5 Cara Belajar Literasi Keuangan untuk Anak Usia Sekolah

Literasi keuangan pada anak
Belajar literasi keuangan pada anak,
ilustrasi dari freepik dan canva


Literasi finansial ternyata menjadi salah satu dari enam literasi dasar yang perlu dikuasai anak. Anak saya sudah masuk kelas 1 SD. Ada beberapa cara belajar literasi keuangan untuk anak usia sekolah. Kayaknya bisa diterapkan untuk anakku dan anak lain seusianya.


Ada enam literasi dasar yang perlu dikuasai anak selain literasi keuangan, di antaranya literasi bahasa, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya dan kewarganegaraan. 


Untuk literasi keuangan, saya pikir lebih baik dikenalkan pada anak sejak usia dini agar anak tahu pentingnya bersikap bijak mengelola keuangan di masa depan.



5 Cara Belajar Literasi Keuangan pada Anak


Mengenalkan literasi finansial pada anak berbeda caranya tergantung usia anak, dimulai dari usia dini atau pra sekolah, usia sekolah bahkan usia remaja.


Berhubung anak saya sudah masuk sekolah dasar, saya belajar untuk memperkenalkan literasi finansial. Inilah 5 cara belajar literasi keuangan untuk anak usia sekolah, di antaranya:


  1. Memberikan pemahaman tentang  keinginan dan kebutuhan


Saya sudah mulai mengajak anak berdiskusi dan memberikan pemahaman tentang perbedaan keinginan dan kebutuhan. Di usia sekolah mulai dari 7 tahun ke atas, orang tua sudah bisa mengenalkan bedanya kebutuhan dan keinginan ( baik kebutuhan primer, sekunder, atau barang mewah).


  1. Memberi uang saku untuk dikelola sendiri


Uang saku diberikan pada anak setiap harinya agar anak belajar mengelola keuangan dan memenuhi kebutuhan anak, misalnya membeli makanan atau minuman yang ia mau meski saya menyiapkan bekal makanan juga.


  1. Mengajak anak untuk membagi pos pengeluaran, termasuk untuk bersedekah


Untuk anak usia sekolah, sudah bisa diajak mengelola atau membagi pos pengeluarannya termasuk untuk amal atau bersedekah. 


  1. Mengajak anak untuk membuka rekeningnya di bank


Kita juga bisa mengajarkan anak menabung. Dulu waktu anak saya masih usia dini, saya ajarin menabung pakai celengan yang bentuknya dia suka misalnya celengan berbentuk telepon atau celengan ayam.


Setelah anak sekolah, bisa diajak buka tabungan anak biar dia terbiasa menabung juga. Kita bisa mengajak anak langsung ke bank buat buka rekening sendiri 


  1. Bermain games edukasi keuangan


Anak saya sekarang sudah masuk sekolah dasar. Paling enak ngajarin dia belajar literasi finansial sambil bermain game, biar nggak terasa membosankan. 


Salah satu rekomendasi game online untuk belajar literasi keuangan yaitu Mortgage Calculator. Ada yang tahu tentang game Mortgage Calculator?



Rekomendasi game edukasi keuangan dari Mortgage Calculator 


Mortgage Calculator bisa dimainkan semua umur dengan level permainan berbeda, yaitu tipe easy, medium atau hard. Bisa pilih sendiri sesuai kemampuan. Selain itu, bisa juga dimainkan via smartphone atau laptop.


Ada 7 kategori permainan yang bisa dimainkan, yaitu Money Games, Real Estate Games, Food Business Simulation Games, Business Simulation Games, Software Development Games, Office Politics Games, and Other Fun Games.


Inilah rekomendasi game edukasi keuangan dari mortgage calculator, di antaranya : 


Cashier Simulator 


Game Mortgage Calculator
Cashier Simulator,
Ilustrasi dari dokumentasi pribadi dan canva


Cashier Simulator ini adalah permainan yang menarik dimainkan. Anak bisa diajak belajar berhitung ketika dia sedang berbelanja, yaitu ketika harus mengeluarkan uang dan membayarnya di kasir.


Bermain Cashier Simulator,
Ilustrasi dari dokumentasi pribadi dan inshot


Cash Back


Game Mortgage Calculator
Cash Back,
Ilustrasi dari dokumentasi pribadi dan canva


Game kedua yang seru dimainkan adalah Cash Back. Permainan ini juga bisa mengasah kemampuan otak agar anak agar bisa belajar berhitung sambil bermain.


Bermain Mortgage Calculator
Bermain games Cash Back,
Ilustrasi dari dokumentasi pribadi dan inshot


Seperti soal matematika, anak diajak untuk menghitung cash back atau kembalian dengan barang yang ditentukan dan uang yang dimiliki. Jadinya anak bisa menghitung uang kembalian jika dia sedang berbelanja atau membeli sesuatu.



