antaranya:


🌷Melalui wawasan seller, kita bisa belajar tentang cara dan tips berjualan online, seperti tips untuk promosi produk agar makin laris, promosi penjualan dengan live streaming, atau cara meningkatkan Brand Awarness.

🌷Buat yang mencari ide jualan atau tren bisnis bisa mencari referensi di situs Yuk Jualan Online 

🌷Ada juga cerita seller yang bisa dijadikan inspirasi dalam berbisnis. Kita bisa belajar dari kisah sukses pebisnis lain di Lazada. 

🌷Mendapatkan dukungan  atau support dari komunitas seller Lazada. 

🌷Belajar tentang bisnis dengan memanfaatkan fitur Lazada University


Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti kehilangan kesempatan untuk maju. Mari mengupgrade diri dengan memaksimalkan potensi atau kemampuan diri. 


Peluang itu selalu ada untuk para IRT, tinggal lebih jeli untuk memulai dan menjalankan bisnis dari rumah. Yuk, jualan online di Lazada dan raih peluang bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menjanjikan.


Salam,








·    

·    

·

·        

·      


·         

·        

·      











 

 


28 comments

  1. Selain jualan online bisnis laundry juga bisa menjadi pilihan bisnis para ibu rumah tangga ya mbak. Temenku ada yg sukses jg dari bisnis laundry.

    Waaah ternyata jadi seller Lazada caranya mudah ya mbak. Bisa dicoba ibu rumah tangga yang mau jualan online nih

    ReplyDelete
  2. Setuju, peluang bisnis rumahan bagi ibu rumah tangga terbuka lebar, dan bukan berarti memilih jadi IRT menghalangi diri untuk maju. Salah satunya IRT bisa menjadi penjual online, di Lazada misalnya yang mudah dan terbuka kesempatan berkembang ke depannya

    ReplyDelete
  3. Wah, senangnya di zaman now ibu rumah tangga bisa produktif dan kreatif dengan berjualan online. Asyiknya di Lazada ini ada grup yang saling berbagi tipsd an info supaya dagangan laris manis tanjung kimpul ya mbak. Ternyata mudah juga langkah2nya, join aja dulu. Jika modal masih minim bisa jadi dropshipper juga kan. Mantap!

    ReplyDelete
  4. Duh, bisnis di atas hampir semua pernah aku coba, termasuk jual tanaman hias ketika pandemi kemarin, lumayan banget karena lagi booming dan juga jualan makan frozen, karena pas covid kan kegiatan blogger agak sepi ya, jadi aku coba merambah itu. Bagus prospeknya, tapi sekarang udah ga karena ga kepegang lagi

    ReplyDelete
  5. Kebeneran banget nih, mbak. Lagi cari-cari ide buat punya usaha sampingan lagi dari rumah. Biar bisa punya penghasilan tambahan tanpa harus ninggalin atau nitipin anak.
    Kayaknya frozen food oke juga ya. Hanya perlu nyetok di rumah lalu bisa djual lagi deh.
    Bisa pakai Lazada juga biar nggak terlalu repot masarinnya.

    ReplyDelete
  6. Ada banyak ya mbak pilihan usaha untuk dijalankan dari rumah tinggal kitanya memilih mau usaha apa yang sesuai dengan minat dan juga besarnya peluang usaha tersebut

    ReplyDelete
  7. Aku dulu berjualan online juga mbak tapi belum pernah jualan di Lazada. Kyknya kok menarik, ya dan keliatan mudah jualan di platform ini.
    Jadi kangen deh jualan online lagi, apalagi bagian mbungkusin paket dan kirim2 seneng banget rasanya kalau lagi laku keras :D

    ReplyDelete
  8. Iya kudu pinter cari peluang yaa buat IRT. Saya paling suka yang berbau food kalau mau bisnis. Dan butuh ecommerce buat wadahnya jangan hanya online saja ya.

    ReplyDelete
  9. Salah satu cara untuk ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan ya mak, dengan memulai bisnis dari rumah. Apalagi sekarang memang orang lebih senang belanja secara online ya.

    ReplyDelete
  10. Kadang pingiin banget punya usaha rumahan yang bisa dikelola sembari mengerjakan pekerjaan utama. Tapi saat ini baru nulis aja uda kerasa capek. Hihihi.. Padahal pingin banget punya toko kelontong atau usaha laundry.

    ReplyDelete
  11. Dulu di daerahku sempat ramai usaha laundry. Bukan langsung sih, tapi cabang. Terus ada yang nawarin jasa setrika aja. Apa pun itu, sebenarnya banyak yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan cuan

    ReplyDelete
  12. Bisnis tanaman ini pernah booming yaitu waktu covid melanda, tapi bagi pencinta tanaman masih butuh sih. Kalau soal bisnis rumahan , saya tuh ingin sekali bisnis fashion dan jualannya secara online kayak di Lazada ini.

