Indonesia Website Awards

Menjaga Performa Tetap Stabil, Cek 8 Hal ini saat Service Motor

Menjaga performa dengan Service Motor,
via instagram.com/@planetban dan canva

Motor sudah menjadi teman setia bagi saya, motor matic pertama saya sudah menemani saat masih kuliah, kerja dan sekarang buat anter jemput anak sekolah. Nah, untuk menjaga performa motor tetap stabil seperti mesin baru, jangan lupa cek berbagai komponen ketika service motor. 


Perawatan motor perlu dilakukan secara rutin atau berkala jika ingin kondisinya baik. Service motor menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan oleh pemiliknya jika ingin kodisi motor tetap  awet dan performanya prima. Motor yang sering digunakan biasanya akan membuat kondisinya menurun sehingga perlu dilakukan service secara berkala agar  performa tetap terjaga.


Inilah 8 Komponen yang Perlu dicek saat Service Motor


Service motor perlu dilakukan secara berkala. Hal ini bertujuan untuk mengecek kondisi motor secara rutin ketika motor telah mencapai jarak tempuh tertentu. Ada berbagai hal atau komponen yang perlu dicek ketika service motor, di antaranya :


1. Oli Mesin

Oli mesin menjadi salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan ketika melakukan perawatan motor. Oli mesin memiliki fungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin, sehingga oli mesin perlu diganti secara rutin setiap jarak tempuh tertentu. 

 

Mengganti oli motor matic harus secara berkala dilakukan. Saya mempercayakan perawatan motor pada bengkel servis motor terbaik, Planet Ban karena kualitasnya bagus dan pelayanannya juga memuaskan.


Rata-rata pabrikan merekomendasikan jarak 2500 Km untuk mengganti oli mesin. Biaya yang perlu dibayar ketika mengganti oli mesin biasanya tergantung merk oli dan biaya jasa penggantian oli mesin.


Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.


Oli mesin di Planet Ban,
via planetban.com


2. Oli Gardan

Bagi pengguna motor matic,harus rutin mengganti oli gardan, karena oli jenis ini berfungsi sebagai pelumas gear pada Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu untuk mengganti oli gardan ini memakai rumus 2x ganti oli mesin, lalu dibarengi 1x mengganti oli gardan secara bersamaan.


3. Busi

Saya pernah mengalami motor sulit untuk dinyalakan ketika motor distarter, setelah dicek ke bengkel ternyata businya perlu diganti. Busi ini merupakan bagian motor yang berfungsi mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api agar mesin dapat menyala. Jika busi tidak berfungsi dengan baik dehingga motor sulit dinyalakan, maka busi perlu diganti dengan yang baru.


4. Kampas Rem

Sistem pengereman menjadi salah satu bagian penting yang perlu diperhatikan karena berkaitan dengan keamanan dan keselamatan saat berkendara. Kampas rem harus selalu dicek saat service motor karena jika kampas rem sudah tipis, kondisi rem menjadi kurang pakem dan bias saja mengakibatkan kecelakaan. Inilah alasan pentingnya mengecek kondisi kampas rem.


5. Filter Udara

Filter udara adalah salah satu bagian yang juga perlu dicek saat service. Biasanya mekanik akan melakukan pemeriksaan lebih dulu untuk mengecek apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti. Filter udara berfungsi sebagai penyaring udara yang akan masuk ke dalam ruang pembakaran agar tidak ada kotoran yang masuk ke sana sehingga bisa menyumbat sistem injeksi dan karburator.


6. Accu atau Aki

Kondisi accu atau aki juga perlu dicek saat service motor. Aki motor yang normal memiliki tegangan antara 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati,  sedangkan saat mesin menyala, tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. 


Untuk mengukur tegangan aki menggunakan alat Multitester. Ketika service perlu dipastikan kondisi fisiknya masih baik yaitu dengan memastikan bagian terminal bebas karat dan tidak ada kebocoran. Kondisi aki perlu segera diganti jika kondisinya sudah tidak layak supaya bisa berkendara dengan nyaman.


Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. 


Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.


 7. Ban

Penggantian Ban
Mengganti Ban di Planet Ban,
via instagram.com/@planetban

Pemeriksaan ban menjadi hal yang penting untuk dilakukan secara rutin. Ketika melakukan service motor, perlu dilakukan pemeriksaan tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan dan lainnya. Sebaiknya periksa kondisi ban terlebih dahulu ketika akan menggunakan ban.