Treze Coins


Game Treze Coins
Treze Coins,
ilustrasi dari dokumentasi pribadi dan canva



Satu lagi game keuangan yang mudah dimainkan anak yaitu Treze Coins. Game ini simpel banget, hanya tinggal mencocokkan jumlah koin dengan nilai uang yang ada.


Bermain Treze Coins,
Ilustrasi dari dokumentasi pribadi dan inshot


Ada berbagai game menarik dari Mortgage Calculator yang cocok dimainkan oleh anak. Bisa dipilih yang sesuai dengan level permainan dimulai dari yang paling mudah (easy), medium atau hard. Permainan ini cocok dimainkan anak karena cukup mudah memainkannya


Mortgage Calculator ini adalah game online gratis tentang keuangan. Saya berharap anak bisa lebih bijak menggunakan atau tahu nilai uang. Saya tidak melarang anak bermain game, tapi membatasi waktunya. Sekalian bisa saya awasi apa yang dia tonton atau dia mainkan. 


Itulah cara belajar literasi keuangan untuk anak usia sekolah dengan bermain game online Mortgage Calculator. Anak bisa belajar keuangan dan mulai diperkenalkan tentang pengelolaan keuangan. Bermain sambil belajar lebih menyenangkan, bukan?




Salam,










33 comments

  1. terwajib ajak anak utk belajar dan paham ttg literasi finansial.
    tentu disesuaikan dgn usia
    semoga para ortu bs yhaaaa

    ReplyDelete
  2. Ada levelnya asik juga ini jadi bersemangat buat main gamenya.
    Praktisnya gak perlu unduh ya Teh.
    Langsung cuss ke webnya ya?

    ReplyDelete
  3. Bagus nih Mortgage Calculator, anak jadi paham dan bisa menghargai uang
    Karena emang harus langsung praktek
    Jangan hanya nasihat dan teori

    ReplyDelete
  4. Nah cocok nih. Anak-anak sekarang kan doyan games. Bisa jadi perantara pembelajaran tentang keuangan. Salah satu media literasi keuangan yang tentunya mengasikkan dan lebih gampang dicerna oleh mereka.

    ReplyDelete
  5. Literasi keuangan ini memang penting untuk anak. Dan bisa dimulai dari bertahap ya, Mbak. termasuk mulai mengajarkan membeli kebutuhan, bukan keinginan. Makanya kalau dulu krucil nangis minta mainan, tidak dibelikan dulu karena mainannya sudah cukup. Nah, kalau buku cerita yang memuat edukasi, malah saya belikan.

    ReplyDelete
  6. Waaahh, senangnyaa bisa mampir di sini..
    Saya baru tahu Game Mortgage Calculator ini, memang harus dengan cara yang asik ya Mba kalau mau mengenalkan sesuatu ke anak biar belajar dan memahaminya juga menyenangkan lebih-lebih ini tentang literasi keuangan yang media belajarnya via permainan..

    ReplyDelete
  7. Kalau anakku gak lagi kuajarin nabung di bank lagi, tapi di reksadana xixixi.
    Tapi bener sih yang namanya literasi keuangan kudu banget kita perkenalkan sejak dini supaya anak tahu kalau duit itu berharga dan fungsinya bukan cuma buat jajan. Mendapatkannya pun susah hehe.

    ReplyDelete
  8. Pengenalan literasi keuangan pada anak sangat bagus ya mbak, boleh juga nih buat anakku biar agak hemat 🤩

    ReplyDelete
  9. Ternyata ketika mengenalkan literasi menggunakan games dan diiringi contoh konkrit, anak menjadi lebih paham untuk mengenal dan kelola keuangan dengan lebih baik.

    ReplyDelete
  10. Saya dan anak2 pernah coba main beberapa game di mortgage calculator ini, dan anak cepet paham. Kalau di kehidupan nyata, saya juga berusaha mengajarkan anak2 ttg literasi keuangan, salah satunya dengan memberikan uang secara mingguan. Hasilnya, pada anak usia SMP, cara itu sudah berhasil dengan baik. Sedangkan pada anak yang SD masih belum efektif hahaha. Tapi tetap membantu banget dalam membentuk perspektif ttg uang.

    ReplyDelete
  11. Penting banget mengenalkan literasi keuangan buat anak yah. Mereka akan terbiasa memahami dan mengelola keuangan. Anakku juga main nih game edukasi di Mortgage Calculator. Kaya Cashier Simulator ini, bisa simulasi perhitungan sederhana saat sedang belanja.

    ReplyDelete
  12. Mengajarkan anak untuk tidak boros dan tidak selalu memenuhi segala keinginannya memang termasuk literasi keuangan. Lebih seru lagi kalau ada metode pengajaran seperti ini. Jadi berasa fun-nya.