    ReplyDelete
  13. Usaha rumahan akan cuan banget klo dikelola secara serius ya mbak
    Apalagi klo bergabung dengan Lazada

    ReplyDelete
  14. Bisnis tanaman hias ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Mengingat tanaman hias banyak dicari orang. Selain untuk menghiasi halaman rumah, juga bisa untuk kesejukkan.

    Bisa bangrt ya, bisbis tanaman hias pun dijual secara online biar mudah lemasarannya.

    ReplyDelete
  15. Memang bisnis prozzen food sangat menguntungkan bagi ibu rumah tangga ya selain untuk menambah penghasilan juga untuk kebutuhan gizi keluarga

    ReplyDelete
  16. Makanya saya tuh suka heran kalau ada ibu rumah tangga (baru) yang bilang bosen jadi ibu rumah tangga... Kok saya enggak sempat bosen ya... 3 bulan setelah resign dan melahirkan, langsung tertarik untuk jualan cloth diaper, hihihi...

    ReplyDelete
  17. saya hobi bikin kue, jadi pernah merintis usaha kuliner dan dikerjakan dari rumah sendiri. Penting banget untuk mempelajari ilmu sebelum berbisnis.

    ReplyDelete
  18. Apapun bisnisnya sekarang lebih baik melakukan pemasaran nya melalui online ya. Jaman udah serba digital, digital marketing pun harus kita pelajari supaya tidak tertinggal.
    Adanya Lazada bisa jadi batu loncatan tuh untuk para pebisnis dan UMKM sehingga bisa meningkatkan penjualan

    ReplyDelete
  19. Berat memang tantangan hidup sekarang ya Li. Apalagi dengan tingkat kebutuhan yang semakin naik. Terutama untuk anak sekolah dan kebutuhan primer lainnya. Jadi memang wanita jaman now tuh harus tetap kreatif menjalankan fungsinya. Baik ingin tepat bekerja di rumah, maupun harus mencari nafkah di luar rumah. Dan itu adalah pilihan yang gak gampang.

    Jika mengambil keputusan untuk tetap di rumah tapi menghasilkan, pilihan berjualan on-line atau memilih profesi yang tidak menuntut untuk kita selalu keluar rumah, adalah hal yang tepat. Tentu saja dengan memenuhi beberapa persyaratan di atas.

    ReplyDelete
  20. Banyak pilihan ya sebetulnya untuk bisnis rumahan. Pokoknya kerjakan saja yang paling disukai dan dikuasai. Kalau belum yakin bisa mulai dari dropshipper atau reseller ya...
    Pengen belajar dulu ah di Lazada, supaya engga salah langkah...

    ReplyDelete
  21. Ibu rumah tangga harus tetap produktif, menarik nih untuk dicoba berjualan online di Lazada.
    Sepertinya harus mulai dari yang disukai dulu agar enjoy melakoninya. Siip, makasih idenya kak, di tempatku lagi laku frozen homemade nih.

    ReplyDelete
  22. Saya terkadang masih suka keteteran urusan membagi waktu. Padahal tadinya dipikir kalau udah gak ada anak kecil bisa lebih leluasa waktunya. Ternyata masih juga acak=acak waktunya hehehe. Kalau udah niat jualan memang harus mulai disiplin dan konsisten, ya.

    ReplyDelete
  23. aku banget semenjak resign saat punya anak rasanya kesepian akhirnya cari ide buat bisnis rumahan.

    memang gak cukup ya kak klo cuma toko offline, toko online bisa menjangkau pasar lebih luas

    ReplyDelete
  24. wah bagus nih ide2nya. Cocok untuk para ibu atau perempuan yang memilih untuk bekerja dari rumah. Modalnya juga ga begitu besar ya mak

    ReplyDelete
  25. Peluang bisnis rumahan memang terbuka lebar. Dibutuhkan keseriusan dan ketekunan dan di sini Lazada bisa jadi jalan merealisasikannya. Apalagi jualan online di Lazada mudah dan menguntungkan

    ReplyDelete
  26. Ternyata ada banyak pilihan untuk menghasilkan uang dari rumah ya mba. Menjadi seller Lazada juga bisa jadi pilihan tepat untuk memulai usaha dari rumah, apalagi untuk para ibu rumah tangga

    ReplyDelete
  27. ternyata banyak bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga ya?
    asal mau tekun dan pantang menyerah
    serta bergabung dengan Lazada yang gak hanya menyediakan platform, juga strategi berjualan
    Maka dipastikan sukses deh

    ReplyDelete
  28. Jualan Online itu selain buat nambah penghasilan juga buat mengisi waktu dengan hal berguna ya. Daripada scrolling hp nggak ada tujuan, mending sekalian jualan.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.