ASUS TUF Dash 15: Laptop Gaming Ringkas dan Tangguh, Nyaman dipakai Kerja

 

Review ASUS TUF Dash F15
Review ASUS TUF Dash F15,
via dokumentasi pribadi dan canva


ASUS TUF Dash 15 menjadi laptop gaming ringkas dan tangguh dengan performa tinggi. Selain cocok digunakan untuk gaming, laptop ini pun cukup nyaman untuk dipakai kerja.  


Laptop ini juga dilengkapi performa tinggi, fitur, serta penawaran harga terbaik di kelasnya. Dengan dilengkapi hardware generasi terbaru yang canggih, laptop ini juga punya body, design dan fitur yang lebih unggul dari kompetitornya.



Inilah keunggulan ASUS TUF Dash 15


Keunggulan TUF Dash F15
ASUS TUF Dash F15


Launcing di tahun 2022 yang lalu, laptop gaming ASUS TUF Dash 15 ini memiliki berbagai keunggulan di antaranya: 


Design yang ringkas, elegan, dan tangguh


TUF Dash F15 yang ringkas
TUF Dash F15 laptop ringkas dan tangguh 
via dokumentasi pribadi dan Canva


ASUS TUF Dash 15 punya design ringkas, dengan berat 2 kg yang cukup ringan untuk dibawa ke mana-mana. Ketebalan body pun cukup tipis yaitu 19.95 mm yang menjadikan laptop ini menjadi laptop gaming paling ringkas dan ringan di kelasnya.

Ada dua pilihan warna laptop gaming ini yaitu Eclipse Gray dan Moonlight White yang elegan. Bodinya pun telah diberi lapisan cat khusus EcoShine Paint sehingga warna body laptop lebih tahan lama.


Selain itu, laptop ASUS TUF Dash 15 ini cukup tangguh karena memiliki sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H), termasuk uji jatuh dan pengoperasian pada suhu yang ekstrim.



Memiliki performa tinggi dan canggih


Performa tinggi TUF Dash F15
Performa ASUS TUF Dash F15,
via dokumentasi pribadi dan Canva



ASUS TUF Dash 15 memiliki performa tinggi dan canggih. Laptop ini dilengkapi CPU atau prosesor terbaru seperti Prosesor Intel® Core™ i7-12650H generasi ke-12 dengan MUX Switch.


Laptop ASUS TUF Dash F15 dilengkapi MUX Switch sehingga pengguna dapat mengaktifkannya agar performa laptop menjadi maksimal saat memainkan game. Selain itu, MUX Switch dapat dimatikan saat penggunanya ingin menghemat baterai.


MUX Switch ini bisa diakses secara langsung melalui aplikasi Armoury Crate yang tersedia pada ASUS TUF Dash F15.


Performanya juga didukung chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 3060 dengan TGP hingga 105 W yang dapat diandalkan di berbagai skenario penggunaan. ASUS TUF Dash F15 pun dilengkapi memori DDR5 4800MHz yang dapat diupgrade hingga 32 GB



Dilengkapi sistem pendingin maksimal


Untuk menjaga mesin tetap dingin selama penggunaan, ASUS TUF Dash F15 (FX517) memiliki sistem pendingin maksimal yang menggunakan kipas Arc Flow Fans™ dan total lima heatpipe yang terbuat dari tembaga.


Laptop ASUS TUF Dash F15 ini dibekali dengan sistem pendingin Intelligent Cooling. Salah satu fiturnya yaitu Enhanced Self-Cleaning Cooling yang dapat menjaga agar debu dan partikel kecil tidak tersangkut pada sistem pendingin.


Selain itu, fitur ini membantu meningkatkan performa hingga 15%. Sistem pendingin ini pun ada pada keyboard yaitu CoolZone Keyboard yang dapat menjaga zona di sekitar keyboard tetap stabil dan dingin


Visual dan audio yang jernih 


Layar IPS LCD pada ASUS TUF Dash F15 memiliki visual atau kualitas warna jernih dengan detail yang terbilang tinggi yaitu resolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel). Ukurannya 15 inci dengan rasio 16:9 yang melebar.


Kualitas audionya pun jernih dan enak didengar. Dilengkapi dua speaker stereo yang menghadap ke bawah dan sudah didukung oleh Dolby Atmos dan mengantongi sertifikasi Hi-Res


Main game jadi makin seru karena kualitas audionya keren. Dentuman suara yang dikeluarkan speaker ini mampu memacu adrenalin para gamers saat bermain PUBG ataupun game Battle Royale lain.