    ReplyDelete
  13. Sama, asal bijak bermain game-nya tidak apa-apa, apalagi yang bermanfaat untuk anak belajar literasi keuangan seperti pilihan game di mortgage calculator ini ya

    ReplyDelete
  14. ada banyak pilihan dan bagus - bagus juga ya mba untuk pilihan gamesnya. Edukatif dan fun juga sepertinya

    ReplyDelete
  15. Bermain game juga bisa untuk belajar tentang literasi keuangan. Sudah senang bermain, tapi ada manfaatnya.

    Boleh dicoba nih untuk.anak saya nantinya. Biar dia dengan mudah belajar keuangan dari game.

    ReplyDelete
  16. literasi keuangan penting banget diajarkan pada anak sejak dini. mereka jadi terbiasa mengelola uang dengan bijak. aku jadi mau ajak anak main game ini juga deh, seru sepertinya, dan bisa belajar dengan cara menyenangkan

    ReplyDelete
  17. Aku dulu nabung di celengan, padahal penasaran juga buat nabung di bank. Sekarang buat belajar keuangan banyak ya termasuk dengan main game. Jadi gak terasa belajar

    ReplyDelete
  18. Finansial literasi memang harus dikenalkan sejak dini ya. Aku baru tau loh ada games yang bisa dipakai untuk belajar literasi keuangan buat anak kaya gini. Belajar keuangan bisa lebih menyenangkan jadinya ya

    ReplyDelete
  19. Lucu banget games-nya jadi mau ajak Aisyah main nih bair makin seru liburan walau di rumah aja nih, happy deh

    ReplyDelete
  20. Asik banget deh ini ada cara yang lebih mudah dan bahkan anak-anak bakal suka sih. Karena belajar literasi keuangan itu sebenarnya asik banget, tapikan bagaimana cara mengemasnya saja. nah kalau belajar literasi keuangan dengan pakai game gini pasti seru ya.

    ReplyDelete
  21. Literasi keuangan itu penting
    Aku juga pakai games ini mbak buat ajak anakku belajar literasi keuangan

    ReplyDelete
  22. Banyak cara untuk belajar keuangan dan biasanya anak2 emang masuknya kalau lewat game. Anak2ku juga kenal uang malah daripermainan kek monopoli itu lho mbak. Yang online juga sih mengajarkan hal yang sama hehe.

    ReplyDelete
  23. Ada banyak cara belajar literasi keuangan sejak dini.
    Salah satunya melalui bermain games yang seru dan bermakna, sehingga anak bisa mudah memahami.

    ReplyDelete
  24. Bagus memang edukasi menabung dll ditanamkan pada diri anak2 sejak dini, supaya ke depannya ia bisa mempunya perhitungan khusus tentang tabungan dari sisa uang jajan dst. Peran ortu bener2 penting pada posisi ini.

    ReplyDelete
  25. wah asik ya anak-anak bisa belajar literasi keuangan dengana game edukasi. anak mulai diajarkan untuk mengenal uang dan mengelolanya, agar mereka terbiasa sedari dini. belajar memilah kebutuhan dan keinginan mereka juga agar tidak boros mengeluarkan uang yang mereka punya.

    ReplyDelete
  26. Permainan games bisa jadi ajang anak2 belajar edukasi keuangan juga ya mba...jadi lebih cepat menerima mereka juga seru nih jafi mau coba

    ReplyDelete
  27. Semua tipsnya sudah pernah dilakukan, kecuali yang main games... Makasih rekomendasinya, liburan kali ini mau ajak anak main games dari mortgage calculator ah...

    ReplyDelete
  28. aku sudah menerapkan tips di atas kecuali yang terakhir, belum pernah main game tentang literasi keuangan. Thanks infonya ya mbak Lia, mau coba ah mengisi liburan dengan main game ini.

    ReplyDelete
  29. Literasi keuangan memang mesti diajarkan pada anak sejak dini, supaya mereka nggak gagap/kalap pas pegang banyak uang, lalu beli apapun sesuai keinginannya.
    Menarik nih game di mortgage calculator, bisa dicoba ntar dimainkan sama anak-anak, biar ketrampilan mereka soal pengelolaan uang makin terasah

    ReplyDelete
  30. Yang nomor 4 belum aku lakukan nih, yaitu buka rekening. Soalnya mereka biasa nabung di rumah lalu kalau sudah sejumlah tertentu baru di setor ke aku dan aku masukkan ke kantong tabungan anak-anak (aku pakai bank tertentu yang ada fitur kantongnya).

    ReplyDelete
  31. Penting banget mengajari anak literasi keuangan krn akan terbawa sampai dewasa dan berpengaruh pada gaya hidupnya

    ReplyDelete
  32. Wah iya ternyata anak anak bisa belajar keuangan dari main game juga ya maaaaak.. mau ah rekomendasiin game game ini untuk anak anak. Makasi sharingnya ya maaaak

    ReplyDelete
  33. seru banget main Cashier Simulator :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.