Indonesia Website Awards

Belajar Mindful Parenting dengan Paket Internet Cepat IndiHome

Paket internet cepat
Mindful parenting, via feepik dan canva

Menjadi orang tua membuat saya belajar banyak hal, termasuk memperbaiki pola pengasuhan dengan mindful parenting. Dengan bantuan paket internet cepat IndiHome, belajar mindful parenting menjadi lebih mudah. 


Di era digital seperti sekarang ini semua serba mudah menurut saya, tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan teknologi, terutama internet untuk belajar parenting.


Sebuah resolusi tahun 2023 bagi saya, salah satunya adalah menjadi ibu yang lebih bijak. Hal ini membuat saya terpacu untuk menjadi orang tua yang lebih baik dari tahun sebelumnya terutama dalam pola pengasuhan anak.


Di era serba digital keberadaan internet menjadi suatu kebutuhan. IndiHome dengan paket internet cepat membantu saya tumbuh dan belajar menjadi orang tua yang punya mindful terhadap pola pengasuhan anak zaman now.



Mengenal Mindful Parenting


Resolusi parenting 2023
Mengenal Mindful parenting,
via frepik dan snapseed

Ada yang familiar dengan mindful parenting? Seberapa penting, sih, mindful parenting ini? 


Parenting di zaman now tantangannya semakin besar terutama dalam mengasuh dan membesarkan anak. Menerapkan mindful parenting jadi salah satu resolusi yang ingin saya capai


Mindful parenting adalah pola asuh orangtua dengan kesadaran penuh, dalam hal ini orangtua akan memberikan perhatian yang penuh pada anak dan tidak akan menilai secara negatif mengenai pengalaman anak.


Seberapa penting mindful parenting ini? Ternyata keterampilan mindful parenting menjadi dasar untuk orangtua supaya komunikasi antar orang tua dan anak bisa berjalan lancar.


Manfaat positif dari orang tua yang menerapkan pola asuh mindful parenting di antaranya terhindar dari stres dalam mengasuh anak, dapat menghargai pendapat anak, dan terjalin hubungan harmonis antar orang tua dan anak.



Menerapkan Mindful Parenting sebagai Resolusi Tahun 2023


Resolusi 2023: Menerapkan Mindful Parenting, via feepik dan snapseed


Sebuah resolusi dalam pengasuhan anak adalah hal yang ingin saya capai di tahun 2023 ini. Saya merasa sebagai orang tua masih banyak kekurangan, bahkan jauh dari kata sempurna untuk anak. 


Meski tak ada orang tua yang sempurna tetapi pastinya seorang ibu selalu menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Oleh karena itu seorang ibu perlu banyak belajar agar bisa mengasuh anak dengan baik pula.


Beberapa panduan atau prinsip mindful parenting yang perlu saya jalankan sebagai resolusi tahun 2023 yaitu : 


Mendengarkan anak dengan segenap perhatian

Mendengarkan menjadi salah satu kunci utama bagi orang tua untuk menerapkan pola pengasuhan secara mindful atau mindful parenting.


Sebaiknya orang tua bisa berbicara pada anak dengan rasa empati dan memiliki ruang dengan memposisikan dirinya sebagai pendengar sehingga terbentuk komunikasi dua arah yang sehat.


Jangan mudah menghakimi anak

Sebaiknya hindari melabeli anak dengan kata-kata yang negatif terutama jika orang tua dalam keadaan stres apalagi kalau depresi.


Untuk mengatasinya, orang tua dengan metode STOP (Stop, Take a breath, Observe, and Proceed) Berhenti, Tarik napas, Amati, dan Proses. Jika sedang merasa stress sebaiknya berhenti dulu. Jangan sampai mengucapkan kata-kata negatif dan menghakimi. 


Sebenarnya ini PR buat saya juga sebagai orang tua. Belajar parenting membuat saya mengevaluasi diri biar jadi lebih baik lagi sebagai orang tua.