8. Tune Up motor secara rutin

Tune up motor rutin merupakan servis secara berkala yang terdiri dari pemeriksaan seluruh komponen yang berhubungan dengan performa motor. Pemeriksaan ini meliputi tekanan ban, kondisi lampu, pembersihan karburator atau saringan udara, pemeriksaam tegangan rantai, klakson dan rem.


Adakalanya tune up motor disertai penggantian oli mesin, oli gardan atau sparepart, akan tetapi hal ini akan diinformasikan mekanik terlebih dahulu dan meminta persetujuan untuk dilakukan perbaikan.


Planet Ban, Bengkel Service Motor Terbaik Rasa Mesin Baru


Bengkel Service Motor Terbaik
Planet Ban, Bengkel Service Motor Terbaik,
via instagram.com/@planetban dan canva

Motor yang saya gunakan sudah menemani sejak zaman kuliah hingga sekarang, alhamdulillah dengan perawatan rutin tetap bisa dipakai sampai saya punya anak. Ternyata memang service motor secara berkala bisa membuat motor awet dan tahan lama. 


Selain itu memilih bengkel motor pun tidak kalah penting, terutama ketika service motor. Planet Ban, menjadi salah satu rekomendasi bengkel service motor terbaik karena bisa membuat performanya tetap stabil seperti rasa mesin baru.


Service motor di Planet Ban memberikan pelayanan berkualitas dan membuat performa rasa mesin baru agar kondisi sepeda motor sama seperti baru. 


Hal ini dilakukan dengan cara pembersihan secara menyeluruh sampai ke bagian vital kendaraan, dimulai dari pembersihan throttle body, injector, dan ruang oli membuat performa motor jadi lebih optimal,menghemat bahan bakar, serta mampu mengurangi emisi kendaraan lebih dari 70 %. 


Service motor menjadi lebih cepat, hemat, dan efisien karena didukung oleh produk dan Teknik pembersihan yang canggih.

 

Manfaat Service Motor di Planet Ban


Service di Planet Ban memberinkan pengalaman servis motor rasa baru atau disebut juga sistem servis terpadu. Hal ini bertujuan mengupgrade dan meningkatkan performa motor menjadi lebih stabil dengan biaya yang lebih hemat dan cara yang cepat.


Fokus service rasa mesin baru ini lebih ke bagian vital kendaraan yang letaknya tersembunyi, jarang di servis atau jarang dicek maupun disetel rutin.


Service di Planet Ban memiliki berbagai manfaat, di antaranya :

·         🌷Meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin sehingga lebih awet atau jarang rusak karena memakai oli dan cairan khusus dengan teknologi yang tinggi

·        🌷 Dengan penggunaan sparepart asli, pemakian akan lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin dan tarikan ringan.

·        🌷 Penggantian oli cukup dilakukan setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja, yaitu sekitar 4-6 bulan sekali sehingga biayanya lebih hemat dan tidak perlu terlalu sering ke bengkel.

·         🌷Dengan service di Planet Ban bisa mengurangi emisi lebih dari 70% sehingga bisa ikut menjaga kelestarian karena berkurangnya emisi dan polusi dari kendaraan.

·          

Perbedaan Service Motor di Planet Ban dengan Bengkel lain


Jika melakukan service motor di tempat lain, bisa jadi masih ada kotoran, debu atau sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan, sering juga ditemukan kotoran dan debu di blok CVT sehingga membuat motor terasa berat.


Namun, jika melakukan service rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan sehingga seperti baru. Bahkan kepala silinder blok CVT, klep, mesin piston, throttle body akan bersih dari sisa pembakaran, debu, dan kotoran sehingga membuat performa motor rasa mesin baru.


Ya, dengan service motor di Planet Ban akan membuat motor terasa punya mesin yang baru. Hasilnys tarikan jadi lebih ringan. Lebih hemat BBM, emisi turun sampai 70%, dan mesin jadi bersih secara total.


Selain itu, service motor di Planet Ban yang lengkap dan berkualitas ini cukup terjangkau harganya. Untuk service motor injeksi hanya Rp. 20.000,00, harga service CVT sekaligus rantai seharga Rp. 19.500,00. Bahkan untuk service throttle body pun hanya seharga Rp. 20.000,00.