Memiliki port dan konektivitas yang lengkap


Untuk ukuran laptop gaming, ASUS TUF Dash 15, memiliki port dan konektivitas yang lengkap seperti seperti USB Type-A, HDMI, LAN, dan 3.5mm audio port.


Selain itu, tersedia pula port Thunderbolt 4 untuk display output dan power delivery. Sedangkan untuk koneksi internet, ASUS TUF Dash F15 menyediakan port LAN serta WiFi 6 yang stabil dan kencang.



ASUS TUF Dash 15, laptop gaming yang nyaman dipakai kerja 


Laptop gaming nyaman dipakai kerja
ASUS TUF Dash F15: Laptop Gaming yang nyaman dipakai kerja 

ASUS TUF Dash 15, menjadi rekomendasi laptop gaming yang nyaman dipakai kerja. Dilengkapi dengan sistem operasi Windows 11 Home dan juga Pre-installed dengan Office Home and Student 2021. Laptop ini mendukung produktivitas kerja dan tentu saja lebih powerfull dipakai gaming.


Berbicara soal audio, mikrofon laptop ASUS TUF Dash F15 memiliki fitur Two Way AI Noise Cancellation yang membuat suara pengguna ketika meeting online terdengar lebih fokus dan tak terganggu ambience suara di sekitarnya.


Fitur ini penting banget saat kita lagi kerja mobile, misal seperti di kafe atau coworking. Suara latar belakang bisa dikurangi, sedangkan suara yang sedang berbicara bisa difokuskan dan ditingkatkan kejelasannya.


Keyboard ASUS TUF Dash F15 rasanya yang cukup empuk ketika digunakan. Jarak antar keycaps pun sudah cukup pas, sehingga cukup nyaman saat mengetik artikel atau script yang cukup panjang.


Keyboard TUF Dash F15 yang nyaman
Keyboard TUF Dash F15 yang nyaman,
via dokumentasi pribadi dan canva

Selain itu touchpad pada laptop ini juga cukup luas dan dilengkapi tombol numerik yang terletak pada area kanan keyboard. Keyboad dilengkapi lampu backlit berwarna putih menyinari seluruh tombol di keyboard ASUS TUF Dash F15 akan sangat berguna saat mengetik di tempat gelap.


ASUS TUF Dash F15 (FX517) menjadi rekomendasi laptop untuk para pengguna yang membutuhkan laptop all-round dengan spesifikasi kelas laptop gaming dengan didukung desain ringkas dan ringan. Laptop gaming ini cukup ramah dikantong dengan harga mulai dari Rp. 16.799.000,00.



Spesifikasi ASUS TUF Dash F15 (FX517 ZM)


Laptop Gaming ASUS TUF Dash F15
Spesifikasi ASUS TUF Dash 15


Itulah review ASUS TUF Dash F15, laptop gaming ringkas dan tangguh dengan performa tinggi. Bermain game lebih powerfull dengan laptop ini dan cukup mendukung produktivitas karena nyaman dipakai kerja. Setelah membaca ulasan ASUS TUF Dash F15, Kalian tertarik nggak nih, buat punya laptop yang satu ini?



Salam, 








23 comments

  1. Wah, anakku pasti minta beliin nih kalau tahu ada laptop Asus tipe ini. Mantap speknya ya bisa dipakai buat bekerja dan main game juga oke. Buat anak desain juga bisa nih. Bobotnya ringan banget jadi mobile ke mana2 ga worry ya. Visual resolusi full HD, wuiiih asik nih.

    ReplyDelete
  2. Yakin deh gamer bakalan jingkrak-jingkrak kesenenangan make laptop Asus ini, udah bener-bener bikin nyaman buat nge-game. Kalau buat kerja kayaknya makin powerfull ya mbak, karena nggak seberat nge-game. Asus emang keren!

    ReplyDelete
  3. Hayuk kita mabar pake laptop gaming yang kece ini dari ASUS Teh, pastinya bakal seru banget deh! Selain nge-game tetep bisa dipake buat ngeblog juga yaah

    ReplyDelete
  4. Tertarik lah, laptopnya ringkas dan tangguh banget ya... Untuk main game oke, untuk kerja apalagi...