Memperbaiki diri dan belajar mengendalikan emosi

Orang tua sebaiknya tidak menerapkan standar terlalu tinggi dan menuntut anak serba bisa banyak hal. Anak juga manusia, dia nggak langsung bisa banyak hal. Semua berproses dan kita perlu menghargai prosesnya.


Saat orang tua merasakan stres atau banyak pikiran, yang jadi pelampiasan itu adalah anak. Seringnya sih bermasalah dengan pasangan karena banyak hal yang dipendam perempuan, malah anak yang kena imbasnya.


Lakukan langkah STOP seperti di atas, berhenti sejenak bicara pada anak. Selanjutnya ambil napas panjang untuk menenangkan pikiran. 


Dengan belajar mindful parenting, bisa belajar juga mengendalikan emosi saat mengasuh anak.


Bersikap adil dan bijaksana sebagai orang tua

Sudah seharusnya setelah menjadi orang tua mampu bersikap adil dan bijaksana pada anak-anaknya. Jangan sampai pilih kasih. Perlakuan kakak dan adik secara adil, tanpa dibeda-bedakan. Jangan terlalu condong pada salah satu anak.


Bersikap bijaksana, salah satu caranya dengan memberikan hak penuh pada anak untuk menentukan jalan hidup di masa depan. Bukan berarti memberi kebebasan tanpa batas tetapi memperlihatkan suatu saat nanti mereka akan menjadi dewasa dan perlu untuk mandiri.


Mendidik anak dengan penuh kasih sayang

Mendidik anak dengan kasih sayang adalah salah satu bentuk mindful parenting. Diharapkan anak menjadi sosok yang penuh empati dan peka terhadap lingkungannya.


Anak yang dididik dengan penuh kasih sayang akan merasa dihargai, dapat membangun komunikasi yang sehat ketika ada masalah pada orangtuanya, dan membuatnya merasa bahwa keluarga merupakan tempat yang penuh kasih.


Belajar Mindful Parenting lebih mudah dengan IndiHome


Paket Internet Cepat IndiHome
Belajar mindful parenting dengan IndiHome via frepik dan snapseed


PT Telkom Indonesia berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Dengan adanya dukungan paket internet cepat IndiHome membantu saya mencari referensi ketika ingin belajar parenting karena di era digital seperti sekarang, akses internet yang stabil begitu dibutuhkan.


Berhubung saat ini yang paling memungkinkan bagi saya ketika ingin belajar mindful parenting adalah banyak membaca literatur atau situs parenting yang bisa membuka wawasan atau pemahaman mengenai cara atau pola pengasuhan terhadap anak.


Belajar parenting bisa diakses di mana saja dengan paket internet cepat IndiHome. Saya pernah mengikuti kelas tentang parenting yang berhubungan dengan inner child. Ternyata pola asuh di masa kecil begitu berpengaruh terhadap pembentukan karakter seseorang di masa depan.


Orang tua yang memiliki luka pengasuhan di masa lampau dikhawatirkan akan membawa luka itu hingga dewasa kemudian berpengaruh terhadap cara dia mendidik anaknya. Makanya itulah pentingnya orang tua belajar parenting.


Melalui paket internet cepat IndiHome, saya merasa lebih mudah mengakses informasi tentang parenting dari website parenting, termasuk mindful parenting. Sejumlah public figure juga sudah menerapkan pola pengasuhan ini. 


Saya mengenal pola pengasuhan mindful parenting dari Busil yaitu Silmy K Risman, yang menekankan islamic mindful parenting yaitu menerapkan pola mindful parenting secara islami. Berselancar di dunia maya membuat saya banyak belajar hal baru termasuk mempelajari cara mengasuh anak.


Memang keberadaan internet zaman now harus bisa disikapi dengan bijak. Kita bisa mengakses banyak hal dari internet. Jadi gunakan internet buat hal yang positif saja, ya. Jangan disalahgunakan pokoknya.


Itulah cara saya belajar mindful parenting dengan paket internet cepat IndiHome. Nah, kalau Sahabat Catatan Leannie, pola parenting seperti apa yang jadi resolusi kalian di tahun 2023 ini?




