Precious One Berdayakan Para Disabilitas untuk Berkarya

Precious One Berdayakan Disabilitas
Precious One Berdayakan Disabilitas,
via precious-one.com dan canva


Para disabilitas punya peluang yang sama untuk bekerja atau menghasilkan karya. Precious One berdayakan para disabilitas untuk berkarya. Saya percaya kalau setiap orang pasti punya kelebihan, tinggal menggali potensinya saja. 


Meski mereka punya keterbatasan baik secara fisik, intelektual, mental atau sensorik, tetapi para disabilitas ini mampu berprestasi dan berkarya. Saya percaya setiap orang pasti punya kelebihan, di balik keterbatasannya. Mereka pun sebenarnya punya peluang untuk maju asal diberikan kesempatan.


Mengenal Precious One

Hasil karya Disabilitas
Precious One dan hasil karya Disabilitas,
via precious-one.com


Ada yang sudah familiar dengan Precious One? Precious One adalah organisasi yang fokusnya untuk menguatkan para disabilitas agar menemukan potensi dan menyadari bahwa setiap manusia memiliki nilai tersendiri.


Precious One ini memiliki misi untuk mengurangi pengangguran disabilitas dengan menciptakan hasil karya produk berkualitas dari para disabilitas. 


Special Product for Special People. Dengan hasil karya mereka, harapannya akan ada banyak orang yang melihat dan percaya kalau disabilitas itu mampu jika diberi kesempatan. 


Bagaimana Precious One Berdiri?


Siapa yang ingin tahu sejarah dan bagaimana Precious One berdiri? Berawal sakitnya Bu Ratna dan nazar jika ia sembuh untuk terjun ke dunia disabilitas sekitar 22 tahun lalu.


Saat itu Bu Ratna terjangkit Hepatitis A, ia kehilangan pekerjaan dan merasa tak berdaya. Saat itu, dia punya teman tuli dan ikut memikirkan nasib para disabilitas lainnya yang mengalami banyak penolakan dan kesulitan mendapatkan pekerjaan.


Hal inilah yang menjadi sejarah bagaimana Precious One berdiri. Ratna ingin membantu teman disabilitas mendapatkan kesempatan yang sama dalam pekerjaan dalam bekerja. 


Akhirnya teman Ratna mengajak rekan disabilitasnya untuk bekerja bersama Precious One. Kini,ada sekitar 20 orang yang bekerja sebagai tim produksi di workshop Precious One. 


Ada berbagai produk Precious One yang dibuat teman disabilitas seperti tas, dompet, pakaian, topi, boneka, kuliner dan jasa. Ada banyak mitra yang tersebar di berbagai daerah. Selain itu ada juga workshop untuk menggandeng para disabilitas di berbagai wilayah Indonesia melalui Precious One.



Program yang ada di Precious One


Precious One identik dengan karya dari teman disabilitas. Program yang ada di Precious One diantaranya:


Program Stop Bully Disabilitas

Program Stop Bully Disabilitas dibuat agar masyarakat lebih memberikan empati dan memahami kehidupan disabilitas. Jangan membully mereka karena keterbatasannya.


Special Day for Children

Pada program Special Day for Children, Precious One mengajak seribu orang anak disabilitas untuk bermain secara gratis. Hal ini bertujuan untuk mengapresiasi anak disabilitas dan memberikan kesempatan pada mereka untuk bermain di mall seperti anak lainnya.


Program Bangga

Program Bangga merupakan program mentoring bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia agar produk atau karya mereka lebih dikenal masyarakat luas.


Program Training Perusahaan

Program ini dibuat untuk karyawan non disabilitas agar memiliki semangat juang, tidak menyerah bersyukur karena diberi kesempatan bekerja.  


Program yang ada di Precious One ini diharapkan dapat membantu para disabilitas menjadi lebih baik kehidupannya. Selain itu membantu pelaku UMKM atau karyawannya agar lebih berkembang dan semakin maju. 



Kelola Bisnis UMKM dengan Aplikasi Kasir iReap


Kelola bisnis UMKM dengan iReap,
via dokumentasi pribadi dan canva


Sejak 2014, pencatatan bisnis Precious One hanya mengandalkan metode manual saja termasuk pencatatan bahan baku yang masuk dan produk yang dihasilkan para disabilitas. 


Namun, kini IReap sudah menggunakan pencatatan otomatis iReap POS Pro sehingga lebih mudah mendata semua barang yang diproduksi dan mengecek stok barang yang tersedia.