Saya sudah pernah melakukan service di Planet Ban yang letaknya dekat rumah dan hasilnya pun tidak mengecewakan. Untuk membuat performa motor lebih stabil jangan lupa mengecek 8 bagian saat melakukan service motor. Pilihlah bengkel servis motor terbaik seperti Planet Ban yang memberikan pengalaman rasa mesin baru. Jadi, jangan ragu buat service motor di Planet Ban, ya!


Salam,



 

 

 




33 comments

  1. Kapan nih planet ban menginvansi Medan? Udah wara wiri nih infonya. Tau harga service dan sparepartnya jauh lebih murah kan bikin ngiri yaa...
    Palagi cewe2 yang taunya make motor tapi ngga paham perawatan, dengan harga terjangkau bisa service/ganti beberapa sparepart tanpa "nyicil".
    Sekarang ganti ini next ganti itu, hihiii

    ReplyDelete
  2. Anak pertama saya yang lagi kuliah pernah bilang, paling malas kalau servis motor. Udah nunggunya lama, panas lagi, katanya. Tapi setelah nyoba servis rutin di Planet Ban, dia exited banget. Katanya petugasnya ramah, ruang tunggunya nyaman dan adem. Udah gitu transparan lagi mengenai bagian m ana yang digarap.

    ReplyDelete
  3. Perawatan rutin untuk kendaraan harus dilakukan berkala ya agar tujuan kemanapun yang kita jalani sampai tujuan dengan selamat dan planet ban membantu kestabilan kendaraan kita ya mbak

    ReplyDelete
  4. Setuju, melakukan perawatan atau service motor secara rutin adalah sebuah keharusan yang wajib dilakukan, karena hal itu sangat berkaitan erat dengan keselamatan dan juga kenyamanan kita saat berkendara ya. Jadi tidak boleh diabaikan.

    ReplyDelete
  5. Apalagi ayeuna mah Bandung serba macet ya Teh Lia?
    Kemana-mana sebaiknya naik sepeda motor
    Kalo sepeda motor jarang dirawat alamat mogok di tengah jalan

    ReplyDelete
  6. Yang namanya mesin, salah satu hal yang membuat dia bisa awet dan bekerja maksimal adalah PERAWATAN yang rutin dan berkala. Kalau mesin sudah dalam kondisi prima, menggunakannya pun jadi nyaman. Kita juga jadi merasa aman. Gak takut jika tetiba mesin somplak pas lagi dipake hahahaha. Ngeri euy.

    ReplyDelete
  7. kaya aku 3 bulan lalu yang kena protes mas-mas yang service, mbaa mbaa ini oli tinggal secuil gini, bentar lagi bisa turun mesin itu motor, udah berapa bulan ga diganti? wkwkwkw jadi service itu emang harus rutin kalau mau motor awet aplagi ganti oli,

    ReplyDelete
  8. Harus banget deh, rutin cek bagian-bagian penting sepeda motor ini biar tetep enak bawanya

    ReplyDelete
  9. Nah, setiap bulan aku juga rutin servis motor matic-ku mak. Biasanya ganti oli mesin, gearbox, cek ban, kampas rem dan sebagainya. Jangan sampai kelupaan, sebab akan jadi makin panjang ceritanya hahaha :D Asyiknya melakukan servis di Planet Ban adalah teknisinya ramah dan selalu bertanya kepada pelanggan apakah mau diganti spareparts atau tidak. Produk2nya juga asli dan berkualitas baik tentunya.

    ReplyDelete
  10. Merawat kendaraan perlu banget mba. Kalau nggak dirawat nggak awet. Dipakainya jg beda, nggak enak ya. Di Planet Ban bisa macam2 ya ternyata tune up juga..

    ReplyDelete
  11. jangan sampai ke bengkel setelah motor mogok di tengah jalan kan repot ya, makanya service motor wajib dilakuan secara rutin

    ReplyDelete
  12. Memang ya kunci kendaraan bermotor agar tetap prima itu harus di service secara rutin. Apalagi kalau penggunaannya setiap hari, memang wajib service secara berkala ya.

    ReplyDelete
  13. Motor yang biasa dipakai sehari-hari baru aja selesai diservice. Rusaknya lumayan berat. Memang sempat agak lalai dirawat akhir-akhir ini. Jadi pelajaran juga supaya gak mengulangi kejadian yang sama. Motor harus tetap service rutin supaya performanya tetap stabil

    ReplyDelete
  14. Kadang mah emang masalah perawatan motor jadi nomer ke sekian padahal kan penting banget ya buat keselamatan kita juga. Selain itu bikin motor lebih awet dan tahan lama. Jangan lupa mampir ke Planet Ban deh buat service agar performa motor makin oke.