Referensi


https://www.google.com/amp/s/id.theasianparent.com/mindful-parenting/amp


https://www.alodokter.com/5-prinsip-parenting-membentuk-karakter-positif-pada-anak



Salam,






56 comments

  1. Belajar parenting itu penting. Parenting bukan suatu ilmu tapi seni, yaitu seni pengasuhan anak dimana orang tua yang sangat berperan, terutama dalam menentukan tujuan pengasuhan...

    ReplyDelete
  2. Insightfull ini, agar tidak menuntut si anak untuk A, B, C ya. Jadi teringat temen sekolah daku yg dapat tuntutan dari ortunya agar rangking 1 selalu, tetapi jadinya stres anaknya gak banyak temen, hix

    ReplyDelete
  3. Ngomongin parenting dan IndiHome memang pas dan cocok banget .apalagi paket internet cepat yang dimiliki benar-benar memudahkan kita untuk belajar menjadi ornag tua yang terus belajar, terus berusaha menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  4. Menjadi adil itu susah dong ya buat ortu, kadang bingung harus bersikap gimana terhadap adik dan kakak.
    Harus rajin-rajin belajar parenting deh dengan memanfaatkan koneksi internet dari IndiHome :)

    ReplyDelete
  5. Manfaatnya banyak banget memang bersikap mindful itu. Apalagi parenting itu timeless jadi sepanjng hidup kita kan selalu belajar..

    Buat mendukung itu internet dari indihome jadi solusi bamhet sih..

    ReplyDelete
  6. Indihome dwngan akses internetnya yang cepat dan lancar meski telah memiliki hampir 3 juta pelanggan memberi bukti mendukung perubahan pola parenting di indonesia ke arah yang lebih baik, dampaknya tentu untuk tumbuh kembang dan psikologi anak di masa depan.

    Dan sepakat juga mindfull parenting dimana kita betul-betul memberikan perhatian pada anak sepenuh hati akan memberi kebaikan dan bonding lebih pada anak itu sendiri

    ReplyDelete
  7. Membersamai anak dengan berkomunikasi sehat dan tanpa memberikan label pada anak juga jadi acuan saya dalam mendidik buah hati saat ini, sih mbak. Moga kita semua sukses dalam mendidik dan membersamai buah hati tercinta. Aamiin

    ReplyDelete
  8. Menjadi orang tua yang lebih sabar adalah resolusiku tiap tahun sejak jadi ibu.
    Saya sadar saya termasuk manusia sumbu pendek yang gampang banget emosi meski dengan anak sendiri, huhuu

    ReplyDelete
  9. Semoga tercapai ya tujuan dari mindful parenting ini, punya hubungan yang sehat dan positif antara orang tua dan anak, serta membantu anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal dalam lingkungan yang penuh kasih sayang dan dukungan. Apalagi sudah ada dukungan via internet cepat IndiHome

    ReplyDelete
  10. Belajar parenting lebih mudah karena akses internet dari IndiHome sekarang ya. Aku sih berharap di tahun 2023 ini lebih mudah dan calm saat menghadapi dan menyertai tumbuh kembang mereka.

    ReplyDelete
  11. Saya juga baru belajar mengenai mindful parenting ini dan emang penting banget ya diterapkan ke anak-anak agar mereka bisa tumbuh menjadi anak dengan kepribadian dan karakter yang positif.

    Bersyukur zaman sekarang mau akses informasi seputar parenting mudah dan cepat ya Mbak karena ada dukungan dari paket internet cepat

    ReplyDelete
  12. Keberadaan internet memang snagat membantu di semua aspek ya mbak. Salah satunya buat belajar parenting.'Sekarang emang lagi trend nih mindfull parenting, kesadaran penuh jadi ortu ngurusin anak, biar bisa tetep logis kalau mengasuh anak, gk pakai esmosi hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi orang tua memang kontrak seumur hidup ya mbak. Setiap hari kita selalu berusaha untuk jadi ortu yang lebih baik. Belajar parenting dari mana aja ya. Salah satunya dari baca2 saat berselancar di dunia maya.