Aplikasi iReap POS adalah aplikasi Point of Sale hasil pengembangan dari PT. Sterling Tulus Cemerlang (STEM Indonesia). Aplikasi ini cocok digunakan untuk pelaku bisnis karena memiliki banyak fitur.


Aplikasi Point of Sale ini tersedia dalam dua versi yaitu aplikasi iReap POS Pro dan aplikasi iReap POS Lite.  Perbedaanya iReap POS Pro adalah aplikasi berbayar setelah trial 14 hari sedangkan iReap POS Lite adalah aplikasi gratis.


Aplikasi iReap POS Pro merupakan aplikasi kasir berbayar dengan sistem online dan full offline karena iReap memiliki penyimpanan database cloud dan local. Aplikasi ini dapat mempermudah monitoring banyak toko secara real time. Aplikasi iReap POS Pro cocok digunakan bisnis kelas menengah dan besar.


Sedangkan aplikasi iReap POS Lite merupakan versi gratis untuk usaha mikro. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur seperti fitur Kasir Toko (Point of Sale), fitur Stok (Inventory), perhitungan HPP dan hanya dapat digunakan oleh satu user (toko) saja.


Saya juga sedang merintis usaha bisnis fashion meski skalanya masih kecil-kecilan. Sepertinya cocok sekali menggunakan aplikasi iReap POS Lite ini. Ternyata cara mendapatkan aplikasi iReap POS Lite cukup mudah, yaitu:

🌷Download iReap POS Lite dari Google Play Store

🌷Berhubung punya usaha bisnis baju wanita, saya pilih kategori Fashion,Boutique, Apparel, Shoes, and Eyewear Store.

🌷Klik Master Data lalu Manage Kategori. Masukan produk yang akan dijual.

🌷Klik Manage Product lalu masukan data produk.

🌷Saat ada transaksi penjualan atau pengembalian, klik Sales/ Return. Untuk data penjualan, klik produk dan jumlah produk yang sudah dibeli oleh konsumen, serta pilih metode pembayaran yang digunakan.


Jangan lupa untuk mendukung Precious One dengan membeli dan dan menggunakan hasil karya para disabilitas. Dukungan kita sangat berarti bagi mereka. Yuk, download juga Aplikasi Kasir iReap POS Lite buat yang punya bisnis mikro karena cukup banyak keuntungannya.


Mudah-mudahan dengan adanya aplikasi kasir toko iReap ini membuat banyak UMKM termasuk Precious One yang berkontribusi dalam memberdayakan para disabilitas untuk berkarya menjadi lebih berkembang dan maju.


Salam,







25 comments

  1. Wow, keren banget ya hasil karya dari disabilitas yang ga diragukan lagi. Mesti bangga dan menggunakan produknya untuk membantu lebih profesional. Semoga makin banyak digunakan dan mudah banget untuk mendapatkannya pula yaa.

    ReplyDelete
  2. kalau untuk gabung ke organisasinya, boleh nggak ya untuk disabilitas luar kota. iReap ngebantu banget untuk pencatatan UMKM

    ReplyDelete
  3. Salut banget sama pendiri Precious One yang bisa mewadahi kamu disabilitas maupun masyarakat non disabilitas untuk bergabung bersama melakukan kegiatan berfaedah. Banyak ya aktivitasnya ga hanya mencari pekerjaan. Oh ya, aplikasi iREAP POS ini sangat memudahkan siapa saja yang membangun usaha maupun bisnis. Lengkap semua ada tinggal dipelajari dan dioperasikan saja.

    ReplyDelete
  4. Ini dia nih, kemajuan teknologi dampaknya yang positif bikin kita mudah dalam mengelola

    ReplyDelete
  5. Ada cerita dua orang ibu yang membuat usaha - dan sengaja semua karyawannya difabel, huhuuu terharu akutu, salut

    sayang lupa namanya, nanti ya tak spill kalo inget

    ReplyDelete
  6. Keren banget yha program Precious One ternyata banyak lho. Ternyata bisnis mereka juga didukung sama aplikasi iReap ya. Dari yang awalnya melakukan pencatatan manual jadi lebih mudah dan sistematis pake aplikasi ini. Teman disabilitas jadi lebih berdaya dalam berkarya.

    ReplyDelete
  7. Aah, ternyata programnya banyak yaa. Seneng banget deh kalau baca kisah inspiratif kayak gini. Apalagi precious one-nya juga punya program yang oke-oke dan betul bermanfaat terutama untuk para teman disabilitas.