    ReplyDelete
  15. Service motor secara teratur ini emang wajib banget biar pas dipakai juga enak dan nyaman. Soal AKI, motor matic itu gak boleh sampai mati. Itu saya sih. Soalnya bakal drama banget pas hidupin

    ReplyDelete
  16. Di rumahku yg paling rajin service motor itu si putra keempat, lebih rajin dari bapaknya apalagi adik si bungsu, tahunya hanya pakai saja. Padahal merawat kendaraan itu sangat penting kan demi keselamatan dalam mengendara.

    ReplyDelete
  17. Sekarang kalau mau service motor gak perlu bingung ya, tinggal datang aja ke Planet Ban. Di sana mesin motor jadi berasa mesin baru

    ReplyDelete
  18. Wah murah kali biaya servis di Planet Ban yaa. Meski begitu kualitasnya bagus ya. Memang yang namanya motor, ada atau gak ada gangguan kudu rutin dicek supaya gak gampang ngadat dan mesinnya pun awet. Kalau sewaktu2 jual motor krn mau upgrade bisa dilepas dengan harga bagus juga.

    ReplyDelete
  19. Terwajib bangettt untuk cek motor secara berkala ya mba.
    planet ban sangaaattt bisa diandalkan dan jadi Bestie kita semuaaaaa.

    ReplyDelete
  20. Super hepiii ada planet Ban juga di Rungkut.
    mantab betullll utk urusan service kendaraan yah

    ReplyDelete
  21. Planet ban tempat servis motor kesayangan di palembang. Jangan sampe telat deh servis motor klo mau awet

    ReplyDelete
  22. Service di Planet Ban selain biayanya ringan, servicenya juga komplit. Teknisinya handal. Dan ya, motor serasa baru lagi.

    ReplyDelete
  23. Jaman sekolah SMA dulu, aku bisa ganti busi sendiri 😂 tapi sejak ganti motor matic, udah gak bisa lagi krn sparepartnya terhidden. Makanya sih kalo pas service gitu, aku minta cek juga

    ReplyDelete
  24. Saya sebelumnya tak pernah service ke planet ban. Tapi setelah banyak teman kasih rekomendasi wah mencoba dong. Eh iya itu mekaniknya bersihin nya sampai dalem banget ya
    Setelahnya motor terasa lebih enteng...

    ReplyDelete
  25. Punya motor yang terjaga dengan baik tuh memang happy banget.
    Hiihi... biasanya gantungin sama suami. Tapi kalo uda kenal sama Planet Ban, bisa lah ya.. bawa ke bengkel dan minta servis yang sesuai dengan kebutuhan.

    ReplyDelete
  26. Kalau mau performa motor tetap terjaga, tentu saja harus selalu rajin di servis ya mbak
    Servisnya tentu di Planet Ban

    ReplyDelete
  27. Yaampun, aku beneran belum ngerti nih kalo masalah servis motor gini. Tapi emang harus diservis secara rutin nih biar tetap enak

    ReplyDelete
  28. Aku jyga langganan di Plannet Ban mba kebetulan dekat rumah ganti ban dan ganti oli penting banget buat motor yg terus dipake setiap harinya

    ReplyDelete
  29. Iya bawa motor yang sering diservis tuh lebih percaya diri dan merasa aman ya soalnya yakin kondisi kendaraan dalam keadaan prima kalau nggak terawat rasanya was-was

    ReplyDelete
  30. Service motor injeksi 20rb rupiah aja? Murah sekali ya. Bener banget motor hrs dicek oli, aki, busi supaya ga tiba2 macet di jalan

    ReplyDelete
  31. Service dan ganti oli secara rutin itu penting banget. Dulu, aku ke Planet Ban kalau beli ban doang, sekarang service dan ganti oli bisa di Planet Ban. Harganya juga terjangkau.

    ReplyDelete
  32. Suami juga suka servis motor di planet ban nih mak.. pelayanannya okeeee, barang-barangnua juga berkualitas.. sebagai pemilik kendaraan bermotor emang mesti lebih perhatian juga dengan kesehatan kendarannya yaaaa

    ReplyDelete
  33. Banyak ya yang harus diperhatikan ketika mau servis motor, biar gak dijailin sama kang servisnya. tapi kalau Planet Ban sih terpercaya banget, soalnya suamiku kalau servis motor pasti ke sana.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.