      Delete
  13. Keberadaan paket internet cepat IndiHome membantu membuka wawasan termasuk soal parenting. Sama , saya juga bertekad belajar jadi ortu yang lebih baik..tentu dari baca-baca ilmunya pun belajar dari ahlinya serta dari sharing sesama ortu yang dengan mudah kita dapatkan via internet

    ReplyDelete
  14. Sama kayak aku, Mbak. Saat ini cara yang paling memungkinkan untuk belajar termasuk belajar parenting ya lewat internet. Soalnya bisa sambil tiduran ninaboboin anak. Kalo baca buku sambil tiduran kurang nyaman, hehe..

    ReplyDelete
  15. Emang sepenting itu ya kak. Mindfull Parenting terhadap anak. Biar antara orang tua dan anak tidak ada kesalah-fahaman. Untuk menjadi orang tua yang mindfull parenting, kita belajar dari berbagai hal ya. Internet salah satunya. Didukung dengan indihome yang super lancar bikin belajar kita juga lancar😊

    ReplyDelete
  16. Mindful parenting membuat keluarga menjadi lebih bermakna dan menciptakan bonding yang baik antara kedua orangtua dan anak. Memang gak mudah, tapi dengan adanya internet cepat zaman sekarang, maka bisa sangat membantu setidaknya memberikan ilmu parenting terkini yang sesuai dengan perkembangan zaman.

    ReplyDelete
  17. betul sekali kak peran orang tua dalam mengasuh anak ini peernya asli banyak banget ya, kita harus terus menerus upgrade ilmu nih, beruntung ya sekarang ada IndiHome jadi bisa terus belajar dari manapun

    ReplyDelete
  18. Dibanding dengan pola asuh zaman dulu yang terbatas, bersyukurnya kita bisa menikmati kelebihan dari akses paket internet cepat dengan berbagai kebutuhan informasi bisa kita dapatkan dengan mudah dan cepat..

    ReplyDelete
  19. Keberadaan internet memang sangat menolong orangtua masa kini. Mulai dari hal teknis semacam membuat MPASI hingga filosofis seperti mindfull parenting yg mba Lia tulis. Di sisi lain, internet jg menjadi tantangan dalam parenting krn menuntut kita utk bijak dalam menggunakannya.

    Terkma kasih insight-nya Mba Lia..Semoga kota dimampukan untuk mendidik anak2 sesuai zamannya.

    ReplyDelete
  20. Saya pun sedang belajar menerapkan metode STOP ini dalam berbagai hal mbak, termasuk soal pengasuhan ke anak-anak. 2023 saya nggak ada resolusi khusus sih.

    ReplyDelete
  21. Belajar mindful parenting itu penting. Peran orang tua dalam mendidik anak dan segala hal yang termasuk di dalamnya butuh ilmu, wawasan dan ketekunan. Tentu bisa efektif juga mempelajarinya via internet. Alhamdulillaah kehadiran IndiHome sangat mendukung, jadi lebih cepat, praktis ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mbak
      Belajar parenting jaman now lebih mudah ya karena bisa searching pakai internet buat nyari sumber terpercaya

      Delete
  22. aku sepakat nih dengan mindful parenting, karena memang aku juga menerapkan ini ke anakku. aku berusaha menjadi temannya juga, agar dia lebih nyaman bercerita, Ngebayangin nanti kalau anakku sudah remaja pasti akan lebih seru nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa waktu lalu sempat ikut webinar dari sekolah anakku, materinya hampir mirip. Jadi memang kuncinya lebih mendengarkan cerita anak dan mengajaknya ngobrol dengan eye to eye.

      Delete
  23. Kalau pola asuh zaman dulu, orang tua mudah banget ya menghakimi anak. Tapi kalau anak sekarang digituin ya enggak jalan sih, untung ya sekarang ada internet cepat, belajar soal parenting lebih mudah.