    ReplyDelete
  5. Laptop impian banget deh nih, serba cepet dan gercep, enak buat main game dan enak juga buat ngerjain kerjaan2 multimedia, ASUS emang inovasinya gak ada matinya ya Mak

    ReplyDelete
  6. Laptop gaming bisa lancar macam2 jg nih ya teh. Speknya yg udah nggak diragukan lg. Bisa ngonten pasti jugaaa. Harga segitu worth it ya teh untuk sekelas laptop gaming ASUS siih

    ReplyDelete
  7. Enggak cuma mendukung produktivitas kerja, laptop ASUS TUF Dash 15 powerfull juga buat gaming. Bisa nih direkomendasikan ke Pak Suami buat ganti laptop lamanya yang telah lelah...

    ReplyDelete
  8. ASUS TUF Dash emang design-nya cakep ya. Mana udah lolos uji ketahanan berstandar militer AS jadi aman banget. Udah ada kipas Arc Flow juga yang bikin ngga gampang panas. Apalagi kualitas audionya [ake Dolby Atmos beuhhh mantepp!

    ReplyDelete
  9. Suara jernih, grafisnya mendukung makin asyik nih main game pakai laptop ASUS.
    btw, penasaran dengan uji jatuh sampai dapat military grade, apa ga sayang laptop jatuh? hihi...

    ReplyDelete
  10. Laptop Asus TUF dash 15 canggi ya performanya. Beneran bisa buat main game sekaligus kerja nih. Siang buat kerja malam buat main game. Mau sampai begadang sepertinya tak masalah laptopini kalau liat speknya.

    ReplyDelete
  11. Tentunya tertarik banget bisa punya laptop gaming ringkas seperti ASUS TUF DASH F15. Soalnya laptopnya ringkas, performa tinggi, dan ramah di kantong, yaa...

    ReplyDelete
  12. Mantap nih laptop buat yang suka main game, mendukung banget powerfull buat main, cocoklah nih pak suami

    ReplyDelete
  13. Laptop yang ringan, apalagi ada sistem pendingin yang handal. Ini keren sih. Gak semua laptop gini. Jadi di dalamnya bisa mengatur agar debu gak nempel.

    ReplyDelete
  14. Seneng banget kalau ada laptop gaming yang ringkas, ringan dan harga juga terjangkau. Fiturnya lengkap pula ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laptop gaming yg jadi idaman ya kan. Tapi Asus emang sering keluarin tipe gaming yg kece gini. Jadi bingung milihnya. Tapi mending milih seri terbaru karena kan sesuai dg kebutuhan di masa kini

      Delete
  15. Wawawa, tipis banget ya laptop ASUS ini. Aku tertarik, tapi ya bukan gamer ini. Agak sayang kalau pakainya cuma buat hal-hal sederhana. Beda ya kalau di rumah ada Gamer pro. Pasti sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  16. dari tampilan luarnya kelihatan banget emang tangguhnya ya mba, asus tuf dash 15 ini. Emang wajib tangguh sih kalau laptop untuk gamers mah

    ReplyDelete
  17. Asus TUF Dash F15 ini semakin diperbarui dari waktu ke waktu dari segi performa hingga desain yang semakin mobile. Biasanya laptop gaming identik dengan berat dan susah dibawa mobile Tapi beda dengan Asus TUF Dash F15 yang bobotnya hanya 2 kg. Dengan performa yang cepat dan grafis oke, maka bisa banget dijadikan pilihan para gamers atau untuk bekerja sehari-hari.

    ReplyDelete
  18. Anakku yang gamers sudah colel-colek naksir laptop ASUS TUF Gaming F15 ini katanya performa oke jadi main game lebih jago yaa..

    ReplyDelete
  19. Keren sekali fiturnya.. memudahkan anak generasi sekarang yaa yang suka gamers.. memang yaa inovasi Asus gak ada matinya

    ReplyDelete
  20. Laptop impian banget ini, bisa buat main games tapi juga kerjaan nih. Di mana aja bisa kerja kalau baterainya awet ya Kak

    ReplyDelete
  21. wah bener ini laptop gaming versi ringkas dan tetap badai performanya. Cocok nih untuk para gamers pro dan juga pekerja profesional

    ReplyDelete
  22. Mbak, aku tertarik sama laptop ini mbak. Makin kesini ASUS emang makin kece, buktinya ini laptop gaming tapi bisa setipis itu. Performanya pasti udah gak diragukan lagi ini mah

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.