    ReplyDelete
  8. Di rumah saya, selalu langganan kartu ucapan yang dibuat oleh para disabilitas. Sekaipun sekarang pengiriman ucapan dengan kartu sudah dianggap kuno, sebagai ungkapan bahwa yang menerima kartu adalah orang istimewa, kami tetap melakukannya.

    begitu pun kalau sedang traveling, atau bertemu sovenir lucu yang dibuat teman-teman disablitas, satu atau pasti kami beli untuk di rumah maupun oleh-oleh

    ReplyDelete
  9. Salut untuk pendiri Pricious One. Senang jika teman disabilitas bisa berkembang dan tersalurkan potensinya. Perlu dukungan semua nih. Terlebih untuk aplikasi kasirnya dah pakai iReap yang mudah dan sangat membantu operasional UMKM..

    ReplyDelete
  10. Keren banget ini Precious One karena telah memberikan kesempatan untuk para disabilitas untuk berkembang ya. Semoga semakin banyak juga yang memberikan kesempatan pada teman disabilitas untuk terus berkembang.

    ReplyDelete
  11. Dengan iReap POS Lite, maka bisa turut mendukung kemajuan dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh sahabat-sahabat di Precious One. Dengan kemudahan aplikasi keuangan tersebut, semoga usaha UMKM ini bisa semakin maju dan berkembang.

    ReplyDelete
  12. Salut banget sama keberadaan Precious One ini. Para Disabilitas jadi berdaya kan hal hasilin barang-barang yang oke. Kapan hari aku juga coba iReap. Ternyata gampang dan lumayan lengkap

    ReplyDelete
  13. Masya Allah keren banget idenya, dengan aplikasi ini pastinya sangat terbantu untuk teman-teman disabilitas ya. Asli keren bangets

    ReplyDelete
  14. Seneng banget baca tentang precious one ini, jadi saudara saudara yang kekurangan bisa mendapatkan kesempatan yang sama juga ya maaaak

    ReplyDelete
  15. berdayakan disabilitas di era teknologi canggih seperti sekarang ini mah perlu banget, dengan program dari Presciou One memberikan kesempatan para disabilitas semakin memaksimalkan kemampuannya

    ReplyDelete
  16. Bagus sekali program Precious One ini mendukung teman2 disabilitas untuk bisa berkarya dan berdaya ya mbak. Bahkan produk2nya pun sudah dijual secara profesional. Trus ttg keuangannya jg sudah menggunakan aplikasi kasir supaya lbh tercatat rapi ya.

    ReplyDelete
  17. Emang keren lama nih Mba Ratna dan team. Apalagi sekarang sudah didukung aplikasi keren. Kehadiran mereka yang hire disabilitas membuat mereka tetap eksis dan berkembang

    ReplyDelete
  18. Precious One semoga makin bertambah besar dan bisa membantu orang yang kekurangan.

    ReplyDelete
  19. Salut dengan Precious One
    Memberinan kesempatan bagi para disabilitas untuk bisa berkarya

    ReplyDelete
  20. Terharu deh dengan cerita bermulanya Pecious One, ternyata dari Bu Ratna yang mengalami sakit Hepatitis A. Sekarang sudah menjadi organisasi besar yang memberdayakan penyandang disabilitas. Mereka itu hanya fisiknya saja yang memilik keterbatasan. Tapi secara kreativitas, sama dengan atau bahkan melebihi kita, ya. Sehingga bisa menghasilkan produk-produk berkualitas di Precious One.

    ReplyDelete
  21. Saya juga salut sama Precious One karena sudah mewadahi teman-teman disabilitas jadi makin bisa berkarya

    ReplyDelete
  22. Precius one memang inspiratif nih, kalau ada wadah seperti kan bisa menjadi angin segar bagi penyandang disabilitas untuk bisa berkarya dan sejajar dengan orang lain, mereka patut mendapat apresiasi

    ReplyDelete
  23. Program-programnya Precious One keren-keren nih sangat bersahabat dan peduli sama penyandang disabilitas. Semoga makin banyak saudara-saudara kita para penyandang disabilitas berkembang usahanya dan bisa menikmati hari-harinya tanpa perlu merasa cemas.

    ReplyDelete
  24. Masyaallah precious one ini lokasi nya dimana ya? Jakartakah? Aku mau rekomendasikan ke ibu2 yang anaknya berkebutuhan khusus. Nanti kalau mereka pny usaha bisa pakai iReap

    ReplyDelete
  25. wah tadi sudah sempatkan baca sepintas lalu tentang precious one ternyata punya program lainnya ya teh keren banget sih ini bener2 berdayakan teman2 disabilitas

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.