    ReplyDelete
  24. Dengan adanya kemudahan akses internet, informasi mindful parenting bisa dengan mudah diperoleh. Karena bagaimanapun menjadi ortu harus belajar sepanjang usia. Termasuk yang mba sampaikan, belajar tidak mudah menghakimi anak dan juga mau mendengarkan

    ReplyDelete
  25. Bener banget, tidak ada orang tua yang sempurna ya. Harus selalu belajar dan belajar, terutama mengendalikan emosi terhadap anak. Pentingnya orang tua juga paham agama akan mengimbangi mindfullnes terhadap pola asuh terhadap anak. Untungnya Indihome juga support kita selaku ortu utk terus belajar menjadi lebih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih jadi orang tua emang nggak mudah jadi tetap harus belajar dan belajar lagi buat hadapi anak2 dengan berbagai karakter

      Delete
  26. Jadi orang tua tuh gak pernah mudah ya. Aku sendiri masih banyak belajar, tapi untungnya tuh ada internet ya. Jadi bisa banget buat belajar dan cari informasi agar tidak ketinggalan

    ReplyDelete
  27. Wah pas banget ini, aku sedang ulik soal mindful parenting mbak!

    Saat ini ada beberapa type parenting yang bikin gemeessss gitu, karena memanjakan berlebihan atau sebaliknya : mengabaikan! Nah dengan mindful parenting, kuberharap kita bisa semakin membersamai anak-anak! TFS yaaa

    ReplyDelete
  28. oh jadi Mindful parenting merupakan pengasuhan yang terdiri dari aspek kesadaran dengan mendengarkan anak penuh perhatian, mempertahankan kesadaran akan pengalaman emosional anak. Tanpa sadar aku sudah mengaplikasikan hal tersebut dengan anakku selama ini.

    ReplyDelete
  29. Senang sekali bisa hidup di era kemajuan internet seperti ini a mbak
    memudahkan kita untuk belajar apa saja, termasuk belajar mindful parenting ini

    ReplyDelete
  30. Setiap hari kita belajar parenting yg gurunya itu anak2 kita dan metode pelajaran emosi dan ego kita sbg orang tua,

    Mindful parenting mau ibu dan ayah.hatus berusaha menguasai

    ReplyDelete
  31. Ilmu parenting terus upgrade menyesuaikan zaman. Ada istilah2 baru yang bikin penasaran. Saya mau cari tahu lebih banyak tentang mindfull parenting, aaah... Makasih sharing-nya

    ReplyDelete
  32. Ketika orangtua berusaha untuk fokus memperhatikan sepenuh hati seperti teori mindful parenting begini, maka anak-anak akan merasa dihargai dan diperhatikan tanpa dihakimi. Alhamdulillah, kini ada internet cepat yang bisa bantu semua orangtua untuk belajar parenting menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  33. Wah mindfull parenting ya, kaya totalitas kita dalam pengasuhan gitu ya. Nggak hanya tangan kita yang mengelus punggung anak tapi hati kita yang juga hadir secara tulus termasuk dengan doa yang selalu terucap untuk anak kita

    ReplyDelete
  34. Pola asuh di masa kecil akan membentuk karakter anak dimasa depan.makanya jadi orang tua harus banyak cari tahu soal dunia parenting

    ReplyDelete
  35. Sama mba, aku pun lagi mencoba menerapkan mindfull parenting, karena memang ketika diri kita fokus dan hadir dalam suasana pengasuhan, rasanya lebih enak, tanpa distraksi dari gadget dll

    ReplyDelete
  36. iyes dengan internet cepat kita bisa akses segala sesuatu jauh lebih mudah dan pastinya tanpa perlu emosi juga dong ya karena muter2

    ReplyDelete
  37. Sekarang banyak sekali istilah dan jenis pola asuh, ya. Saya pun banyak taunya dari internet. Harapannya membuat semakin banyak orangtua yang baik untuk anaknya. Apalagi menjadi orangtua ibarat belajar seumur hidup

    ReplyDelete
  38. Pola asuh yang diterapkan semasa kecil akan berpengaruh pada kehidupan dewasanya kelak yah, thanks banget sharingnya.

    ReplyDelete
  39. Dengan internet cepat, kita jadinya bisa eksplor apa saja. Gak ada kata emak2 gaptek atau sejenisnya kalo ada internet cepat. Alhamdulillah di rumah udah pake Indihome. Jadi walopun di gunung, tetep bisa akses internet dengan cepat tanpa terkendala cuaca buruk sekalipun.

    ReplyDelete
  40. Internet cepat dan akses yang mudah memang bikin kita jadi lebih banyak terpapar pengetahuan untuk memperbaiki keseharian, termasuk belajar mindful parenting sih ya. Apalagi jadi orangtua hukanlah hal yang mudah dan harus siap belajar terus menerus.

    ReplyDelete
  41. Semoga bisa diterapkan ya mak buat keluarga. Karena orang tua kadang susah mengendalikan emosi. Aku pun kadang. Tapi demi masa depan anak ya bismillah

    ReplyDelete
  42. saya juga pengen banget nih bisa jadi orang tua yang mindful gitu soalnya selama ini masih sering marah-marah gitu ke anak. untung sekarang ada banyak cara ya, mbak buat menimba ilmu parenting dengan bantuan internet cepat

    ReplyDelete
  43. Di rumah aku juga pakai internet indihome, Alhamdullilah jadi memudahkan dalam kerjaan juga saat browsing sat set, gada kendala ya

    ReplyDelete
  44. mindful parenting ini keren banget kalau kita bisa menerapkannya ya.. tapi emang susah2 gampang sih hihi menjadi mindful sama diri sendiri aja kadang juga masih bolong2 gitu

    ReplyDelete
  45. Baca ttg mindful parenting .... sepertinya sama dengan positive parenting ya ....
    Hal-hal yang positif memang sejalan sih ya, pengetahuannya bisa diakses dengan internet.

    ReplyDelete
  46. Internet itu kalau kita bisa manfaatkan dengan baik, maka akan banyak ilmu yang di dapat, salah satunya memoelajari mindful parenting ini, walau agak susah2 gampang cara penerapannya.

    ReplyDelete
  47. Ini yang sulit ya, dengan kesadaran penuh. Kadang manggil anak sambil cuci piring, nasehatin anak sambil masak, gak ada eye contact dan sungguh sungguh menghadirkan diri dihadapan anak. semangat kita belajar ya mba

    ReplyDelete
  48. Penting banget bemahami mindful parenting ya kak bagi orang tua dimana tantangan menjadi orang tua sekarang ini semakin besar. Semoga kita jadi orang tua yang sukses mendidik anak menjadi sholeh dan sholehah. aamiin

    ReplyDelete
  49. dengan paket internet cepat dari IndiHome kita jadi bisa belajar banyak hal ya Mbak, termasuk tentang parenting yang begitu banyak jenisnya, tinggal kesepakatan bersama pasangan aja ya mau menerapkan yang mana termasuk mindful parenting ini ya Mbak.
    saya pun juga resolusi nih untuk bisa jadi pendengar yang baik pada anak-anak gak langsung tarik kesimpulan aja sebelum mendengar detail cerita dari anak-anak.

    ReplyDelete
  50. Mendidik anak di jaman sejarang tantangannya sungguh besar.. orangtua dituntut untuk mengikuti perkembangan jaman.. itulh makanya ilmu parenting nggak akan selesai dipelajari.. saya setuju dengan poin poin di atas.. itu saya lakukan juga untuj mendidik anak

    ReplyDelete
  51. Jika dimanfaatkan maksimal mah, internet cepat ini memang bisa memberikan benefit yang banyak ya buat kita. Termasuk untuk urusan ngurus anak alias parenting. Kudi banget yang di rumah juga punya. Alhamdulillah, aku sudah pasang IndiHome sejak 2010.Banyak banget manfaatnya.

    ReplyDelete
  52. Setuju mba memang perlu banget mindfull parenting. Biar orang tua bisa saling berkomunikasi dengan anak dan gak ada lagi innerchild yang terlukai

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya. Moderasi komentar saya aktifkan, ya. Komentar akan muncul setelah saya setujui. Mohon tidak berkomentar sebagai anonim atau menyertakan link hidup. Link hidup akan saya delete. Maaf jika ada komentar yang belum terbalas.